Untuk yang Kedua Kalinya

Tadi siang, setelah gue pulang dari Puskesmas nemenin Mama gue check up kesehatannya sekaligus menambal gigi gue yang lubang akibat dari gue kalo makan permen kayak makan kacang, gue langsung masuk kamar dan rebahan di bed gue sambil menahan sakit di gigi gue yang abis ditambal. Berhubung dokter bilang gue baru boleh makan satu jam setelah gigi gue ditambal, akhirnya gue memilih untuk tidur buat nahan laper sama nahan sakit gigi gue. Daripada gue tetep melek tapi kelaparan, terus gue malah makan dan akhirnya malah tambalan di gigi gue copot. 



Yaudah deh tidur, dan di saat tidur itulah gue dapet mimpi yang lumayan bikin siang gue saat itu jadi gloomy. Inilah yang pengen gue share di postingan gue kali ini. Gue akan sharing tentang mimpi yang gue alami tadi siang. Entahlah, rasanya pengen aja berbagi di sini. Hehehe. 

Langsung aja ya masuk ke cerita mimpinya itu, jadi mimpi gue tadi siang itu, gue sedang berada di rumah lama gue, bukan rumah sekarang yang gue dan Mama tinggalin. Rumah lama ketika almarhum Papa gue masih hidup. Ceritanya, gue baru pulang entah pergi darimana dan menemukan isi rumah gue rame sama temen-temen kampus gue. Gue liat, di rumah temen-temen gue lagi pada sibuk ngurusin makanan di ruang makan rumah gue. Kayaknya mereka mau ngadain acara buka puasa bersama di rumah gue gitu. Gue lewatin dan melihat mereka satu-persatu, dan sempet gue tanya salah satu temen gue *gue lupa siapa dia setelah gue bangun* buka puasa bersama ini acara UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) apa gimana. Dan temen gue itu jawab kalo acara ini, acaranya UKM. Entahlah, di dalem mimpi itu gue serasa linglung melihat keadaan sekitar di dalem rumah gue dan nggak tahu itu acara diadain sama UKM apa sekedar acara temen-temen deket gue, padahal gue sebagai tuan rumahnya. 

Setelah gue bertanya sama temen gue itu, gue langsung lanjut jalan menuju kamar gue, tapi sempet liat juga temen-temen kampus gue lagi pake komputer gue, entah buat apaan mereka pake komputer gue, ada juga yang duduk di ruang tivi gue. Tapi gue cuek aja sih rumah rame sama temen-temen kampus yang sibuk sama acara buka puasa bersama ini. Langsung deh gue masuk kamar lama gue dulu. Masih gue inget detail kamar lama gue ini yang cukup luas dibandingkan dengan kamar gue yang sekarang ini. Gue rebahan di bed gue dan memandangi sekeliling kamar gue. Gue merasa aneh karena perabotan-perabotan yang letaknya berubah dari yang biasanya. Langsung deh gue protes sama Mama gue kenapa perabotan-perabotan di kamar lama gue ini berubah letak semua. Tapi gue lupa apa jawaban Mama ke gue setelah gue protes, tau-tau gue udah ada di meja makan bareng Mama gue dan temen-temennya, siap-siap buat makan siang. Sementara, temen-temen kampus gue masih berkeliaran di sekitar gue, masih pada sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. 

Di sela-sela makan siang itu, gue ngobrol sama Mama gue. Obrolan yang cukup aneh kalo dijadikan kenyataan. Gue ngobrolin tentang almarhum Papa gue kayak gini, 

"Mama, seminggu yang kemarin itu Papa meninggalnya kenapa sih? kok meninggalnya tiba-tiba gitu" 

Aneh...aneh..banget di dalem mimpi gue menanyakan pertanyaan kayak gitu. Padahal kenyatannya almarhum Papa gue sudah pergi hampir 7 tahun yang lalu. Tapi nggak tahu kenapa di mimpi tadi siang itu gue merasa almarhum Papa gue baru meninggal seminggu yang lalu dan gue enggak tau apa yang menyebabkan almarhum Papa gue meninggal.

"Papa kemarin itu pergi sama Mama naik angkot, buat nyari obatnya Papa. Udah dapet obatnya di apotek, Mama sama Papa langsung ke dokter deh. Pas Mama sama Papa nunggu antrian dokternya, enggak tahu kenapa Papa tiba-tiba lemes, terus langsung nggak ada deh" 

Begitulah penjelasan aneh dari Mama gue. Aneh banget, karena waktu almarhum Papa gue masih ada, keluarga kita masih punya mobil pribadi, tapi kok di mimpi gue, Mama sama almarhum Papa gue pergi naik angkot. Dan penyebab meninggalnya pun beda jauh sama kenyataannya. 7 tahun yang lalu, almarhum Papa gue pergi karena penyakit jantung, bukan karena lemes pas nunggu antrian di dokter. 

Seketika itu juga, setelah Mama gue menjelaskan itu, gue terbayang wajah almarhum Papa gue. Gue tersenyum mengingatnya dan sempet ngomong,

"Padahal baru semingguan Papa pulang ke rumah, tapi kok udah pergi lagi aja. Jauh lagi"  

Gue ngomong gitu sambil senyum, senyum yang lama-lama berubah menjadi kesedihan yang luar biasa. Dan ya, gue menangis saat itu juga, nyesek banget di dada dan rasa sesaknya itu bener-bener kerasa kayak nyata. Di saat gue menangis, gue melihat temennya Mama gue pelukan sama anaknya. Entahlah, mungkin mereka bersyukur karena keluarga mereka masih komplit. Tangisan gue semakin menjadi-jadi, gue makin sedih, dan dada gue semakin sesak. Rasanya sama seperti pertama kali gue tahu gue harus kehilangan Papa gue. Sesak banget dada ini karena kesedihan yang mendalam. Sesak banget dada ini karena gue mengenang Papa gue dan keluar semua rasa rindu ini untuknya. Tanpa gue sadari, gue terbangun dengan pipi yang basah karena air mata gue. Gue bangun dengan keadaan dada yang masih sesak karena kesedihan gue di dalem mimpi gue tadi. Nggak nyangka, kalo kesedihan dan air mata ini kebawa sampe di dunia nyata. Gue terbangun dan tangisan gue malah semakin menjadi-jadi. Kesedihan yang ada di dalem mimpi itu terasa nyata banget setelah gue bangun. 

Gue enggak tahu apa maksud dari mimpi gue tadi siang itu. Di dalem mimpi pun, gue enggak ketemu sama almarhum Papa gue secara langsung, cuma membayangkan dan langsung semua kesedihan itu tumpah di tangisan gue. Dan pengalaman mimpi terbangun karena menangis ini udah gue alami 2 kali.Yang pertama kali itu gue alami seminggu setelah almarhum Papa gue pergi untuk selamanya, di mimpi yang pertama gue bertemu secara langsung sama almarhum Papa gue, mengajak gue pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan semau gue tanpa ada obrolan apapun gue sama beliau, pada akhirnya beliau pergi menjauh meninggalkan gue sendirian, menangis karena gue nggak mau ditinggal almarhum Papa gue, dan ya, gue terbangun dengan pipi yang basah karena air mata gue, dan menangis sejadi-jadinya setelah gue bangun dan sadar kalo saat itu gue bertemu almarhum Papa gue hanya sekedar mimpi. Dan mimpi tadi siang itu, menjadi pengalaman gue yang kedua, mengalami hal yang sama dengan cerita di dalem mimpi yang berbeda. 

Apa almarhum Papa gue kangen sama gue, jadi beliau datang ke mimpi gue siang tadi itu. Atau apa beliau tahu kalo gue akhir-akhir ini lagi sedih dan down makanya beliau dateng ke dalem mimpi gue tadi siang. Ya walaupun di dalem mimpi tadi gue enggak ketemu langsung dan ngobrol sama beliau?. Atau, apa karena gue yang terlalu merindukan kehadiran beliau sampe-sampe kebawa mimpi dan gue menangis karena saking kangennya gue sama beliau?. Entahlah, mungkin emang gue kangen banget sama almarhum Papa gue ini sampe pada akhirnya ngimpiin beliau kayak gini. Kangen, kangen banget.... :'))

Jadi, begitulah sharing an gue tentang mimpi gue tadi yang bener-bener bikin siang gue tadi itu berubah jadi gloomy abis. Setelah gue bangun, gue sempet duduk diem sebentar dan ngabisin air mata gue yang belom abis saat itu. Menghela nafas setelah semua rasa sesak di dada hilang dan bangun dari bed gue dengan ucapan syukur karena boleh dikasih mimpi kayak gitu, dan langsung keluar kamar nyari makanan karena gue belom makan dari pagi deh. Hihi :p. 


Ah, gue emang kangen sama almarhum Papa gue ini.
Thanks for coming in to my dream, dad. Miss you so much... :'))

Komentar

  1. Mendoakan adalah cara terbaik untuk orang yang kita cintai mbak

    BalasHapus
  2. Itu mungkin pengobat rasa rindu, jadi biar rasa kangen sama Alm.Papa kamu jadi sedikit berkurang. Tapi, keluar kamar kirain merenung atau gimana, malah nyari makanan #gubrak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener. Bisa jadi kayak gitu sih.
      Yaa udah laper akut jadinya makan dulu baru merenung. Hehehehe

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer