Jumat, 07 Juni 2013

Ketika Malas Kuliah Melanda



" Gue males kuliah hari ini!" " Ah dosennya membosankan, ga usah kuliah aja lah" " Emm, kuliah ga ya? kayaknya enakkan bobok imut lagi" " Gue ogah kuliah ah, kalah cantik gue sama dosennya" .........

Mungkin kita sering denger alesan-alesan diatas ya kalo ada temen kita yang lagi males kuliah, atau malah kita sendiri juga pernah ngalamin pengalaman kayak gitu? hehehe. Gue yakin setiap mahluk hidup yang namanya mahasiswa itu pasti pernah ngalamin yang namanya 'Males Kuliah', yakin deh serajin-rajinnya orang, pasti tetep aja pernah ngerasa males ngelakuin sesuatu. Ya gaa? iya aja deh hehehe. 

Tapi kalo udah terlalu sering males itu juga ga baek ya, ngapain juga kuliah kalo ujung-ujungnya selalu males buat belajar di kampus? Malah buang-buang duit ga jelas, apalagi itu duit orangtua kita ya ga? Jadi gimana sih cara mengatasi rasa males yang dateng kalo kita mau kuliah? Ok, kali ini gue bakal kasih tips-tips cara mengusir rasa males kuliah, ini tips juga gue terapin sama diri gue sendiri kalo males itu dateng, yah Puji Tuhan manjur, sesuatuh yaaa ulalaaa~. 

Baiklah, ini tips-tips gue mengalahkan rasa males kuliah yang melanda




1. Inget Perjuangan Orang Tua
Nah, karena nguliahin gue adalah perjuangan berat buat Mama dan kakak gue, jadi setiap gue ngerasain males kuliah, gue selalu ngebayangin wajah Mama dan kakak gue yang berjuang keras nyari keping-keping uang demi bisa nyekolahin gue tinggi-tinggi. Gue selalu ngebayangin wajah bingung Mama dan kakak gue kalo lagi ga ada duit buat bayarin kuliah gue. Gue selalu ngebayangin wajah kakak gue yang ada diperantauan dan wajah capeknya setelah seharian kerja. Dari situ, gue jadi ngerasa kalo gue ga pantes banget kalo males-malesan kuliah padahal Mama dan kakak gue ngelakuin apa aja biar gue bisa kuliah, kayaknya ga tau diri aja gitu ya, udah diusahain tapi guenya ga ada balesan yang baik gitu sama mereka.
Tapi kalo kebetulan lo punya orang tua yang berkecukupan itu juga ga berarti lo boleh males-malesan kalo kuliah, kalo sampe kayak gitu sih berarti lo masuk golongan anak yang amat sangat ga tau diri hahaha. Iya kan? udah bisa  dikuliahin dengan gampang sama orang tua tapi kok malah males kuliah, sering bolos lagi. Haduh deekkk. ckckck.

2. Inget Target Kuliah
Mungkin diantara kita pasti selalu bikin target buat mencapai sesuatu, nah salah satunya target di dunia perkuliahan kayak target kapan kita mau lulus, target IPK, target dosen mana yang mau dikecengin *eh*. Kalo males kuliah melanda coba deh inget sama target kuliah yang udah pernah dibuat sebelumnya. Misalnya pengen lulus tepat waktu atau bahkan kurang dari 4 tahun kuliah, nah kalo masih niat sama targetnya itu, masa iya kita males-malesan kuliah? gimana bisa lulus cepet kalo diri kita sendiri menghambat waktunya dengan cara males-malesan kuliah. Terus pengen mencapai target IPK 4, apakah dengan males-malesan kuliah kita bisa mencapai IPK tersebut? Siapa sih yang ga sedih targetnya ga kesampean? apalagi ga kesampeannya karena kesalahan diri sendiri. sakit. pasti. *huft face*
Buat yang ga punya target, hmm sedih banget sih hidupnya ga punya target? coba dibuat mulai dari sekarang tentang target kuliah, itu cukup manjur buat kita semangat kuliah dan ga males lagi. Ga percaya? yaudah :p.

3. Inget Tujuan Kuliah & Cita-cita 
Ok, kalo di point kedua inget sama target kuliah, sekarang point ketiga adalah, coba inget sama tujuan pertama kita buat kuliah. Apa sih tujuan kita buat kuliah? pengen cari gebetan, pengen ngejar cita-cita kita yang udah kita bayangin sebelumnya, apa cuma sekedar menjaga gengsi diri sendiri dan keluarga? Kalo kita pilih jawaban yang kedua, berarti seharusnya ga ada alesan buat males-malesan kuliah, karena cita-cita yang kita impikan itu bisa tercapai kalo kita mengejar buat mencapainya, bukan dengan duduk manis dirumah cita-cita bisa tercapai. Muehehe

4. Bersyukur!
Yup, buat kita-kita yang bisa kuliah ini seharusnya bersyukur, kenapa? sebab ga semua orang bisa seberuntung kita, bisa kuliah dan sekolah setinggi-tingginya. Kalo kita mau tengok sedikit, banyak juga anak-anak yang pengen sekolah tinggi tapi ga bisa karena keadaan ekonomi atau hal lain yang memaksa mereka cuma gigit jari ngeliat orang-orang lain bisa kuliah. Seharusnya kita pake kesempatan kita ini sebaik-baiknya ya kan? Bukan disia-siain dengan cara males-malesan kuliah. Iya kalo Tuhan masih kasih kita kesempatan sampe lulus, nah kalo enggak gimana coba? Nyesel selalu ada diakhir cerita brooo~. Hell yeah. 

Yeepp, itu tips-tips menghadapi males kuliah yang bisa gue share disini. Sebenernya enggak salah sih kalo kita pernah ngerasain yang namanya males, yah kan manusiawi pasti pernah capek sama rutinitas sehari-hari. Tapi jangan sampe juga rasa males itu ngalahin diri kita sendiri, jangan sampe rasa males itu jadi permanen dan ga bisa ilang. Yang ada, apa yang kita impikan pasti terhambat bahkan ga bisa tercapai dan yang rugi bukan orang lain, tapi diri kita sendiri. Tapi kalo tips-tips diatas ga mempan atau ga manjur, itu mungkin kita lagi berada di titik puncak kejenuhan kita dalam hidup, jenuh sejenuh-jenuhnya sama apa yang biasa kita lewatin. Itu juga wajar kok, kita bisa refreshing sebentar untuk menghilangkan rasa jenuh itu, entah dengan travelling, dengerin musik, blogging, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menyenangkan, dan akhirnya siap lagi buat menjalani aktifitas dan rutinitas seperti biasanya. 

Gimana? masih mau males kuliah? hahaha gue harap sharingan gue kali ini berguna bagi jiwa-jiwa yang selalu terkalahkan oleh rasa males itu. Dan tujuan gue sharing gini, gue juga ga pengen kalo suatu saat nanti kita menyesal karena kelalaian kita. Perangi rasa males! I know you can do it!. Sebelum gue cukupin sharingan gue, nih dapet salam dari dedek bayi~~


Ok, gue cukupin sampe disini ah, thanks and Godblessya all! :))





Pictures by : Google

4 komentar:

  1. Kalo kuliahnya terpaksa, dan bukan bukan jurusan yg diinginkan, gimana cara maksain supaya rajin? Rasanya nyiksa bgt kalo jalanin semuanya bukan karena kemauan kita sendiri, ya nggak sih? Satu-satunya poin yg bisa bikin bertahan ya cuma yg no 1 itu. Tapi ya gini jadinya, jalaninnya berat. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, FYI aja mas, gue kuliah juga bkn di jurusan yg gue pgn dr SMA. Dulu gue ngebet bgt masuk komunikasi tp malah nyasar pariwisata. Awalnya memang berat buat kuliah krn terpaksa. Tp akhirnya gue bs terima dan anggep ini jalan yg udah Tuhan ksi buat gue. Terkadang perlu kita sadari kalo apa yg kita ingini itu blm tentu yg terbaik buat kita. Coba berpikiran positif aja, ikhlas, dan yakin apa yg kita dpt skg itu udah yg terbaik buat masa depan.
      Cheers!

      Hapus
    2. Iya juga sihhh.. :) Btw, i am a Mba, bukan Mas.. hehee.. Salam kenal n salam damai.. :p

      Hapus
  2. Eh maaf ya uda sok tau :p hehehe. Yup salam kenal & damai. Thankyou for visiting & comment on my blog :)

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!