LINE Concert Yogyakarta 2018

Cr: Line

Saya akan mengajak kalian untuk flashback sebentar di tahun 2018. 

Karena sesungguhnya lumayan banyak konser di tahun 2018 yang enggak saya ceritakan di blog dan sayang aja kalo enggak diabadikan, karena semua kenangannya manis dan menyenangkan. Uwu.

Beberapa cerita tentang konser 2019 juga sudah saya tulis dan bisa dibaca di sini: 

Mari kita flashback ke LINE Concert Yogyakarta 2018, salah satu konser menyenangkan yang saya hadiri karena bintang tamunya yahud semua, dan tentu saja yang paling bikin excited, siapa lagi kalo bukan Tulus. Heuheu. 

Nggak cuma itu, konser ini terasa istimewa, karena ini pertama kalinya saya menangani kerja sama dengan media lainnya sendiri tanpa ada campur tangan para atasan kecuali soal izin.


Jadi kerja sama ini berawal dari admin fanbase-nya Teman Tulus Jogja yang juga bekerja di media ngasih nomor saya ke bagian public relations (PR)nya LINE, dan diajaklah saya untuk media partner-an. 

Saya sangat excited karena ini menjadi pengalaman pertama saya banget, mulai dari awal promosi, acara, sampe closing-nya. 

Selama satu bulan penuh saya komunikasi sama Mas Bams yang menangani media partner ini. Dikasih bahan buat promosi di media sosial sampe ngasih rilis berita serta undangan buat konferensi pers dan juga buat ngeliput acaranya.

Semangat saya lebih memuncak untuk handle dan liputan LINE Concert Yogyakarta 2018 karena Tulus si kesayangan saya jadi bintang tamu dalam acara ini. Yes, sambil menyelam minum kopi susu lah yaaa. 

Ngerjain proyek ini dengan senang hati dan nggak ada beban sama sekali, semuanya terasa amat sangat menyenangkan bagi saya karena emang anaknya suka musik banget. Heuheu.

LINE Concert tahun ini digelar di Yogyakarta pada tanggal 20 Oktober 2018 di Jogja Expo Centre (JEC) setelah tahun sebelumnya sempat diadakan di Surabaya dan juga sempat di Medan.

***
The day! 20 Oktober 2018

Sekitar pukul 10.00 WIB pagi saya berangkat ke Jogja karena sebelum acara bakal ada konferensi pers pukul 13.00 WIB. 

Saat itu saya liputan nggak sendirian, karena dapet dua free access buat wartawan, jadi saya mengajak mantan rekan kerja saya. Jadilah berangkat berdua ke Jogja dan tiba sekitar pukul 12.00 WIB. 

Sebelum menuju ke JEC, kita makan siang dulu karena paginya belum sarapan. Daripada Abang Tulus khawatir melihat saya lemas pas konferensi pers (bodo amat, Bul), maka dari itu mengisi perut adalah hal yang pertama dipikirkan sebelum tiba di venue. 

Setelah makan langsung  ke JEC dan udah ditungguin Mas Bams buat nganterin kita ke tempat konferensi persnya. Dan ternyata masih sepi, baru saya berdua sama temen saya ini. 

Dan karena masih menunggu artis serta wartawan lainnya, saya manfaatkan waktu itu untuk lihat-lihat area konferensi pers yang ternyata juga deket sama tempat istirahat para artisnya. Saya semringah waktu ngeliat ruangan yang tertulis nama Tulus. Bentar lagi doi bakal ke sini nih, kata hati saya dengan mata yang berbinar-binar senang. 

Ruangannya Tulus - Dok. Pribadi


Tentu saja di situ nggak cuma ada ruangannya Tulus doang, tapi juga ada ruangannya Raisa, Yura - RAN, dan juga Glenn Fredly. Tapi ya udah namanya cinta, fokus saya siang itu udah cuma buat Tulus aja. Setelah ketemu doi di tanggal 20 Agustus 2018 buat acara ulang tahunnya, saat itu saya bakal ketemu dia lagi. Ah, jodoh emang kan. Ehe. 

Nggak lama, konferensi pers pun dimulai. Dibuka oleh pembawa acara dari pihak LINE dan kemudian mengundang para bintang tamu dong. Ini nih yang paling bikin saya deg-degan, padahal saya bisa dikatakan lumayan sering ketemu Tulus, tapi tetep aja deg-degannya kurang ajar.

Dan yaaaa, munculah mereka satu persatu, mulai dari Glenn Fredly, Raisa, Yura, RAN, dan yang terakhir....Abang Tulus gemaskuuuhhh. Uwu uwu uwuuu.


Gemas-gemas, yaaa? - Dok. Pribadi


Sebenarnya saat itu saya pengin teriak histeris sih melihat mereka semua, karena ini pertama kalinya saya ketemu Glenn, Raisa, Yura dan RAN secara langsung. Tapi saya harus tetap cool dan kalem.

Sayangnya siang itu Rayi tidak bisa ikut bergabung dalam konferensi pers karena lagi nggak enak badan katanya, jadi yang muncul hanya Asta dan Nino nya aja.

Ada beberapa hal lucu dan memorable banget di konferensi pers, khususnya untuk saya. Hehehe.

Karena saya adalah fans Tulus garis keras kuadrat, jelas aja siapa lagi yang paling saya perhatikan saat konferensi pers siang itu kalo bukan Tulus, ya kan. Sepanjang konferensi pers saya cuma ngeliatin gelagatnya doi yang paling sering diem terus senyum-senyum sendiri, dan paling gemesin adalah ketika dia asyik mainin boneka Brown-nya yang ada di kursi.

Sumpah kocak banget, saat yang lainnya asyik menjelaskan apa aja yang akan mereka persiapkan dan bawain untuk konser pada malam harinya, Tulus malah asyik sendiri sama bonekanya. Mulai dari diliatin sampe diremes-remes sambil senyam-senyum itu boneka sama dia. Saat itu seketika mendadak saya pengin jadi boneka Brown.

Tentu saja momen gemas itu saya abadikan dan tanpa dia sadari ada orang yang notice kelakuannya itu. Muahaha.

Kegemasan ini janganlah cepat berlalu~~ - Dok Pribadi

Nggak berhenti sampe di situ dooong. Nah, saat giliran Tulus yang harus jawab pertanyaan dari pembawa acaranya nih juga gemas banget.

PA: "Nah, untuk Tulus nih, sekarang Tulus lagi sibuk apa?"

T: "Haaa sibuk apa yaa...oh iya, lagi sibuk persiapan konser, sama kemarin rilis lagu baru, judulnya Labirin, yang sekarang udah jadi t-shirt tuh"

Dan dia bilang "yang sekarang udah jadi t-shirt tuh" itu sambil nunjuk ke saya yang emang saat itu lagi pake kaus merchandise-nya Tulus yang Labirin.

Nih kausnya - Dok. Pribadi


Saya yang daritadi fokus mendengarkan dia ngomong, langsung syok seketika waktu doi nunjuk dan senyum ke arah saya. Demi Tuhan saya kaget banget waktu itu tapi tetep berusaha cool dan kalem biar nggak keliatan noraknya. Saya yang masih syok dan rasanya masing mengawang-ngawang, saya cuma bisa bales senyumannya dan dadah-dadah ke arah dia. Kemudian saya pengin pingsan saat itu.

Eh, belum sempat pingsan beneran, nggak lama setelah Abang ditanyain kemudian pembawa acara mulai ngajak ngobrol talent yang lainnya, tiba-tiba doi ngeliat ke arah saya terus senyum dan mengangguk sambil dadah-dadah kecil juga tanda dia notice dan menyapa saya.

TOLONG, SAYA MAU MIMISAAAANNNN~~~~

Semakin syok karena tingkah laku Abang yang sweet, saya pun cuma bisa bales senyuman dia dan juga dadah-dadah balik ke dia serta ikut mengangguk seolah berkata "Iya, bang. Aku di sini".  Padahal dalam hati, rasanya pengin meledyak. Hehehe.

Sepertinya Abang mengenali saya gara-gara kalo ada acara sama dia pasti saya ada. Mungkin saat itu kata hati Abang berkata,

"Haelah, ketemu ini bocah lagi"

HAHAHAHA. JANGAN BOSEN-BOSEN KETEMU BULAN YA BWAAAANGG. WOOF YOU!

Dan yaudah, kelar itu konferensi pers dengan fokus saya yang masih terus ke Abang serta senyuman dan dadah-dadahnya buat saya. Uw, makin sayang deh kalo gini. Heuheu

***
Saatnya benar-benar bekerja!

Uwuwuw media uwuwuw - Dok. Pribadi


Setelah konferensi pers, saya sempat beristirahat dulu menyambangi teman lama di kantor barunya dan sekaligus ngajak dia buat nonton karena ternyata saya punya tiket lebih.

Ngobrol-ngobrol agak lama akhirnya sekitra pukul 16.00 WIB, kita berangkat lagi ke JEC. Setelah sampe di JEC, suasana venue udah rame banget sama manusia-manusia yang hadir. Saya nggak sempet foto karena waktu itu lebih memilih makan nasi kotak yang dikasih pihak LINE pas konferensi pers.

Tapi saat itu, melihat crowd-nya yang luar biasa, bikin saya semakin bersemangat buat liputan sekalian nonton konsernya.

Untuk konser kali ini saya nggak wawancara atau ketemu Abang sih, saat itu rasanya cuma pengin menikmati euforianya LINE Concert aja, nggak lebih.

Lagian saya sudah pernah wawancara Abang juga di acara lain, ceritanya bisa dibaca di sini>>> 10 Menit Bertatap Muka dengan Tulus.

Sekitar pukul 17.30 WIB, saya masuk ke dalem venue-nya dan udah rame banget booookk. Tapi saya suka banget nih konsepnya LINE Concert, venue di dalem itu dibagi dua. Satu berupa kayak taman bermain gitu, banyak game-game LINE yang digelar dan juga banyak booth, mulai dari makanan, minuman hingga merchandise. Dan yang paling menggemaskan adalah, ada patung (eh patung yak, ya itulah) Brown segede gaban di area venue. 


Suasana di venue LINE Concert - Dok. Pribadi



Game di venue - Dok. Pribadi

Merchandise booth-nya Yura - Dok. Pribadi


Tadaaaaaa, Brown besaarrr - Dok. Pribadi

Sekitar pukul 18.00 WIB, gate untuk venue area konser pun sudah mulai dibuka. Dan itu yaaa, persiapan penontonnya untuk masuk ke dalem venue mirip antrean sembako gratis. Panjang dan engap banget di sana.

Untung pihak LINE-nya bisa mengatasinya dengan baik dan penontonnya juga pada tertib sama aturan dari panitia sih.

Meskipun rame banget, para penonton masuk ke dalam venue nggak sampe dorong-dorongan apalagi sampe jatuh, semuanya tertib.

Rame gilak! - Dok. Pribadi

Sementara para manusia itu pada masuk, saya masih menunggu di luar agar situasi di area konser kondusif. Lagian saya lumayan tenang karena wartawan ada media pit-nya sendiri buat liputan atau ambil gambar.

Pukul 19.00 WIB saya baru bener-bener masuk area konser karena acaranya sudah mau dimulai. Suasana area konser udah rame banget sama para penonton dan menyenangkannya adalah, kita tidak perlu takut kepanasan, karena di area konser itu ada pendingin udara alias AC. Jadi tetep nyaman banget sih desak-desakan dengan para penonton yang bau keteknya beragam aromanya.

Kalo saya, nggak perlu desak-desakan karena saya berdiri di media pit. Bahagianya saya bisa berada di media pit karena saya bisa melihat dengan jelas panggung di depan tanpa ketutupan kepala-kepala penonton yang entah udah keramas atau belum.

Hanya sayangnya, media pit LINE Concert ini lumayan jauh, dan saya agak sedih karena saya cuma bawa kamera dengan lensa yang biasa aja, bukan lensa tele. Jadi, yah semoga foto-fotonya bagus aja deh entar.

Ouw yesss! - Dok. Pribadi

LINE Concert malam itu dibuka secara anggun oleh Raisa. Saat itu Raisa masih hamil tuh, mungkin itu sebabnya dia jadi pembuka, biar nggak terlalu menunggu lama. 

Malem itu jadi pengalaman kedua kalinya saya nonton Raisa secara langsung. Dan gengs, suaranya indaaaah banget, aslik deh ah. Meski saat itu Raisa masih hamil, tapi energinya sangat membuat para penonton bersemangat.

Ditambah, dibuat baper banget sama lagu-lagunya Raisa yang emang hampir semuanya sendu-sendu mellow gitu. 

Begini ini kalo kerja sesuai dengan hobi, saya sempet sering lupa mengambil gambar saat asyik-asyiknya bernyanyi bersama. Dan malem itu, saya juga dibikin baper sama lagu-lagunya Raisa. 

Anggep aja keliatan ya Raisanya

Setelah membawakan sekitar 10 lagu yang juga berhasil bikin saya baper, LINE Concert dilanjutkan dengan penampilan kolaborasi RAN dengan Yura Yunita, kolaborasi ini mereka namakan Rayuan Project.

Saat di atas panggung, kolaborasi ini penampilannya ciamik banget, mulai dari baju yang mereka pake sampe aransemen musiknya.

Setelah sendu-sendu bersama Raisa, penonton dibikin bergoyang oleh lagu-lagunya Rayuan Project yang enak untuk dibuat joget.

Rayuan Project secara adil membawakan lagu milik RAN dan Yura secara bergantian. Suasana konser pun semakin ramai dan menyenangkan setelah Rayuan Project masuk.

Malam itu, saya inget Rayuan Project sempat membawakan beberapa lagu dari album terbarunya Yura yang bertajuk 'Merakit', kalo lagunya RAN, yang paling saya inget tentunya adalah 'Dekat di Hati'.

Rayuan Project - Dok. Pribadi


Rayuan Project selesai, ini diaaaaa yang saya tungg-tunggu, siapa lagi kalo bukan Tuluuuusss. Uwuwuwuwuw.

Malem itu, Abang keliatan gagah dengan warna baju cerah, warna yang bukan khas-nya abang banget.

Kalo boleh jujur, saat itu badan udah lumayan capek, tapi begitu mendengar suaranya Abang, rasa capek itu seketika menghilang. Ditambah lagi senyumannya yang nggak pernah berubah dari dulu. Saat itu, Abang Tulus serasa charger-an untuk baterai saya yang mulai melemah. Hahaha.

Ditambah, saya makin seneng karena di konser itu, pertama kalinya saya mendengarkan Abang Tulus menyanyikan lagu barunya berjudul 'Labirin' secara langsung! Uwu!

Sepanjang 10 lagu, saya nggak berhenti-berhentinya nyanyi dan tentunya tidak lupa mengabadikan penampilan si abang ganteng malam itu.

Uuuu cayangnya akuuuhh - Dok. Pribadi

Nah, bagian Glenn Fredly sebagai penutup nih, badan saya udah beneran capek banget dan baterai kamera habis. Jadi rasanya tidak ada dokumentasi yang indah untuk bagiannya Glenn. Huehehe. 

Menjadi penutup konser, Glenn bikin kejutan buat para penonton dooong. 

Setelah ditunggu-tunggu kehadirannya di atas panggung, eh Glenn malah muncul di antara para penonton dooongg. Sayangnya saya lupa dia menyanyikan lagu apa waktu ada di antara para penonton. Yang jelas syahdu banget ditambah doi genjreng gitar. 

Selain Raisa, malem itu Glenn berhasil banget bikin saya baper dengan suara dan lagu-lagunya. Bagus banget suaranyaaaa bikin meleleh. Dan kalo Glenn ini pengalaman pertama saya menyaksikan langsung aksi panggungnya, begitu juga dengan RAN dan Yura. Emang paling sering nonton gigs-nya Tulus, saya emang bucinnya Tulus. I lop Tulus. Uyeah. 

Glenn Fredly uwu - Dok. Pribadi

Setelah semua talent nyanyi, LINE Concert malam itu ditutup meriah oleh penampilan seluruh talent kecuali Raisa. 

Raisa udah balik kali ya, mengingat dia tengah hamil lumayan gede juga waktu itu, tapi masih sempet aja ya dia nyanyi begitu. 

Kelima talent itu menutup konser dengan menyanyikan lagu 'Negeriku' dari Chrisye dan epik bangeeeet, suara-suaranya itu loh, udah nggak ngerti lagi bikin merindingnya. 

Sayangnya saya nggak mengabadikan momen ini gara-gara baterai HP dan kamera udah low semua. Tapi seenggaknya, saya amat sangat menikmati penampilan penutup mereka yang bener-bener keren banget Ya Tuhan tolong saya tidak kuaddhhhh. 

***
So far, saya puas banget sih sama konsernya yang konsepnya lucu banget begini dan tertata rapi mulai dari penukaran tiket sampe acara selesai. 

Malem itu, konser selesai sekitar pukul 23.30 WIB dan zuzur zaja, badan saya udah bener-bener kayak habis diremukin sama Hulk, capek sangat sih, tapi bahagia. Hehehe.

Sebelum balik ke Solo, saya makan malem dulu bareng temen-temen saya, karena mengingat tadi di venue lebih fokus bekerja daripada makannya. Yaiyalah, mana ada waktu buat makan sementara konsernya terus berjalan secara non stop begitu. 

Selesai makan, baru deh saya langsung pulang ke Solo malem itu juga. 

Seperti yang saya bilang di atas, meski badan saya capek luar biasa, tapi semuanya nggak begitu terasa karena saya saat itu bahagia banget. Bahagia bisa mendengarkan 'Labirin' secara langsung, bahagia mendengarkan lagu-lagu barunya Yura Yunita, bahagia dibikin baper sama Raisa dan Glenn Fredly, terhibur dengan penampilannya RAN yang kocak. Bener-bener bahagia dan puas. Hehehe. 

Tak hanya itu, saya juga bahagia karena kerja sama yang saya handle bareng LINE ini berjalan dengan lancar dan baik, sebelum keluar dari venue pun juga sempet mengucapkan terima kasih kepada Mas Bambang selaku orang yang bekerja sama dengan saya selama kurang lebih satu bulanan. 

Dan juga, para wartawan yang meliput saat itu pun dapet goodie bag yang isinya merchandise-merchandise resminya LINE. Uuuuuwww, so kyuuutttt! 

Saat itu, saking bahagianya saya, saya sampe nge-twit di Twitter saya yang sekarang udah berdebu banyak sarang laba-labanya. 


Jogja emang punya banyak cerita yang membuat saya senang kembali ke kota ini berkali-kali. Bahkan kenangan saya dengan Tulus juga banyak terjadi di Jogja. Heuheu.

Setibanya di Solo dan di kosan saya, saya langsung merebahkan diri dan siap-siap tidur karena udah capeknya udah nggak bisa diajak kompromi. Saat itu, saya tidur dengan perasaan yang bener-bener seneng, bahagia, dan semua hal baik yang nggak bisa saya sebutkan satu persatu deh. 

***

Untuk tahun ini, LINE Concert nggak diadain di Jogja lagi, tapi di Bandung dan belum diumumin lagi siapa yang bakal jadi bintang tamunya. Kalo emang menyenangkan, tidak menutup kemungkinan saya bakal hadir lagi di LINE Concert, tapi mungkin kali ini sebagai penonton aja, enggak sebagai wartawan yang meliput berita. 

So yeah! That's all tentang LINE Concert Yogyakarta 2018 ya. Terima kasih sudah mau membacanya, kolom komentar terbuka untuk lu yang mau ngegibah atau kasih sumbangan. 

Bonus foto wartawan yang saat itu bahagia sekaliiiyyhh - Dok. Pribadi


Thanks for reading!

And God bless ya all!




Komentar

  1. Hehehe, begitulah kalau ketemu idola, kita bisa ngeper nggak tahu mau ngapain. Kayak waktu saya ketemu Bang Iwan Fals ... ketemu di lift dan di lokasi acara, duduk sebelahan, hanya senyum dan salaman aja udah puas hehehe

    BalasHapus
  2. momen kaget ditunjuk dan refleks dadah dadah lucu mba hehehe.. :D :D

    BalasHapus
  3. Bayangin Bulan fangirl Tulus tapi kudu profesional saat ngeliput. No jingkrak2 ya, hahaha

    Konser musik tuh emang selalu punya banyak cerita

    BalasHapus
  4. Uwaaaaaa aku mbaca tulisan ini sambil gregetan cgmas bahagiaaaa
    Emang ya, kalo udah suka, ngefans, gregetannya cewek tuh sama. Seheboh ini. Hahaha

    BalasHapus
  5. Anak konser banget tp yang menjiwai, suka abis! Jenis tulisan Kak Bulan itu jenis tulisan yg selalu kubaca hati2 sampai habis hahaha sampe hafal lah ini penggemar berat Tulus XD, cita2ku one day bisa liputan gini dapet free access uwu :3 kerasa ikut bahagianyah :3

    BalasHapus
  6. Asikk juga ya, selain bisa hadir di konser artis favorit, juga bisa lebih dekat fitur-fitur dari Line yang menarik, ada baiknya juga biar ngalahin Brand Rokok yang seringkali ngadain konser.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Wah ada tulus lagi, pasti acaranya keren banget saat itu. Apalagi wartawan gratis ya. Jehehe

    BalasHapus
  9. Ternyata kebagian tugas di bagian media gak seenak yang aku bayangkan yaa, Moon.
    Aku bayangin ttuh...media selalu ada di garda depan demi mendapatkan foto terbaik sang idola.
    Huhuu...

    BalasHapus
  10. Hihihi..iya Kak Bul, kayaknya Tulus jadi apal dengan Kak Bul, deh! Soalnya selalu setia hadir di setiap event Tulus.
    Kebayang hebohnya waktu ditunjuk sama sang idola hihihi

    BalasHapus
  11. Konsernya udah tahun lalu tapi pas baca ini aku masih dapet nih perasaan excitednya kak bulan, apalagi bintang tamu nya ada idola kita uwuwuwuw seruuu

    BalasHapus
  12. Bulan tuh ingatannya kuat banget ha bisa mendeskripsikan konser tahun lalu dengan detail dan penuh rasa, hingga saya sebagai pembaca berasa ikut nonton konsernya

    BalasHapus
  13. Kakaknya suka banget yaa nonton konser. Pasti seru aja gitu bisa nyanyi bareng idola. Apalagi sponsornya LINE, dijamin hacep*

    BalasHapus
  14. Mbak Bulan gak foto sama Tulus?
    Kebayang senengnya ketemu idola ya. Apalagi pas ditunjuk gara2 pakai kaos Labirin itu hehe. Pasti seneng2 gimanaaa gtu��

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer