Konser Ed Sheeran: Divide World Tour Asia 2019 Jakarta

Credit: edsheeran.com


Saya menunda tulisan tentang lagu-lagunya John Mayer demi bisa menulis ini biar hype-nya tetep berasa setelah konser begitcuh. 

Yes, beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan untuk nonton salah satu musisi favorit saya, Ed Sheeran! 

Setelah bulan April dibikin patah hati karena nggak bisa nonton om-om ganteng kesayangan, John Mayer, kali ini saya berhasil bisa nonton konser Ed Sheeran. *sujud syukur*.

Dan keputusan untuk nonton Ed Sheeran ini amat sangat impulsif sekali dan tidak direncanakan dari awal, saudara-saudaraku. 

Karena, pada awalnya saya tidak berniat untuk nonton konsernya Ed Sheeran karena nda punya duit, alasan klise sobat misqueen ya kan. 

Dan saya inget banget penjualan tiket itu dibuka pas saya ulang tahun, 5 Desember 2018. Saya hanya bisa duduk terdiam waktu liat harga tiket di website-nya dan menelan ludah karena saya pengin nonton tapi saat itu gaji pun udah ludes buat persiapan Natal bareng keluarga. 

Sedih? Pasti.


Apalagi Ed Sheeran termasuk musisi yang lagunya selalu ada di playlist saya dan juga konser ini juga adalah janji yang ditepati Ed karena seharusnya dia konser di Indonesia itu tahun 2017, tapi karena kecelakaan yang membuat tangannya patah, dia harus membatalkan sisa konser Divide World Tour-nya saat itu dan Indonesia termasuk. 

2017 saya sudah bisa legowo nggak bisa nonton dia karena masih baru banget saya dapet kerjaan, punya gaji sendiri, tapi tetep belum cukup buat beli tiket konsernya. Tahun 2019? yah saat itu saya mau nggak mau ya harus legowo lagi untuk nggak nonton musisi favorit saya. Hufht banget. 

Mengawali tahun 2019 dengan menonton konser Kodaline di bulan Maret kemarin, ternyata konser-konser idola bertaraf Internasional bikin saya ketagihan sekaligus bangga. Saya nggak paham kenapa bisa bangga, intinya itu yang saya rasain waktu nonton Kodaline. 

Terlebih waktu Kodaline itu saya sekaligus liputan sih, jadi konser Kodaline sangat spesial buat saya karena ini adalah kerja sama media partner pertama yang saya handle sendiri dari awal promosi sampai kelar konser. 

Cerita tentang nonton konser Kodaline bisa dibaca di sini>>> Konser Kodaline: Politics of Living Tour 2019 Jakarta

Tapi kemudian saya dibuat galau lagi karena konsernya John Mayer. Saya jadi bingung, kenapa semua idola saya pada bikin konser tunggal barengan di tahun 2019 sih? 

Kodaline Maret 2019 dan untungnya bisa gratis karena saya liputan. Kemudian sebelumnya ada Tulus juga bikin konser tunggal di Jakarta bulan Februari 2019 lalu. John Mayer? April 2019. Ed Sheeran? Mei 2019. Seandainya saya anak sultan, yha~~~

***

IYAK! Baru ini saya galau gara-gara nggak bisa nonton konser idola saya. IYAK! John Mayer bikin saya gelisah gundah gulana selama berhari-hari karena cuma bisa gigit jari ngeliat posting-an temen-temen saya yang beruntung bisa nonton doi. 

Baru kali ini dan rasanya bener-bener nggak enak, gengs! Waktu liat media sosial tuh rasanya kayak,

"Andai saya bisa nonton"

"Duh, Mayer bawain Gravity sama Neon, andai saya di situ pasti seneng banget"

"Anjir, Mayer bersiul beneran pas bawain You're Gonna Live Forever In Me. Indonesia dapet siulannyaaaaa'"

Dan segala penyesalan lainnya cuma gara-gara nggak bisa nonton John Mayer. Dan gara-gara John Mayer juga, saya memutuskan buat nonton konsernya Ed Sheeran dan itu cuma gara-gara foto yang dia unggah di Instagram-nya. Foto apa? Here we go....




Lihat itu ada siapa aja di foto? ED SHEERAN DAN JOHN MAYER!!! Apa maksudnya mereka manggung berdua begitoooh?Apa-apaan inih? Haaaah? My idols in one frame. God damn it!

Jadi, penampilan Ed Sheeran itu kejutan buat konsernya John Mayer yang di Jepang. Beruntung banget nggak sih orang-orang Jepang itu bisa dapet double trouble begini. Gilak, Ed Sheeran dan John Mayer dalam satu panggung. Kalo saya di sana, mungkin saya sudah mimisan seember dan pengsan kali ah.

Tiga hari lihat foto ini, jiwa fangirl saya langsung terketuk. Apakah ini cara semesta untuk membuat saya harus menonton Ed Sheeran ketika gagal nonton John Mayer? Apakah ini pertanda saya harus nonton konsernya Ed Sheeran agar tidak nyesel 30 hari 30 malem kayak melewatkan John Mayer. Semesta kadang suka bercanda emang, ya.

Setelah menimbang-nimbang, akhirnya saya memutuskan untuk langsung cari tiket konsernya Ed Sheeran yang masih tersisa agar supaya saya tidak menyesal seperti nggak nonton John Mayer.

Iya. Saya. Seimpulsif. Itu.

Ehe.

***

Waktu nyari tiket, pertama yang saya cek adalah Tokopedia, karena penjualan tiket secara resmi konser ini cuma melalui Tokopedia dan website-nya. Sistem tiket buat konser Ed Sheeran ini cukup ribet tapi aman banget sih, dan di sini saya agak nggak teliti. 

Saat itu, warna tulisan penjualan tiket konser Ed Sheeran di Tokopedia berwarna abu-abu semua dan saya waktu itu mikir udah sold out semua. Dari yang termurah sampe yang termahal, agak panik juga karena merasa tiket sudah habis. Saya langsung iseng nyari di Twitter, dan dapet tiket Category 6, tipe tiket paling murah seharga Rp 750 ribu. Mahal Rp 100 ribu dari di Tokopedia dan website-nya. 

Saya pikir, yaudahlah cuma beda Rp 100 ribu dan ada juga tiketnya, langsung saya sikat dan tanya-tanya dulu sama penjualnya. Karena baru kali ini saya beli tiket konser melalui calo gitu dan merasa aman dengan penjual ini, saya pun melakukan pembayaran dan tinggal menunggu E-ticket-nya dikirim mulai tanggal 26 April 2019.

Begitu urusan tiket sudah selesai, saya kemudian ngurusin gimana saya hidup di Jakarta entar dan cuti serta libur yang harus saya ambil. Saya langsung menghubungi sahabat yang kerja di Jakarta dan bermaksud buat nebeng tidur di kos-kosannya, Tiya namanya.

Alih-alih mau nebeng tidur, eh dia malah juga pengin ikut saya nonton konsernya Ed Sheeran. Wah, jelas dong saya seneng, artinya saya nggak perlu sendirian kayak anak ilang di venue nantinya. 

Setelah saya makin ngomporin Tiya, akhirnya dia pun beli tiketnya dan ternyata di Tokopedia masih ada, dia pun beli kategori yang sama dengan harga Rp 650 ribu. Agak nyesel di sini karena saya nggak teliti waktu ngeliat tiket di Tokopedia. Tapi ah yasudahlah, yang penting saya bisa nonton Ed Sheeran! Woohooooooo! Akhirnya keimpulsifan ini menimbulkan kebahagiaan yang nggak terencana. I'm happy, literally happy!

***

Selasa, 30 April 2019

Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba! Tiket saya udah saya terima di e-mail pribadi. Ngeliat tiket itu saya langsung ngerasa,

"Gilak, jadi nih nonton Ed Sheeran?"

Karena sebelumnya saya emang bener-bener udah hopeless banget sama konser Ed kali ini. Thanks a lot  to John Mayer yang membuat keimpulsifan saya timbul di saat-saat seperti ini.

Sementara, Tiya sudah dapet tiketnya tanggal 26 April 2019. Jelas, karena pembelian tiket yang beda platform dan nggak barengan, saya dan Tiya dapet tempat duduk yang berbeda dan nggak sebelahan. Yep, untuk konser Ed Sheeran kali ini, semua penonton duduk, nggak ada yang berdiri. Enak kaaan?

Tiket akoooohh~~

Dan yaudahlah, yang penting entar berangkat bareng meskipun nantinya menikmati konsernya saya juga bakal sendirian tanpa ada Tiya di samping saya. 

YANG PENTING NONTON ED SHEERAAAAN. UWUWUWUWUWU~~~~

***
The Day, 3 May 2019

Saya sampe di Jakarta sekitar pukul 04.00 WIB subuh, setiba di Stasiun Pasar Senen, saya langsung meneror Tiya yang mungkin masih terlelap. Setelah dia bangun, baru saya cus ke kosannya naik ojek online. 

Setelah tiba di kosannya Tiya, gantian saya yang terlelap sampe siang sementara Tiya masih harus bekerja dulu hari itu.

Pukul 15.00 WIB saya udah nangkring di kantornya Tiya karena kita mau berangkat bareng ke venue. Pukul 16.00 WIB, doi baru keluar dari kantor dan bawain donat buat saya, lumayan buat ganjel perut sebelum mengendarai motor menuju Gelora Bung Karno.

Perlu diingat, hari itu adalah hari Jumat yang di mana termasuk hari keramatnya Jakarta dan udah nggak heranlah ya jam-jam pulang kantor jalanan Jakarta menuju weekend itu bakal macetnya kayak apa.

Dan bener aja, sore itu saya berubah jadi Valentino Rossi waktu mengendarai motornya Tiya, sementara doi yang jadi navigasi maps menuju ke Gelora Bung Karno. Saya meliuk-liuk di jalanan Jakarta yang bikin istigfar macetnya. Sore itu yang sebenarnya mendung tapi terasa panas dan bikin saya bercucuran keringat karena harus fokus mengendarai motor.

Jakarta kamu jahat.

GBK yang sebenernya nggak jauh dari kantornya Tiya pun harus memakan waktu sekitar 45 menit untuk nyampe. Setibanya di GBK, saya yang sempet stres gara-gara jalanan Jakarta, kembali excited karena udah sampe di venue dan melihat keramaian orang-orang yang juga bakal nonton Ed Sheeran.

Tapi ternyata, jalan dari parkiran menuju venue lumayan jauh, cyin. Bener-bener deh sore itu kayaknya keringat saya lagi diperas dan kesabaran diuji banget.

Ini nih yang saya suka dari promotor acara, buat masuk ke area venue udah rapi banget. Gate sudah dibuka sejak pukul 13.00 WIB, sementara saya masuk sekitar pukul 17.00 WIB jadi agak selo dan nggak antre.

Keamanan pun lumayan ketat karena barang-barang di tas harus dikeluarin semua tapi sudah disediain plastik oleh promotor sebagai wadahnya. Pengecekan e-tiket juga ketat, harus bener-bener sesuai dengan identitas KTP, dan sebagai ganti tiket, penonton dapet wristband dengan warna sesuai kategori.

FYI, tiap kategori gate-nya beda-beda. Sementara gate saya Category 6 bareng sama Category 5A dan 5B.

Saat masuk area venue saya kegirangan sendiri doooong. Ulululu jadi beneran nih nonton Ed Sheeraaaann!

Uwuwuwuwu~ - Dok. pribadi


Saat masuk area venue, tujuan saya pertama kali adalah ke merchandise booth-nya. Iyes, saya selalu merasa nggak afdol aja konser nggak beli merchandise gitu. 

Dan di booth juga udah rame pembeli. Beda kayak konsernya Kodaline yang cuma punya dua merchandise dan dua-duanya kaus cuma beda warna aja. Kalo yang Ed Sheeran ini ada macem-macem, ada kaus, hoodie, totte bag gitu. Saya sempet bingung mau beli yang mana, apalagi orang udah mulai antre di belakang saya. 

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli kaus yang bergambar lambang Divide, sesuai albumnya Ed Sheeran. Satu kaus dibanderol harga Rp 450 ribu. Harga yang wajar karena merchandise-nya official. 

Saya makin girang karena udah dapet merchandise-nya Ed Sheeran, pelipur banget sih karena yang John Mayer pun saya nggak dapet merchandise-nya. Eh kali ini yang Ed Sheeran dapet tanpa direncanakan sekalipun.

Setelah dapet merchandise, saya dan Tiya langsung jalan-jalan di area venue, udah rame banget sama manusia-manusia dan selain ada merchandise booth, juga ada booth-booth makanan yang beragam banget. Sungguh memanjakan penonton sebelum masuk ke dalem stadionnya. 

Tapi karena saya anaknya mageran dan booth-booth makanan pada antre semua, saya dan Tiya memutuskan untuk nggak makan di GBK, makannya nanti aja kalo konser udah selesai dan akhirnya lebih memilih antre ke toilet, biar pas nonton nggak ketinggalan cuma gara-gara kebelet pipis. Heuheu. 

***

Pukul 18.00 WIB, saya pun berpisah dengan Tiya karena kita beda pintu stadion, dia di pintu 79 sementara saya di pintu 85. Kita bakal nonton di kursi masing-masing. Agak sedih juga karena nggak bisa seru-seruan bareng gitu.

Karena saya beli tiket kategori yang paling murah, saya harus puas ngelihat Ed Sheeran dalam bentuk atom begitu, alias kecil dan jauuuuh banget dari tempat saya duduk. Saya paham betul bahwa saya malam itu Ed Sheeran akan terlihat kayak titik di mata saya. Hahaha.

Dari posisi saya duduk - Dok. Pribadi

Nah, ini juga yang paling saya suka dari konsernya Ed Sheeran, promotor dan segala jajarannya menjalankan konsernya tepat waktu! 

Di tiket ada jadwal opening stage yang diisi oleh One Ok Rock pada pukul 18.45 WIB. Dan tepat jam segitu One Ok Rock udah mengguncang panggung konser. Sementara Ed Sheeran dijadwalkan akan manggung pukul 20.00 WIB.

Saya yang bukan pendengar One Ok Rock pun cuma bisa diem mingkem karena nggak paham sama lagu-lagunya mereka. Beneran satu lagu pun saya nggak tahu, bebs. Saya cuma bengong pas One Ok Rock tampil dan berharap cepet selesai aja dan segera Ed Sheeran keluar. Heuheu. 



Sekitar pukul 19.45 WIB, One Ok Rock pun selesai manggung dan saya udah nggak sabar ngeliat Ed Sheeran langsung! Uwuwuwu.

Masih ada jeda waktu sekitar 15 menit, jadi saya udah deg-degan aja itu padahal belum waktunya Ed buat berada di atas panggung. Saya juga udah menebak-nebak dia bakal bawa lagu apa aja nanti. 

TOLONG ED KE ATAS PANGGUNG SEKARANG JUGAAAAA. 

Dan yash, tepat pukul 20.00 WIB, Ed pun udah naik panggung dan satu stadion histeris parah luar biasa menyambut kehadiran Ed. Saya seketika merinding, baru kali ini bisa mendengarkan teriakan orang-orang secara kompak di tempat sebesar GBK ini. Wow banget.


Suasana konser - Dokumen pribadi

Untuk konser kali ini, dokumentasi saya amat sangat terbatas karena nggak boleh bawa kamera di venue. Ditambah jarak saya dengan panggung itu dari ujung ke ujung, sudah pasti dokumentasi saya nggak ada yang bagus. Hwahwahwa.

Malam itu, Ed Sheeran membuka konsernya menyanyikan lagu 'Castle On The Hill' dari album Divide. Wuidih, udah nggak ngerti lagi saya histerisnya kayak gimana pertama kali lihat Ed Sheeran dengan mata kepala saya sendiri dan mendengar suaranya secara live. God damn it! I make my another dream come true. Seketika merasa terharu sendiri, saya anaknya emang sentimental sih, begini aja udah seneng dan bangga. Huhuhu.

Dan suara Ed emang asli bagus, gaes! Jadi suara-suara yang saya denger dari album-albumnya emang asli suara dia tanpa ada editan-editan apapun. Kan ada tuh penyanyi yang suaranya bagus di albumnya doang karena banyak editan sana sini. Nah, ini Ed Sheeran murni suaranya bagus banget. Ditambah, akhirnya saya bisa nonton dan mendengar secara langsung Ed nge-rap! Saya makin terharuuuuuwww. 

Setelah membawakan 'Castle On The Hill', Ed pun menyapa puluhan ribu penonton yang hadir malam itu. Nggak hanya menyapa, dia juga minta maaf dooongg soal batalnya konser doi yang harusnya digelar tahun 2017. Uw, makin gemash saya sama Babang Ed ini. 

"Hai bagaimana perasaan kalian? Saya senang berada di sini. Saya juga ingin meminta maaf, seharusnya saya ke sini 2017 tapi saya tidak datang. Maaf saya membatalkan konser sebelumnya," kata Ed kurang lebih kayak gitu. 

Malem itu kurang lebih Ed nyanyi 19 lagu dan beberapa lagu ada yang di-medley, seingat saya ada lagu 'Eraser', 'The A Team', 'Don't', 'Bloodstream', 'Happier', 'Thinking Out Loud', 'Photograph', 'Perfect', dan masih banyak lagi

Dokumentasi terbak menurut saya. WKWK.

Sebenernya saya merekam banyak penampilan dia, namun setelah ditinjau ulang, setiap video suara sumbang saya ini masuk. Hahaha. Jadi ya, saya hanya mengunggah beberapa yang menurut saya bagus di Instagram Story saya. 

Semua lagu saya bisa nyanyi dan saat itu udah bodo amat deh saya histeris, joget-joget sendiri sementara orang-orang di samping saya dan di belakang saya itu cuma banyak diem karena keknya mereka adalah pendengar Ed Sheeran di album Divide doang. Serius, di deretan saya dan deretan belakang, cuma saya yang heboh dari awal sampe akhir konser. Sampe sempet mau berdiri gitu, tapi untung masih bisa menahan diri daripada ditimpuk sandal sama rakyat-rakyat yang ada di GBK. Ahehehe.

Pada penampilan awal-awal, saya amat emosional waktu Ed bawain 'Dive', lu kalo paham liriknya dan jackpot mengalami hal yang diceritakan di lirik, pasti paham kenapa saya bisa seemosional itu. Hahaha. 

Maybe I came on too strong
Maybe I waited too long
Maybe I played my cards wrong
Oh, just a little bit wrong
Baby I apologize for it

I could fall, or I could fly
Here in your aeroplane
And I could live, I could die
Hanging on the words you say
And I’ve been known to give my all
And jumping in harder than
Ten thousand rocks on the lake

APA SAUDARA-SAUDARAAAAAA......
 
SO DON'T CALL ME BABYYYYY~
UNLESS YOU MEAN IIITTTT~

Don’t tell me you need me
If you don’t believe it
So let me know the truth
Before I dive right into you




Terus pas nyanyiin 'Thinking Out Loud', wah ini mah lagu kebangsaan para penggemar Ed Sheeran ya nggak sih. Dan lagu ini juga yang pertama kali saya jatuh cinta sama karya-karyanya Ed Sheeran. Romantis tapi nggak lenjeh. Kusuka. Uw. Uw. Uw. 

Di lagu ini, saya dan puluhan ribu penonton pun bernyanyi bersama, mengiringi Ed Sheeran dengan gitarnya. Syahdu banget dah malam itu kita semua nyanyiin 'Thinking Out Loud' bareng-bareng dengan energi yang sama. 

So honey now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
Maybe we found love right where we are







Saya juga dibuat terharu dan sedikit meneteskan air mata waktu Ed bawain lagu 'Photograph', kembali lagi, kalo lu paham sama lirik lagunya, mungkin bisa ngerasain rasa haru yang saya rasakan malam itu.

Sebenernya, lagu 'Photograph' itu mengingatkan saya pada almarhum ayah yang hobinya juga mengabadikan momen anak-anaknya melalui jepretan kamera. Waktu Ed nyanyiin lagu ini, saya memutuskan untuk nggak merekamnya, tapi lebih menikmati dan menyanyikan sambil menutup mata saya. Duh rasanya nyeeessss sekali karena memori-memori saya bersama almarhum ayah tiba-tiba muncul semua di otak. 

We keep this love in a photograph
We made these memories for ourselves
Where our eyes are never closing
Hearts are never broken
And time's forever frozen still

So you can keep me
Inside the pocket of your ripped jeans
Holding me closer 'til our eyes meet
You won't ever be alone, wait for me to come home

Dan pertahanan saya jebol waktu Ed nyanyiin lirik bagian ini berkali-kali dengan suaranya yang merdu dan lembut. 

Hearing you whisper through the phone
"Wait for me to come home"



Dang! Seketika saya nangis. Lirik itu mengingatkan saya dengan kebiasaan almarhum ayah yang setiap hari telepon karena pekerjaannya selalu di luar Pulau Jawa dan dalam sebulan cuma bisa pulang sekali atau dua kali sisanya kita sekeluarga selalu LDR-an sama ayah. Asli, pecah tangis saya waktu Ed menyanyikan lirik itu. 

Oh iya! Sebelumnya Ed Sheeran juga bawain lagu yang dinyanyiin sama Justin Bieber, saat itu Ed ngasih clue kalo dia bakal bawain lagu ciptaannya tapi dinyanyikan oleh musisi lainnya. Saya kemarin sempat menebak-nebak, uwow, apakah dia bakal bawain 'Make It Right' lagu yang dia tulis buat album barunya BTS? 

Ternyata tidak, Fulgoso....

Dia ternyata menyanyikan lagu 'Love Yourself' yang dipopulerkan oleh Justin Biebeeeerr. Wah, Tiya yang Beliebers seneng ini, yakin saya mah.

Nggak hanya itu, ternyata ada fun fact pas Ed Sheeran nyanyiin lagu ini. Saya nulis postingan ini sambil riset-riset tentang setlist lagu kan, dan nemu di setlist.fm, nah pas bagian 'Love Yourself' ini ternyata medley dengan lagu berjudul 'I Don't Care'.

Saya langsung mikir, perasaan lagu Ed Sheeran nggak ada yang judulnya 'I Don't Care', Justin Bieber juga nggak punya. Dan setelah menelaah lebih lanjut dengan melihat video-video konser Ed Sheeran di YouTube, saya baru menyadari bahwa 'I Don't Care' itu lagu barunya Ed Sheeran kolaborasi dengan Justin Bieber yang baru akan rilis besok Jumat 10 Mei 2019!!



Pantes aja ada bagian lagu 'Love Yourself' yang saya asing banget, ternyata itu cuplikan lagu baru Ed Sheeran ft. Justin Bieber, 'I Don't Care'. Hahahaha. Buat yang nggak ngikutin Ed Sheeran pasti nggak ngeh deh pas konser itu dia sempet bawain cuplikan lagu 'I Don't Care' di konser. Saya aja nggak nyadar. Nyadarnya pas nulis postingan dan juga karena riset setlist!.

Karena selepas konser ini, Ed Sheeran dan Justin Bieber sama-sama gencar promo kode-kode tentang lagu baru mereka di Instagram. Gatdemit! Saya baru nyadarnya sekarang kalo pas konser kemarin Ed Sheeran itu ngasih kejutan ke penggemarnya, eh saya terkejutnya baru sekarang. Myahaha.

Bisa dikatakan, para penggemar yang nonton konser world tour-nya ini udah di-spoiler-in duluan sama Ed. Lucky me. Lucky us! 

Di video di bawah ini, cuplikan 'I Don't Care' ada di menit 03:00. Saya senyum-senyum sendiri nulis postingan ini menyadari bahwa konser kemarin ada kejutan. Makin gemash sama Babang Ed. Uwuw.





Oke, setelah terkejoed-kejoed sama 'Love Yourself' yang di-medley dengan 'I Don't Care', lagu barunya Ed kolaborasi Justin Bieber, saya juga sempat geli sendiri waktu Ed bawain 'Shape of You' di atas panggung.

Oh iya, sebelum nyanyiin 'Shape of You', Ed Sheeran encore dulu nih ngilang dari panggung, dan nggak lama muncul lagi dengan udah ganti baju, tadinya pake kaus hitam sekarang pake jersey Timnas Indonesia doooongg! Duh makin gemaasssh. Etapi ternyata ini emang tradisinya Ed sih, tiap menjelang konsernya selesai, dia selalu pake baju atau jersey timnas negara yang dia singgahi. Malam itu dia tampak gagah pake jersey timnas Indonesia warna putih dengan lambang Garuda di dadanya.

Yang membuat saya geli adalah, 'Shape of You' itu termasuk lagu yang siarannya dibatasi sama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat dan beritanya viral kan kemarin-kemarin. Eh, Ed Sheeran nyanyiin itu secara live di depan 50 ribu penontonnya. Wkwk. Savageeee!




Dan malam itu Ed Sheeran menutup konsernya di Jakarta dan seluruh rangkaian world tour-nya dengan lagu 'You Need Me, I Don't Need You' dengan sangat atraktif.  Interaksi Ed selama konser yang paling saya suka, dia bener-bener mengakrabkan dirinya sendiri kepada para penonton dan nggak sekadar nyanyi aja gitu di panggung. Interaksi Ed dengan penonton malam itu sungguh membuat hati terasa hangat.

Konser berjalan kurang lebih 3 jam sangat memuaskan bagi saya dan keputusan impulsif saya untuk membeli tiketnya Ed Sheeran adalah keputusan yang benar! Saya benar-benar puas dan bahagia banget selepas nonton konsernya doi. Hitung-hitung juga bagian dari selfhealing dari depresi saya. Bener-bener konser yang bikin saya speechless dan nggak ngerasa rugi mengeluarkan uang banyak 'hanya' demi nonton konser begini.

Semuanya memuaskan mulai dari pemeriksaan tiket, venue, kondisi yang nggak jadi hujan padahal sore itu mendung banget dan sempat gerimis, opening stage dari One Oke Rock, sound system-nya, ketepatan jadwal-jadwal yang sudah dibikin, aksi panggungnya Ed Sheeran, semuanya baguuuusss sekaliii. Ya mungkin ada beberapa kekurangan di sana-sini ya, namanya juga manusia tidak ada yang sempurna, tapi so far saya amat sangat puas dengan konser Ed Sheeran ini. Hei para promotor, terima kasih, ya!

Terima kasih untuk diri sendiri ini yang memilih nggak pelit pada diri sendiri juga, karena sempet perhitungan nggak mau nonton ini takut duit habis, ternyata keputusan kita nggak salah dan bisa healing diri kita sendiri nih dan bukti bahwa kita mulai bisa mencintai diri kita sendiri begini. Terima kasih sudah mewujudkan mimpi kita bersama, ya. You are cool, Bul!

Terima kasih Tiya atas tetek bengeknya, yang udah bersedia kos-kosannya saya tumpangi untuk tinggal di Jakarta dan motornya yang memudahkan kita untuk pergi ke mana aja selama di Jakarta dan juga menemani saya ke konser Ed Sheeran ini. Nggak kebayang kalo saya jadinya nonton ini sendirian, yakin saya nggak bisa pulang deh karena pas konser ini kelar, kita lihat ratusan orang di samping GBK kayaknya pada kesulitan mencari angkutan umum dan transportasi online buat pulang.

Thank You Sisteuuurr~ - Dok Pribadi

Dan terima kasih untuk Edward Christopher Sheeran, yang sudah menepati janji untuk re-schedule konsernya di Indonesia.

Saya yakin banget, kalo tahun 2017 dia tetep manggung di Indonesia, saya nggak bisa nonton karena belum punya uang yang cukup. Ternyata ada berkah di balik kecelakaan sepedanya waktu itu buat saya. Ya, biar saya bisa nonton di saat saya sudah punya uang yang cukup dan terbayarkan sudah tanggal 3 Mei 2019 kemarin. Saya kembali mencentang bucket list saya. Terima kasih Ed Sheeran, terima kasih banyak!








A post shared by Ed Sheeran (@teddysphotos) on

Waw, jadi panjang banget ini tulisan yak. Terima kasih untuk kamu yang sudah membacanya sampe di sini. Kolom komentar terbuka untuk diskusi hingga mengghibah, ya!

Cerita konser ini dari sudut pandang sahabat saya Tiya, bisa dibaca di sini>>> Ed Sheeran (Divide Tour) : SING! LOUDER!

See you when I see you again Ed! - Dok. Pribadi



Thank you for reading!

God bless ya all!

Komentar

  1. Hiks Hiks, saya sedih banget kalau nginget konser Ed-Sheeran ini. Kemarin udah punya 2 tiket buat nonton, eh malah gajadi karena mesti menuntaskan skripsi di Padang. huhuhu

    BalasHapus
  2. Huaaaa! aku terharu nih! beurntungnya kamu dapat clue untuk lagu terbarunya bareng justin bieber! aku gagal nonton karena bentrok sama kerjaan! padahal pas balik juga mesti lewat GBK!

    BalasHapus
  3. Asesorisnya luar biasa bagus ya mbak. Tapi aku salut terhadap perjuangan mbak yg harus disertai dengan merchandise booth dan asseoris lainnya yang berkaitan dgn konser, baru merasa puas dan bangga.
    hehehe

    BalasHapus
  4. wadaw nonton konser ed shereen ya mba ajib nih sempet hype sebelum sebelumnya. tapi kayanya penuh perjuangan banget ya untuk nonton ini konser mulai dari tiketnya yang lumayan dan susah untuk didapat karena laris manis gitu

    BalasHapus
  5. Entahlah aku kurang begitu menyimak perkembangan musik dunia, khususnya penyanyi-penyanyi barat. Masalahnya aku gak bisa nyanyi bahasa inggris juga hahahaha. Kalau pun nama Ed Sharen emang kentara di mana-mana, tetep aku suka penyanyi Indonesia.

    BalasHapus
  6. Kalau aku kayaknya ga berani ikutan nonton konser, apalagi konser gini mbak. Huitnya alis duitnya pasti muahal pake banget kan :D

    BalasHapus
  7. Aku gak byk tau lagu john mayer. Tapi di antara yg aku tau itu memang hits banget siulannya. Bener banget itu beruntung bisa liat ed sheeran sama mayor dalam 1 frame.. Omg.. So lucky.. Aku belum pernah sekalipun nonton konser artis luar,

    BalasHapus
  8. AKu taunya Mas Edi ini konser dr IG artis2 hehe
    Mbak kalau nyari tiket di Twitter gtu dapat dari siapa kah? AKu asli kepoh. Gak khawatir tipu2 gtu?

    BalasHapus
  9. Bulaaan, kamu memnag fansgirl sejati ya. Kalau aku, suka sih sama babang ed atau john mayer, tapi aku ogah ngeluarin fulus untuk bela2in nonton konsernya

    BalasHapus
  10. Selalu suka tulisan Bukan tentang konser, tulisannya hidup banget hingga saya yang nggak nonton konser pun merasakan antusias dan kehebohannya dan kebayang banget gimana bahagia ya saat nknton ed sheran

    BalasHapus
  11. Aku bacanya kaya lagi nemenin dirimu nonton beneran. Seruuuu


    Duh aku pun galau, Oktober nanti BSB bakalan ke sini. Pas mereka kesini dulu gak bsa nonton karena punya baby. Tapi harga tiketnya gak nahan hiks

    BalasHapus
  12. Aku suka banget sama lagu Dive dari Ed Sheeran, dan semoga aja suatu hari nanti bisa nonton konsernya secara live, pasti bakalan seru banget :D

    BalasHapus
  13. Kalau nonton konser musisi idola pasti bakalan seneng sekali ya. Apalagi bisa dapat merchandise-nya. Meskipun harus lihat idola dari kejauhan.

    BalasHapus
  14. Berasa nonton konsernya banget akutu. Beneran nyikutin kemana matamu kak. Bisa kubayangkan suasana seru disana ditambah suara fans fanatik yang super duper asoy! Semacam eargasm semua kali ya kak

    BalasHapus
  15. Perfeeect...
    I love this song.
    Sampai donlot instrument piano, violin...

    Beruntung banget, Bul...

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer