Memorable Concert KLAboration feat Rendy Pandugo and Midnight Quickie

Cr: Kolase - Instagram @gudlive.id


Hiyak! Saya kembali lagi dengan cerita-cerita konser yang saya hadiri baru-baru ini.

Beberapa minggu yang lalu saya baru aja menyaksikan konser dari musisi legendaris Indonesia yang fans-fansnya udah seumuran ibu saya yaitu KLa Project.

Sebenarnya ini bukan keinginan saya sih mau nonton konser ini, yah seperti biasa ini liputan yang terselubung dengan nonton dan menikmatinya. Hahaha. Tapi kalau disuruh nonton biasa dan nggak kerja kayak kemarin ini,saya memilih nggak nonton sih. Jujur saja saya nggak paham lagu-lagunya KLa Project, sahabat-sahabatku.

Dan sejujurnya, konsernya KLa Project ini adalah kerja sama pertama buat jadi media partner yang ditawarin langsung ke saya dari pihak promotornya. Wow, boleh dong saya berbangga diri yak.

Karena biasanya, saya emang suka yang menghubungi promotor duluan buat diajakin kerja sama media partner, terutama konser-konser yang saya suka. Yaaa, sambil menyelam minum Thai Tea lah ya.

Jadi di suatu siang hari yang indah dan saya sedang bengong, tiba-tiba saya dapet WhatsApp, kirain gebetan, ternyata nomor asing yang nggak saya kenal tapi tahu nama saya. Ternyata ini marcom-nya promotor yang ngadain konser Kodaline mau ngajakin saya kerja sama lagi setelah kemarin lumayan asyik dengan konsernya itu.

Saya yang awalnya bengong langsung semringah ngebaca isi WhatsApp dari promotor itu dan berkata dalam hati...





"IIIH, TUMBEN SAYA YANG DITAWARIN, BIASANYA SAYA YANG NAWARIN DIRI~~"

But, wait what? Pardon me, ini konser siapaaaa?

Saya yang semringah langsung sadar diri dan ngebaca ulang WhatsApp dari si mbak-mbak marcom promotor itu dan KLa Project. Hehe. Iya, KLa Project...

Saya baru sadar kalo saya nggak pernah ngikutin lagu-lagu mereka dan bukan orang yang menyukai musik mereka. Gatdemit. Ini kalo konsernya Tulus atau siapapun penyanyi yang masuk dalam playlist saya sih mungkin saya bakal bersemangat sekali buat handle kerja sama ini.

Tapi saya lumayan berbahagia karena di konser ini KLa Project berkolaborasi dengan Rendy Pandugo dan Midnight Quickie.

Auk deh Midnight Quickie juga siapa lagi, tapi ini ada Rendy Pandugoooo, salah satu penyanyi yang masuk dalam bucket list saya yang penampilan langsungnya harus saya tonton.

Iya, saya sesuka itu sama Rendy Pandugo, walaupun cintanya nggak sebesar saya ke Tulus (hilih), tapi Rendy Pandugo adalah salah satu musisi yang juga bisa bikin saya klepek-klepek sama karya dan suaranya. Saya jatuh cinta sama dia sejak mengulik albumnya yang bertajuk 'The Journey', nggak ngerti lagi itu album bagus banget deh ah sampai ingin gelendotan di pita suaranya Bang Rendy. Uwu.

Yaudah deh, lumayanlah ada musisi yang saya tahu di konser ini walaupun paham banget Rendy Pandugo nggak bakal bawain lagunya sendiri karena ini semacam konser tunggalnya KLa Project. Tapi yaudahlah ya, yang penting ada pemandangan yang juga bisa nyegerin mata apalagi saya belum pernah sama sekali nonton gigs-nya Rendy Pandugo sama sekali.

Jadi saat itu juga, demi menambah portofolio di CV juga, saya berkenan untuk meng-handle kerja sama ini dari awal sampe konser selesai. So, yeah here we goooo!


Yeah yeah yeah!



***

The day! Sabtu, 30 Maret 2019

Konser digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah. De Tjolomadoe ini destinasi wisata sih sebenernya, pabrik gula yang disulap jadi museum gitu dan punya hall khusus buat menggelar konser juga gitu.

Di hari H itu, saya mengawali hari dengan mengikuti konferensi pers konser ini yang digelar di Royal Besaran De Tjolomadoe.

Acara dimulai pukul 11.00 WIB dan saya sudah duduk manis di deretan kursi-kursi buat para wartawan yang diundang.

Lumayan excited karena bakal pertama kalinya saya ngeliat Rendy Pandugo dengan mata kepala saya sendiri. Saya bener-bener bodo amat deh sama KLa Project sama Midnight Quickie-nya, ma luv is Rendy Pandugo. Ahihihi.

Nggak butuh waktu lama, para musisi itu pun diundang dong, dan sayangnya siang itu KLa Project berhalangan hadir. Jadi yang dateng cuma Rendy Pandugo sama Midnight Quickie-nya aja.

Rendy Pandugo x Midnight Quickie - Dokumen Pribadi


Emang saya ini dasarnya alay ya, ngeliat Rendy Pandugo secara langsung dan doi sempet jalan di samping saya, rasanya langsung deg-degan kayak mau nembak gebetan. Rasanya kayak, 'Anjay, finally saya ketemu langsung sama Rendy Pandugooooooo' dan kayak 'God damn it, Rendy Pandugo is in front of ma' faceeeee!' 

Ya maklum, pengalaman pertama ketemu idola selain Tulus nih, kalo Tulus mah udah bosen saya ketemu terus *yhaaa songong*, ini bener-bener kayak fresh! ketemu penyanyi yang biasanya cuma saya dengerin suaranya di YouTube atau Spotify setiap harinya, sekarang ada di depan saya persis sambil senyum-senyum cool lagi.

Bedanya Tulus sama Rendy, kalo Tulus itu ramahnya lucu menggemaskan kayak bocah ngeliat taman bermain, yang ada senyuuuumm lebar mulu, wajahnya selalu semringah girang gitu, ketawanya juga khas. Kalo Rendy, ramah juga, tapi asliiiiikk doi cool banget sih, senyumnya sedikit tapi bisa menghujam jantungku kalo kata Tompi, ditambah matanya yang sayu gitu kayak orang belum tidur dua hari tapi tetep kharismatik. Damn, meleleh saya ngeliat Rendy ditambah waktu dia udah mulai ngomong, suaranya asliiiiiikkk berat-berat kayak orang mager gitu, tapi keren. Gimana ya saya mendeskripsikannya. Hadeuh.

Karena suaranya yang berat ngebass gitu dan wajahnya yang sayu mirip orang males ngapa-ngapain, pembawa acaranya sampe ngira Rendy lagi sakit. Buset mbaknya, tolong, yha. Itu suara indah, masterpiece Indonesia, dikata lagi sakit. Please, deh!

"Suara gue emang begini, muka juga begini dari sananya," jawab Rendy waktu dikira sakit.

CAMKAN ITU MBWAK~~

Jadi yaudah konferensi pers itu berjalan lumayan cepet dan mata saya udah seger bisa ngeliat Rendy Pandugo untuk pertama kalinya. Nyaaaawww~~

***


De Tjolomadoe Concert Hall, 18.00 WIB

Kalo konser Kodaline saya liputannya lone wolf, kali ini saya ditemenin sama editor saya yang merangkap jadi fotografer malam itu. Yah lumayan deh ya ada temen ngobrolnya, masak iya udah nggak tahu lagu-lagunya KLa Project masih aja saya bengong karena nggak ada yang bisa disambatin. Huahaha.

Pukul 18.00 WIB saya sudah di dalam Hall konsernya dan ini juga menjadi pengalaman pertama saya masuk ke dalam gedung khusus konser di De Tjolomadoe ini. Ternyata tempatnya asyik juga. Nggak terlalu kecil, nggak terlalu gede, dan panggungnya pendek banget jaraknya dengan penonton. Saya jadi membayangkan bakal intim banget sih ini kalo ngadain konser di sini. Apalagi kalo entar penontonnya pada duduk, tambah syahdu deh.

Kurang lebih seperti ini panggungnya dan saya lagi di FOH yang jaraknya nggak jauh-jauh amat - Dokumen pribadi


Konser dimulai sekitar pukul 19.00 WIB, dan yaaaa penontonnya rata-rata keluarga gitu yang sampe bawa anaknya ke dalem hall. Baru kali ini saya menghadiri konser yang penontonnya setara dengan usia ibu saya. Serius, nggak ada yang muda di konser itu teman-temanku. Palingan para wartawan yang siang tadi pada dateng ke konferensi pers aja atau beberapa pemenang giveaway yang diadakan media lokal Solo. 

Saya cuma meringis sambil berusaha menikmati konser malam itu. Ehe. 

Walaupun konsernya ini memang buat para bapak-bapak dan ibu-ibu yang remajanya di era 90'an, energi konsernya nggak kalah menyenangkan kayak musisi-musisi milenial lainnya dong. Terbukti dengan saya yang nggak paham banget lagu-lagu KLa Project, saya tetap bisa menikmati banget konser ini. 

Apalagi interaksi KLa Project dengan penonton itu menyenangkan sekali terlebih panggungnya emang deket banget sama penonton ye khan. Katon Bagaskara dan Lilo cukup membuat suasana konser menjadi intim banget, ditambah dengan gimmick-gimmick konser yang menyenangkan dan juga menghadirkan etnik-etnik budaya yang juga baru pertama kali saya lihat di konser. 

Malem itu saya lumayan bengong sih ngedengerin semua lagu-lagunya KLa Project dan yakin banget bakalan kesusahan waktu nulis beritanya karena saya nggak tahu judul lagu-lagunya yang dinyanyiin malem itu. Sementara saya bengong, orang-orang di sekeliling saya membuat paduan suara yang syahdu. Saya merasa bego berada di tengah-tengah mereka, Fulgoso.

Akhirnya yaudah, saya menyibukkan diri dengan memotret sajalah daripada nggak dapet apa-apa. Dan akhirnya saya kembali semringah waktu Rendy Pandugo masuk ke dalam panggung uyeeeaaa~

Bodo amat dah, bang lu nyanyi apa nggak paham saya, tapi suaramu telah menguwu-uwukan hatiku malam itu! Akhirnya, saya mendengarkan Rendy Pandugo nyanyi secara live! *sujud syukur terharu*.


Rendy Pandugooooooo~ - Dokumen Pribadi


Rendy Pandugo malam itu cuma nyanyi dua lagu andalannya KLa Project yang berjudul 'Gerimis' dan 'Belahan Jiwa'. Jangan sedih, saya tahu dua judul lagu itu juga setelah konser selesai dan nyari-nyari referensi berita di portal lain buat nulis berita sendiri. 

Malem itu, Rendy yang ganteng banget walau cuma pake kaus hitam dimasukkin ke celana panjang hitamnya juga nggak lepas dari gitarnya dong. Sayangnya, waktu tampil Rendy kebanyakan ngeliat ke tab yang ada di depannya, mungkin karena nggak apal lirik atau chord-nya kali ya. Jadi sepanjang nyanyi doi nunduuuuk mulu macem doa sebelum makan gitu. 

Ditambah, dia juga sempet salah lirik atau salah genjrengan gitar waktu lagu kedua. Tapi untung ada Katon Bagaskara yang nge-backing-in dia. Ekspresinya keliatan banget waktu dia melakukan kesalahan, sayang nggak kejepret di kamera saya. Udah gemes duluan sih. Ehe. 

Mz Rendy uwu~ - Dokumen Pribadi


Ah sayang Katon-nya ketutupan mic yak - Dokumen Pribadi


Seneng banget saya malem itu akhirnya bisa nonton aksi panggungnya Rendy Pandugo walaupun cuma nyanyi dua lagu. Bucket list saya tinggal Kunto Aji aja ini yang belum kecontreng buat nonton konser musisi Indonesia secara langsung. Doakan ya teman-teman. Prok prok prok jadi apaaaa.

Sementara itu, Midnight Quickie tampil di penghujung konser. Sebelum konser ditutup, Katon Bagaskara duet sama Tamy sang vokalis dan saya lupa judul lagunya apaaaa. Ahehehe.

Setelah mereka duet baru deh Midnight Quickie mulai unjuk giginya dengan genre musiknya yang EDM. Di penghunjung konser, Midnight Quickie membawakan lagu legendaris KLa Project berjudul 'Yogyakarta' ala dugem-dugem tratak dungcyesss gitu. Asyik sih, anak muda banget getoooh musiknya ya nggak seh. Dan akhirnya konser ditutup dengan lagunya mereka sendiri yang saya juga lupa judulnya apa. Ehe.

Katon feat Tamy Midnight Quickie - Dokumen Pribadi

Midnight Quickie - Dokumen Pribadi

Jadi....malam itu, dari 17 lagu yang dibawakan, yang bisa saya nyanyikan cuma....3 lagu aja. Itu cuma 'Yogyakarta', 'Tak Bisa ke Lain Hati', dan 'Menjemput Impian' yang which is itu lagu mainstream mereka.

Yha gimana, alirannya bukan KLa Project kalo yang lawas-lawas sih. Coba kalo Almarhum Chrisye masih ada dan bikin konser kayak gini, saya kali yang bakal histeris nyanyi semua lagu-lagunya beliau atau MLTR deh. Selera lawas saya emang beda sih, gimana dong.

Dan bener aja, pulang dari konser dan segera menunaikan ibadah menulis berita, saya luar biasa kesusahan waktu harus nyebutin judul-judul lagunya dong. Akhirnya saya sampe harus dengerin satu-satu lagu KLa Project di Spotify dan juga nyari-nyari berita dari portal-portal lain yang juga liputan konser ini. Hamdallah berita berhasil tayang meski nulisnya juga lebih pusing dari biasanya.

Meski lebih susah daripada sebelumnya, tapi saya senang, ilmu saya soal permusikan Indonesia *tjaelah* serta referensi lagu yang saya dengar jadi nambah, karena emang band ini legendaris banget sih asli emang, karena kalo nulis berita begini kan tetep harus tahu latar belakang band dong ya, dan itu bikin saya banyak baca soal perjalanan karier KLa Project dan ternyata keren banget.

Selain itu, lagu-lagunya juga asyik-asyik semua setelah didengerin semua satu-satu. Liputan musik itu memang selalu menyenangkan sih bagi saya dan lumayanlah deretan liputan jadi nambah lagi dan bisa dimasukkin di portofolio CV. Ahihihi.

Semoga KLa Project ke depannya tetap terus berkarya, ya!

Ish, doi lihat kamera akuh~ - Dokumen Pribadi

Lilo tanpa Stich - Dokumen Pribadi

Paling susah motret doi karena nyempil sendiri - Dokumen Pribadi 


Jadi, begitu ya rasanya kalo nonton konser yang bukan idolanya. Seneng sih, tapi biasa aja. Untung saya anaknya musik banget, jadi nggak banyak sambat juga waktu liputan begini. Hehe.

Its' a wrap! 
Yah, jadi gitu aja cerita nge-gigs kali ini ya. Agak nggak istimewa karena emang bukan musisi idola dan murni buat bekerja aja.

Seenggaknya bisa nonton Rendy Pandugo live. Abis ini saya masih ada banyak cerita konser-konser lainnya, semoga masih berkenan membaca, ea!

Oh iya, dan semoga abis ini saya bisa nonton gigs-nya Kunto Aji. Bener-bener pengin banget dah nonton doi nyanyi langsung juga. Tahun lalu belum bisa dan semoga tahun ini ada kesempatan buat hadir di gigs-nya. Wish me luck!

Thank you for reading!

God bless ya all!

Komentar

  1. keren ya acaranya, aku termasuk yg suka dg lagu2nya

    BalasHapus
  2. Karena suaranya yang berat ngebass gitu dan wajahnya yang sayu mirip orang males ngapa-ngapain, pembawa acaranya sampe ngira Rendy lagi sakit. Buset mbaknya, tolong, yha. Itu suara indah, masterpiece Indonesia, dikata lagi sakit. Please, deh!

    Baca bagian ini, serasa MC-nya kayak ga ngikutin Rendy ya. Minimal sebelum naik panggung, kepoin dulu yang mau diwawancara. Kan jadi gimana gitu...

    Emm,btw playlist-ku dl penuh sama lagu kla project, kok baca paragraf awal aku jd ngerasa udah mamak2. Xixi

    BalasHapus
  3. Aku baru denger nih nama KLA
    kayaknya urusan konser-konseran kalau ga tahu bisa konsul ke mbak aja deh
    aku lihat dah datang ke beragam konser kan ya

    BalasHapus
  4. Rendy Pandugo itu siapa ya . Rada2 kurang gaul gw sama musisi2 indonesia yang baru2. Apalagi Midnight Quickies. Kunto aji pernah dengar sih tp ga tau yang mana orangnya, semacam Dewa Bujana gitu kalo ga salah ya musisi klasik dan jaz gitu.

    BalasHapus
  5. KOmbinasi yang apik antara musisi jaman old dan jaman now, saling bisa mengisi dan belajar sih. respect :D

    BalasHapus
  6. sy kurang paham tentang siapa penyanyi atau musisinya. Karna sy biasanya yg awal itu mendengarkan. Jika musiknya menarik dan nyaman didengar, pasti selalu diputer terus entah di jaz, klasik, pop, dangdut ataupun reage.

    Tapi klw kombinasi antara musisi ini sih keren banget, klw berkesempatan ingin merasakan kemeriahan konser itu seperti apa.

    BalasHapus
  7. Lagu Kla Project yang menurut saya paling enak didengar adalah Yogyakarta. Lagu itu bisa membawa kita ke suasana kota itu. Jadi pengin dengerin lagi, udah lama gak denger.

    Kalo mau nonton Kunto Aji, di Jakarta Fair aja, kak, kalo ada, hehe.

    BalasHapus
  8. Pasti asyikkk ya mba ketemu dengan idola yang disukai gitu apalagi dapat kesempatan untuk nonton konsernya sesuatu banget dah

    BalasHapus
  9. Mbak Bul ini penonton konser sejati ya. Kemarin baca yg Tulus, sekarang konsernya Kla Project. Banyak jg sbnrnya yg ngikutin konser gitu, tp jarang ada yg bahas detail di blog kaya gini.

    BalasHapus
  10. Aku tau lagu Kla cuma beberapa. Tapi mayan suka. Ketauan ya aku angkatan berapa. Hahaha..
    Suara saya memang begini, wajah juga begini, tolong camkan ya mbak. Wkwkwkwk.. Ngakak banget baca itu

    BalasHapus
  11. Kayaknya saya bakalan histeria nih kalau nonton konsernya kla project hehehe secara seumuran ibuknya bulan wkwkw, tapi suka juga sama Rendi Pandugo, cakep pisan ya dia

    BalasHapus
  12. aku selalu suka dengan cara kak Bul klo udah menulis tentang konser. serasa ikutan berada disana, menikmati setiap alunan musik dan juga bisa larut dalam suasana, padahal cuman baca.... plus puterin lagunyaaa juga dongggg

    BalasHapus
  13. Rindu juga dengan grup musik kLa yang terkenal lagu-lagunya slow, easy-listening ini...
    Kyaa~
    Aku juga mau doonk jadi media partnert, enak banget bisa ngeliput konser mulu.

    Bentar lagi ada Super junior, ngeliput juga gak?

    BalasHapus
  14. Hihihi mayanlah kenal 3 lagunya drpd gak ada ya mbak :D
    Waah au juga suka Rendi Pandugo, musisi masih muda dan lumaya berbakat menurutku. Bis mengimbangi Kla yg legendaris keren

    BalasHapus
  15. Aih, mbak bul, aku ngefans lho waktu kecil sama kla project. Banyak lagunya yang aku hafal. Tapi aku masih muda kok

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer