Sabtu, 30 April 2016

Menuju Ulang Tahun Semarang ke-469

Tanggal 2 Mei 2016 mendatang, Kota Semarang gue tercinta akan berulang tahun menginjak usia ke-469. Dan untuk menyambut hari jadi tersebut, gue sebagai blogger asli Semarang diberi tantangan dari temen-temen Forum Blogger Semarang saat kopdar beberapa minggu yang lalu. Tantangannya adalah, sebagai blogger (walaupun gue masih blogger abal-abal), apa sih kontribusi yang akan kita lakukan untuk hari jadi Kota Semarang ini, dan ide apa yang kita punya untuk memeriahkan perayaan hari jadi tersebut. Dikasih tantangan begitu, otak gue langsung kram karena dipaksa mikir, mikirin skripsi aja gue udah migrain, ditambah suruh mikirin perayaan hari jadi kampung halaman sendiri.

Weits, tapi jangan sedih saudara-saudara, walaupun awalnya emang susah ditodong ide secar.a langsung, akhirnya gue menemukan ide sederhana yang semoga kalo direalisasikan itu bisa memeriahkan perayaan hari jadi Semarang. Masih semoga lho, ya…gue yang punya ide aja masih ragu sama ide gue sendiri ini. Tapi tidak ada salahnya lah ya mencoba, berikut hasil pemikiran gue buat Kota Semarang gue tercinta…



Untuk pertanyaan pertama..

Sebagai blogger, kontribusi apa yang akan kamu berikan/lakukan untuk hari jadi Kota Semarang?

Yah, kalo gue…kontribusi paling sederhana itu meliput semua acara-acara perayaan hari jadi Kota Semarang yang diadakan oleh pemerintah. Misalnya seperti SNC (Semarang Night Carnival), kita datang dan liput acara itu lalu tulis di blog. Supaya masyarakat dari luar Kota Semarang jadi tahu, kalo Semarang punya acara keren kayak SNC dan layak untuk ditonton oleh siapa saja. Atau, semisal kita sudah tahu susunan acara perayaan hari jadi Kota Semarang apa saja, kita bisa gunakan blog kita untuk mempromosikan acara-acara tersebut dan menarik minat masyarakat dari luar kota Semarang untuk berkunjung atau menghadiri perayaan hari jadi tersebut. Lumayan kan menarik wisatawan juga? Hihi. Intinya, kita menggunakan blog sebagai wadah untuk mempromosikan Kota Semarang kepada masyarakat luas, supaya yang berkunjung ke Semarang semakin banyak, dan perayaan hari jadi Semarang bisa menjadi salah satu daya tarik masyarakat luas untuk datang berkunjung.

Lalu, apa idemu untuk perayaan hari jadi Kota Semarang yang ke-469?

Ini juga ide sederhana dari gue, sih. Jadi, untuk perayaan hari jadi Kota Semarang, gue pengin diadakannya Pasar Rakyat di tiap titik/landmark yang ada di Kota Semarang. Jadi tempat-tempat terkenal seperti Tugu Muda, Simpang Lima, Taman KB, Semawis, Kota Lama, Banjir Kanal, (dan beberapa tempat lainnya) diadakan Pasar Rakyat, pasar yang menjajakan kuliner, cinderamata, daya tarik, dan ada panggung budaya serta hiburan yang semuanya khas Kota Semarang, jadi Pasar Rakyat ini harus mempresentasikan Kota Semarang seutuhnya. Dan tentunya, dengan diadakan di beberapa tempat, diharapkan seluruh masyarakat Kota Semarang bisa menikmati Pasar Rakyat tersebut dan tidak hanya berjubel di satu tempat aja, maka dari itu gue pengin Pasar Rakyat diadakannya menyebar di Kota Semarang. Jadi kalo rumahnya jauh dari Simpang Lima, bisa berkunjung di Pasar Rakyat yang diadakan di Banjir Kanal, selain itu, kan kasian juga kalo masyarakat Semarang pengin banget dateng ke Pasar Rakyat tapi cuma diadakan di satu titik aja. Berdasarkan pengalaman waktu datang ke acara Imlek di Semawis aja udah berjubel banget, mau napas aja susah, apalagi mau jalan-jalan menikmati acara Imlek itu, jalan-jalannya jadi nggak enak dan nggak nyaman karena ramenya nauzubillah bin zaliq. Jadi kalo bisa diadakan di berbagai titik kan asik, semua orang bisa berkunjung dan mungkin tetep rame, tapi ramenya terkontrol jadi pengunjung jalan-jalannya masih nyaman dan nikmat. Kan mumpung hari jadi Kota Semarang, kapan lagi bisa mengadakan Pasar Rakyat menyebar di seluruh Kota Semarang. Biar masyarakat juga merasakan euphoria dari perayaan hari jadi kotanya sendiri dan ikut bahagia juga di hari spesial itu. Sederhana aja dulu, deh, Pasar Rakyat, pasti menarik minat masyarakat datang berkunjung. Ehehe.

Jadi..begitulah kira-kira kontribusi dan ide sederhana gue yang bisa gue ungkapkan untuk perayaan hari jadi Kota Semarang. Untuk sementara itu dulu sih yang gue pikirin, mungkin ke depannya bakal ada ide-ide baru lagi, siapa tahu, kan?

Kalo ada anak-anak Semarang yang baca postingan ini, semoga berkenan dengan ide sederhana gue, ya. Atau ada yang mau menambahi atau sekadar diskusi ringan? Dengan senang hati gue akan menerimanya, lho, kita bisa ngobrol di comment box gue. Gue tunggu, ya! :D

Thank you for reading! And Godblessya all!  




19 komentar:

  1. asik, pesta lumpia deh tuh. 2 mei ya? sehari setelah hari buruh dong yak. boleh juga idenya, pasar rakyat. sayangnya gue anka ibu kota.. hehehe :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, sehari setelah hari buruh. Hehe. Lho siapa tau di ibukota bisa ngejalanin ide ini. 😝

      Hapus
  2. wah semarang ulang tahun ternyata wahaha bisa tuh pesta lumpia X)

    BalasHapus
  3. selamat ulang tahun untuk kota Semarang

    BalasHapus
  4. Happy Birthday Semarang
    Saya sering lewat saja kalau Pulkam
    tapi belum pernah stay
    salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kapan-kapan stay di Semarang sejenak, mas. Menarik lho Kota Semarang ini. 😀

      Hapus
  5. happy anniversary semarang ...
    semoga KOTANYA tambah segalanya.. ammiinnn ya robbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiinn, ya Tuhaaaann. :))

      Terima kasih ya doanya. :D

      Hapus
  6. wawww!! aku suka banget pesta rakyat. mudah2an bisa terwujud di tiap titik. pasti keren amat nih. Kuliner tradisionalnya perlu banget di tonjolin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha terima kasih! Amin, semoga bisa terwujud, ya kak. Bakal seru banget ini kayaknya, ya. :D

      Hapus
  7. Kalau saya misalnya suruh kasih ide, adakan kontes blog pariwisata, makanan, dan produk unggulan semarang yang sponsori pemerintah untuk setiap blogger semarang. Hadianya jangan jutaan tapi ratusan juta hingga satu milyar kalau bisa lebih. Untuk beberapa kategori. dari APBD. Uang segitu tidak ada artinya dari pada hasil yang akan didapat dari pariwisata. Jika ada 1000 blogger maka ada seribu tulisan netizen yang akan tersebar diseluruh indonesia dan mungkin manca negara.
    ..
    ..
    ..
    maka semua blogger semarang akan bergerak. Pertama bangga memperkenalkan semarang kedua hadianhya menggiurkan.
    hehehe..
    salam kenal ya (tp saya bkn orng semarang, cuma banyak teman dari semarang)
    Oh ya tahu baso, dan bandeng juwananya enak sekali. sekali saya ke sana beli di toko dekat simpang lima jalan menuju bandara deket gedung tinggi kantor majalah apa gitu saya lupa.
    Makanan semarang emang maknyuss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahh, boleh juga itu mas idenya. Semoga ada pejabat Semarang yang baca dan bisa menimbang ide ini buat ulang tahun tahun depan.

      Kuliner Semarang emang da beessst masss. 😄

      Hapus
  8. Semoga semarang makin berjaya ... HIDUP LUMPIA

    BalasHapus
  9. Wah kota semarang mau ulang tahun pasti seru nih acaranya jadi pengen kesemarang nih ikut merayakan hari jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ulang tahunnya bulan Mei kemarin mas....😂

      Hapus
  10. AGEN DOMINO Terpercaya di Indonesia VIPQIUQIU99.COM Merupakan Situs dengan Server Terbaik serta Permainan yang Fair dan Nyata, 200%(NOROBOT). Proses Transaksi Deposit & Withdraw Tercepat dengan Tingkat Keamanan Terpercaya. VipQiuQiu99.com juga Menyediakan 6 Games yang dapat Dimainkan hanya Menggunakan Satu ID :
    - Play Domino99
    - Play AduQ
    - Play BandarQ
    - Play Poker
    - Bandar Poker
    - Capsa Susun
    - Sakong
    Untuk Deposit & Withdraw hanya Rp,20.000
    Member juga bisa mendapatkan Bonus yang sudah kami sediakan yaitu :
    - Bonus Refferal 10%+10% Setiap Jum'at
    - Bonus Turnover 0,3% Setiap Senin
    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Atau Jelasnya Silahkan Hubungi Kami Melalui :
    - Live Chat
    - No.Hp (+85570931456)
    - Bbm (2B48B175)
    - Fecebook (VIPQIUQIU99)
    Buruan Bergabung Bersama kami Di VIPQIUQIU99.COM atau Klik Link Kami : https://goo.gl/pAGgYe dan Nikmati Berbagai Permainan Serta Promo yang telah Kami sediakan untuk Para Pecinta Judi Online!!!

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!