Sabtu, 31 Januari 2015

Kopi Susu Warung Blogger Bareng Interspace

@Warung_Blogger
Sabtu, 24 Januari 2015 yang lalu gue berkesempatan untuk dateng ke acara kopi darat yang diadakan oleh Warung Blogger, komunitas blogger yang udah entah berapa lama gue udah bergabung di komunitas ini. Komunitas tempat gue sharing postingan blog gue, komunitas yang membuat blog gue ada pembacanya *yang penting ada dulu, masalah banyak apa enggak belakangan xD*, komunitas blogger yang menurut gue paling asyik *para admin yang baca ini, tolong hidungnya jangan kembang kempis*, dan gue semakin deket sama beberapa anggota dan admin ketika gue bergabung di grup Whatsapp-nya Warung Blogger. Waktu sebelum kopi darat, kami yang ada di grup Whatsapp ini udah saling akrab sih walaupun belum saling ketemu, karena di grup Whatsapp ini kami saling berbagi ilmu, sering diskusi, sering bercanda nggak jelas, nge-bully yang jomblo, dan sebagainya. By the way, gue pernah loh jadi narasumber waktu diskusi tentang 5W+1H, kurang keren apa coba gue ini. Muahaha. Jadi, ketika Warung Blogger bakal bikin kopi darat pada tanggal 24 Januari 2015, anggota Warung Blogger yang ada di grup berusaha untuk dateng semua termasuk gue. Mumpung gue masih di Jakarta juga dan pengen tahu wujud aslinya dari temen-temen yang ada di grup Whatsapp WB ini aslinya kayak apa. Hihi. 


Kopi darat yang bertajuk 'Kopi Susu Warung Blogger Bareng Interspace' ini diadakan di Outback Steak, Kuningan City Mall, pada pukul 12:00 WIB, tapi disuruh dateng pukul 11:00 untuk regristrasi dulu . Gue yang H-1 ribet mencari tahu gimana transportnya dari kosan ke Kuningan City, akhirnya bisa tiba di Kuningan City agak awal, waktu itu gue sampe di Kuningan City pukul 10:20, yaa karena gue ini kalo masalah jalan kan gampang lupa, ditambah gue belom tahu Kuningan City itu di mana, maka berangkat awal lah gue waktu itu. Eh, ternyata Kuningan City deket banget sama kosan. Cuma membutuhkan waktu 15 menit untuk sampe ke Kuningan City, coy. Yaah, karena masih awal akhirnya gue malah memutuskan untuk jalan-jalan keliling Kuningan City dulu dong dan gue menyesali keputusan ini karena gue menemukan banyak diskonan sepatu sport di Kuningan City. Gue cuma bisa memandangi sepatu-sepatu diskonan itu dengan gigit bibir doang. Hiks.

Setelah menyesal jalan-jalan keliling Kuningan City, akhirnya gue memutuskan untuk masuk ke Outback Steak karena udah disuruh sama temen-temen di grup Warung Blogger. Begitu masuk ke Outback Steak, gue udah disambut panitia-panitia yang pada pake kaos Warung Blogger berwarna cream. Dan panitia yang menyambut gue itu udah nggak asing buat gue. 'Ah ini pasti salah satu admin WB yang ada di grup ini' kata batin gue dan ternyata bener. Yang nyambut gue itu Nurri dan Kak Ajen yang sering bikin rame grup, apalagi Nurri yang paling sering di-bully karena dia jomblo. Kasian ya. Ngahaha.

Gue disambut dengan ramah dan heboh. Mungkin mereka kagum ngeliat wujud aslinya gue. Habis heboh-heboh dikit gue langsung disuruh regristrasi tanda hadir peserta dan habis itu gue dikasih tumbler dan bolpoin dari Access Trade, sponsor dari acara kopi daratnya Warung Blogger ini. Setelah regristrasi dan dapet tumbler gue langsung disuruh duduk. Dan gue diarahin Nurri untuk duduk di samping Kak Percha, salah satu anggota WB yang ada di grup Whatsapp juga. Kak Percha yang lagi duduk anteng sendirian langsung gue colek layaknya sabun cucian.

"Kak Percha ya?" tanya gue sok manis
"Eh iya, kok tau?" Kak Percha bales nanya, mungkin takut gue godain.
"Iyaa tau, Bulan nih kak. Hehehe"
"Oalah Bulan, iya iya..."

Setelah Kak Percha mengenali gue langsung deh kita berdua ngobrol sambil nunggu acaranya mulai, beberapa kali salaman sama panitia kopi darat Warung Blogger, tapi gue lupa siapa aja, yang paling gue inget itu Kak Gigie karena dia lucu nan imut sekali. Hahaha. Nggak lama kemudian kursi yang di sebelah gue kosong diduduki oleh cewek berjilbab yang nampaknya juga salah satu anggota di grup Whatsapp WB. Dan ternyata bener, cewek berjilbab nan kalem *ehem* itu namanya Tiwi, anggota di grup Whatsapp. Gue langsung salaman deh sama Tiwi, Kak Percha juga salaman sama Tiwi dan akhirnya ngobrol sebentar. Nggak lama jam menunjukan pukul 12 siang, suasana di dalem restoran Outback Steak udah rame oleh para peserta 'Kopi Susu Warung Blogger Bareng Interspace' ini. Pesertanya itu yaa, dari yang tua sampe muda ada. Cowok, cewek, emak, babe, ABG, jomblo, taken, semuanya ada di acara ini. Gue seneng, karena bisa ikut acara keren kayak gini. Selain nantinya gue bakal tambah pinter, gue nambah temen baru lagi, temen-temen blogger yang awalnya hanya komunikasi lewat grup Whatsapp dan akhirnya bisa ketemuan langsung.

Pukul 12 sang tepat, akhirnya acara dibuka oleh MC, yang tak lain dan tak bukan adalah salah satu admin WB dan admin grup Whatsapp WB, Uni Dzalika. Gue yang baru pertama kali ketemu sama Uni, langsung manggut-manggut. 'Oh ini toh yang namanya Uni, yang paling suka heboh di grup. Ya ya ya' kata hati gue sambil terus manggut-manggut macam boneka kucing yang ada di toko-toko. Let me introduce you, Uni Dzalika! Uyeeaahh~

Tatapannya menggoda ya? Iya~
 
Acara pun dibuka oleh Uni, dia menyapa semua peserta kopi darat yang datang seramah dan seceria mungkin. Dan peserta pun menjawab dengan antusias, entah antusias karena seneng disapa sama Uni atau antusias karena udah laper pengen cepet makan, beda tipis sih ya. 
 
Setelah seluruh peserta disapa oleh Uni, kali ini dia ingin mengenalkan semua admin Warung Blogger, entah dari admin di Twitter, Facebook, maupun yang di Website. Gue lupa gimana urutan dan nama-nama admin yang saat itu dikenalkan Uni di depan seluruh peserta. Ya maklumlah, daya ingat otak gue ini mirip daya ingat otaknya ikan Dori, gampang lupanya, tapi kalo kenangan tentang mantan nggak bakal lupa *apose*. Penasaran siapa aja admin-adminnya Warung Blogger? Makanya dateng dong ke acara kopi darat yang dibikin sama Warung Blogger. Sekarang penasaran kan? Gue dong, udah tau semua siapa aja adminnya WB walaupun nggak inget semua wajah dan nama-namanya mereka. Gue ingetnya cuma sama admin yang ada di dalem grup Whatsapp WB. Hehehe. 

Setelah Uni mengenalkan admin-admin WB, dia mulai menjelaskan tentang acara hari itu. Dan menjelaskan bahwa selama acara bakal ada lomba-lomba yang bakal diadain sama panitia dan tentunya ada hadiahnya dong. Paket hadiahnya lumayan bikin ngiler. Ada paket buku, voucher makan di Outback Steak,  powerbank, kaos Warung Blogger, tumbler, hmmm apalagi yaa? Coba dicek sendiri nih ada apa aja hadiahnya. 

Keren-keren ya hadiahnya? Pengen? Salah sendiri nggak ikut. Dudududu~

Lomba-lomba yang diadain panitia itu ada 2, yaitu lomba live tweet dan bikin postingan singkat tentang acara kopi darat ini. Jujur aja gue ngiler sama powerbank-nya, karena sampe sekarang ini gue belum punya powerbank. Padahal kerjaan selalu di lapangan, tapi benda sekrusial ini gue belom punya. Hiks. Maka dari itu gue berusaha buat bisa menang dengan ikut lomba live tweet-nya tersebut. Siapa tahu itu powerbank belongs to me ya kan. Hehehe. Untuk lomba bikin postingannya gue nggak ikut, karena gue nggak bawa laptop. Gue juga belum punya laptop pribadi, mau pinjem punya kakak gue, eh lagi dipake buat kuliah. Yasudahlah daku tidak membawa laptop untuk acara kopi darat ini dan merelakan untuk nggak ikut lomba bikin postingan singkat di kopi darat ini.
 
Setelah Uni menjelaskan segala peraturan, persyaratan, dan hadiah lomba, dia mengajak peserta untuk makan siang dulu sebelum acara bener-bener dimulai. Gue yang udah nahan laper dari pagi udah langsung semangat aja dong, begitu Uni mempersilakan peserta untuk mengambil makanan, tanpa dikomando gue langsung berdiri dan baris di barisan terdepan. Apalagi itu acaranya kan di restoran Outback Steak, otomatis makanan yang tersedia pasti berhubungan dengan steak dong, bukan kerak telor. Gue makin seneng aja karena steak itu salah satu makanan favorit gue. Dan begitu udah nyampe di bagian makanan, mata gue langsung berbinar melihat makanan-makanan yang tersedia. Ada cream soup, beef steak, chicken grilled steak, salmon grilled steak, french fries, sayur-sayuran, nasi, es teh, kue coklat sebagai dessert. Terpujilah para panitia dan restoran Outback Steak yang menyediakan makanan enak ini, apalagi buat gue anak kos yang jarang makan enak macam begini. Tanpa pandang bulu gue ambil makanan-makanan enak itu ke piring gue. Bodo amat kalo piring gue penuh dan numpuk sama makanan itu. Yang penting perut gue bahagia siang itu. Makan enak dan kenyang. Muahahaha. 
 
Maaf, anak kos khilaf~
 
Enak kan makanannya? Makanya dateng ke acara kopi daratnya Warung Blogger. Udah gratis, dapet makan enak, dapet ilmu lagi. Kurang keren apa coba Warung Blogger ini bikin acara? Yang nggak dateng beneran nyesel deh ah. Heuheuheu. 
 
Setelah semua peserta makan, sholat, dan kenyang, Uni yang tadi hilang dari peredaran langsung maju ke depan dan menyapa para peserta lagi yang sudah anteng karena perut sudah terisi. Uni melanjutkan acara ke materi. Materi yang pertama dari acara kopi darat ini akan dibawakan oleh Bapak Yulius dari Access Trade, sponsor dari acara kopi daratnya Warung Blogger ini. Pak Yulius ini membawakan materi tentang Access Trade, media yang bisa dimanfaatkan para blogger untuk mencari uang melalui pemasangan iklan di blog. Beliau menjelaskan tentang apa itu Access Trade, bagaimana cara penggunaannya, apa keuntungan dari menggunakan Access Trade ini, apa aja fasilitas yang ada di Access Trade, tertarik? Coba aja gih >> Access Trade

Pak Yulius dari Access Trade
Setelah Pak Yulius selesai dengan materi yang dibawakannya, ada 2 peserta yang diberi kesempatan untuk bertanya. Dan 2 peserta yang bertanya itu diberi buku oleh panitia acara. Setelah itu acara berlanjut ke materi berikutnya dengan pembicara yang berbeda. Kali ini pembicaranya adalah Shinta Ries, membawakan materi tentang creative blog. Materi bagaimana membuat blog kita menarik dan banyak dikunjungi oleh para pembaca. Membuat blog menarik diawali dengan membuat desain blog yang cantik dan nggak bikin mata pedes waktu membacanya. Dan pesan yang paling gue inget dan mengena dari materinya Mbak Shinta Ries ini adalah, how to get creative, khususnya untuk blog kita. How? Ini nih tips-tips dari Mbak Shinta Ries. 

To get creative :

1. Sertakan video, gambar, dan informasi yang lengkap di dalam artikel yang kita buat. Semakin detail informasi yang kita sampaikan, semakin banyak juga pembaca yang akan datang dan membaca artikel di blog kita. Video dan gambar juga sangat penting sebagai penunjang informasi itu sendiri. Ya biar nggak dikatain no pic = hoax! 
 
2. Sertakan sudut pandang kita di dalam artikel kita. Biar bisa menjadi bahan diskusi buat pembaca yang yang membaca artikel kita. Tunjukan sudut pandang kita yang mungkin berbeda dari kebanyakan orang. Atau sudut pandang yang bisa membuat para pembaca artikel kita ini manggut-manggut paham ketika mereka membaca artikel kita. Kan seneng bisa bikin orang pinter karena artikel kita di blog. Ya nggak? Iyain aja deh. 

3. Sertakan pengalaman pribadi. Jadi misalnya kita bikin artikel yang me-review sesuatu, entah itu review buku, hotel, tempat wisata, film, dll. Pastikan itu kita mengalaminya sendiri, jadi review-nya bisa fair dan nggak dikatain bohong kalo kita udah ngalaminnya sendiri. Jangan kayak blogger kebanyakan akhir-akhir ini yang sering review film tapi nggak nonton filmnya dulu. Belom nonton filmnya tapi udah ngomong filmnya jelek, itu sama aja lo disuruh nyoba makanan baru tapi lo cuma memandanginya doang tanpa pernah mencicipinya. Kan gilak~

4. Yang terakhir, sertakan pemecahan masalah di artikel kita. Jadi pembaca yang membaca artikel kita bisa mendapatkan sesuatu dari artikel kita. Sekali lagi, bikin orang lain pinter apalagi secara nggak sengaja bisa membantu permasalahannya karena artikel yang kita bikin itu senengnya bukan main. Kalo gue, gue akan selalu merasa owsom kalo artikel gue bisa bermanfaat bagi banyak orang. Amin! :D 

Mbak Shinta Ries dengan materi Creative Blog.
Materi yang dibawakan Mbak Shinta Ries pun akhirnya kelar, sama seperti materi sebelumnya, panitia akan memberi kesempatan 2 peserta untuk bertanya dan diberikan buku setelah mereka bertanya. Para peserta udah mulai kelelahan dan ngantuk karena hari udah semakin sore. Uni yang ngeliat keadaan para peserta yang kayak gitu pun mulai mengajak para peserta buat ice breaking dulu sebelum melanjutkan ke materi selanjutnya. Untuk ice breaking, Uni membuat sebuah permainan. Permainan yang membutuhkan konsentrasi dan perhatian penuh, maklum Uni memang butuh perhatian, gaes. Akhirnya kami para peserta pun mengikuti permainan yang diajarkan oleh Uni. Permainan itu namanya 'Admin Berkata', jadi misalnya Uni mengucapkan 'admin berkata, pegang hatimu yang kosong dan berdebu itu', maka semua peserta harus menuruti ucapannya Uni itu. Sedangkan kalo Uni menyuruh kita sesuatu tanpa diawali kata 'Admin Berkata', kita nggak perlu mengikutinya. Kurang lebih gitulah permainannya, semoga yang baca ini ngerti ya? Hehehe. Dan Puji Tuhan sore itu konsentrasi gue masih bagus, gue bisa mengikuti permainannya Uni ini dan gue keluar sebagai pemenang. Lumayan, dapet buku sebagai hadiahnya. :D 

Tauk aja ih kalo gue suka fake smile. Eeaaakk~

Sebenernya ada sih fotonya gue dapetin buku ini sebagai hadiah. Tapi nggak mau gue pasang di sini ah, nanti banyak yang terpesona sama gue. Liat aja di album fotonya grup Warung Blogger di Facebook. Kalo lo menemukan cewek gondrong berkaos biru dongker berkacamata lagi pegang buku dan lagi senyum sok cool, ya itu gue. Hehehehe. Permainan dilanjutkan sebentar sampe menemukan 3 pemenang lainnya. Suasana menjadi seru lagi deh. Uhuy~

Akhirnya setelah suasana kembali cerah ceria, materi dilanjutkan lagi. Kali ini materi tentang bagaimana mendapatkan uang dari blog. Pembicaranya adalah Elmail Clinton. Bukan, dia nggak ada hubungannya sama Bill Clinton. Kesamaan nama belakang hanya kebetulan semata, gaes. Mas Mail ini menjelaskan tentang CPA (Cost Per Action) yang bisa dihasilkan blogger ketika memasang iklan di blog. Pokoknya bahasan seputar bagaimana mencari keuntungan melalui blog sih. Gue rada nggak ngerti karena Mas Mail menjelaskannya agak susah dipahami menurut gue. Nggak tau deh peserta yang lainnya. Mungkin pas itu baterai gue mulai lemah jadi agak bloon waktu dengerin materinya Mas Mail. Muehehe. 

Hae Mas Mail~

Setelah materi dari Mas Mail selesai, masih ada materi lagi dan sejujurnya gue udah ngantuk banget ditambah gue kebelet pipis. Baterai gue semakin melemah dan udah nggak konsen di materi terakhir. Materi terakhir ini tentang SEO (Search Engine Optimization) yang dibawakan oleh Mas Arif Gunawan dari Dewa SEO. Di materi ini dia menjelaskan kegunaan dari SEO, bagaimana membuat blog yang ramah SEO, dsb. Jujur aja untuk materi yang terakhir ini gue udah bener-bener blank dan makin nggak ngerti sama yang diomongin sama Mas Arif. Gue udah nggak fokus karena ngantuk dan capek duduk terus. Jadi maklumi gue yang nggak begitu ngerti sama pembahasan di materi terakhir ini. Hehehe. 
 
Hae Mas Arif~
Mas Arif selesai membawakan materi, selesai jugalah acara kopi darat kita sore itu. Nggak kerasa jam sudah menunjukan pukul 16:00 sore aja loh. Akhirnya sebelum acara bener-bener selesai, Uni mengumumkan pemenang dari lomba live tweet dan postingan tentang acara kopi darat sore itu, eh sebelum ke lomba itu, Uni mengajak para emak-emak blogger buat nyanyi di depan sebagai penutup acara dan dihadiahi voucher Blue Bird, nah setelah emak-emak itu selesai nyanyi baru deh Uni mengumumkan siapa pemenang dari 2 lomba yang diadain sama panitia kopi darat. Ah sayangnya gue nggak menang, jadi gagal deh gue dapet powerbank gratisan. Tapi tak apalah, gue seneng banget sore itu bisa ikutan acara keren kayak gini. Gue puas banget sama kopi darat yang diadain sama Warung Blogger ini. Keren dan asik pokoknya. Bener-bener nyesel warga Warung Blogger yang nggak dateng. Muahahaha. Untungnya gue lagi ada di Jakarta, jadi bisa menghadiri acara keren ini deh. Hehehe. 
 
Setelah semua hadiah diberikan ke pemenang, Uni pun mulai mengucapkan terima kasih kepada sponsor, panita, dan para peserta yang sudah hadir lalu menutup acara kopi darat sore itu. Dan setelah menutup acara, para peserta diajak foto bersama dulu sebelum semuanya pulang ke habitat masing-masing. Karena peserta yang datang lebih dari 100 orang, bisa dibayangkanlah betapa heboh dan riweuh-nya kami ketika berfoto bersama. Sampe-sampe kami ditegur sama satpam mall karena udah menutup akses jalan pengunjung untuk spot kami ambil foto. Muahaha. 

Peserta Kopi Susu Warung Blogger Bareng Interspace. Rame yak? :D

Setelah foto barulah acara kami bener-bener selesai dan para peserta mulai membubarkan diri meninggalkan Kuningan City. Tapi gue belum pulang, karena anggota yang ada di grup Whatsapp sudah janjian untuk foto-foto sendiri dulu, yaudah deh foto-foto lagi deh kita. :D
Geng Whatsapp Warung Blogger :D
Habis foto-foto geng Whatsapp ini pun ngumpul dan nongkrong bareng deh. Tapi biarlah cerita nongkrong ini gue simpen sendiri dan biarlah hanya Tuhan, gue, dan para geng Whatsapp ini yang tau betapa absurdnya acara nongkrong kita sore menjelang malem itu. Hahaha. Penasaran? Makanya gabung ke grup Whatsapp-nya Warung Blogger dong. Dijamin nggak bakal ketemu sama manusia normal di grup ini. Semuanya pada gesrek tapi seru, tapi lucu, tapi pinter-pinter. Hahaha. Kalo ada yang mau gabung silahkan langsung hubungi Uni aja lewat Twitternya dia, tenang aja Uni nggak galak apalagi gigit kok. Kalo mau gabung grup Whatsapp buruan ya, karena kuota terbatas, gaes. :D
 
Yaa jadi kurang lebih begitulah cerita tentang acara kopi daratnya Warung Blogger. Nambah temen dan nambah ilmu. Nggak nyesel gue ikutan acara keren ini. Terima kasih ya buat Warung Blogger yang udah bikin kopi darat ini, semoga rencana untuk kopi darat akbarnya beneran kesampaian dan kita bisa bertemu semua warga Warung Blogger dari berbagai penjuru nusantara. Dan terima kasih juga buat para panitia buat keramahannya dalam melayani peserta. Kalian baiknya nggemesin deh, gaes. Seneng bisa gabung komunitas blog yang keren kayak gini, gue jadi ketagihan buat kopi darat lagi. Dan terima kasih juga buat geng Whatsapp, kalian gokil, gila, sedeng, absurd, gesrek sesuai dengan ekspektasi gue. Hahaha. Semoga kita bisa ketemu lagi di lain kesempatan ya. Kemarin itu kurang lama tauk ketemu dan ngobrolnya. Masih pengen banyak ngobrol, berbagi cerita, dan ilmu sama kalian. Bersyukur banget bisa menjadi salah satu bagian kecil di antara kalian. Longlast buat friendship kita. Amin! :))) 
 
 
Yaudah deh, gue cukupkan postingan gue kali ini di sini yaaa. Comment box terbuka bagi siapa aja yang mau berkomentar! 
 
 
 
 
 
 
 
Thank you for reading guys! And Godblessya all! 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pictures by : My documents & @Warung_Blogger 









21 komentar:

  1. Di grup WhatsApp mah emang pada gila-gila, yang waras dan kalem cuma Tiwi seorang :')

    BalasHapus
  2. Asiknya yang bisa ikutan kopdar WB

    BalasHapus
  3. wah, postingannya panjang bener... semoga kopdar lain kali bisa datang juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru satu dari sekian banyak postinganku ya panjang kak. Haha.

      Amin diusahakan bisa dateng kak. :))

      Hapus
  4. kak bun...bun kamu belum selpie bareng aku tau kemarennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. (((KAK BUN BUN))) hahaha xDD

      Iyaa kamu sibuk ke sana ke mari kayak bu menteri siih. Hehehe. :p

      Hapus
  5. Seru yah Bulan acaranya ,.. aku jadi pengen ikutan juga.Grup Whatssapp emang Badai deh
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru, Kak Rin. Lain kali ikut yaak. :D

      Grup whatsapp badaaaayyyy pake y. Hahaha :DD

      Hapus
  6. tak pikir warung gmn g taunya warung blogger to.. nice share mbak...

    BalasHapus
  7. Makasih artikelnya ya, Bulan :)

    BalasHapus
  8. padahal pengen banget ikutan,, tapi malah kena dinas keluar kota,, hiks,, seru ternyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru bangetzzz kak pake z. Beneran deh nyesel nggak bisa ikutan. *komporin*. Hahaha :p

      Hapus
  9. semua pada posting kopi susu, gue nyusu di warung kopi aja deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar ya kak, sini aku temenin nyari kopi susunya. :(

      Hapus
  10. Seneng banget bacanya. hehe tapi belum selesai bacanya @.@ panjang nget, nyambung besok kak jehhehe

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!