Rabu, 25 Desember 2013

Natal Kali Ini

Woyaaa! akhirnya gue bisa update blog lagi setelah beberapa minggu absen karena kebetulan lagi banyak kegiatan di dunia nyata. Desember ini lumayan sibuklah, mulai dari ngurus tetek bengek tentang tour ke Bromo-Malang, terus perjalanan tournya itu sendiri, persiapan Natal, dan sibuk nyepik Denny Sumargo #halah. Sebenernya gue pengen banget bikin postingan tentang tour gue ke Bromo-Malang itu, tapi berhubung dokumentasinya masih ada di temen gue, jadi tunggu aja postingan tentang tour Bromo-Malang gue di postingan berikutnya. Kan nggak afdol cerita panjang lebar di sini tapi nggak ada foto-fotonya, entar gue dikira hoax lagi.
Sebagai gantinya, gue bakal sharing tentang perayaan Natal gue tahun ini. Yup, gue merayakan Natal, dan tenang aja, gue nggak bakal bahas tentang haram-haraman yang sempet rame dan beredar di sosial media, menurut gue, hal-hal kayak gitu tergantung pribadinya masing-masing aja, yang penting gue dan seluruh umat Kristiani se-dunia bisa merayakan Natal dengan penuh kasih, sukacita, dan damai sejahtera #ngemilbabikecap. 

*Jingle bells berkumandang*
 
Okay, Natal tahun ini cukup berbeda khususnya buat gue dan Mama, karena 2 tahun belakangan ini kami merayakan Natal cuma berdua. Ke gereja berdua, makan malem berdua, doa berdua, jalan-jalan menghabiskan waktu berdua. Apa yang beda dari tahun ini sama 2 tahun sebelumnya? bedanya, puji Tuhan tahun ini kedua kakak gue yang berada di kota perantauan bisa pulang ke rumah buat merayakan Natal bareng-bareng. Sederhana ya? iya, tapi buat gue dan Mama jelas terasa lebih beda dan lebih menyenangkan daripada 2 tahun sebelumnya. Kedua kakak gue pulang tanggal 24 Desember kemarin, dan rencana kami, malemnya itu kami berempat mau ke gereja bareng-bareng. Jelas gue dan Mama excited banget untuk menyambut kedatangan dua kakak gue tersebut.
 
Kami sekeluarga biasanya ikut misa malam Natal yang pukul 6 petang, tapi berhubung kakak cowok gue juga baru tiba di Semarang pukul segitu, jadi kami memilih misa malem Natal yang kedua, yaitu pukul 9 malem. Ini pertama kalinya kami ikut misa yang jadwalnya lumayan malem banget, tapi excited juga karena dari dulu terbiasa sama jadwal misa pukul 6 petang, jadi kita tetep semangat-semangat aja buat ikut misanya itu. 

Semua udah siap, kakak cewek dan Mama gue juga udah sempet ke salon buat mempercantik diri dan gue tetep gembel apa adanya. Sayang, malem itu kakak cowok gue enggak jadi ikut misa karena lagi enggak enak badan efek dari kerjanya yang sering ke luar kota dan baru sampe rumah pukul 6.30 petang. Jadi malam itu cuma gue, Mama, dan kakak cewek gue yang berangkat misa dan merayakan malem Natal di gereja. Berasa ada yang kurang sih, tapi ah..yasudahlaahh..

Akhirnya kami bertiga berangkat. Berhubung keluarga gue cuma punya motor dan kemarin udah malam banget, kami naik taksi untuk berangkat ke gereja. Bermodalkan duit, doa, dan keberanian, Puji Tuhan kami bertiga sampai gereja dengan selamat dan tepat waktu. Kami bertiga mengikuti misa dengan khidmat, walaupun nggak jarang gue mesti ketawa denger celetukkan dari Mama gue yang emang suka ngomentarin banyak orang. Salah satu yang random abis itu waktu perarakan bayi Yesus lengkap ada Bapak Yosef dan Bunda Maria (diperankan oleh sebuah keluarga) dan gue lagi khidmat nyanyi lagu 'Malam Kudus', tiba-tiba Mama gue nyeletuk

"Bunda Maria kok pake long dress sih" 
Gue yang tadinya semangat nyanyi langsung diem dan nahan ketawa gara-gara celetukkan dari Mama gue ini. Kok ya sempet-sempetnya itu lho ngomentarin baju dari ibu-ibu yang berperan sebagai Bunda Maria, padahal suasana di dalem gereja itu lagi khusuk dan khidmat banget ngeliatin perarakan bayi Yesus. Ah, Mama gue emang gokil~ (`n`)9

Singkat cerita, nggak terasa misa selama 2 jam itu kelar, dan setelah misa itu rasanya hati ini damai banget, dan enggak tahu kenapa gue enggak berhenti tersenyum. Entahlah, malem itu gue merasa ada yang bikin gue semangat dan seneng banget buat merayakan malem Natal itu. Gue seneng ngeliat sodara-sodara seiman yang ada di gereja saling melempar senyuman dan ucapan selamat Natal. Enggak tahu kenapa, pokoknya malem itu gue ngerasa seneng banget tapi gue nggak tahu alesannya apa. Yah, mungkin karena misa malem Natal kali ini gue nggak cuma berdua sama Mama gue doang dan yang terpenting adalah, Juruselamat gue udah lahir ke dunia, dan semua umat Kristiani menyambut-Nya dengan sukacita yang melimpah. :))
Setelah kelar misa, gue, Mama dan kakak gue langsung pulang dan nyari taksi lagi. Ya kali pukul 11 malem kita mau jalan-jalan hang out cantik gitu. Hehehe. Dan Puji Tuhan, kami bertiga selamat sampe rumah, abis itu ngobrol-ngobrol bentar berempat bareng kakak cowok gue yang waktu itu udah lumayan sehat, terus di lanjutkan istirahat. Eh, nggak lupa gue mainan twitter dulu, udah rame aja TL gue dengan ucapan-ucapan malem Natal, gue dapet lumayanlah walaupun nggak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, tapi setidaknya udah bisa bikin gue tersenyum sebelum gue menutup malem Natal gue dengan istirahat dan mengucap syukur buat hari yang luar biasa kerennya itu. :))

Berlanjut ke hari ini, hari Natalnya tanggal 25 Desember, kami sekeluarga menghabiskan hari dengan cara yang sederhana. Kami berempat berkumpul, sekedar ngobrol, makan tempe goreng dan kangkung saus tiram sederhana masakan Mama. Sederhana ya? iya, buat kami berempat menghabiskan hari Natal dengan cara ini udah cukup bikin kita seneng dan bahagia. Yap, yang penting kumpul-kumpulnya itu terutama bareng kedua kakak gue yang udah lama nggak menghabiskan waktu bersama keluarga kayak gini. Ini Natal ke-6 kami tanpa kehadiran Papa, dan mungkin kalo Papa gue masih ada, kami sekeluarga pasti merayakan Natal di Surabaya atau di Jakarta, bahkan biasanya sampe tahun baru. Tapi, berhubung Tuhan lebih sayang dan pengen lebih deket sama Papa, jadi kita cukup menghabiskan waktu kita di Semarang, dengan kesederhanaan-kesederhanaan yang cukup bikin hari Natal kita menyenangkan, hangat, dan penuh ucapan syukur. 
Hari ini kami nggak pergi kemana-mana, cukup di rumah dan menonton film-film sebagai hiburan kami di rumah kebetulan kakak cowok gue bawa hard disknya yang penuh sama film-film bagus. Dan 3 film berhasil kami lahap hari ini. Ada The Conjuring, Despicable Me 2, dan Iron Man 3. Kebetulan banget gue belum nonton semua film itu, gue emang nggak pernah punya budget lebih buat nonton film-film di bioskop sih. Hehehe. 
Waktu nonton The Conjuring, Mama gue sempet ikutan nonton, karena beliau juga suka film-film horror. Pertamanya beliau masih semangat buat nonton, tapi begitu pas sampe di pertengahan cerita Mama gue malah bilang,

"Apanya sih yang serem? bikin ngantuk gini kok"

Gue sama kakak cowok gue bengong sama pendapat Mama gue. Dan Mama gue ngeloyor ke kamarnya setelah beliau ngomong kayak gitu dan lebih memilih buat bobok siang. Sekali lagi, Mama gue emang gokil, cuy. Padahal The Conjuring ini emang lumayan serem dan bikin olahraga jantung kalo ditonton. Hmmm. -_-'
The Conjuring selesai, lanjut Despicable Me 2, pendinginan lah abis nonton yang serem-serem plus tegang, ganti nonton yang lucu-lucu bikin ngakak. Lumayan, minion-minion bloon itu bisa bikin kami ketawa ngakak dan ngelupain wajah Annabelle yang serem bin jahat itu. Hehehe. 
Capek ketawa, sekarang lanjut ke Iron Man 3, nonton om Robert Downey Jr. kesayangan gue, dan akhirnya lengkap sudah gue nonton Iron Man dari 1 sampe 3, jadi gue nggak gagal sebagai fansnya om RDJ ini. Dan Iron Man 3 ini bener-bener keren bangetlah filmnya, top markotop buat Iron Man 3 ini, biarin telat nonton yang penting Iron Man 3 keren banget terutama om RDJ nya *gelendotan di lengannya om RDJ*

Iron Man 3 selesai, akhirnya tutup laptop dan kita berempat mulai ngobrol lagi bareng-bareng. Padahal masih pengen nonton Forrest Gump sih, tapi kasian mata juga udah capek dibuat maraton 3 film. Hehehe. Jadi deh kita menghabiskan malem ini dengan ngobrol lagi lumayan lama. Abis ngobrol gue sama kakak cewek gue beli makanan buat makan malem sedangkan kakak gue yang cowok pergi hang out sebentar sama temen-temen lamanya. Makan malem kami lagi-lagi sederhana, mi jowo hangat yang cukup bisa mengenyangkan perut dan mengembangkan senyum kami, setelah makan malem, kami sibuk sama aktifitas kami masing-masing, dan istirahat deh. :))

Perayaan Natal gue tahun ini sederhana banget. Tapi dari kesederhanaan itu pun kami berempat udah merasa cukup bahagia dan seneng. Itu semua mungkin karena kita berempat bisa berkumpul bareng lagi setelah lumayan lama nggak kumpul. Gue seneng bisa menghabiskan waktu bareng kakak-kakak gue dan Mama walaupun hanya di rumah, walaupun sekedar makan-makanan yang sederhana, nonton film, dan ngobrol itu udah cukup banget buat gue. Gue bersyukur tahun ini Tuhan izinkan kami berempat bisa berkumpul bareng minus Papa yang udah sama Tuhan. Gue bersyukur, walaupun perayaan Natal kami sederhana, tapi gue masih bisa merasakan damai, sukacita, dan kebahagiaan yang luar biasa. Gue bersyukur Natal kali ini gue enggak cuma berdua sama Mama doang. Bener-bener bersyukur dan merasa bahwa Natal itu enggak perlu dirayakan secara besar-besaran dan mewah. Cukup merayakan bersama orang-orang yang kita cintai, itu sudah membuat Natal ini indah dan penuh warna. Bersyukur bangetlah buat Natal tahun ini, dan berharap Natal tahun depan lebih baik lagi dari Natal tahun ini. Amin ya Tuhan. :))

Yup, beginilah perayaan Natal gue, gimana dengan perayaan Natal kalian bagi yang merayakan? Sudahkah kalian bersyukur dengan apa yang kalian miliki sekarang? Share keseruannya di comment box ya! Thankyou udah baca postingan gue ini, semoga bisa menjadi berkat. :))

Akhir kata gue mengucapkan, 
Selamat Natal buat temen-temen yang merayakannya. Damai Natal beserta kita untuk sekarang dan selama-lamanya. Amin. :))


Thankyou and Godblessya all!
 



4 komentar:

  1. Natal memang bisa membuat sesuatu Ɣª sederhana menjadi istimewa dan berkesan.

    *salam kenal WB'ers

    Selamat Natal yha mbak.... Berkah Dalem :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :)). Salam kenal juga warga WB.

      Selamat Natal juga kak, berkah dalem :D

      Hapus
  2. Wah, selamat natal ya mbak,Damai Natal turun atas kita semua, amin :)
    (andre.web.id)

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!