Selasa, 22 November 2016

Rembug Gayeng Bareng Presiden RI Joko Widodo


Siapa sih yang pernah mengira bisa bertemu dan berpapasan langsung dengan orang nomor satu di Indonesia? Membayangkan aja gue nggak pernah, eh, tapi dua tahun yang lalu waktu masih magang di salah satu stasiun televisi swasta nasional pernah berharap bisa ketemu Pak Ahok bahkan Pak Jokowi jika ada kesempatan wawancara dengan beliau-beliau itu. Namun buyar, nggak pernah dapet kesempatan wawancara, karena divisi magang kala itu lebih concern ke berita kriminal daripada politik, jadi yasudah, harapan untuk bisa ketemu Pak Ahok maupun Pak Jokowi sementara harus dikubur terlebih dahulu. Siapa yang menyangka bisa ketemu Presiden Indonesia? Orang gue ketemu Denny Sumargo sama Tulus aja histeris bin alaynya naudzubillah bin zalik, gimana kalo ketemu Presiden? Salto kali ah, gue. 



Tapi Tuhan berkehendak lain, melalui Mas Asmari yang memberi info ada acara bloger kopdar bareng Presiden tanggal 14 November 2016 di grup Forum Bloger Semarang. Awalnya gue nggak terlalu ngeh dengan kata-kata kopdar bareng Presidennya, yang gue tahu kalo Mas Asmari memberi info ada acara buat bloger-bloger Semarang, jadi tanpa pikir panjang gue langsung daftar aja tanpa mikirin bisa apa enggaknya gue hadir ke acara itu. Waktu itu gue cuma pengin ikut acara bloger karena lagi penat sama kerjaan di kantor dan itung-itung buat nambah postingan di blog yang mulai berdebu. Setelah gue baca-baca lagi obrolan di grup Whatsapp, gue baru menyadari kalo acara itu bakal ketemu sama Pak Presiden! He? Presiden? *mendadak pingsan* *di bahunya Denny Sumargo*

Akhirnya tibalah hari Senin, 14 November 2016, kami anak-anak yang tergabung di Forum Bloger Semarang harus sudah berkumpul di Hotel Gumaya pukul 17:30, Puji Tuhan gue bisa menghadiri acara ini setelah jam kerja di kantor selesai. Dengan pakaian rapi hitam putih ala protokoler, gue dan teman-teman FBS siap menghadiri acara tersebut. Dan akhirnya gue baru sadar sore itu gue menghadiri acara apaan setelah ngobrol langsung dengan teman-teman FBS. Yang diundang ke acara ini ternyata bukan hanya bloger aja, melainkan semua komunitas penggiat sosial media seperti, komunitas kuliner, fotografer, dan stand up comedy yang ada di kota Semarang pun juga diundang, bahkan ada dari kota lain yaitu, Solo dan Jogjakarta. Acara ini memang sengaja diadakan oleh Bapak Presiden, karena kebetulan beliau memang ada agenda acara di Jawa Tengah, sekalian saja beliau membuat acara yang ternyata bertajuk Save NKRI Netizen Indonesia dan mengundang semua para penggiat sosial media untuk ngobrol dan rembug bersama. Seketika gue merasa spesial karena bisa dapet undangan acara yang keren ini. Gue bloger remah-remah kerupuk udang yang beruntung. :’)

Bloger remahan kerupuk udang lagi foto ala-ala OOTD.


Sesampainya di dalam Hotel Gumaya, kami langsung disuruh regristrasi dan dibagi snack dan kaos untuk mengikuti acara ini. Kaosnya bagus lho, adem dipake, gratis pula, makin cinta deh sama Bapak Presiden. Setelah ganti baju, kami semua yang mengikuti acara Save NKRI Netizen Indonesia dihimbau untuk menunggu jatah acara di dalam restorannya, karena pukul 18:00 itu jatah acara Pak Jokowi rembug dengan para ulama se-Jawa Tengah. Sambil menunggu jatah acara untuk para komunitas, gue dan teman-teman FBS pun menghabiskan waktu dengan ngobrol dan foto-foto bersama. 



Ngerumpi ya, cyin~~


FBS minus Mas Asmari yang nge-fotoin


Pukul 20:00, akhirnya acara Pak Jokowi rembug bareng para ulama Se-Jawa Tengah selesai, giliran kami para komunitas untuk berbincang bersama Pak Jokowi. Anjay, jujur aja gue rada deg-degan juga sih mau ketemu orang nomor satu di Indonesia, nggak nyangka aja malem itu bakal bisa ketemu, mimpi apa gue semalem ya kok tiba-tiba bisa aja ikutan acara yang bisa ketemu langsung sama Pak Jokowi. Namun, sebelum kami semua ketemu dengan Pak Presiden, kami dipersilakan untuk makan malam dulu di dalam hall. Mungkin keliatan muka-muka lapar kita yang udah nunggu jatah acara kurang lebih selama 2 jam. Langsung deh kami dengan anteng dan syahdu ngantri untuk makan malam. Sayangnya, waktu makan malam yang diberikan cukup singkat, jadi hasrat ingin mencicipi semua makanan yang tersedia di dalam hall harus pupus, satu hal lagi yang disayangkan adalah kami para peserta tidak diperkenankan untuk membawa kamera, hp, atau alat perekam apapun ke dalam hall, agak sedih juga sih nggak bisa songong pamer di IG story, deuh. Baiklah kita lanjut, setelah makan, kami semua diajak berpindah tempat untuk mulai rembug bersama Pak Jokowi dan beberapa mentrinya yang nggak gue kenal. Detik-detik bertemu Pak Jokowi itu cukup bikin gue grogi dan deg-degan makin menjadi-jadi, dan nggak butuh waktu lama, Pak Jokowi pun hadir di tengah-tengah kami semua. Oemjih, Presiden RI ada di depan gue persis! Gue melihat beliau dengan mata kepala gue sendiri, langusung, di depan mata gue. Kyaaaaaa~~~~~


Pak Jokowi bersama komunitas-komunitas penggiat sosial media kota Semarang! Ahe~

Setelah semua kondisi cukup mereda akibat Jokowi-effect, acara rembug #SaveNKRI Netizen Indonesia pun dimulai. Pak Jokowi, ditemani beberapa mentrinya duduk lesehan bersama-sama kami, lalu beliau pun mulai mengutarakan maksud dan tujuannya mengadakan acara yang berlangsung pada malam itu. Ya, acara malam itu diadakan karena kesedihan Pak Jokowi dengan keadaan persatuan dan kesatuan NKRI yang sedang goyah karena banyaknya isu politik yang bercampur dengan agama yang sedang ramai di sosial media dan cukup meresahkan dan bisa memecah belah kesatuan NKRI jika dibiarkan terus menerus. Pak Jokowi sedih dengan linimasa yang sedang ramai di sosial media Indonesia yang lebih banyak berita provokatif, saling menghujat, menghina, saling mencari kesalahan. Pak Jokowi sedih, dengan keberagaman yang ada di Indonesia ini, mengapa rakyat-rakyatnya bukannya bersatu tapi malah banyak berantemnya karena masalah perbedaan. Pak Jokowi sedih, rakyat Indonesia itu banyak dan kreatif, tapi mengapa menggunakan sosial media bukan untuk hal-hal yang bermanfaat melainkan hal-hal yang negatif. Intinya, Pak Jokowi gerah dengan berita-berita yang beredar akhir-akhir ini, oleh sebab itu ia sengaja mengadakan acara #SaveNKRI Netizen Indonesia ini untuk menghimbau para penggiat sosial media untuk bisa bijak menggunakan akun-akun sosial media yang dimiliki. Lebih baik menggunakan sosial media untuk kegiatan yang lebih berguna dan bermanfaat dibandingkan menebarkan fitnah dan kebencian, kan lebih indah bila kita bisa menggunakan sosial media dengan baik dan bijak. 

Kalau kita rakyatnya sendiri tidak bisa rukun, damai, dan bersatu, tentu saja membuat negara lain senang melihat kerusakan perlahan yang ada di Negara Indonesia tercinta ini, dan Pak Jokowi tidak mau itu terjadi. Beliau sangat mengupayakan persatuan dan kesatuan NKRI ini terjaga dengan baik dan tidak terpecah belah dengan isu-isu yang beredar sekarang ini. Pak Jokowi terus menghimbau dan mengingatkan kami untuk selalu menggunakan sosial media dengan baik dan selalu bersikap netral dengan isu-isu yang beredar. Lebih baik diam daripada sok tahu abis itu salah. Setelah Pak Jokowi berbicara, giliran beberapa wakil dari komunitas yang mengutarakan pendapat, saran, dan kritik yang juga diterima baik oleh Pak Jokowi. Gue merasa malam itu, malam yang sangat banyak manfaat dan faedah yang bisa gue dapet. Puji Tuhan selama ini gue menggunakan sosial media dengan bijak. Pusing juga kalo ngikutin segala permasalahan yang sedang beredar belakangan ini, lagipula, gue juga nggak mau sok tahu apalagi sok pinter sih, jadi mending diem aja dan tetep berkarya positif ya, kan. Heheu. 

Nggak kerasa udah satu jam lebih dikit kami semua berbincang bersama Pak Jokowi, setidaknya malam itu kami yang tergabung di beberapa komunitas penggiat sosial media mendapatkan wejangan yang sangat bermanfaat dari Pak Jokowi, merasa mendapat tugas untuk terus menebarkan segala hal positif di sosial media kami masing-masing, merasa mendapatkan tugas untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang sedang beredar. Dan memang sebagai warga negara yang baik dan ingin negaranya semakin berkembang baik, memang harusnya seperti itu, selalu mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan negaranya dengan saling memahami, membantu, menolong sesama, bukan berantem atau saling adu kebenaran, padahal sama-sama rakyat Indonesianya. Sungguh acara yang sangat berkesan dan ngena banget dari Pak Jokowi ini, dan sasarannya sangat tepat untuk menyebarkan maksud yang diinginkan oleh Pak Jokowi melalui komunitas-komunitas penggiat sosial media ini. :) 

Acara pun selesai, gue bareng teman-teman FBS sempat menunggu kepulangan Pak Jokowi, berharap juga bisa ketemu beliau lagi. Waktu acara di hall selesai dan gue bisa bersalaman langsung dengan beliau aja gue udah kayak mau mimisan tiga galon, gimana bisa ketemu berpapasan lagi ya, kan. Nggak butuh waktu lama, pasukan Paspampres pun sudah menyiapkan barisan untuk mengiringi Pak Jokowi keluar dari hotel dan suasana kembali heboh ketika Pak Jokowi muncul. Gue pun dengan heroik berusaha buat bisa foto sama Pak Jokowi, kapan lagi gue bisa ketemu sama beliau kan? Makanya gue rasa perlu lah untuk mengabadikan momen pertemuan ini dengan foto bareng beliau. Agak susah dapetnya, tapi karena sudah pengalaman srudak-sruduk kalo minta foto sama Denny Sumargo atau Tulus, jadi gue nggak mendapatkan kesulitan yang berarti ketika minta foto sama beliau, dan Puji Tuhan dapet! Ahay! Denny Sumargo sama Tulus sementara gue lupakan dululah karena Pak Jokowi yang ululu uwuwu inih. Hehehe. 

I lop yu pul bapakeeeee~~

Setidaknya acara malam itu semakin membuat gue terus belajar untuk bisa menebarkan segala hal yang positif di semua akun sosial media gue. Lebih baik menjadi orang yang berguna dan bermanfaat ya kan daripada jadi biang kerok apalagi biang masalah. Gue mau mengikuti segala himbauan yang dikatakan Pak Jokowi Senin malam itu. Gue sungguh berterima kasih untuk teman-teman FBS, khususnya Mas Asmari karena diperbolehkan mengikuti acara yang keren ini. Dan terima kasih juga untuk Pak Jokowi yang bersedia mengadakan acara seperti ini untuk menyadarkan kami semua bahwa kesatuan dan persatuan NKRI itu adalah harga mati. Semoga ke depannya apapun yang gue kerjakan bisa bermanfaat bagi orang banyak, ya. Amin....

Forum Bloger Semarang full team! I'm glad to be a part of them. Uwuwuwu~


NB: Cerita ini juga sudah ditulis oleh beberapa teman-teman FBS dan bisa dibaca di blog dotsemarang.blogspot.co.id, ada juga yang bikin vlog-nya lhoooo, nih coba tonton aja, ya, supaya nggak penasaran seperti apa acaranya. Ada muke capek gue yang nungguin Bapake selama 2 jam, lumayanlah, eksis di vlog orang. Muahaha.





Gue cukupkan postingan gue di sini, comment box terbuka buat siapapun yang ingin berkomentar atau berpendapat, ya! 

Thank you for reading! And Godblessya all! 



Pictures by: My document & FBS' documents. 

59 komentar:

  1. wah bahagia banget pastinya bsia foto dg bpk jokowi yg sederhana itu

    BalasHapus
  2. Wah, vlognya udh di upload ternyata.
    Btw keren reviewnyaaa~ ♡

    BalasHapus
  3. Bul di foto sama kamu pak Jokowi senyum loh

    BalasHapus
  4. Waaah, mantap neh... teman FBS. Sukses yaaa... tentunya menyenangkan sekali rembug gayeng bareng Pak Presiden Joko Widodo :)

    BalasHapus
  5. Beruntungnya Mbak Bulan *mupeng. Di tengah hingar bingar acara, saya rasa bukan hanya Pak Presiden yang sedih dg kondisi NKRI saat ini. Kita semua rakyat yang mengaku cinta Indonesia juga sedih. Mari kita mulai dari diri sendiri untuk ikut 'mendamaikan' negara ini dengan selalu berbagi konten positif di setiap akun medsos yang kita punya.

    BalasHapus
  6. Akhirnya bisa foto dapet kamera dari mana, Bulan?

    Serruh acara bareng mr. President yaa..bisa duet bikin vlog bareng anaknya tuuh...^^


    *salam hormat, mr. President.

    BalasHapus
  7. Senangnya bisa ketemu sama Pak Presiden. Mupeng aku.
    Semoga aja ke depannya Indonesia makin bersatu

    BalasHapus
  8. Rameee bnerrrr. Itu ada beberapa yg dr Jepara lho, amvak
    daku ada yg nawarin undangan ini, tapi ngasih taunya mepet bgt. Pdhal kalo agak jauh hari, bisa nongkrong dolo di Semarang dr hari Minggu. Blm rejeki ketemu Pak Pres

    BalasHapus
  9. Wuih, kak bulan foto berdua sama pak pres 😱 dan orang yang di sebelah kanan belakang kayak yang mupeng *ehh 🙊😅

    Duh, Depok kapan yaaa ngadain acara macam itu :'
    Itu jadu salah satu hadiah pra-wisuda juga yaaa kak 😁

    Btw liat vlognya menyusul ahh 😆

    BalasHapus
  10. Waaa...nggak canggung gitu ya Pak Jokowi berfoto bersama. Keren ya, koreksi kalau saya salah, kayaknya baru presiden yang ini aja yang begitu aware sama blogger.

    BalasHapus
  11. Mantap bener dah mbak bisa foto berdua dengan orang nomor 1 di indonesia. Semua itu terasa seperti mimpi😂
    Btw, kapan foto bareng calon mertua? *eehh

    BalasHapus
  12. Mantap bgt nih bul acaranya, bisa foto bareng sama pak jokowi pula, duh jadi ngiri saya nya. Kapan ya Purwokerto ngadain acara yg ngundag presiden kyk gni? :')

    BalasHapus
  13. Kesempatan yang luar biasa dan bener bener beruntung bisa berbincang dengan beliau

    BalasHapus
  14. Iiiihh kereeeen bisa ketemu sama Bapakeee tercintaaa.

    BalasHapus
  15. wah manteb bisa bertemu bapak nomer satu di indonesia jarang jarang bisa foto bersama beliau tuh

    BalasHapus
  16. Senengnya bisa foto bareng presiden
    Ah jd pengen mbak :(

    BalasHapus
  17. Serunyaa..bisa ketemu dengan Bapak Presiden.

    BalasHapus
  18. wah beruntung ya ikut acara sama Pak Jokowi. Seru pastinyaaaa

    BalasHapus
  19. Dicetak an ipigura mbak, fotonya. Momen bersejarah tuh :D

    BalasHapus
  20. #dan #dipigura

    sorry huruf D-nya di keyboard keras hehe

    BalasHapus
  21. Asyiknya ketemu presiden. Lebih asyik ketemunya di acara blogger pula

    BalasHapus
  22. konsep tujuan acaranya keren ya mba, mudah-mudahan yang hadir di acara kemarin bener-bener bisa menebarkan segala hal yang positif di semua akun sosial medianya seperti yang diharapkan pak presiden demi persatuan dan kesatuan NKRI

    BalasHapus
  23. weeewww.. serunyaaa. Baru kali ini denger ada Presiden ngobrol ama penggiat medsos. Apa yang kemaren2 gak ngikuti berita presiden2 sebelumnya ya? hehe
    tapi salut ama Bapak Presiden satu ini. kharismanya mampu meluluhkan banyak orang, dan kayak gak ada jarak gitu ama rakyatnya...

    anyway, selamat udah berhasil poto barengg.. part itu yg bikin deg2an, kira2 km bakal dapet poto bareng gak. eh tnyt berbuah manis hihi

    BalasHapus
  24. Dalam agama islam, tidak ada perbedaan antara agama dan politik. Berpolitikpun sudah diatur dalam agama islam. Semoga pengguna medsos jangan tergelincir dengan pemikiran sekuler dan liberal yang sudah menjamah. Ah, perang pemikiran di mana-mana. Smg Pak Jokowi bisa kuat memimpin Indonesia

    BalasHapus
  25. Wow bisa photo bareng pak presiden, bisa buat cerita anak cucu kelak ya Mbak Bulan

    Saya donk cuma lihat mobil rombongan pak presiden aja udah seneng :)

    BalasHapus
  26. Selamat berfoto dengan orang no 1 di Indonesia. Semoga NKRI tetap aman dan damai. Membangun bersama dengan ikhlas dan tuntas.

    BalasHapus
  27. cieeee... yang foto sama orang nomor 1 di negeri ini :D

    Jangankan Pak Jokowi, daku aja sedih liat dunia maya yang isinya buanyaak banget konten negatif dan provokatif. Tapi semoga ke depannya rakyat Indonesia semakin cerdas berinternet :)

    BalasHapus
  28. Itu pak Presiden beneran duduk lesehan bareng kalian, Mbak? Kerennyaaaaaa...

    iya, ih. Jangankan orang nomer satu, aku yang cuma remahan rengginang aja suediiih lihat timeline belakangan ini. 😢

    BalasHapus
  29. Wah acaranya seru ya mbak. Apalagi bisa ketemu sama pak Jokowi secara langsung. Semoga acara seperti ini bisa diadakan di Bandung hehehe :D

    BalasHapus
  30. Iri.... pengen deh ikutan meetup bareng pak presiden jugaaa

    BalasHapus
  31. Wihhh.... Bapak Presiden emang keren dan top banget!
    Iya sedih deh medsos sekarang lebih banyak provokasi ketimbang informasi. Gue aja lagi menghindar dari socmed karena banyak komentar sinis tentang politik. Mending menjauh dulu deh.

    BalasHapus
  32. :3
    ayey, FBS bersatu 😘😘😘
    wah iya bener kata kinan, pak jkw tersenyum :3

    bulan dah siap kan kopdar minggu depan?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Asyek nyo ketemu Presiden. When bloggers meet the President is possible.

    Seruu acara nya , smoga sukses selalu yaa lan.

    BalasHapus
  36. Beruntung banget mba busa ketemu orang No. 1 diindonesia, meskipun aku gk terlalu ngfans sm beliau tp tetap suatu kehormatan bisa satu acara sm pak jokowi.

    BalasHapus
  37. waaa reseki banget ya mba. Ga kesampaian waktu magang ee malah dapatnya sekarang. bisa salaman dan foto bareng pula.. untung ga beneran mimissan ya. hihiii

    Semoga si pak presiden makin rajin ketemu blogger,...

    BalasHapus
  38. Iriiiii... Pengen ketemu bapak presiden juga. Kapan ya Pak Jokowi bikin acara kumpul bareng netizen Jogja. Hehehe..

    BalasHapus
  39. Keren banget mbak bisa foto sama presiden.
    Tiap ke Bandung aja susah pengen foto berdua sama pak press aja, kapan saya :D

    BalasHapus
  40. Buuuul... Kamu nggak ajak-ajak emak iih.. kan pengen juga kali ikutan, poto piti bareng bapak Indonesia kitaaah.. aku pengen terkenal kayak beliau *ish..hahahaha

    BalasHapus
  41. Mbaaaa auranya pak Jokowi gimana mba? Warna apa(?). Memang sih disatu sisi sedih dengan keadaan perilaku pengguna sosial media yang suka ngawur, tapi disisi lain media sosial bisa jadi media yang efektif untuk memberi gambaran suatu bangsa loh, ehe. Menurut saya tidak apa mengkritik atau saran, tapi ya itu lagi, cara penyampainnya yang harus dirubah. Niatnya juga. Bukan untuk menjatuhkan, namun juga memberi solusi. Tul ga? Hehe

    BalasHapus
  42. surprised bingit ya mba bulan, bs jumpa foto langsung ama pak jokowi.
    biasanya kl jumpa org no 1 di Indo bs dpt berkah yg baik jg. ;)

    BalasHapus
  43. Gue juga pernah punya mimpi dan kepengen untuk ketemu orang nomor 1 di NKRI ini. Malah dari era Soeharto, saat gue masih bocah unyu, gue punya mimpi buat ketemu.

    Sekarang mimpi itu udah mulai ilang. Gatau kenapa. Hehehe.

    Tapi, Bapak Presiden ini cukup cerdas untuk 'mendekati' penggiat social media. Karena bagaimanapun, mereka inilah manusia-manusia yang bisa mempengaruhi bangsa.

    BalasHapus
  44. Aku mau juga dong ketemu sama jokowi, foto2... Aaahhh envy deh habis baca postingan n lihat foto2

    BalasHapus
  45. Gue sirik ih... Foto ama Jokowi 😌😌

    BalasHapus
  46. wah, keren sekali bisa ketemu dengan presiden mbak bulan.

    saya pun gerah kalo buka medsos, banyak sekali yang sebar berita tidak jelas.
    kadang terbersit keinginan unfriend, tapi dipikir2 ngapain juga begitu.
    intinya ya kalo gerah di medsos, saya tidak rajin2 baca medsos.
    berbagi artikel pun yang betul2 valid juga saya :)

    Jakup Ginting Sinusinga

    BalasHapus
  47. Wah..
    Senangnya ya bisa foto bareng orang nomor satu se-Indonesia.
    Aku mah juga pengen ketemu pak presiden.
    Moga aja dapet kesempatan bertemu...

    BalasHapus
  48. Wuih kece. . ga semua org bisa nih ketemu org no 1 Indonesia

    BalasHapus
  49. Kira2 kapan ya jadi mantu pak presiden? #eh

    BalasHapus
  50. hooo bulan tuh dari semarang toh. baru tau. wakaka.
    gue mau komentar apa ya. kalo bilang keren karena ketemu presiden... gue juga lumayan sering ketemu sama belio. hehehe.
    oh komen ini aja deh... bulan kacamatanya minus berapa?

    BalasHapus
  51. wihhh asiknyaa bisa kopdar blogger sama pak presiden pulaak. hehehe salam kenal mbak bulan :D

    BalasHapus
  52. Lha koq bisa sih foto bareng Pak Jokowi? *gejala sirik*

    BalasHapus
  53. Really this is very great information sharing with us. Thanks lot.Examhelpline.in

    BalasHapus
  54. such very great information. Thank you for your sites for proving such kinds of good information. Cancer fighting smoothie

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!