Jadi Tour Leader itu Menyenangkan!

Heeeyy, kembali lagi gue dengan cerita baru di postingan ini. Dan nggak kerasa, sekarang udah masuk bulan Juni aja yah. Nggak kerasa tahun 2014 udah berjalan setengah tahun aja nih, entar tau-tau udah mau masuk tahun 2015 lagi. How time flies so fast, ya. Hehehe.
Okay, kali ini gue pengen cerita pengalaman baru gue yang barusan gue alami kemarin Jumat, 6 Juni 2014. Jadi di hari Jumat kemarin, Puji Tuhan gue dapet job dari rektor gue. Job jadi tour leader mameeeen. Hahaha. Dan job Jumat kemarin itu adalah pengalaman pertama gue membawa dan memimpin sebuah rombongan tour. Udah kuliah di bidang kepariwisataan selama 2 tahun, tapi baru hari Jumat kemarin gue baru berani bawa dan mimpin rombongan buat pergi tour. Iya sih, gue udah pernah jadi tour leader, tapi itu pun karena praktik mata kuliah guiding tehnique dan itu pun di depan temen-temen sekelas gue, jadi nggak kerasa lah ya deg-degannya. Nah, kalo tour leader-ing kali ini kan gue bener-bener harus ngomong di depan umum yang nggak gue kenal sama sekali. Waktu pertama kali gue diajak buat ikutan job ini, gue agak ragu, gue takut. Tapi berhubung hampir semua temen-temen sekelas gue juga pada mau nyoba jadi TL untuk pertama kalinya, gue pun jadi terdorong juga buat ikutan. Okaylah, gue juga ikut, itung-itung dijadiin pengalaman yang nyenengin. Kalo enggak mulai berani dari sekarang, kapan lagi gue bakal berani bawa rombongan buat tour. Yo'i nggak? Yo'i dong.

Gue udah mengiyakan ajakkan buat jadi tour leader rame-rame, dengan tujuan cuma ke Candi Borobudur aja. Gue udah deg-degannya, gue nervous, gue bingung mau bikin materi kayak gimana. Gue inget banget kalo gue diajaknya itu tanggal 4 Juni 2014, dan nggak taunya job tour leadernya itu berangkat tanggal 6 Juni 2014. OMG, gue makin deg-degan dong yaaa. Dan deg-degan gue semakin menjadi-jadi kalo ternyata rombongan yang gue bawa itu adalah siswa-siswa SMA yang lagi ikutan acara Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional 2014 (FLS2N) di kota Semarang. Ada yang nggak tau apa itu FLS2N? nih, baca dulu artikel ini, itung-itung nambah pengetahuan juga apa itu FLS2N >> Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional 2014. Jadi siswa-siswa yang bakal gue pimpin nanti itu, siswa-siswa yang tersebar dari seluruh Indonesia. Dan rombongan yang kita bawa itu nggak main-main banyaknya. Kita bakal bawa 38 rombongan bis, yang satu bisnya bisa berisi 50 orang. Bayangin berapa banyaknya siswa-siswa yang bakal kita ajak Candi Borobudur nanti itu. Pantes aja kampus gue dibutuhin banyak yang mau jadi tour leader buat tour ini. Dari kampus gue, ada 17 anak yang bersedia jadi tour leader, sedangkan sisanya, pihak biro yang nyari-nyari dari freelance tour leader lainnya. Jesus Chriiiissstt, I'm so damn nervouuuss! :D

Hari Kamis, 5 Juni 2014 nya, gue sama temen-temen pun diajak briefing bareng-bareng buat teknis acara tour ke Candi Borobudurnya besok. Dijelasinlah kita segala keperluannya besok, dibagiin juga seragam, cocard, itinerary acara besok, P3K buat di bis, uang lain-lain buat jaga-jaga di perjalanan, dan yang paling penting adalah fee kita jadi tour leader. Muahahaha. Lumayan dah fee nya, nyenengin banget dan ini cukup bikin gue semangat buat kerja besok, walaupun belom nyiapin materi apa-apa sama sekali. Hehehe. Abis nerima fee, gue malah membayangkan mau gue pake buat apa itu duit. Nyahaha. Yang jelas dan pasti adalah traktir Mama gue dong yaa. Hahaha. Kerja aja belom, udah bayangin mau ngapain aja sama uang fee itu.Kita dijelasin segala macemnya, dan ternyata gue sama temen-temen pisah tempat berkumpulnya. Kita berkumpul di hotel yang berbeda-beda yang ada di Semarang. Gue kedapetan di Hotel Horison Semarang. Sekitar ada 6 (kalo gue nggak salah inget) hotel yang jadi tempat penginapan siswa-siswa peserta FL2SN ini. Dan kita semua harus kumpul di hotel masing-masing pukul 4.30 subuh. Beeeehh, pagi benerlah, tapi tetep semangatlah buat besok. Gue pasti bisa bekerja dengan baik besok. Huh hah! :D.
Setelah dijelasin semuanya, kita semua pun pulang. Gue, sebelom pulang ke rumah, nganterin temen-temen gue dulu buat hunting hotel tempat mereka kumpul. Kebetulan temen-temen yang gue bantu ini bukan orang Semarang asli, jadi wajar aja mereka belom tau hotel-hotel tempat mereka kumpul itu. Nganterin deh gue 3 orang temen gue ke hotel tempat mereka berkumpul masing-masing. Ada yang di Hotel Ibis, Hotel @Home, sama Hotel Grasia. Abis capek nganterin mereka masing-masing, gue pun langsung pulang. Sebelomnya beli pulsa dulu deng buat besok, beli pulsa pake fee gue yang tadi. Hehehe. Itu kalo pulsa nggak penting buat acara tour besok itu yaa, gue nggak bakal deh beli pulsa, mending buat beli yang lainnya. Dan gondoknya gue, ternyata kita semua dapet jatah pulsa masing-masing dari pihak biro kita itu. Okay, fine, aku rakpopo....
Sampe rumah, gue langsung deh cerita sama Mama gue kalo gue dapet job dengan fee yang buat gue lumayan banyak. Gue juga cerita kalo gue super duper grogi buat ngomong di depan umum. Tapi Mama gue menguatkan gue dengan nasehatnya yang super. Hahaha. Gue ilustrasikan deh ya.

G (Gue)     : Ma, aku kok grogi banget ya buat besok?
M (Mama) : Lah, grogi kenapa?
G   : Yaaah grogi, kan besok ngomong di depan umum, Ma.
M : Ngapain pake grogi segala? bukannya dulu waktu SMA kamu kalo jadi ketua panitia MOS sering ngomong di depan umum ya? marah-marah, bentak-bentak adek kelasmu lagi dulu. Sekarang cuma ngomong bentar, jelasin beberapa hal dikit kok malah grogi. Hahaha.
G  : *diem* *oh iya ya* *bener juga* *nyahahahahaha*
M : Masak kamu lupa, daridulu kamu tuh udah bisa ngomong di depan umum, udah banyak event BES (Badan Eksekutif Siswa) yang mengharuskan kamu ngomong di depan umum lho yaa.
G  : *makin senyum-senyum* Iyaaa deng yaa, Maaaa. Kok aku lupa hahaha.

Abis dinasehatin sama Mama kayak gitu, gue langsung ngeloyor masuk kamar buat nyiapin barang-barang keperluan buat besok dan bikin materi buat besok. Semangat daaah gueee. Huh hah! :D

eh..eh pamer cocard gue dulu yaah :p
keren kaaaan? keren dooong. *abaikan boneka-boneka Doraemonnya*

The Day! :D.
Sekitar pukul 03.30 subuh gue udah dibangunin sama Mama gue. Lumayan pusing bangun sepagi itu apalagi semalem gue baru tidur pukul 00.30, gara-gara abis bikin materi dan nggak bisa tidur karena grogi kebayang-bayang hari-H nya. Hehehe. Bangun masih dalam keadaan teler dan deg-degan nggak karuan. Langsung deh gue siap-siap dan makan sarapan yang udah dibuatin Mama gue. Abis itu mandi, dandan-dandan sekedarnya, ngecek barang-barang bawaan lagi, dan berangkat deh gue. Gue berangkat sekitar pukul 04.00 subuh. Ya namanya juga masih subuh ya, jalanan itu berasa punya gue. Sepinya bukan main dan gue nyetir motor gue nyantai dan pelan-pelan aja. Selain karena jalannya sepi, gue di jalan juga kedinginan .__. . Males banget kalo udah kedinginan gitu pasti alergi dingin gue kambuh, makanya sebisa mungkin gue nyetir pelan tapi sampe di tempat tujuan tepat waktu. Hehehe. Pukul 4.30 tepat gue sampe di Masjid Baiturahman, tempat gue nitipin motor gue. Gue parkir di situ karena gue sama temen-temen yang kumpul di Hotel Horison nggak tau dimana tempat parkir motor di Hotel tersebut. Okay, gue udah parkir, gue liat sekeliling gue, gue nggak menemukan motor temen-temen gue. Baru gue nih yang dateng. Daripada nunggu temen-temen gue lama, akhirnya gue jalan sendirian deh dari Masjid Baiturahman ke Hotel Horison nya. Lumayan takut sih, karena jalanannya sepi, agak gelap, dan gue sempet liat gerombolan cowok-cowok berandalan gitu. Tapi Puji Tuhan, gue sampe Hotel Horison dengan selamat. Hehehe. Dan bener dugaan gue, temen-temen gue belom pada dateng. Yaudah deh gue nunggu mereka di lobby sampe mereka dateng. Oh iya, tour leader yang kumpul di Hotel Horison ini ada 9 orang. 4 orang dari kampus gue termasuk gue sendiri. Sekitar pukul 5.00, semua tour leader pun udah dateng, bis-bis pun juga udah mulai berdatengan. Kita pun mulai deh nempel-nempelin nomor bis, spanduk acara, masuk-masukkin air mineral dus ke dalem bis, mulai kenalan sama driver sama co drivernya, bagiin makan pagi ke driver sama co driver. Abis urusan bis kelar, gue sama temen-temen tour leader lainnya pun bantuin bagi-bagi snack buat peserta-peserta tour nanti. Seharusnya sih pukul 6.00 kita udah harus berangkat ke Candi Borobudur, tapi yah namanya manusia yaa, sukanya ngaret, molor, nggak bisa tepat waktu. Adaaa aja yang ditunggu. Kita baru bener-bener berangkat itu pukul 07.00. Gue udah di dalem bis gue, dan gue makin deg-degan. Gue harus segera ngomong di depan siswa-siswa peserta FLS2N ini. Sebelom gue ngomong di depan mereka, gue bikin absen dulu buat siswa-siswa yang ada di bis gue, berhubung gue nggak dapet absen dari pihak panitia, yaudah gue bikin aja sendiri, biar nanti kalo mau ngecek gampang dan biar nggak ada siswa yang ketinggalan di Candi Borobudur. Kasian kan anak orang ketinggalan gitu. Hehehe.
Setelah urusan absen nama kelar, gue ke depan bis, gue deg-degan, gue nggak tau mau ngomong apa, tapi mau enggak mau gue harus ngomong dan menyapa mereka semua yang ada di dalem bis. Gue ambil deh tuh mic yang ada di dasbor bis, minta tolong drivernya buat nyalain, dan....tes....tes....gue ngomong! Nyahahaha. Seketika itu juga, deg-degan, grogi, demam panggung gue ilang. Gue sapa mereka, dan Puji Tuhan mereka bales sapaan gue dengan semangat, bersyukur banget gue nggak dicuekin, yaa walaupun ada beberapa yang tidur sih ya. Hihihi. Setelah nyapa, gue ajak mereka buat berdoa terlebih dahulu, biar perjalanan kita dilindungi dan dijagai Tuhan kan ya. Abis doa, gue jelasinlah peraturan-peraturan yang sebelomnya udah gue buat. Peraturan-peraturan sederhana, tentang jaga kebersihan bis, kalo sakit ngomong, kalo kebelet pipis ngomong, kalo mau muntah ngomong, ngecek barang masing-masing, sama ngecek temen-temen yang ada di kanan kirinya, kalo apa-apa itu on time masuk bis. Abis ngejelasin peraturan-peraturan gue, gue jelasin deh jadwal kegiatan kita seharian itu, gue bacain itinerary gue yang udah dibagiin kemarin. Lumayan lama gue berdiri di depan bis itu, dan Puji Tuhan pada memperhatikan gue, sempet pada ketawa ngakak juga padahal gue juga nggak bermaksud ngelawak. Setelah ngerasa cukup dan nggak tau apalagi yang harus gue omongin lagi di depan, gue pun mengundurkan diri dan duduk di antara driver dan co driver. Gue kalo ngelanjutin ngoceh juga kasian adek-adeknya, kayaknya masih pada ngantuk, rata-rata pada tidur waktu pertama kali gue ngoceh. Yaudah, daripada gue ngomong sendiri, gue persilahkan aja mereka buat istirahat, ngelanjutin perjalanan dengan tidur. Setidaknya gue udah lega, udah bisa ngomong di depan umum. Puji Tuhaaaan. :)

Perjalanan ke Candi Borobudur menempuh sekitar 3 jam perjalanan. Lumayan lancar karena kita juga dikawal sama Polisi, jadi lancar jaya deh perjalanannya. Hehehe. Sebelom sampe di Candi Borobudur pun, gue ngomong lagi di depan bis, bangunin mereka-mereka yang masih tidur dan ngingetin mereka buat ngecek-ngecek barang yang perlu dibawa ke Candi Borobudur, dan ngejelasin dikit sih tentang Candi Borobudurnya secara umum. Nggak lama sampe deh kita di Candi Borobudurnya, kita sampe di sana sekitar pukul 10.00. Begitu nyampe Candi Borobudur, udah deh tuh adek-adek pada mencar-mencar kemana, gue nggak tau. Ada yang langsung ke toilet, ada yang langsung ke pintu masuk Candi Borobudur, ada juga yang langsung belanja-belanja oleh-oleh. Karena waktu yang singkat, gue sama temen-temen tour leader lainnya pun langsung mengajak mereka buat masuk ke Candi Borobudur, lumayan pusing karena masih banyak yang diluar karena masih pada belanja. Setelah pada masuk ke dalem Candi Borobudur, gue sama temen-temen pun juga masuk ke dalem Candi Borobudurnya. Bukan, kita bukan ikut wisatanya, kita cuma numpang masuk bentar doang buat selfie, abis itu keluar lagi. Hahaha. Apapun kegiatannya tetep ya utamakan selfie :p.

Selfieeeee Sukaeeesiiihh~~
Kita keluar lagi karena kita para tour leader harus nyiapin makan siang dan snack buat para peserta tour ini. Lumayan capek ini, mondar-mandir bis sama tempat ngumpul buat nganterin makanannya. Abis udah semua makanan kekumpul di bis, langsung dibagiin satu-satu di kursi pesertanya. Lumayan menguras keringet nih, alhasil laper dan haus deh gue. Sambil nunggu acara kelar, gue makan siang dulu dan sempet beli minuman dingin saking panasnya di Candi Borobudur itu. Sekitar pukul 13.00 acara wisata di Candi Borobudur pun kelar, adek-adek gue yang ada di dalem bis gue juga udah pada mulai masuk, ada yang cerita-cerita tentang oleh-olehnya di Candi Borobudur lah, ada yang cerita duitnya abis lah, ada yang tanya-tanya tentang kerjaan gue inilah. Hahaha. Gue mulai nyaman sama mereka dan mulai bisa membaur. Setelah dirasa bisnya penuh, gue mulai absen mereka satu persatu deh, dan akhirnya komplit. Seneng juga mereka patuh sama peraturan gue tentang on time kalo masuk bis. Hehehe. Setelah komplit langsung deh gue minta driver buat langsung berangkat pulang menuju Semarang. Gue ngoceh bentar juga pas itu, nanyain gimana wisatanya, udah beli oleh-oleh apa aja, ngapain aja di Candi Borobudur. Setelah gue rasa cukup dan udah ngeliat adek-adek itu capek, gue pun berhenti ngoceh lagi dan mempersilahkan mereka buat istirahat. Karena acara selanjutnya kita bakal ke Marina Convention Centre buat penutupan acara FLS2N ini. Eh bener aja, begitu gue tinggal duduk bentar, suasana bis udah tenang banget aja gara-gara pada tidur. Hahaha. Pada kecapekkan abis jalan-jalan di Candi Borobudur nih, dan gue juga sebenernya capek plus ngantuk berat. Tapi kok rasanya nggak etis aja, tour leader kok tidur. Yaudah deh, gue kuat-kuatin melek nih mata padahal kalo merem dikit mungkin gue udah bablas tidur. Hahaha.

Sekitar pukul 16.00 kita semua sampe di Marina Convention Centre, lebih awal 1 jam dari jadwal dan acara penutupan FLS2N pun baru dimulai pukul 19.00. Haha yaudah deh biarin para peserta ini mau ngapain aja di MCC. Mau persiapan penampilan lah, atau mau ngapain lainnya terserah mereka. Gue sama temen-temen pun menggunakan kesempatan ini buat istirahat sama makan lagi. Abis makan sempet jalan-jalan sekitar MCC, dan karena MCC itu berhadapan sama Pantai Marina, keliatan jelas deh sunset sore itu, dan karena gue emang suka ngeliat langit-langit yang keren kayak gitu, tanpa pikir panjang gue foto deh sunsetnya.

Lumayan kan jepretan gue? :p
Abis bosen ngapa-ngapain, akhirnya kita istirahat deh rame-rame di parkiran bis. Tiduran rame-rame di pavling sambil ngobrol dan ngeliatin bintang *sok romantis bingit*. Sekitar pukul 19.30, gue dan beberapa temen gue dimintain tolong buat jemput anak-anak SD-SMP dari hotel buat ke MCC. Padahal setau gue, buat urusan penjemputan anak-anak SD-SMP itu bukan tanggung jawab dari biro gue lho, melainkan tanggung jawab dari pihak panitia FLS2N. Tapi karena dimintain tolong yaudah, gue sama temen gue kebagian jemput anak-anak SMP di Hotel Pandanaran dan cuma bawa satu bis. Begitu sampe di Hotel Pandanaran, gue sama temen gue sempet shock karena ternyata yang dijemput banyak. Agak kesel juga karena panitianya agak nyolot, minta 2 bis buat jemput, padahal kita bisanya cuma datengin 1 bis. Udah untung dibantuin masih aja nyolot minta 2 bis, padahal ini bukan termasuk dari tanggung jawab biro lho. Yaudah deh, dengan terpaksa sumpel-sumpelan di dalem bis, banyak yang berdiri termasuk gue dan temen gue. Begitu masuk MCC nya pun pihak panitia nyolot lagi, dan kali ini drivernya nggak terima, adu mulut deh mereka berdua. Tapi emang pihak panitianya aja yang resek dan nggak ada tanggung jawabnya sama sekali. Udah ditolongin, nyolot, nggak terima kasih lagi. Cih.
Abis jemput rombongan SMP itu, gue sama temen gue langsung kumpul lagi sama tour leader lainnya. Sempet tidur bentar gue di dalem bis, abis itu kebangun karena acara udah penutupan udah mau kelar. Sekitar pukul 23.30 acara baru kelar, gue yang udah capek berat masih sebisa mungkin buat nyariin adek-adek gue buat segera masuk ke dalem bis dan pulang ke hotel. Butuh 30 menit buat ngumpulin adek-adek masuk dalem bis, setelah gue rasa komplit gue pun langsung ngode drivernya buat berangkat dan pulang ke hotel, tanpa gue absen tuh. Hehehe. Di perjalanan gue juga masih ngoceh, gue tanya ada yang juara apa enggak, gimana acara penutupnya, ngasih pengumuman dari panitia. Karena gue capek gue pun cuma ngomong singkat lalu duduk lagi. Gue ngoceh lagi begitu hampir sampe di hotelnya. Gue ucapin terima kasih dan maaf deh sebagai penutup, dan selesailah pekerjaan gue hari itu sebagai tour leader begitu sampe di hotel. Puji Tuhan Halleluyaaah. :)

Setelah semua tour leader yang di Hotel Horison nyampe, gue sama temen-temen gue langsung pamit dan pulang deh. Gue sama temen-temen gue jalan deh ke Masjid Baiturahman buat ambil motor dan segera tancap gas, pulang ke rumah masing-masing dan istirahat. Gue baru sampe rumah sekitar pukul 01.00. Haha. Berangkat kerja gelap, pulang kerja juga gelap. Begini yah susahnya mencari sesuap nasi, capeknya nggak kira-kira tapi seneng dan bersyukur banget buat kerjaan kemarin itu. Jadi tour leader itu ternyata menyenangkan dan rasa-rasanya gue ketagihan sama kerjaan ini. Hahaha. Lain kali gue nggak bakal nolak kalo ada ajakan jadi tour leader lagi. Bener-bener nyenengin dan jadi pengalaman baru juga. Seneng juga dapet fee yang dikatakan lumayan. Walaupun fee gue sekarang udah abis gara-gara udah gue pake buat beli memory card HP sama traktir Mama gue makan malem yang enak. Seneng banget bisa traktir Mama pake uang hasil jerih payah sendiri, rasanya ada kepuasan sendiri di dalem hati gitu bisa bayarin Mama makan malem yang enak. Hehehe.Selain itu juga bisa ketemu temen-temen baru yang nyenengin. Bersyukur banget buat kerjaan kemarin itu, dan semoga kerja gue baguslah dan cukup memuaskan. Pengalaman yang bener-bener berharga dan gue pengen lagi buat kerja kayak gitu. Hehehe.

Ya jadi sekiranya beginilah pengalaman gue, menyenangkan dan nggak terlupakan. Semoga pengalaman gue ini bisa jadi berkat buat orang lain, atau ada yang mau ngasih gue kerjaan tour leader kayak gini? Boleh lhooo. Hehehe.
Baiklah, gue akhiri cerita gue kali ini, semoga bermanfaat dan ditunggu komentar-komentarnya di comment box!

Thankyou for reading and Godblessya all!