Konser Virtual selama Pandemi

 
Credit: Pixabay

Sudah 7 bulan coronces terus melanglang buana dan selama itu juga saya nggak nonton konser fisik sama sekali. 

Nonton konser itu udah jadi kebiasaan saya setiap bulan dan mendadak hilang begitu aja cukup bikin stres karena kehilangan salah satu sumber hiburan saya. 

Tahun ini baru satu kali saya nonton konser dan sedihnya itu menjadi yang terakhir kalinya sebelum coronces menyerang, ceritanya bisa dibaca di sini>>> Carousel Concert Yogyakarta 2020.

Coronces membuat industri hiburan memutar otak dan akhirnya juga mengikuti lainnya yang serba virtual. Yup, sekarang konser pun digelar secara virtual.

Awalnya saya bingung, apa nikmatnya konser virtual yang nggak bisa ketemu musisinya langsung dan bernyanyi bersama? Apa serunya nyanyi sendirian di rumah meski pun bisa sambil rebahan dan nggak perlu repot-repot dateng ke venue dan rebutan tempat.

Sampe akhirnya mikir, yasudahlah, daripada nggak ada hiburan sama sekali ya, kan. Bring it on, virtuall concert!

***

Sejak Maret sampe sekarang, udah lumayan banyak konser virtual yang saya tonton, dari yang gratis sampe berbayar dan artisnya itu-itu aja, kalo nggak Abang Tulus ya Mas Kunto Aji.

Gallery handphone yang biasanya penuh sama foto-foto panggung, sekarang penuh dengan screenshot-an konser virtual.

Walaupun experiences konser virtual tidak semenyenangkan konser fisik/langsung, setidaknya itulah yang membuat saya tetep waras selama pandemi ini.

Maka dari itu saya ingin mengabadikan konser-konser virtual apa aja yang udah saya tonton selama pandemi ini. Biarpun nontonnya selalu di rumah, setidaknya bisa jadi kenangan kalo saya pernah melewati masa-masa suram dan survive yang pertama kali saya dan banyak orang alami.

Yuk cekidot ah!

1. Konser Musik #dirumahaja Narasi 

Credit: ussfeed


Ini konser virtual yang pertama kali saya tonton dan gratis, gaes. 

Konser ini digelar sama NarasiTV-nya Mbak Najwa Shihab tanggal 25-28 Maret 2020, awal-awal banget pandemi merebak dan banyak yang membuka donasi termasuk acara ini.

Sebenernya banyak banget musisi yang terlibat di konser yang digelar tiga hari ini, tiap satu jam ada musisi yang bergantian nyanyi. Termasuk almarhum Glenn Fredly yang harusnya saat itu dia ngisi juga bareng Trio Lestari, tapi berhalangan karena waktu itu mendiang sudah sakit.

Meskipun banyak musisi terkenal yang ngisi acara ini, tetep aja saya cuma nonton Tulus dan Mas Kunto Aji. Wkwk. 

Ditambah Barasuara deng, salah satu grup band favorit saya juga ini.

Dan kebetulan mereka bertiga tampil di hari yang sama dan beurutan. Uhuy, senang sekali saya bisa langsung dihibur tiga kesukaan saya sekaligus. 

Pertama yang saya tonton adalah Abang Tulus.


Si caem nan menggemaskan - Cr: Dok. Pribadi



Sayangnya, mungkin karena ini pengalaman pertamanya abang melakukan konser virtual, pas dia nyanyi banyak banget nge-lag dan buffering-nya. Mungkin karena koneksi layar dia banyak banget kali ya. 

Di saat yang lainnya nyanyi apa adanya tanpa iringan musik yang heboh, Abang Tulus saat itu bawa pemain-pemain musiknya dong. Penyanyi lainnya cuma butuh satu layar, sementara abang butuh 6 layar buat nampilin pemain musiknya juga. Kan awal-awal pandemi nggak memungkinkan banget kan ketemu satu sama lain dan kumpul di satu tempat karena harus jaga jarak.

Musisi-musisi lainnya juga santai banget, pada pake kaus selayaknya emang lagi di rumah aja. Sementara abang pake dresscode dan kembaran sama pemain musiknya. Hadeh, sungguh manusia perfeksionis abang ini.

Sayang bangeeett, saya nggak bisa nikmatin penampilan abang yang udah proper banget itu karena koneksinya jelek banget. Hufht, padahal udah kangen banget liat dia nyanyi.

Oke selanjutnya Mas Kun!

Sendokiran aja ini mas-mas receh - Cr: Dok. pribadi



Berbeda dari abang, kalo Mas Kun tampil akustik sendirian tanpa band-nya. 

Dan puji Tuhan alhamdulillah koneksinya lebih lancar dan bagus dibandingkan abang tadi. Ya itu, mungkin karena Mas Kun sendirian dan nggak berbagi banyak layar kayak abang. Hahaha.

Meskipun tampil akustik, penampilan Mas Kun tetep syahdu seperti biasanya. Dan saya akan selalu mewek setiap kali dia bawain 'Pilu Membiru'. Duh, sore itu, damage 'Pilu Membiru' versi akustik juga lumayan gaes. 

Penampilan abang nggak terlalu bagus, terobati dengan penampilan Mas Kun yang koneksinya lancar jaya dari awal sampe dia selesai nyanyi. Luv.

Sekarang mari berlanjut ke Barasuara. 

Barasuara!! - Cr: Dok. pribadi


Duh mas Iga.. - Cr: Dok. pribadi



Harus diakui, Barasuara lebih cerdas dibandingin Abang Tulus. Wkwk.

Soalnya, mereka yang juga harus berbagi layar kayak abang ini pun memutuskan untuk merekam dulu penampilannya dan ditayangkan di live streaming-nya. 

Jadi para personel Barasuara-nya menyapa para penggemarnya sih secara langsung, tapi penampilannya sudah mereka rekam dulu demi jaga-jaga kalo koneksi jelek karena mereka juga berenam kek Abang Tulus. 

Dan hasilnya, bagus banget dong, penampilan mereka lancar jaya tanpa ada hambatan koneksi sama sekali.

Karena mereka tampilnya dari rumah masing-masing, jadi kali ini penampilan Barasuara nggak se'berisik' biasanya. Buat konser ini, Barasuara tampil lebih kalem dan santai. 

Overall, Konser Musik #dirumahaja ini menyenangkan sekali ditonton, minus koneksinya Abang Tulus aja yang jele. Huh.


2. Orkestra di Rumah bersama ERWIN GUTAWA dan TULUS

Credit: kitabisa.com


Sama kayak Konser Musik #dirumahaja, konser orkestranya Erwin Gutawa feat Tulus ini digelar untuk menggalang dana yang nantinya disalurkan untuk masyarakat yang berdampak pandemi vakingsyit ini. 

Dan ini adalah konser virtual perdana saya yang berbayar alias ada penjualan tiketnya. 

Waktu itu penjualan tiketnya dibagi dengan beberapa harga yang saya lupa berapa aja rinciannya. Perbedaan harga itu sebagai kemampuanmu untuk menyumbang. Karena uang tiket seluruhnya akan disalurkan. Keren ya. 

Saya beli tiket tanggal 13 April 2020 dan memilih yang harga Rp 50 ribu. Cukup terjangkau kan dengan penampil yang ciamik gitu, mana nggak ada kuota pembelian lagi. Tiket masih terus dijual sampe hari-H konser digelar. Ya ampun, saya nggak perlu ticket war lagi kayak biasanya. 

Tiket akuh! - Credit: Dok. Pribadi




Awalnya, untuk konser ini saya ketar-ketir koneksinya Bang Tulus jelek lagi kayak di konser Narasi yang lalu. Apalagi ini orkestra, yang sudah jelas manusianya lebih banyak daripada abang nyanyi sama pemain musiknya. Bakal lancar nggak ya? Kalo buffering lagi gimana dong? 

Konser digelar tanggal 19 April 2020, dan syukurlah, ada kendala cuma di awal konser mau mulai aja. Jadi konser yang awalnya harus dimulai pukul 19.00 WIB, pun diundur jadi pukul 20.00 WIB.


Kendala yang sempet bikin panik - Credit: Dok. Pribadi




Setelah kendala itu diatasi, woaaaa saya senang sekali karena konsernya berjalan lancar dan bagus banget monangeeesss tapi nggak mo meninggaaall.


Mpus sebanyak itu layarnya - Cr: Dok. Pribadi





Emesh! - Cr: Dok. Pribadi



Durasi konsernya hanya 40 menit, jadi Abang Tulus hanya bawain sekitar 5 atau 6 lagu aja, saya lupa. 

Asli, konsernya bagus banget dan bikin saya merinding karena aransemen lagunya yang dibawain secara orkestra. Mana abang sempet bawain satu lagu dari mendiang Glenn Fredly. Di situ, abang keliatan banget nggak bisa menutupi kesedihannya. Uuuu, tayaaangg, sini peluk dulu deeehh. Huhu. 

Yang bikin makin syahdu dan terharu, konser ini ditutup dengan video-video kiriman penggemar yang menampilkan para petugas medis yang berjibaku untuk menghadapi coronces ini. Terharu, karena semuanya pake APD lengkap yang saya yakin engapnya kek ngeliat mantan jalan sama cowok lain. Aheeuuu.

Selain itu, saya juga senang memutuskan untuk nonton konser ini, karena saya juga bisa turut nyumbang walaupun sedikit. 

Ada juga hal yang bikin saya salut sama konser ini, gimana enggak? Konser inimeraup lebih dari 5 ribu penonton, yang artinya jumlah itu hampir sama dengan jumlah penonton Konser Tur Sewindu-nya Tulus di Istora Senayan tahun lalu.

Goksss yaaa!


3. #MagerWithDCode edisi Kunto Aji

Credit: YouTube DCode


Konser ketiga selama pandemi dan konser kedua yang gratis nih. 

Saya sebenernya nggak terlalu tahu DCode itu apaan, as long as I see Kunto Aji or Tulus, I click it. Wkwk.

Konser ini bener-bener satu hari setelah konser orkestranya Erwin Gutawa dan Tulus. Berurutan banget nih menghibur saya dan kebayang kan gimana borosnya kuota saya nontonin live streaming terus, apalagi waktu itu saya juga belum pasang Wi-fi di rumah. 

Acara #MagerWithDCode ini dipandu sama Gofar Hilman, udah deh nggak ngerti lagi pecahnya nih acara kalo udah dibawain doi, ditambah Mas Kun juga orangnya receh banget. 

Suka banget sama acara ini, karena selain nyanyi, bintang tamunya diajak ngobrol-ngobrol dulu. Jadi nggak terlalu membosankan. 

Lalu, kalo di Konser Musik #dirumahaja Narasi Mas Kun tampil single fighter, di #MagerWithDCode Mas Kun tampil full band. Asyiiikk!


Yeay full band! - Cr: Dok. Pribadi



Walaupun tampil ala kadarnya dan virtual gini, saya tetep bisa melihat totalitasnya Mas Kun kalo udah tampil. 

Musiknya sama bagusnya kayak konser Mantra Mantra Live yang saya datangi. Dan tentunya, selalu berhasil bikin saya tersihir dengan nyanyian yang dibawain Mas Kun. Tiap konser ini, rasanya kayak kesirep gitu, duh gimana ngejelasinnya ya sahabat, cobalah sekali-sekali nonton Mantra Mantra Live nya Mas Kun ini dan rasakan sensasinya.

Lama-lama saya bikin sekte Kun nih kalo perlu. 


4. Stay at Home with Kunto Aji - Samsung

Credit: YouTube Samsung


Di tanggal 2 Mei 2020, Mas Kun sebenernya tampil di dua acara live streaming. Tapi waktu itu saya ingetnya cuma satu yang ini, Stay at Home with Kunto Aji dari Samsung.

Satu acara lagi dari KapanLagi-nya saya bener-bener kelupaan padahal udah daftar buat bergabung. Dasar bloon. Untung dua acara ini gratis semua. Jadi saya nggak ada rugi apa-apa. Heuheu.

Di acara Samsung ini sebenernya ada Marcell Siahaan juga, cuma emang pada dasarnya saya mau fangirling Mas Kun aja, jadi saya nggak nonton Marcell nyanyi. Wkwkw.

Haha hehe bersama Mz Kun - Cr: Dok. Pribadi


Kali ini, Mas Kun masih full band lagi tapi cuma bawain sedikit lagu. Tapi ya tetep lumayanlah bisa menghibur saya saat itu. Apalagi pas itu saya lagi libur kerja dan apalagi kegiatan saya selain rebahan dan nonton-nonton tayangan yang ada di internet. 


5. #MagerWithDCode edisi Tulus

Credit: Kumparan


Setelah ngundang Mas Kun, DCode ngundang Tuluuuuss. Wah sungguh mengerti keinginan para fans nih ya. 

Dan yang membuat saya senang adalah, acara ini digelar di hari yang sama kayak acara Stay at Home with Kunto Aji dari Samsung itu.

Sorenya dihibur Mas Kun, malemnya giliran Abang Tulus. Gratis semua. Pas saya libur kerja juga pula. Wah sungguh puas saya fangirling hari itu.


Hei, senyumnya itu loh! - Cr: Dok. Pribadi



Acara ini masih dipandu sama Gofar Hilman. Yang saya sebelin dari abang di sini adalah, dia nggak bisa membaur dengan candaannya Gofar. Hahaha.

Abang ini emang pribadi yang agak kaku dan awkward sih, jadi ngeliat dia ngelawak itu adalah sebuah momen yang langka banget. 

Terbukti di acara DCode ini aja banyak lawakannya Gofar yang gagal ditanggepin si abang padahal Gofar udah usaha banget buat ngelempar candaan dan topik. Abang cuma jawab ala kadarnya dan kaku banget kayak mahasiswa mau sidang skripsi. Untung adek sayang, bang. 

Dan dari acara ini juga saya jadi tahu apa kegiatan Abang Tulus di rumah selama pandemi ini.

"Selama pandemi saya sibuk nyoba bercocok tanam. Sekarang lagi nyoba nanem bayem,"

WKWKW GEMEEEESSSHHH.


6. im3 Collabonation - Nongkrong Virtual

Credit: collabonation.id


Acara live streaming lainnya yang gratis nih gais. Hahaha. Puji Tuhan sekali banyak acara yang gratis juga ya selama pandemi, walaupun pusingnya lebih ke kuota internetnya sih.

Kali ini Mas Kun jadi bintang tamu di acara im3 Collabonation Nongkrong Virtual yang dipandu Duo Budjang tanggal 9 Mei 2020.

Yaah, seperti acara-acara live streaming lainnya, bintang tamu diajak ngobrol-ngobrol dan kemudian nyanyi.


Hayoooo~ - Cr: Dok. Pribadi



im3 Collabonation Nongkrong Virtual juga gitu, jadi sebenernya di sini saya udah mulai bosen dengan konser-konser virtual yang gitu-gitu aja sih.

Tapi yaaa, sekali lagi, daripada nggak ada hiburan sama sekali dan coronces masih aja asyik main di dunia ini. Tetap harus disyukuri.

Di acara ini, Mas Kun tampil akustik lagi dan tetap, selalu, always, everytime, menyenangkan penampilannya dia itu. Hihi.


7. im3 Collabonation - Konser Silahturahmi Ramadan

Credit: collabonation.id

Dua minggu setelah Nongkrong Virtual, im3 Collabonation bikin acara lagi, kali ini Konser Silaturahmi Ramadan tepatnya tanggal 17 Mei 2020.

Jadi sebenernya Collabonation itu project content-nya im3 yang ngajakin musisi-musisi buat berkolaborasi, Mas Kun salah satunya dan dia dibarengin sama Sal Priadi, Yura Yunita, sama Baskara Putra.

Untuk project ini mereka berempat kolaborasi di lagu yang diciptain Baskara Putra berjudul 'Ramai Sepi Bersama'. Tak hanya itu, masing-masing musisi juga punya project yang mendekatkan diri mereka sama para penggemarnya.

Di project ini beruntung sekali saya bisa ikut bergabung. Hahaha. Iseng-iseng ikutan di project-nya Mas Kun, eh saya kepilih. Saya dapet apa? Saya dapet kesempatan untuk ditelepon sama Mas Kun dan dibolehin curhat sesuai keinginan. Yaampun, ini saya gemeternya nggak karuan ngedenger suaranya Mas Kun langsung di ujung telepon saya dan menyapa nama saya juga. Kyaaa.

Selain itu, saya punya kesempatan buat Zoom bareng Mas Kun dan Mas Adjie Santosoputro buat lanjutin curhatan di telepon dan ngobrol lebih lama lagi. Mungkin untuk pengalaman ini nanti saya tulis aja terpisah deh. Heuheu. 

Hingga puncak project-nya ini adalah Konser Silaturahmi Ramadan ini. Karena saya ngefansnya cuma sama Mas Kun, maka saya hanya screenshot saat dia nyanyi aja. Xixixi.

Everybody singing! - Cr: Dok. Pribadi



Yang menggelikan dari konser ini adalah, Mas Kun, Sal Priadi, dan Yura Yunita, itu punya kesempatan bawain beberapa lagu. Sementara Baskara Putra cuma nyanyi satu lagu doang, di ujung acara pula, kolaborasi lagi. Hahaaha.

Puk-puk Baskara Putra dan fans-fansnya yang udah nungguin dan ngomel-ngomel karena porsi Bas di konser ini cuma seuprit.


8. Mido and Falasol Live Performance 

Credit: IDN Times


Siapa yang di sini nonton drama Korea Hospital Playlist dan gagal move on sama geng dokter-dokter menggemaskan yang hobi nge-band ini? Sini yok, tos sama saya. Hahaha.

Hospital Playlist ini adalah drakor pertama yang saya tonton di tahun 2020, sebelumnya saya bukan fans K-Drama sebenernya. 

Bosen nonton serial atau film Hollywood, saya iseng-iseng nonton Hospital Playlist, eh lah kok jadi jatuh cinta sama drama ini. 

Selain jalan ceritanya, saya suka banget sama karakter para dokter yang bersahabat selama 20 tahun ini, mereka serius di pekerjaan, tapi tetap menjadi manusia biasa ketika lepas dari kerjaannya. Skoring drama ini juga juara, saya suka semua lagu-lagu yang ada di sini.

Ditambah, geng dokter yang dikenal sebagai Geng 99', ini punya kebiasaan nge-band bareng buat melepas penat. Salutnya, mereka semua sendiri yang memainkan alat musiknya secara langsung. 

Di antara mereka berlima, yang sudah bisa main alat musik sejak sebelum drama ini cuma Jo Jung Suk yang meranin Lee Ik Jun, sisanya mereka rela belajar alat musik buat drama ini, sampe mereka masing-masing punya guru musiknya sendiri. 

Jeon Mi Do yang meranin Chae Song Hwa kebagian belajar main bass, Yoo Yeon Seok yang meranin Ahn Jung Won kebagian belajar main drum, Jung Kyung Ho yang meranin Kim Jun Wan kebagian belajar main gitar, dan Kim Dae Myung yang meranin Yang Seok Hyung kebagian main keyboard. 

Totalitas banget ya. Dari yang nggak bisa mereka jadi beneran bisa main alat musik buat karakternya masing-masing lho.

Sampe akhirnya mereka dan tim dari drakor ini bikin live perfomance band mereka yang dikasih nama Mido and Falasol di hari Kamis pertama setelah drakor season 1 ini tamat. Mereka live perfomance tanggal 4 Juni 2020. Live performance ini dibarengi dengan episode terakhir yang jadi bonus buat para fans. Episode yang isinya proses awal drama ini dibuat, Q&A tiap karakter, dan rencana ke depannya setelah season 1 selesai.

Geng favorit akuh! - Cr: Dok. Pribadi



Di live performance ini keliatan banget sih cara main mereka masih berantakan banget, malah ngaku pada grogi karena ini pertama kalinya nge-band live performance gitu. Tapi ya dimaafkan, kan mereka bukan musisi, main musiknya juga baru-baru aja.

Tapi soal suara jangan diragukan, soalnya mereka artis drama musikal semua. Jadi terbiasa nyanyi dan suara mereka bagus semua. Walaupun si Mi Do suaranya dibikin jelek di drama ini. Hahaha. 

Gemes banget nonton live perfomance-nya mereka walaupun saya hah heh hoh karena nggak paham mereka ngomong apa dan nggak ada english subtitle-nya. Tapi saya suka sekali interaksi dan chemistry mereka yang menggemaskan. 

Nggak sabar Hospital Playlist Season 2!!


9. Neno Fest Day 2
    
Credit: Loket.com


Setelah nonton yang gratis-gratis, kembali nonton yang berbayar nih gaes.

Kali ini acara bertajuk Neno Fest yang merupakan konser streaming terbesar di Indonesia. 

Emang besar sih, wong ngundangnya musisi-musisi gede juga. Mana digelar selama tiga hari pula. Amat sayang sekali untuk dilewatkan kan meskipun saya lagi-lagi hanya nonton Abang Tulus dan Mas Kun. Hahaha.

Sebelnya, Abang Tulus dan Mas Kun beda hari, jadi mau nggak mau saya beli tiket yang 3 Days Pass, yang jatuhnya lebih murah daripada beli satu hari aja. 

Bersyukur harga tiketnya murah, satu hari dibanderol Rp 30 ribu, tapi kalo 3 Days Pass kayaknya cuma sekitar Rp 70 ribu kalo saya nggak salah ingat yaa. 

Akhirnya, di hari pertama saya nggak nonton sama sekali karena nggak ada yang saya suka dan langsung nonton di Day 2 tanggal 27 Juni 2020. 

Konsepnya sih keren ya, musisinya nyanyi di panggung, beda dari konser virtual lainnya yang musisi selalu nyanyi dari rumahnya sendiri. 

Dan di Neno Fest ini untuk pertama kalinya saya coba nonton Nadin Amizah. 

Beuh ternyataaa, kecil-kecil tapi kalo nyanyi magis juga sih ini si Nadin. Salut banget saya sama dia yang masih mudah tapi karyanya dewasa banget. 

Gemesh kamu dek! - Cr: Dok. Pribadi


Setelah Nadin, akhirnya giliran abang yang nyanyi. Huyey!

Tapi sayang sekali, awalnya saya berekspektasi abang bakal nyanyi di panggung yang sama kayak Nadin. Tapi ternyata enggak, dia tetep nyanyi dari rumahnya sendiri. Huhu. Padahal saya udah kangen banget liat abang di atas panggung dipadu padan dengan lighting yang ciamik.

Ternyata enggak, abang memilih tetep di rumah, antara dia mager pergi keluar atau emang mau strict jaga diri aja nggak mau keluar-keluar rumah. 

Nyanyi dari rumah terus, di rumah aku kapan? - Cr: Dok. Pribadi


Nggak apa-apa, penampilan abang tetep luv apalagi pas itu perdana dia bawain lagu 'Adaptasi'nya. Lagu yang dia ciptain di tengah pandemi ini. Sayang abang banget! Hihi.

Setelah abang selesai nyanyi, dilanjutin Weird Genius, tapi saya nggak kuat nontonnya karena nggak ngerti apa fungsi Reza Arap di situ ngapain. Ditambah cuma bawain lagu-lagu orang lain yang diremix doang. Hadeh. 

10. Neno Fest Day 3

Credit: Traveloka


Lanjut di Neno Fest Day 3 tanggal 28 Juni 2020, saya skip semua penyanyi dan cuma nonton Mas Kun aja. Hahaha.

Mas Kun ternyata sama kayak abang Tulus, dia nggak nyanyi di panggung yang disediain Neno Fest, tapi tetep manggung dari rumah.

Meskipun lagi-lagi dia nyanyi dari rumah, kualitas musik dan nyanyian yang disuguhin Mas Kun nggak pernah main-main dan selalu sama dengan konser fisik. 


Haha hehe terus kalo sama Mz Kun mah - Cr: Dok. Pribadi



Seneng banget ngeliat Mas Kun tampil full band lagi malem itu!


11. Mantra Mantra Keroncong 

Credit: USS Feed


Setelah bulan Juli dilalui tanpa adanya konser virtual sama sekali, akhirnya di bulan Agustus dikasih penampilan yang luar biasa ciamiiiik dari Mas Kun!

Untuk konser Mantra Mantra Keroncong ini, biar saya tulis terpisah ah, perlu panjang lebar soalnya. Haha. Tungguin ya.


12. im3 Collabonation - Konser Kemerdekaan

Credit: Pikiran Rakyat


Collabonation kembali hadir, kali ini im3 mengkolaborasikan Ardhito Pramono, Nadin Amizah, dan Barasuara dengan tema Kemerdekaan. 

Di project ini giliran Barasuara yang menciptakan lagu buat dinyanyiin bareng-bareng. Dan terciptalah lagu 'Bangkit dan Berlari'. Konser digelar tanggal 16 Agustus 2020.

Di konser ini saya seneng karena akhirnya bisa liat Barasuara di atas panggung lagi. Ngeliat Mas Iga dan kawan-kawannya jejingkrakan itu moodbooster banget. 

Akhirnya liat mereka di atas panggung! - Cr: Dok. Pribadi


Meski gitu, tetep berasa aneh banget sih nonton Barasuara sambil rebahan dan nyanyi lirih doang karena takut ganggu tetangga. Hhhhh.


13. Konser Merdeka Traveloka 

Credit: YouTube Traveloka



Nah, Konser Merdeka-nya Traveloka ini penawar rindu banget sih buat Teman Tulus. Acara ini satu hari setelah Collabonationnya Ardhito Pramono, Nadin Amizah, dan Barasuara.

Gimana nggak rindu, semenjak pandemi ini, Abang Tulus menjadi satu-satunya musisi yang malah terlihat nggak aktif di media sosial mana pun. Dia cuma muncul buat beberapa konser virtual dan pas merilis lagu barunya bulan Mei yang lalu.

Setelah itu, tidak terlihat tanda-tanda kehidupan lagi di media sosialnya. Sama sekali. 

Pas dia ulang tahun banyak yang nge-tag ke dia buat ngasi ucapan aja, Instagram-nya tetep sepi sama sekali bundaaaa. Dia tidak mengunggah apa pun di media sosialnya saat ulang tahun. Kayaknya udah kedaleman sama hobi barunya yaitu bercocok tanam. 

Maka dari itu, sekalinya dia muncul, ya ampuuun senengnya kayak ngeliat jodoh ngelamar, buuunn. 


Suci banget rasanya ngeliatdia pake baju putih - Cr: Dok. Pribadi



Di acara in iabang tampil sopan banget ake kemeja warna putih. Biasanya pake item sekarang ngeliat dia dengan warna lain itu rasanya seger banget.

Yah, lagi-lagi dia nyanyinya dari rumah dong sahabat~ 

Nggak apa-apa, yang penting rindu sudah terbayar. Heuheu.


14. Konser Amal Masa Orientasi Mahasiswa UII

Credit: uii.ac.id


Ini konser terakhir yang saya tonton ketika tulisan ini dibuat. 

Setelah banyak konser virtual yang saya tonton dan gelaran konser virtual mulai berkurang, akhirnya saya bisa nonton Mas Kun lagi di acara ini. 

Acara ini digelar tanggal 13 September 2020.

Walaupun saya kayaknya udah benar-benar mencapai di titik bosan menonton konser virtual mulu. 

Jadi, pas nonton ini saya nggak terlalu serius menyimaknya. Sekadar liat Mas Kun nyanyi aja udah seneng saya. Mungkin lebih seneng lagi kalo nonton konser langsung. Coronces, kapan perginya sih luuu.

Saking bosennya, screenshot aja udah males.wkwk. - Cr: Dok. Pribadi


Yah, sama dengan konser-konser virtual sebelumnya gaes. Nggak ada sesuatu yang baru. Hiks. 

***

Banyak juga ya konser virtual yang saya tonton selama pandemi ini. 

Daftar di atas bisa stuck begitu aja atau mungkin bisa juga bakal nambah lagi karena coronces ini belum berakhir sahabatku.

Semoga kita tetap sehat selalu dan terhindarkan dari coronces laknat itu ya teman-teman. 

Terima kasih ya sudah membaca sampai di sini, tetap jaga diri, jaga kesehatan, jaga jarak, dan nggak usahlah main-main, nongkrong keluar rumah. Kalo pada ndablek, saya doain jodohnya berkaki empat, matanya di punggung, lehernya di perut. 

Mamam tu. 


Thank you for reading!
Godblessya all!

Komentar

  1. Beberapa konser virtual aku sempat nonton kaya pas Narasi sama MagerWithDCode. Tapi lupa waktu itu penampilannya siapa. Itu Geng Hospital Playlist aku lihat potongan di IG sama Twitter. Gak sempat ikutan pas Live

    BalasHapus
  2. wah banyak juga ya, aku malah belum pernah

    BalasHapus
  3. Woaaaah... Banyak banget ya mbak Bul nonton konser virtualnya, rata-rata penampilnya abang Tulus dan mas Kun, keliatan banget ngefansnya ya.

    Aku selama pandemi malah belum pernah nyobain ngonser virtual, lebih sering ngupingin lagu-lagu Sheila On 7 aja, entah itu dari play list laptop atau di youtube.

    BalasHapus
  4. Seru juga ya nonton konser virtual, duh ketinggalan nih live performance mido and falasol, padahal suka banget sama genk dokter ini, huhu suara mereka emang bagus

    BalasHapus
  5. Kalo aku bilang sih tulus itu memang selalu rapi dan terniat meskipun acaranya virtual. Penampilannya selalu keliatan profesional meski hanya dari rumah. Thanks ya mbak selalu update kisah konser terbaru terutama tulus. Aku jadi updatr info teranyar

    BalasHapus
  6. Dari sekian banyak konser virtual yang Kak Bulan mention cuma virtual concert IM3 doang yang setia aku pantengin. Kangen banget sih emang sama sensasi nonton langsungnya. Tapi yaaaa daripada gak ada.....

    BalasHapus
  7. Salah satu risiko konser virtual adalah sinyal dan ngelag ya. KAdang sebel, tapi berusaha maklum. Yang penting sudah memuaskan hasrat rindu

    BalasHapus
  8. Wah senangnya masih bisa lihat Abang Tulus meski dari konser virtual. Lebih dari satu kali. malah hehehe.
    Hanya kendalanya kalau sinyalnya gak bagus, kita gak bisa lihat penampilan para musisi dengan baik ya.

    BalasHapus
  9. Ternyata aku kudet banget ga tau ada banyak konser virtual yang aku lewatkan. Huhu

    BalasHapus
  10. Mantappu Kak Bul update banget, aku dr semua itu hanya nnton dcode itupun Danilla haha. Kayanya kemarin ada juga baru konser online tp lupa namanya, ada Nadin juga

    BalasHapus
  11. Wuaaa rajinnya Mba Bulan. Pasti senang ya bisa tetap ikuti konser kece mereka meski virtual. emang sih ya kalau sudaah kadung suka dan cinta bakal dijabanin semua ya... Keren2 emang seniman tanah air tetap berkreativitas di tengah pandemi.. Ngebayangin konser erwin dkk yang live gitu dengnan instrumen beda-beda kebayang kalau mereka emang jempolan... kemampuan mendengar suara dan nada mereka luar biasa sehingga tetap bisa menjaga harmoni ya...

    BalasHapus
  12. omaigodd bulan banyak banget ikutan konsernya.
    info yang aku tau aja sepertinya cuman yang acara im3 itu
    gapapa untuk sementara ikutan nonton konser musik secara virtual sebagai obat kangen juga sama idola. sekarang bikin keramaian di tempat umum juga masih belum dibolehin.
    yang bikin beda biasanya feelnya, kalau outdoor bisa teriak teriak pokoknya

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer