Rabu, 08 Juni 2016

Anggap Saja Review: Airlift

newsmobile.in



Hai! Setelah gue asyik nge-review film “Captain Phillips” dan “Captain America: Civil War”, kali ini gue pengin review film baru di tahun 2016 berjudul “Airlift”. Ini film yang iseng gue download karena punya rating IMDb yang cukup tinggi dan cukup bikin gue penasaran banget pengin nonton, rating-nya di IMDb 8.7/10, ya walaupun itu rating di IMDb sih, bukan di Rotten Tomatoes, tapi nggak mengurungkan niat gue buat klik menu download waktu itu. Selain karena rating-nya yang bikin gue penasaran, Airlift ini film India, men! Sebagus apa ini film buatan India sampe bisa dapet rating yang cukup tinggi, gue berharapnya “Airlift” ini emang sebagus “P.K”, “Three Idiots”, “Manjhi: The Mountain Man” dan “My Name Is Khan”, beberapa film India yang udah gue tonton dan emang asli bagus, sih.

Hmm…seperti apa, ya film ini? Yuk, deh kita mulai review-nya, eaaaa!



postpickle.com


Judul: Airlift
Tanggal Rilis: 22 Januari 2016   
Pemain: Akhsay Kumar (Ranjit Katiyal), Nimrat Kaur (Amrita Katiyal), Taranjit Kaur (Istri Nair), Sameer Ali Khan (Pangeran), dll.
Sutradara: Raja Menon
Penulis: Raja Menon (story & screenplay), Ritesh Shah (screenplay & dialogue), Suresh Nair, Rahul Nangia (screenplay).
Genre: Action, Drama, History, Thriller.
Durasi:  130 menit

Sinopsis:
Airlift ini menceritakan tentang seorang pengusaha kaya raya asal India bernama Ranjit Katiyal (Akshay Kumar) yang tinggal di Kuwait dan selalu menganggap dirinya ini adalah warga Negara Kuwait, bukan India. Sampai pada tanggal 2 Agustus 1990, Saddam Hussein menginvansi Kuwait. Seketika juga hari itu Kuwait langsung lumpuh di tangan Irak, semua warga Kuwait dihabisi dan dibunuh oleh tentara Irak, banyak rumah-rumah dan gedung-gedung dibom maupun dibumi hanguskan, barang-barang dijarah, keadaan langsung berubah mencekam dan Ranjit yang mengetahui itu semua menyadari bahwa kehidupan dirinya beserta keluarganya sudah tidak aman lagi. Tentunya Ranjit akan mencari segala cara pertolongan dan bantuan agar bisa membawa keluarganya keluar dari Negara Kuwait ini.

Keluarga Ranjit | Sumber: dnaindia.com


Karena Pemerintahan Kuwait sudah kabur melarikan dirinya sendiri serta Kedubes India yang hanya mengevakuasi seisi kantornya saja tanpa memberi bantuan dan kebijakan kepada Ranjit dan 170.000 warga India lainnya yang terdampar mengungsi di Kedubes India menunggu pertolongan, akhirnya Ranjit mendapatkan bantuan dari Mayor Irak yang bernama Khalaf. Mayor tersebut mau menolong Ranjit karena ia ingin memperluas persahabatan pribadi antara dirinya dan Ranjit, karena ia tahu bahwa Ranjit adalah seorang pengusaha kaya raya penting di Kuwait yang bisa dimanfaatkan kapan saja, terutama pada saat tertekan seperti ini, iapun menawarkan bantuan apapun yang dibutuhkan kepada Ranjit. Ranjit menerima tawaran dan meminta Khalaf untuk membantu Ranjit dan keluarganya beserta Istri dan anak dari supirnya yang ditembak mati oleh tentara Irak untuk keluar dari Kuwait. Namun Khalaf hanya mau memberi bantuan untuk 3 orang saja, yaitu Ranjit, Istri, dan anaknya dengan harga yang mahal yaitu 300.000 US Dollar yang harus dibayarkan Ranjit ke Khalaf . Ranjit pun menyetujui dan akan segera mengatur pembayarannya untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan keluarganya saja.

Awalnya Ranjit hanya mau menyelamatkan dirinya sendiri dan keluarganya saja, namun ketika ia sedang mengatur pembayaran di kantornya yang sudah dipenuhi oleh 500 karyawan yang mengungsi di situ, ada satu karyawan yang mengucapkan terima kasih yang sangat tulus kepada Ranjit karena sudah merasa sangat ditolong olehnya. Kejadian itu menyentuh hati Ranjit seorang pengusaha yang terkenal kejam dan arogan, iapun mengurungkan niatnya mengatur pembayarannya untuk dirinya dan meminta tolong asistennya untuk membuatkan daftar nama karyawan yang mengungsi di kantornya lalu beristirahat sejenak sambil memikirkan jalan keluar untuk semua orang yang ada di kantornya. Pagi harinya, pengungsi di kantor Ranjit bertambah sekitar 100 orang yang merupakan kerabat serta keluarga dari karyawan-karyawan dan masih ada 1000 warga India lainnya yang menunggu di luar kantor Ranjit. Melihat itu semua, Ranjit tidak bisa tinggal diam, hati nuraninya tergugah dan Ranjit yang selama ini tidak pernah mengakui kewarganegaraannya sebagai warga India mendadak nasionalismenya bangkit, ia merasa harus bertanggung jawab tidak hanya ke 1600 warga India yang terdampar saja, tapi seluruhnya, sebanyak 170.000 warga yang terdampar harus ia bantu untuk keluar dari Kuwait. Ranjit pun mulai mencari cara, ia mengawalinya dengan berdiskusi bersama rekan-rekan bisnisnya yang awalnya juga keberatan untuk membantu Ranjit, tapi Ranjit berhasil meyakinkan mereka untuk saling bergotong royong membebaskan warga India keluar dari Kuwait.

Ranjiiittt | Sumber: livemint.com


Segala upaya sudah Ranjit lakukan, dari yang meminta tempat untuk dijadikan kamp pengungsian kepada Mayor Khalaf (dan diberikan bangunan bekas sekolah sebagai tempat pengungsian bagi seluruh warga India), lalu meminta bantuan Kementrian Luar Negri India di New Delhi, pergi ke Irak juga untuk meminta bantuan serta ke Kementrian Luar Negri Irak untuk meminta transportasi yang bisa digunakan untuk keluar dari Kuwait, bahkan ia juga mencoba cara ilegal dengan cara membayar kapal bermuatan sampah yang masih berporeasi di Kuwait yang nantinya dijadikan transport untuk para pengungsi.  

Lalu cara Ranjit yang manakah yang berhasil mengeluarkan 170.000 warga India keluar dari Kuwait? Berhasilkah Ranjit menyelamatkan mereka semua? Apa aja hambatan Ranjit selama mengupayakan penyelamatan warga India ini? Penasaran nggak lo....kelanjutannya bisa lo tonton sendiri ya film ini biar lebih greget lagi mengetahui isi cerita dari film ini. Nggak bakal nyesel kok nonton film ini. Ciyus deh….muehehehe.

Hayoo tebak itu lagi ngapain si Ranjit? | Sumber: www.financialexpress.com

***
Dan…film ini menurut gue….bagus banget..banget..bangeeett! Ditambah, cerita ini diambil dari kisah nyata, salah satu genre film favorit yang bikin gue makin-makin suka banget sama film ini. Alurnya sangat kejaga dari awal sampe akhir cerita, nggak ada scene yang bikin gue bosan menonton film ini, yang ada gue dibikin penasaran terus sama kelanjutan ceritanya kayak gimana, apa yang terjadi selanjutnya. Film ini akan memainkan emosi penonton dari yang tegang, terharu, sedih, dan juga kesel. Iya, kesel, karena ada satu karakter, salah satu pengungsi India yang bisanya cuma ngeluh ke Ranjit doang tanpa ngasih solusi atau bantuan yang berarti buat Ranjit yang udah pusing mikirin nasib 170.000 warga India yang terdampar, jangankan ngeluh, mengkritik Ranjit yang udah berusaha keras aja dia berani, rasa gue pengin lelepin dia ke selongsong tembaknya tank terus tembakin dia jauh-jauh dari muka bumi ini.

Dari film ini juga ngasih pelajaran sih, sekaya apapun lo, setajir melintirnya lo, kalo kena musibah dan bencana, semua hartamu nggak akan berarti apa-apa lagi, sih, kecuali doa, harapan, keyakinan, semangat, cinta *tsaelah*, dan pantang menyerah buat tetep survive di kehidupan yang fana ini. Lalu, ngajarin juga, semua orang itu masih punya hati nurani dan peduli ke sekitarnya sejahat maupun setamak apapun sifat dan sikap lo. Ngajarin lagi, sebenci-bencinya sama Negara lo sendiri, seburuk-buruknya Negara lo, kalo kepepet dan tertekan, jiwa nasionalisme lo juga tetep masih ada dan tetap menganggap Negara lo itu rumah yang paling aman. Ngajarin lagi, kalo jadi warga Negara itu jangan pernah lupa mendoakan Negaranya sendiri biar selalu aman, damai, dan tentram, ngeliat Negara-negara yang diserang Negara lain, ngeliat perang-perang yang pernah terjadi walaupun cuma dari film itu serem banget, men, jangan apatis bangetlah sama Negara sendiri gitu. Dan yang paling penting, ngajarin juga buat tahu gimana sakit dan sedihnya perasaan, ketika lo punya harapan yang bagus banget di depan mata dan hampir terwujud, tapi langsung dihancurkan begitu saja, dan itu terjadi nggak cuma sekali, tapi dari situ juga bisa belajar sih, kalo kita harus bisa sabar bahwa harapan itu bisa menjadi nyata selama kita yakin, percaya, dan pantang menyerah, harapan itu yang membuat kita untuk tetap hidup. Eh tapi, tetep ya..namanya film India, setegang apapun itu filmnya, tapi yang namanya adegan joget-joget massal nggak boleh ketinggalan, lumayan sih jadi icebreaker banget pas tegang-tegangnya.

Asoy beudh, kan~ | Sumber: mid-day.com


Ending-nya juga bagus, menggetarkan hati, jiwa, dan raga. Unsur dramatisnya pas dan nggak berlebihan, selain itu, ending-nya juga heartwarming banget, kayak ngeliat pelangi sehabis hujan badai yang udah memporak-porandakan semuanya. Entah guenya yang terlalu sensitif atau mellow ya, ending film ini juga berhasil bikin gue mewek bahagia *yawla drama beudh yak gue*, untungnya nggak sampe banjir, sih, pokoknya gue berhasil dibikin terharu mewek bahagia setelah melihat semua perjuangan Ranjit di film itu berakhir. Apalagi ini berdasarkan kisah nyata, gue jadi membayangkan kalo gue yang ada di sana, membayangkan kalo itu semua terjadi ke gue. Oh iya, buat nambah info aja, kalo ternyata penyelamatan atau evakuasi warga Negara India di Kuwait ini merupakan penyelamatan/evakuasi terbesar yang pernah terjadi di dunia, lho. Keren, ya....Dan sebenernya masih banyak banget sih fakta-fakta seru dari film ini, cuma kalo gue jabarin di sini bisa-bisa jadi skripsi nanti *wah mayan sih ya*. Jadi lo bisa googling sendiri kalo udah kelar nonton film ini, lumayan itung-itung nambah pengetahuan tentang sejarah yang pernah terjadi di dunia ini, gue pribadi emang suka banget sih sama sejarah, jadi ya kalo udah googling bisa sampe ke akar-akarnya dan nggak pernah bosen, semua tergantung amal ibadah dan kuota internet aja sih. Yap, intinya film ini worth to watch banget, sih, asyik banget buat ditonton. Seru, tegang, dramatis, mengharukan, penyampaian cerita yang pas, jadi satu. Ini membuat India menjadi Negara yang tidak bisa diremehkan lagi dalam membuat film berkualitas. Airlift keren abeezz pake z!

Hmm…gue cukupkan postingan gue sampe di sini deh, sebelum bertambah panjang lagi ke bawahnya. Comment box gue terbuka bagi siapapun yang mau diskusi atau ngobrolin film ini, ya! :D

Ulululu~ | Sumber: daily.bhaskar.com

Thank you for reading, guys! And Godblessya all!   



64 komentar:

  1. ok. Fix. Gue download nih film. Keren. Perang2 gitu. Apalagi irak + ada sadam husseinnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi Saddam Hussein-nya nggak ikut tampil di film ini lho ya kak....😓

      Hapus
  2. Donloooood! Thankyu review filmnya kak bulan:D

    BalasHapus
  3. Bacanya nyesek bul, lagi asik-asik baca disuruh nonton kelanjutannya di bioskop... review tuh yg komplit dooong. Eh.. hihihihi. Film keren iya banget kayaknya. Ahh mupeng pengen nonton.. *tp suka ketiduran*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakaka kalo ceritain semua spoiler dong, Mak. Wah, Mak Yul nggak baca teliti nih, aku nggak nonton di bioskop maakkk, itu download, nonton di rumah. 😂

      Hapus
    2. Bul, bahkan ceritain awal juga spoiler sih :'(

      Hapus
  4. Wah, filmnya menarik nih. Ceritanya berliku dan seru yaaa

    BalasHapus
  5. kayaknya filmnya keren juga nih, udah ga sabar nunggu link untuk download filmnya.. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link downloadnya udah bertebaran kali, kak...itu aku nonton aja hasil download kok. Wah, nggak teliti lagi nih bacanya....😂

      Hapus
  6. Gak nyesel nonton pilem ini. Awalnya gue bentjih banget sama Ranjit, udah nonton gue merasa dia cool dan ganteng #ehgimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirain peran antagonis ye, Teh, taunya suami-able banget ini Ranjit. Hahaha.

      Hapus
  7. Aaaakkkk, aku belum nonton udah baca reviewnya langkap gini >,<
    *Mauuuu nonton sekarang*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe ayo download, download, downloaaad kaaakk. 😄

      Hapus
  8. Saya mau menonton film ini..trims ya atas bahasan filmnya

    BalasHapus
  9. Deg-degan baca awal penjabaran invansi itu haha .
    Meman manusia itu harus berbagi dan saling membantu. Dari kutipan sinopsis film ini aku mengambil hikmah bahwa, sebanyak apapun harta yang di miliki, jika tidak membantu sesama, tidak akan ada manfaatnya harta itu bagi kehidupan di dunia ini.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tsakep bangt, Mi! Baru baca udah deg-degan, apalagi nontonnya, Mi. Beuuuhh~

      Hapus
  10. Arrrghh... bulan tuh ih... yg Captain Philips belum dapat filmnya udah baper sama Airlift. Gimana dong. Tanggung jawab nih, Bul Bul...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ta...tapi...kak...

      Aku bertanggung jawab menghimbau Kak Anita download film-film itu aja, ya....😂

      Hapus
  11. The best banget film ini kak bul, yang paling di senengin dari film india itu pasti ada tari"an ama nyanyiannya yang suka bikin baper hhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, Nov! Hahaha tetep yeee, namanya juga pilem India, nggak afdol kalo nggak ada joget-joget bikin bapernya. 😁

      Hapus
  12. Hahahaha Bukan nonton film India juga.. Film India dari kisah nyata memang selalu menarikk

    Itu tetap yah Bul ada menari2nyaa 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, nonton juga kok, Kak. Walaupun belom sebanyak nonton film Hollywood, sih. Yup, bener banget. Hehehe.

      Teteuplah kak, India gitu loh. 😂😂😂

      Hapus
  13. Banyak film India yang keren ya, gak kalah sama Hollywood

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak ternyata. Nyaingin Hollywood banget. 😄

      Hapus
  14. Udah lama nggak nonton India, ini bisa jadi film yang masuk list tontonan.

    BalasHapus
  15. reviewnya lengkap banget hehehe. aku nggak suka film india sih, padahal pernah baca baca kalau kisah dari India itu menarik, budayanya juga menarik, tapi kok ya belum tertarik ini mau nonton wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom pernah nyoba nonton sih...coba nonton sekali aja yang bener-bener bagus, pasti stigma film India itu nggak bagus langsung ilang. 😁

      *soalnya dulu aku juga gitu* *muehehe*

      Hapus
  16. Setuju, Bulan. Sekaya apapun kita, ketika terkena musibah, harta tak banyak membantu. Justru persona kita yang menjadi penolong. Dan sebaik apapun di negeri orang, lebih baik tetap mengakui negaranya sendiri. Karena negara takkan menelantarkan penduduknya demi harga diri. Yep.. bagian akhir itu agak ironi, tapi begitulah. ;)

    BalasHapus
  17. Setuju, Bulan. Sekaya apapun kita, ketika terkena musibah, harta tak banyak membantu. Justru persona kita yang menjadi penolong. Dan sebaik apapun di negeri orang, lebih baik tetap mengakui negaranya sendiri. Karena negara takkan menelantarkan penduduknya demi harga diri. Yep.. bagian akhir itu agak ironi, tapi begitulah. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tsakep Mbak Suuusss. Setuju banget sama apa yang Mbak Sus bilang. Syuper sekaliiii. 😀😁

      Hapus
  18. bulan ih ternyata isi blognya review-an film.

    Gue baca judulnya aja.
    nanti langsung gue donlot sendiri.
    hiks. spoiler secara tidak langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. I...iya kak....maafkan akoh yang selalu membuatmu merasa terspoiler...

      Tapi yakinlah, filmnya bagus kok ini....😂

      Hapus
  19. Nice info gan! Siap di download filmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sis! Jangan lupa cek IG kita ya sis, sapa tau ada stock baru.

      Hapus
  20. aku salah satu penggemar film bollywood, contohnya film 3 idiots yg melegenda dan kelihatannya film ini jg cocok utk ditonton, makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok, kak, cocok. Sama bagusnya kayak 3 Idiot. Hehehe.

      Sama-sama, yaaa. 😄

      Hapus
  21. kayanya ini film menjanjikan ya. *lirik kuota internet yang tinggal remah remah*
    kalo bollywood, aku suka rab ne bana di jodi *pokonya yang ada shah rukh khan nya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjanjikan kok kak, nggak nyesel deh nonton ini, ciyus.

      Eng....film apa itu.......😂😂😂

      Hapus
  22. sebenernya gw krg begitu suka film india, tapi kl ceritanya menarik jd pingin nonton jg. india emg juara bikin film drama hehe

    sofar sptnya film ini menarik apalagi ada sejarah yg dikupas��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan Kak Omith, aku juga nggak terlalu suka film India, kalo dari ceritanya aja udah nggak menarik. Ini download juga karena iseng sama penasaran aja, eh setelah ditonton taunya bagus bangeeett.

      😁😁😁

      Hapus
  23. widih, ini film india yang keren kayanya nih. daku blom nonton, kayanya ngga tayang di XXi yak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kok banyak ya yang bacanya nggak teliti...😂😂😂

      Nonton film ini aku download, kak. Jelas nggak tayang di XXI, orang premiernya udah tanggal 22 Januari 2016 yang lalu.....😂

      Tapi film ini keren banget, kok. 😛

      Hapus
  24. Bulaaannn, kamu nulis review film terussss! Jadi pingin nonton terus hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyaaa kaaakk. Waktu luangnya banyak dipake buat nonton pilem, mau nyekripsi males soalnya....

      Ayo nonton kaaakk. 😁

      Hapus
  25. Keliatan nya seru ni film.
    Thx for reviu mba

    BalasHapus
  26. aksay... nanti nyari filmnya deh mbak. suka model genre ginian ttg kemanusiaan

    BalasHapus
  27. Wuihh film India, Sejarah dan Perang. Download aah nanti.
    Thank you Bull infonya.
    Btw Ranjitnya kok dalam suasana "perang" masih tetep ganteng. #salahfokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama ka Belaaaa.

      Tauk tuh, dalam keadaan gelisah, gundah, gulana aja tetep ganteng doi. Hahaha.

      Hapus
  28. Spoilernya banyak banget kak haha aku belum nonton ini film, jadi penasaran :')

    Ya terima kasih atas reviewnya, mungkin akan segera di-download wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biyariiinnn, yang penting enggak spoilerin endingnyah. Hahaha. 😝

      Mayan kan jadi penasaran. Sama-sama, ya. Segeralah download anak muda...

      Hapus
  29. wahwah nunggu bajakannya boleh nih ditonton kalo bagus nunggu downloadtannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan ada yang bacanya nggak teliti lagi...

      Kak...ini aku nontonnya juga hasil download-an loh~ 😢😂

      Hapus
  30. Kok gue gatau ada film ini = > "Manjhi: The Mountain Man”.

    Airlift ini akan gue masukin to do list. Gue berhenti baca di saddam hussain invansi. terus, lanjut ke paragraf akhir.

    Tagih lagi komen gue setelah gue nonton ini yaa :-D

    Eh, btw tambahan to do watch untuk Hindi movie = > " Taree Zameen Par"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha itu yang Manjhi aku juga taunya dari temen, Kak. Dan itu baguuusss, based on true story juga.

      Wakaka biar nggak kecipratan spoiler ya, Kak. Kabarin kalo udah selesai nontonnya.

      Wah boleh juga, masukin ke list download film aahh.

      Hapus
  31. Sebagai pencinta film dan serial juga, ngeliat plot film ini emang deg-deggan banget kayanya. Tapi setelah baca full kayanya gakan jadi nonton, spoiler banget ngereviewnya haa
    Good film deh setelah baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk hooh, silahkan atuh. Mau nonton oke, enggak juga nggak apa-apa. Cuma dari baca review-an ini nggak tau endingnya kek gimana kaaannn.....😛

      Hapus
  32. Film baru lagi ya? aku coba ngebayangi tapi gak dapat yoweslah aku ngeyoutube dulu

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!