(Tantangan #PojokWB) - Tutorial Bersolek Feminin Untuk Cewek Tomboy Ala Gue

Cr- Entertainment Tonight

Panjang banget ye judul postingan gue kali ini? And yeah, just like seriously seorang Bulan bikin tutorial bersolek padahal gue dandan aja jarang bahkan nggak pernah? Seorang Bulan yang kadang lebih macho daripada seorang cowok dan penampilannya lebih keliatan kayak gembel (tapi keren) daripada femininnya? Bingung yaaa? Gue juga bingung mau bikin postingan ini gimana, meeeeennnn….*nangis senderan di dadanya Denny Sumargo*

Bukan karena sebab dan alasan tiba-tiba gue bisa bikin tutorial-tutorial cantik cem beginian, kesambet apaan gue tiba-tiba bikin postingan kayak begini. 

Semua ini bermula dari permainan yang diadakan di grup WhatsApp Warung Blogger, #PojokWB namanya. Waktu itu admin grup, Kak Ajen iseng-iseng bikin permainan buat anggota grup. 

Jadi Kak Ajen mengajak kita semua anggota grup untuk saling menantang dan ditantang untuk bikin postingan yang beda dari biasanya, dan responnya positif dan banyak yang mau ikut termasuk gue, sekitar ada 30 anggota grup yang bergabung dengan permainan ini yang akhirnya dikasih nama Tantangan #PojokWB. 

Setelah nama-nama anggota yang ikut tantangan di-list dan diberi nomor urut, Kak Ajen langsung menjelaskan rules tantangannya, dan gue kebagian ditantang Kak Dewa Putu lalu menantang Dek Miftah. 

Semua masih baik-baik saja ketika semua anggota paham dengan rules tantangan yang diberikan Kak Ajen, masih aman, tentram, dan sejahtera. Semuanya berubah ketika negara api menyerang, alias gue dapet tantangan dari Kak Dewa Putu yang waktu itu private message sama gue di WhatsApp. 

Bagaikan petir di siang bolong, bagaikan ditonjok Hulk yang lagi PMS berkali-kali, bagaikan dilelepin di Sungai Ciliwung, gue membaca tantangan dari Kak Dewa Putu di WhatsApp;

Bulaaaan si cewe macho gw tantang lu posting………….

*TRAK TAK DUNG CEEEEESSSSSSS*

…….Tutorial bersolek biar keliatan feminine ala Bulan huehehehehehe. Buat semenarik mungkin, yaaaa” 

Buat semenarik mungkin tetangga lau salto Kak Dewaaaaa, tau aja ih kelemahan gue di situ. Tau aja kalo gue macho (yaiyalah tagline blog lu aja gitu, Bul), tau aja kalo gue nggak pernah bersolek. 

Seketika gue stress sebentar abis baca tantangannya Kak Dewa, rasanya pengen pura-pura mati aja begitu tau tantangan buat gue kayak gitu. Huahaha. 

Tantangan ini lebih susah dari move on, men!

Akhirnya gue terima tantangan dari Kak Dewa Putu ini, gue enggak boleh nyerah gitu aja dong. Toh, ini tutorial yang bikin juga ala-ala gue, kalo bermanfaat ya Alhamdulillah Puji Tuhan, kalo enggak, ya bodo amaaattt, namanya juga berusaha. 

Lagian gue harus bisa menyelesaikan tantangan ini, biar keliatan kalo gue ini penulis serba bisa walaupun kadang bisa sesat, bisa rusuh, bisa nggak nyambung. Huahahaha. Yaudah yok, langsung ke tutorial bersolek ala gue, sekali lagi maaf kalo menyesatkan ya! Cekidot!

Tutorial Bersolek Ala-ala 
Semua cewek di muka bumi ini diciptakan dengan kecantikannya masing-masing. Ya, semua cewek itu cantik kok nggak ada terkecuali, cuma level kecantikan tiap cewek itu beda-beda, misalnya kayak gue yang kecantikannya level 8, sedangkan Luna Maya kecantikannya level 99, Dijah Yellow? Engg…ukur ajalah sendiri ya, gue enggak tega. Pokoknya cantik aja gitu. 

Dan menurut teori ngaco gue, cewek itu dibagi jadi 2, ada yang tomboy dan feminin. Kalo gue termasuknya tomboy sih, tomboy cenderung macho. 

Udah jelas, kalo cewek-cewek tomboy macem gue ini paling jarang atau bahkan ogah sama yang namanya dandan, inget mandi aja udah syukur, gimana mau dandan. OOTD-nya cewek tomboy itu nggak pernah ribet, simple, dan nggak membutuhkan waktu 1000 tahun lamanya buat dandan mau hangout sama temen atau pacar (kalo punya). 

Tapi karena kesederhanaan gaya cewek tomboy itulah yang kadang bikin kebanting sama temen-temennya yang feminin dan cantek abeezz pake e dan z. 

Yang cewek tomboy keliatan kayak gembel-belum-mandi-sekian-ratus-tahun, sedangkan yang cewek feminine keliatan kayak Barbie, berkelas gitu dandanannya. Cowok-cowok juga lebih banyak ngeliriknya ke cewek-cewek feminin daripada cewek tomboy, jadi nggak heran kalo banyak cewek tomboy yang kejebak friendzone atau paling banter kakak-adek-zone, karena cewek tomboy lebih asyik dijadiin sahabat daripada pacar karena penampilannya kurang menarik dan nggak ngebanggain kalo diajak ke kondangan. 

Begitulah nasib cewek tomboy yang tidak seberuntung cewek feminin. 

Tapi…..jangan sedih kawan-kawan cewek tomboy sejagat raya, karena gue punya tutorial bersolek buat kita para cewek-cewek tomboy biar keliatan feminin (sedikit). Kata siapa cewek tomboy nggak bisa feminin dan berdandan high class gitu? Kita bisa (kalo berusaha) kok! Yok, simak tutorial sesat gue.




1.  Panjangin Rambut

harianriau.co

Berdasarkan riset dan pengalaman pribadi, cewek tomboy itu kebanyakan rambutnya pendek. Jarang banget yang berambut panjang, ya mungkin ada, tapi pasti lebih mirip mas-mas seniman gitu daripada kayak model iklan shampoo. Huahaha. 

Dan yaa, berambut pendek itu yang juga bikin cewek tomboy bikin orang-orang delusi gender kalo ngeliatnya. 

Nggak jarang dipanggil mas, bang (ini pengalaman pribadi banget, coeg), sedih kan dipanggil kayak gitu padahal dirinya itu cewek tulen?

Naaah, makanya, langkah awal untuk menjadi feminin yang sederhana itu ya manjangin rambut dulu, biar nggak dikira preman mana rambutnya pendek bin cepak gitu. 

Gue juga sekarang manjangin rambut lhooh, lumayan udah nggak ada yang manggil gue ‘Mas’, coba dulu waktu rambut gue masih cepak, sejauh mata memandang pasti manggil gue ‘Mas’, parahnya ada yang bilang gue ganteng. Makasih, but….hiks.

Kalo udah manjangin rambut, jangan lupa rambutnya ditata, dimodel yang cantik, jangan dibiarin gondrong gitu aja, entar beneran dikira mas-mas seniman tau rasa lo. Kalo udah panjang mau dimodel kan enak, bisa dibikin bob, dilayer, segi, dan lain-lain, asal nggak dimodel mohawk aja sih. Emang nggak betah sih punya rambut panjang, tapi demi kecantikan yang hakiki apa salahnya. Inget ya, manjangin rambut, bukan manjangin bulu ketek atau malah bulu dada.

2. Memilih Baju
Ohayo

Berlanjut ke pemilihan baju, biasanya cewek tomboy itu nggak mau ribet masalah berpakaian, pake kaos oblong gombrong aja udah berasa kece. 

Kemana-mana nyamannya pake kaos doang, atau kadang pake hoodie, pokoknya yang nggak cewek banget lah dandanannya.

Nah, di sini gue menyarankan untuk coba mengubah kebiasaan berpakaian. Yang biasanya suka pake kaos oblong gombrong kayak karung goni, cobalah sekali-kali pake kemeja yang feminin, nggak perlu nyoba pake tank top atau gaun dulu deh biar keliatan feminin, pake yang sederhana-sederhana juga bisa kan keliatan feminin. 

Selain kemeja feminin, bisa juga mencoba kaos-kaos girly gitu, dan pilih warna-warna yang cerah ceria dan bercorak lucu ala-ala baju di online shop, kalo ada kesempatan yang pas, cobain pake dress sederhana juga boleh lho. 

Sepengalaman gue, gue cewek tomboy yang warna kaosnya kalo nggak item, abu-abu, ya putih, ditambah corak-coraknya nggak banget. Dress juga nggak punya. Suram ya? Huahaha

3.  Memilih Bawahan
Prelo



Setelah manjangin rambut dan memilih baju, langkah berikutnya adalah memilih bawahan. Kalo cewek tomboy, biasanya lebih suka pake celana jins yang belel-belel macam gembel nggak keurus gitu, paling rapi juga pake skinny jeans deh, atau biasanya lebih suka pake celana pendek kalo kemana-mana karena lebih simple.

Pake rok juga paling karena sekolah doang, kalo udah kuliah baru deh keliatan aslinya ya kan.

Nah, untuk bawahan, gue menyarankan untuk sekali-sekali coba pake rok kalo mau berpergian. Tapi jangan pake rok yang di atas lutut atau hotpants di atas udel terus naik motor matik, entar dikira cabe-cabean kelurahan. 

Pake rok yang sopan kayak mbak-mbak kantoran gitu kan cantik juga kan entar keliatannya. Dipadu padankan dengan bajunya juga jangan lupa, jangan roknya warna ijo stabilo, bajunya warna kuning neon, itu namanya lau ngerusak mata orang. 

Pilih warna-warna yang kalem aja udah keliatan cantik, paling aman pilih warna hitam deh yang cocok dipadu padankan dengan warna-warna lainnya.

Kalo udah mulai coba pake rok, jangan lupa pake celana rangkapan, tau sendiri kan cewek tomboy kalo duduk petakilan, jalan aja kadang ngangkang, jadi demi keamanan dan kenyamanan mending pake celana rangkapan. Hihi. 

Kalo yang belum terbiasa pake rok, yaudah pake celana panjang jins yang sewajarnya, nggak usah belel-belel, sobek sana sobek sini, itu celana apa roti kok disobek-sobek. Krik.


4. Memilih Sepatu
tokopedia.com
Lanjuuutt ke pemilihan sepatu setelah baju dan bawahannya beres. Nah, masalah sepatu ini, biasanya cewek tomboy lebih suka pake sepatu-sepatu kets, sneakers, atau casual kayak sepatu kanvasnya Converse. 

Yeaaa, karena sepatu gue kebanyakan kayak gitu dan sekarang sih lagi suka sama model Airmax-nya Nike atau New Balance. 

Atau ada kalo cewek tomboy yang ekstrim itu suka sepatu gunung, boots, paling parah sih sukanya pake sandal jepit. 

Ke kamar mandi pake sandal jepit, ke mall pake sandal jepit, ke kampus pake sandal jepit, ke kondangan pake sandal jepit, teruuuuss begitu sampe Obama Goyang Dumang.

Biar keliatan feminin? Gue saranin, sekali-sekali coba deh pake sepatu-sepatu cewek flat gitu, kan kadang ada modelnya yang nggak feminin-feminin banget, tapi tetep nunjukkin ciri khas ceweknya. 

Pake sepatu kanvas model Converse gitu juga asyik sih, tetep keliatan ceweknya juga kalo pake sepatu itu, asal jangan pake sepatu kuda aja. 

Kalo masalah high heels mungkin bisa dicoba, tapi gue nggak maksain sih (yaiyalah sapa gue maksa-maksa), karena gue tahu betapa menderitanya pake sepatu high heels yang menurut gue heels-nya itu lebih cocok jadi ganjelan pintu aja. 

Apalagi wedges, kayaknya itu lebih berguna jadi ulekan sambel aja di rumah. Huahaha. 

5. Make Up Natural
kaskus.co.id
Honestly, I don’t have any idea for this part. Yaa, gimana mau ada ide, wong gue make up-an aja jarang. 

Kalopun pernah itu bisa diitung pake jari dan pasti karena acara penting, gue enggak pernah pake make up dalam kehidupan sehari-hari gue. 

Gue nggak pake make up karena, pertama, gue belum mampu beli alat-alat make up pake duit gue sendiri, mampunya baru beli kapur barus. 

Kedua, gue cewek tomboy, nggak suka yang ribet, ya kan?

Ketiga, gue ngerasa belum pantes aja pake make up. 

Wong, alat-alat kecantikan gue di rumah itu aja cuma pelembap muka, deodorant, hand body, face wash, sama parfum doang. 

Pake itu semua aja gue udah merasa kece sejagat raya, gue anaknya emang cepet puas.

Tapi demi menyelesaikan tantangan bedebah ini, gue bakal berusaha cari tahu tentang make up yang cocok buat cewek tomboy. 

Dan menurut gue, make up yang cocok buat cewek tomboy itu ya make up yang natural aja, jangan heboh dan lebay kayak Syahrini atau Ashanty.

Cukup pake bedak yang tipis aja, blush on tipis, terus ditambahin eye liner di kelopak mata, jangan kebablasan buat bikin kumis atau jenggot ya eye liner-nya, dan terakhir tinggal mempercantik bibir dengan lip balm atau lip gloss

Nggak usah macem-macem pake lipstick dulu kalo belum nyaman pake sesuatu buat bibir. 

Dan….yaudah gitu aja make up-nya. Mau apa lagi? Huahaha.

Anddd, that’s all from meeee. Tutorial kalo yang dibaca-baca kayak bukan tutorial, yang penting gue udah nyelesain tantangan ini deh. 

Maafkan hamba apabila tutorialnya menyesatkan, da aing mah apa atuh disuruh bikin tutorial kecantikan begini, orang biasanya juga berkubang dalam lumpur. Huahaha.

Tulisan ini dibuat dalam rangka tantangan PojokWB, gue dapet tantangan dari Kak Dewa Putu dan menantang Dek Miftah. 

Gue cukupkan postingan gue di sini sebelum gue semakin banyak menyesatkan jiwa-jiwa tak berdosa. 

Terima kasih Kak Dewa Putu buat tantangannya, dan semangat Dek Miftah buat nyelesein tantangan yang gue kasih. 

Comment box terbuka bagi siapa saja yang mau berkomentar. Adios, amigos!

Thank you for reading, guys! And Godblessya all!


Komentar

  1. Balasan
    1. Dari kemarin kan udah gembar gembor di grup meeen. :'D :'D

      Hapus
  2. Padahal harapanku muka ka bulan yang nampang di post ini hahahhahaha

    BalasHapus
  3. "Wong, alat-alat kecantikan gue di rumah itu aja cuma pelembap muka, deodorant, hand body, face wash, sama parfum doang. Pake itu semua aja gue udah merasa kece sejagat raya, gue anaknya emang cepet puas"

    Wakakkaa... anjirlah wakakka terimakasih Kak bulan atas tutorialnya :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ya, Dek Miftah. Kamu segera selesaikan tantangan dari saya. Muahahaha.

      Hapus
  4. Wahahah sial. saya ngakak parah. Itu beneran dipanggil mas? :D

    BalasHapus
  5. Bul, aku kira ada fotomu yang mraktekin dandan :D

    BalasHapus
  6. make up nya sebanyak itu? Buset dah.

    BalasHapus
  7. Ekspektasi awal gue pas baca judulnya "wah, asik nih, ntar muka si Bulan yang nampang."
    eh ternyata :D

    BalasHapus
  8. HAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAJAHAHAHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHHAHAH...
    Udah gitu aja komennya

    BalasHapus
  9. jago nih buat tutorial, bakat buat salon kecantikan lu bul,

    oia tetangga gue beneran salto tuh, tanggung jawab lo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ide bagus buat nambah dosa, kak!
      Kan salto doang kak, bukan nyemplung ke jurang. Kok akik suruh tanggung jawab. x')))

      Hapus
  10. Ah... kak bul... kurang nampol tanpa foto dirimu memperagakan semua tutorial itu. Bagai makan soto tanpa sambal, kecap, dan jeruk nipis kak bul. Hehe

    BalasHapus
  11. Ngakak pleaseee hahah, kasih gambar napa dibagian make up, gue lg bingung nih ada undangan nikahan temen dan gue gapernah make up an, stresss abiss haduuh

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer