Jumat, 06 September 2013

Welcome Party Volunteer AIESEC UNDIP ROAR+ Project 2013

Welcome September! Wuih ga kerasa ya sekarang udah masuk bulan September aja, time flies so so sooo fast dan ga sadar 3 bulan lagi kita bakal berganti tahun lagi. Udah berapa resolusi yang dulu kita pernah buat yang udah kesampaian dan terwujud? Ehehehe.

So, jadi ini udah bulan September, dan mungkin  bakal jadi bulan yang sibuk dan amat sangat menyenangkan buat gue. Yah, salah satunya udah masuk kuliah lagi, udah masuk semester 3 yang tandanya gue udah semakin tua karena punya adek-adek kelas lagi, ketemu temen-temen koplak gue yang waktu liburan jarang banget ketemuan, mulai disibukkan lagi dengan kegiatan praktik-praktik kuliah yang membutuhkan perencanaan dan segala macemnya dan yang paling fresh from the oven dan paling menyenangkan adalah, sekarang gue dapet kegiatan super keren, yaitu jadi Volunteer di AIESEC UNDIP buat ROAR+ Project 2013. Habis ini gue mau sharing tentang kegiatan baru gue yang satu ini, yang super awesome dan fabulous ini. Yuk ah!. 


Jadi, awalnya gue bisa bergabung jadi volunteernya AIESEC UNDIP ini, karena ga sengaja waktu itu gue lagi nyantai dan pas lagi maenan twitter, gue lupa itu tanggal berapa. Lagi asyik-asyik stalking sama nge-scroll twitter, akhirnya gue tertarik sama satu tweet yang di RT sama temen sekampus gue. Jadi temen gue itu nge-RT pengumuman yang dibuat tweetnya AIESEC UNDIP, inti dari pengumuman itu, mereka lagi nyari anak-anak muda yang pengen bergabung jadi volunteer di project mereka yang namanya ROAR+. Gue yang tau kalo AIESEC itu organisasi anak muda tingkat internasional yang keren langsung tertarik sama pengumuman itu, pengen tau lebih jelasnya tentang AIESEC Indonesia, klik di sini. Dan, berhubung tahun 2012 gue gagal jadi membernya AIESEC Indonesia karena gue lupa tanggal deadline pengumpulan essay gitu, akhirnya gue pun memberanikan diri buat apply project ini dan berniat buat jadi volunteernya. Dan setelah gue baca, ternyata ROAR+ Project ini nantinya bakal konsentrasi tentang penyakit HIV/AIDS sama kanker, dan nantinya bakal sharing tentang penyebab, pencegahan, dan sebagainya. Wuih, gue semakin tertarik dong yaa! :))
Setelah apply isi formulir di internet, ga berapa lama gue dihubungi sama panitia project ini. Gue diberitahu kalo tanggal 24 Agustus 2013 itu bakal ada interview calon volunteer. Jelas gue agak nervous dan ga tau mau ngomong apa aja entar pas interview itu, ehehe iya, jujur aja buat interview itu gue ga ada persiapan apa-apa, gue ga baca-baca tentang HIV/AIDS dan kanker, gue ga latih bahasa Inggris gue, gue ga nyiapin mental dan batin gue. Yang ada gue malah asyik maenan twitter lagi sampe malem dan akhirnya insomnia, malem itu emang ga nervous sih, cuma pas sampe tempatnya itu yang nervousnya ga ketulungan. Mehehehe.
Tapi, Puji Tuhan gue bisa ngelewati interview itu dengan lancar, dan ternyata pertanyaan-pertanyaannya itu ga semenakutkan yang gue bayangkan sebelumnya. Yah, pertanyaan standar tentang organisasi gitu lah, sering gue dapet sih dulu waktu gue ikutan seleksi jadi pengurus OSIS zaman SMP sama SMA. Setelah interview itu, pengumuman volunteer yang kepilih bakal diumumin di internet lagi tanggal 27 Agustus 2013, jujur aja gue ga berharap banyak bisa kepilih jadi bagian dari mereka, karena waktu itu gue cukup minder. Orang-orang yang gue temui saat interview itu kelihatan intelek dan pinter-pinter semua coy, gue masih ngerasa gimana gitu kalo diri gue dibandingin sama mereka, masih ngerasa ga pantes aja gitu, apalagi waktu interview itu jawaban-jawaban gue juga standart semua, ga ada yang wow, ga ada yang istimewa-istimewa banget. Yah akhirnya gue santai-santai aja waktu hari pengumuman dateng, keterima ya Puji Tuhan, ga keterima ya tetep Puji Tuhan Halleluya :)).
Nah, waktu liat pengumumannya, ternyata gue keterima! Gue berhasil dibikin speechless begitu ngeliat nama lengkap gue tercantum di lembar pengumuman itu, ga nyangka banget gue bisa keterima dan kepilih jadi volunteer buat AIESEC UNDIP. Sayangnya, temen sekampus gue yang ikutan daftar project ini bareng gue ga keterima, jadilah gue sendirian dari kampus STIEPARI yang bergabung jadi Volunteer di ROAR+ Project ini. Ga apa-apalah, setidaknya gue bisa mewakili kampus gue dan bakal ketemu temen-temen baru yang lebih banyak lagi. Ehehehe.
Setelah seneng dan sedikit selebrasi di twitter, gue dihubungi lagi sama panitia project ini, gue diberitahu kalo tanggal 1 September 2013 itu bakal ada semacam Welcome Party buat Volunteer-volunteer yang udah kepilih. Welcome Partynya diadain pukul. 15.30 di rumah makan Punokawan. Gue semakin excited deh sama project ini, dan semakin bersyukur sama Tuhan, karena dikasih kesempatan yang keren banget gini buat menambah pengalaman hidup gue.
Singkat cerita, gue udah sampe di rumah makan tempat Welcome Party itu diadain. Karena gue bukan termasuk orang yang suka ngaret, kira-kira pukul 15.00 gue udah sampe di sana. Waktu gue dateng sih yang baru hadir itu ya baru panitia-panitianya, dan mereka orang-orang yang ramah, menyenangkan, dan welcome banget sama orang-orang baru yang belom mereka kenal. Di sana gue kenalan sama banyak temen-temen baru, entah itu dari membernya AIESEC sendiri atau sesama volunteer kayak gue gini. Dan ternyata volunteernya itu kebanyakan dari anak-anak UNDIP sendiri yang dari berbagai macam jurusan dan angkatan, tapi tetep angkatan 2012 yang paling banyak disitu. Gue semakin seneng, temen-temen gue semakin banyak, calon-calon gebetan gue juga semakin beragam *eh*, di sana gue ngobrol-ngobrol seakan gue udah kenal lama sama mereka-mereka yang baru gue kenal, ga ada canggung apa minder sama sekali, gue yang biasanya juga selalu lebih banyak diem di lingkungan baru, sekarang bisa banyak omong karena mereka temen-temen baru gue itu asyik dan menyenangkan semua :)). 

Suasana nunggu acara dimulai. Gue mana gueee...


Ga lama kemudian, acara pun dimulai, dimulainya itu ga ada pidato pembukaan apa gimana gitu ya, tapi ini acara dibuka dengan role dance bareng rame-rame! Gue yang urat malunya udah putus dari dulu asyik-asyik aja ikutan role dance kayak gitu, ga peduli deh, yang penting gue juga keliatan asyik kayak mereka semua. Ada yang malu-malu yaudah deh biarin, yang penting gue goyang bareng! cihuuy! :p
Role dance baby, role dance!

Setelah melakukan beberapa role dance yang kayaknya emang udah tradisi dari member-membernya AIESEC UNDIP, kita para volunteer yang masih shock disambut dengan role dance dipersilahkan duduk. Di sini kita mulai dipandu sama MC yang dari member AIESEC UNDIP nya sendiri, kalo ga salah namanya Bagus sama Ilu, kalo ga salah lho yaa. Nih wujudnya mereka

Heyaaah :D
Setelah dua orang itu muncul langsung deh acara (bener-bener) dimulai, mereka perkenalan, bercanda-canda ala MC kondang gitu dan menyambut kita semua volunteer yang masih polos dan unyu-unyu. Setelah mereka perkenalan, mereka mulai menyelamati kita volunteer-volunteer yang kepilih dan nunjukkin video yang keren banget. Isi video itu menyambut kita semua volunteer-volunteer yang kepilih dan diucapin selamat, terakhir semua nama-nama volunteer itu muncul di layar tancep modern itu. Keren banget! dan gue cukup speechless begitu liat nama panjang gue ada di layar yang lumayan gede itu. :'))
Setelah perkenalan seadanya dan nunjukkin video, MC ini ngajak kita maen satu game. Game yang namanya BINGO, dan jujur aja gue ga tau itu game apaan saking katroknya gue. Intinya, para volunteer ini dikasih kertas yang isinya pertanyaan-pertanyaan, nah kita semua itu disuruh ngisi kertas itu dengan bertanya dengan semua temen-temen yang ada di ruangan itu, pokoknya game itu bertujuan untuk kenal satu dengan yang lainnya deh, dan 1 kertas itu harus penuh kalo ga mau dapet hukuman. 

kebaca gaa??
Habis dijelasin, langsung deh semuanya nyebar dan mencar nyari temen-temen buat ditanyain pertanyaan-pertanyaan yang ada di kertas itu. Gue mencar sana-sini, ga peduli cowok cewek, semua gue sepik dan ajak kenalan. Ehehehe. Gamenya seru banget, kita boleh gerak kalo ada lagu dinyalain, kalo lagu mati, kita semua harus berhenti dan pura-pura jadi patung. 

Heboh nyepik sana-sini. Muehehe.
 
Rame cyiiinn~
Setelah kurang lebih 20 menit maenan bareng, akhirnya waktunya abis dan untung deh kertas gue penuh. Coba kalo ga penuh, hukumannya disuruh joget goyang itik di depan cyiin. Hahaha. Seru banget deh, semuanya ketawa-ketiwi walaupun kita semua belum saling mengenal satu dengan yang lainnya. 
Habis capek maenan bareng, dimulai deh sesi-sesi yang menjelaskan segala hal tentang AIESEC UNDIP dan ROAR+ Project. Sesi pertama itu dibawain sama cewek seksi yang mirip banget sama temen kampus gue, namanya Sari. Di situ dia menjelaskan sedikit tentang AIESEC UNDIP, departemen-departemen yang ada di AIESEC UNDIP, dan kegiatan-kegiatan yang diadain sama mereka. Gue ngeliat cara menjelaskannya itu asyik banget dan ga garing, hampir semua orang yang ada di ruangan berhasil dibuatnya ketawa. Oh ya, waktu itu kita semua juga kedatangan buddies dari luar negri, ada 2 dari China sama 1 dari Jepang, tapi gue lupa namanya. Gue emang bukan pengingat nama orang yang baik, nama temen-temen baru gue di ROAR+ Project aja udah ada yang lupa, yang gue inget paling temen-temen yang punya nama unik. Ehehehe.


Itu mbak Sari, dan yang garis-garis merah itu gueee *siapa yang tanyaa*
Setelah sesinya Sari selesai, selanjutnya adalah pengenalan OC. OC itu bukan oshi di JKT48 yaaa, OC yang ini itu tugasnya mendampingi volunteer bertugas, yah mereka kayak penanggung jawabnya project kali inilah. OC dan volunteer itu saling bekerja sama dan tak bisa terpisahkan *tsaaah*

Ini dia OC-OCnya, mereka lagi perkenalan~
Gue dan volunteer laennya nyimak.
Setelah mereka perkenalan, mulai deh mereka menjelaskan tentang ROAR+ Project 2013 ini. Gimana cara kerjanya, kerjanya nanti ngapain aja, pembagiannya gimana, dan jadwal-jadwal kegiatan yang bakal diadain nantinya. ROAR+ Project ini bakal diadain dari bulan September-Desember nanti. Kegiatan-kegiatannya nanti itu bakalan roadshow-roadshow ke SMA-SMP yang ada di Semarang, kampanye di CFD, camping bareng buat pembekalan kampanye, dan banyak kegiatan laennya yang bakal bikin gue sibuk 4 bulan kedepan. Setelah gue tau semua agendanya itu, gue makin excited dengan ROAR+ Project ini, jadi pengen cepet-cepet kerja bareng mereka keluarga baru gue. Dan tanggal 14-15 September 2013 nanti, gue udah ada kegiatan camping bareng volunteer laennya, camping itu sebagai pembekalan dan pelatihan kita semua sebelum terjun ke lapangan nantinya. Wuhuuu, bener-bener bikin gue semangat deh semua kegiatan yang bakal dibuat sama AIESEC UNDIP ini. Penjelasan demi penjelasan udah disampein sama para OC ini, dan setelah semuanya selesai kita pun mulai break untuk makan dan sholat terlebih dahulu sebelum melanjutkan acara kita selanjutnya. 
Selama makan dan istirahat itu gue banyak ngobrol sama temen-temen baru gue. Berbagi cerita tentang kuliah-kuliah kita yang berbeda-beda, berbagi pengalaman tentang AIESEC dan kegiatannya. 45 menit kita break, akhirnya kita ngelanjutin acara kita. Nah, kali ini volunteer-volunteer yang dulunya udah ada pengalaman dengan project selain ROAR+ saling sharing, lagi-lagi gue lupa nama-nama project yang waktu itu sharing di depan, yang jelas ada 3 project yang udah mereka ceritain tentang kegiatan dan pengalaman-pengalaman keren yang udah mereka lewati. Mendengar mereka semua, gue semakin semakin dan semakin excited dengan project ini, dan bener-bener amat sangat bersyukur pada Tuhan karena gue ditempatkan di kegiatan yang bener-bener super keren ini, mungkin kegiatan ini ga bakal gue lupain sampe gue jadi nenek nantinya.:p
Setelah mereka semua yang berpengalaman jadi volunteer sharing, acara pun udah selesai dan segera ditutup dengan pengumuman-pengumuman penting, sebelom bener-bener ditutup, semua volunteer itu dikasih kertas tentang 'Apa ekspektasimu tentang ROAR+ Project ini' iya, kita semua disuruh nulis ekspektasi kita masing-masing tentang kegiatan ini, dari sebelum nyemplung ke lapangan sama sesudah kegiatannya selesai. Gue tulis sesuai apa yang hati dan otak gue pikirkan, dan yang paling wow menurut gue itu, "Aku pengen jadi berkat, terang, dan garam dunia buat orang lain" nyeess banget ga sih apa yang gue tulis ehehehe. Dalam nama Tuhan Yesus, pasti bisa terwujud deh. Amin :).

Semua selesai nulis, kertas dikumpulin dan acara kita selesai malem itu. Kebersamaan yang sebentar dan awesome banget buat gue. Hari itu juga gue dan volunteer-volunteer laennya udah resmi menjadi bagiannya AIESEC UNDIP. Gue harap dengan welcome party yang keren ini, gue bisa terus semangat kerja jadi volunteer ini, gue terus excited dengan kegiatan-kegiatan yang ada, yang mungkin menyita waktu gue, yang bakal bikin gue super duper capek. Gue harus pegang komitmen gue yang mau jadi volunteer dengan semangat yang terus-terus membara, ga boleh banyak ngeluh, ga boleh menyerah di tengah kegiatan. Gue percaya Tuhan juga bakal campur tangan buat gue, Dia bakal kasih gue kekuatan, kesehatan, dan semangat yang lebih, lebih, dan lebih daripada sebelomnya. Doakan gue supaya bisa ikut kegiatan ini dari awal sampe akhir, supaya gue dapet semua manfaat, pengalaman, dan pelajaran yang berharga, yang terselip dari kegiatan ini. 4 bulan kedepan mungkin blog gue bakal penuh dengan sharing-an gue tentang kegiatan ini, semoga bisa menjadi berkat buat siapapun yang membacanya ya. :))

Okay, gue cukupkan postingan gue di sini, tunggu postingan gue berikutnya yaa :))


Gue dan VolunteerAIESEC UNDIP ROAR+ Project siap bekerja!! Yeaaahhh!!

Thankyou and Godblessya all! 




Pictures by : Flickr AIESEC UNDIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!