Kamis, 18 Juli 2013

Creative Charity Semarang with Alitt 'Shitlicious' Susanto


Kemaren hari Rabu, 17 Juli 2013, gue sempet ikutan kegiatan amal super keren di IKIP PGRI Semarang, nama acara itu Creative Charity. Apa itu Creative Charity? jadi ini kegiatan amal yang digagas Alitt Susanto a.k.a Shitlicious. Tau kan Alitt Susanto?? Itu tuh blogger yang punya domain shitlicious.com yang isi postingannya kocak bin ajaib bin mendidik *halah*, masih ga tau juga? kalo kalian tau buku 'SKRIPSHIT', ya Alitt Susanto inilah sang penulisnya. Tetep ga tau? yaudin sih itu derita kalian yang kudet abis muehehehe. Nah Creative Charity ini bermula dari keinginan Bang Alitt yang pengen nyumbang ke panti asuhan gitu, tapi karena dia tahu keterbatasannya sebagai anak kos akhirnya dia pun berinisiatif buat bagi-bagi ilmu tentang tulis menulis ke beberapa kota di pulau Jawa, nah peserta yang mau ikut kelasnya itu ga perlu bayar mahal buat dengerin Bang Alitt ngajar, cukup nyumbang seikhlas dan semampunya aja yang penting ada niat buat belajar bareng sama niat buat nyumbang itu udah cukup. Nih penjelasan dari Bang Alitt tentang Creative Chartity yang lebih jelas>> Alitt's Creative Charity


Jujur aja, sebelom gue tertarik sama yang kegiatan Creative Charity ini, gue cuma ngikutin blognya Bang Alitt doang, gue ga pernah beli bukunya, gue ga follow twitternya. Ya emang sih gue lebih suka stalkingin twitnya Bang Alitt tanpa pernah memfollow dia, karena gue males nambah-nambah followers gue :p. Setiap buka twitter dan bosen sama yang ada di TL gue, gue selalu stalking twitnya Bang Alitt dari atas sampe atas, ga bosen sih karena Bang Alitt kalo ngetwit itu selalu menghibur dan selalu bisa bikin yang ngebaca ketawa sampe mimisan. Abis stalking twitnya, pasti gue stalking blognya, siapa tau ada postingan baru gitu kan yang lucu dan ngasih inspirasi, kalo ga ada postingan baru paling gue baca postingan-postingan lamanya Bang Alitt. Akhirnya gue follow dia ketika negara api menyerang Bang Alitt posting soal Creative Charity itu, karena gue emang tertarik banget sama kegiatan itu dan pengen banget ikut, gue ga mau ketinggalan berita dong dari Bang Alitt tentang kegiatannya yang bisa aja di adain di Semarang. Dan Puji Tuhan Halleluya gue seneng banget kalo Semarang juga bakal jadi kota yang bakal disinggahi Bang Alitt buat kegiatan Creative Charity ini.Gue excited karena kegiatan ini berhubungan sama hobby yang gue cintai banget dari gue kecil, dan yah gue pengen belajar lebih serius lagi tentang tulis menulis setelah kurang lebih 6 tahun gue murtad dari hobby gue yang satu ini gara-gara hati gue udah direbut sama basket dan akhirnya malah menekuni hobby gue yang baru itu sampe gue lulus SMA. :))


Gue yang excited pun pengen cepet daftar dan akhirnya nemu panitia-panitia yang bersedia bantuin Bang Alitt nyelenggarain kegiatan ini, mereka orang-orang hebat dari BEM IKIP PGRI dan Stand Up Comedy Semarang. Mereka semua yang dengan sukarela nyiapin dari pendaftaran sampe akhir kegiatan itu selesai. Setelah gue kepo-kepo akhirnya formulir pendaftaran sudah di share di twitter dan secepat flash gue langsung isi formulir itu dan ngirim via e-mail ga peduli deh gue dateng sendirian ke kegiatan itu, gue bukannya ga mau ajak temen gue sih, masalahnya temen-temen gue ga ada yang punya kesamaan hobby nulis kayak gue gini jadi ya gue harus cuek berangkat dan ngederin penjelasannya nanti sendirian tak berkawan. Hiks. Awalnya gue sempet takut juga ga bisa ikut sih karena pesertanya itu perlu disaring karena banyaknya peminat yang pengen ikut kegiatan itu. Tapi hari Selasa 16 Juli 2013, gue dapet mention dari BEM IKIP PGRI yang artinya gue tersaring dan bisa ikut kegiatan Creative Charity itu! Uhuuyy! I'm so damn happy :)), dan malem itu dengan semangat 45 gue nyiapin segala keperluan gue buat ikut kegiatan itu termasuk barang-barang gue yang bakal gue sumbangin di acara tersebut. Yeea yeeeaa~

Singkat cerita hari Rabu, 17 Juli 2013 pukul 12.22 gue udah nyampe di lantai 5 gedung pusat kampus IKIP PGRI itu, karena jadwalnya pukul 13.00 kegiatan udah dimulai, jadi gue sengaja dateng setengah jam lebih awal, biar ga telat gitu dan emang gue orangnya suka tepat waktu sih ya hehehe. Sampe sana sih masih sepi, ada beberapa panitia yang ada di depan ruangan bernomor 5.01 yang nantinya bakal dipake buat ngajar itu yang lagi duduk-duduk, karena gue ngerasa satu-satunya peserta yang dateng awal, akhirnya gue duduk ga jauh dari ruangan kegiatan, sambil nunggu peserta lainnya dateng. Ga lama ada peserta laen dateng dan ngajak omong gue, akhirnya kenalan dan temen baru gue inilah yang nantinya bakal jadi penolong gue pas foto bareng sama Bang Alitt ehehe yaa berhubung HP gue butut, kalo foto pake itu pasti hasilnya jelek, jadi gue berharap ada malaikat penolong yang mau gue tebengin HPnya buat foto bareng. Muahaha.
Setelah beberapa peserta dateng, gue dan temen baru gue yang namanya Yuni pun langsung ikutan masuk kelas. Sebelum masuk kelas kita regristrasi dulu dan nyerahin sumbangannya. Gue agak shock juga waktu regristrasi tanda tangan absen karena nama gue ada di paling atas dari semua peserta yang emang sengaja nama-namanya itu ga diurutin sesuai abjad nama, tapi diurutin dari urutan mendaftar. Berarti gue pendaftar pertama dong ya waktu itu? wih hebat! hahaha. Dan dari absen itu juga gue dapet nomer 1 buat tempat duduk. Wooaa, paling depan brooo, gue bisa liat Bang Alitt sejelas-jelasnya dong kalo kaya gini~ :p. 
Setelah nunggu agak lama Bang Alittnya pun dateng walaupun agak molor dari jadwal, dan ternyata Bang Alitt ga dateng sendirian, dia dateng bareng temen-temennya yang sesama penulis. Ada Mbak Widya Oktavia editor sekaligus penulis dari penerbit Bukune yang biasa dipanggil Mbak Iwid sama Mas Dion
penulis buku 'Catatan Si Doy' dan 'Kafe Cinta' yang biasa dipanggil Mas Doy. Mereka bertiga inilah yang bakal ngisi acara dan berbagi ilmu di Creative Charity saat itu. Dan waktu Bang Alitt dateng, dia dengan riang gembira bagi-bagiin blocknote gratis ke peserta yang dateng, bagus deh blocknotenya, kayak gini 

Tampak depan
Walaaaa  :D

Tampak belakang
Maaf ya Bang Alitt, hatiku udah tertambat di hatinya Denny Sumargo :p



Setelah semuanya persiapan, dimulai deh kegiatan Creative Charity itu dengan sesi pertama dari Mas Doy tentang 'Bagaimana Sih Cara Menulis Karya Fiksi itu?'. 

Nah itu Mas Doy nya lagi njelasin :))
Dari sesi pertama ini gue jadi banyak belajar tentang genre-genre yang ada di karya fiksi, unsur-unsur dalam prosa, cara menceritakan sebuah prosa, cara membuat outline ( kerangka tulisan), hal-hal penting dalam menulis karya fiksi, cara memperkuat karakter yang dibuat. Disini Mas Doy sharing dengan asyik dan enjoy, gaya-gaya anak muda gitulah, kadang diselipin humor biar pesertanya ga pada bosen. Dan yang paling gue inget dari sharing Mas Doy ini tuh, ketahui genre dari karya fiksi yang membuat kita nyaman saat menulisnya, genre yang 'gue banget', genre yang ga dengan terpaksa kita pilih saat kita menulisnya. Simplenya, be yourself ajah! :))

Lanjut sesi dua, nah ini nih sesinya Bang Alitt yang ngejelasin dan yang udah paling ditunggu para peserta yang ada. Kali ini Bang Alitt bakal sharing tentang 'Nulis Asik!'

Nih wujudnya Bang Alitt waktu sharing :)
Nah disesi ini Bang Alitt sharing tentang gimana caranya kita menulis sebuah karya dengan asyik dan enjoy.  Sebelom mulai sharing, Bang Alitt pun nyempetin diri buat stand up comedy dan berhasil bikin ruangan rame gara-gara banyolannya. Bang Alitt emang asli luculah pokoknya, ga cuma di twitter atau di blog doang dia lucu, cuma sekedar liat wajahnya aja juga udah berhasil bikin orang ketawa sih. Muehehe. 
Di sesi ini Bang Alitt sharing tentang gimana caranya membuat karya non fiksi yang bisa bikin orang-orang tertarik buat terus-terusan baca karya kita. Dari persiapan sebelom nulis, mencari/ mendapatkan ide, inspirasi, tehnik swap, tehnik menulis dari hook ( kalimat pembuka dalam sebuah paragraf), delivery ( kalimat yang membuat orang masuk dalam imajinasi penulis), telling ( menjelaskan secara langsung kondisi yang ada), showing ( menunjukkan sebuah kondisi dengan detail), dan yang terakhir Bang Alitt ngajak peserta buat latihan, dia menantang kita untuk mendeskripsikan kamar kita masing-masing dengan tehnik showing, dan inilah hasil latihan gue siang itu. 

Siang itu, setelah seharian lelah berkegiatan dan ngampus, aku memutuskan untuk langsung pulang kerumah dan menolak ajakan teman-teman untuk makan siang bersama. Otak dan badan yang lelah membuatku ingin segera merebahkan badanku di tempat tidur kesayanganku. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 5 menit ( karena kampusku dekat dengan rumah) akhirnya sampailah aku di rumah. Sebelum aku menuju kamarku aku pun menyapa Mamaku tersayang yang saat itu sedang menonton TV, dan setelah itu aku segera memasuki kamarku. Yup, kamarku yang kecil mirip kamar kos-kosan dengan bed medium yang terletak di bawah dan tanpa AC. Meskipun seperti itu, sudh membuatku nyaman beristirahat di kamar yang sederhana itu. Ketika aku masuk kamar, aku dikagetkan dengan fenomena yang jarang aku lihat di kamarku. Buku-buku yang biasanya berserakan di tempat tidur sekarang sudah tidak ada, seprei pun tertata rapi padahal biasanya kalau aku bangun tidur, aku biarkan bed itu tetap acak-acakkan engn buku dan baju yang bertebaran di ranjang. Lantai yang biasanya terlihat penuh oleh tas-tas berserakkan, kabel speaker yang dibiarkan memanjang dan charger HP yang dibiarkan menancap colokkan, sekarang nampak bersih dan kinclong. Lemari baju yang terletak di depan bedku yang terbiasa kubiarkan pintunya terbuka dengan baju-baju yang tidak tertata rapi pun sekarang semua pintunya terlihat tertutup. Meja belajar yang biasanya tertutup oleh buku-buku dan kertas-kertas pun sekarang terlihat rapi dengan buku yang sudah tertata rapi di rak meja belajar tersebut. Aku terkejut, kamarku yang biasnya lebih mirip kapal pecah. sekarang mirip kamar hotel bintang 5 yang yahud. Dan akhirnya aku tahu ini kerjaannya siapa, lalu aku keluar kamar dan bertanya pada Mamaku yang masih asyik nonton TV 
" Ma, kamarku kok rapi?" 
" Mama rapiin, kamu itu anak gadis tapi kamarnya kok kayak rocker galau" jelasnya sambil cengengesan. Dan aku hanya menjawab dengan mringisan lebar selebar daun kelor, menciumnya sebagai tanda terima kasihku dan segera masuk kamar lagi karena aku sudah terlalu ngantuk dan akhirnya aku bisa tidur dengan tenang dan dengan keadaan kamar yang rapi :)

Yap yap, kurang lebih kayak gitu deh. Begitu semua sudah selesai membuat, Bang Alitt pun mempersilakan untuk beberapa peserta untuk maju dan membacakannya. Setelah dibaca, tulisan buat peserta itu bakal dinilai sama Bang Alitt, Mas Doy, dan Mbak Iwid. Sayang, gue ga dapet kesempatan buat maju kedepan karena udah keduluan sama yang lainnya :)). 

Ok, lanjut sesi tiga, nah ini sesinya Mbak Iwid tentang ' Bagaimana Cara Karya Bisa di Terbitkan'

Ini dia Mbak Iwid :)
Nah disini Mbak Iwin sharing tentang gimana langkah-langkahnya karya kita bisa diterima penerbit dan diterbitkan. Selain itu Mbak Iwid juga sharing tentang cara-cara 'menyegarkan' plot lama, cara membuat kerangka, membuat karya yang bisa membuat penerbit mau nerbitin karya kita. Dan yang paling gue inget dari sharingannya Mbak Iwid ini tuh, jangan pernah takut untuk membawa karya kita pada penerbit, jangan pernah menyerah kalo kita terus-terusan ditolak penerbit. Kalo kita bener-bener mencintai hobby ini, terus perjuangkan, jangan pernah lelah untuk terus mencoba, dan yakin dari semua perjuangan kita itu, suatu saat kita bakal meraih hasil yang manis dari itu semua. Syuuuperr sekali Mbak Iwid! :))

Setelah sesi sharing dari ketiga narasumber yang luar biasa selesai, ada persembahan penampilan Stand up Comedy dari komunitas Stand up Comedy Semarang, yah lumayan sebagai ice breaker setelah beberapa jam kita saling sharing. Dan penampilan dari comic sore itu lumayan bikin pecah suasana kelas dan dari yang ngantuk jadi seger lagi deh. Setelah penampilan dari comic, berlanjut ke sesi tanya jawab yang lumayan rame dan nambah pengetahuan para pesertanya. Daaann akhirnya setelah dari semua serangkaian kegiatan Creative Charity siang itu, sampailah kita di penghujung acara dan harus berpisah dari Bang Alitt dan kawan-kawan. Dari kegiatan ini, gue dapet banyak pengetahuan baru dan bikin gue semangat untuk terus berkarya berkarya dan berkarya.Gue seneng banget bisa ikutan kegiatan ini dan berharap bisa jadi kegiatan rutin eh dari Bang Alitt. Makasih berat buat Bang Alitt, Mas Doy, Mbak Iwid, BEM IKIP PGRI, dan Stand up Comedy Semarang yang udah bikin kegiatan keren kayak gini. Selain dapet ilmu, kita bisa juga berbagi pada orang-orang yang membutuhkan. Semoga niat baik ini di berkati Tuhan dan mencapai kesuksesan yang luar  biasa buat memuliakan nama-Nya. Sukses buat semuanya! Hookyyyaaaa!! :))

Hasil sumbangan dari peserta Creative Charity Semarang


Narsis dulu lah sama ahlinya sebelom pulang, mumpuuuungg~


Gue cukupkan postingan gue kali ini, thankyou & Godblessya all yang udah mau baca :))


Pictures by : @shitlicious & My Document

12 komentar:

  1. Wah keren ya bisa ikut, jadi pengen ikut acaranya nanti d Bogor. Pasti seru deh....

    Oh ya mampir jg y k blog gue storyopik.blogspot.com . Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut aja mas, nyesel deh kalo ga ikut, beneran hehe

      ok siap, thanks jga uda mau mampir di blog gue :))

      Hapus
  2. waaaa serunya.. sayang yang dari luar jawa nggak kebagian creative charity :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya doain aja, siapa tau ada kesempatan buat keluar jawa :)

      Hapus
  3. arsip blog ma yg lainya tu pindah disampaing ja biar enak n lebh rapi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ok nanti pas ada waktu luang biar gue edit" lagi, thanks masukannya :)

      Hapus
  4. keren, gue pengen ikutan nih pas di Jakarta. :))

    BalasHapus
  5. Hahahaseeeek ....
    Niat banget nih nulisnya ...
    Gue gak mau kalah!
    Besok malem jadwalnya dipublish (ง•̀˛•́)ง

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe efek habis ikut Creative Charity ya gini ini mas :p
      okay maaas, ditunggu postingannyaaa (`n`)9

      Hapus
  6. mantep banget nih...lanjutkan kakak

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!