Konser Tur Sewindu TULUS Solo 2019

Tur Sewindu Tulus Solo - @tursewindutulus

Hae, bucinnya Tulus kembali lagi~

Dan kali ini saya juga bakal nyeritain lagi konsernya Abang Tulus yang saya datengin. Dan untuk tulisan konser ini bakal jadi tulisan yang panjang banget.

Terlebih saya harus bener-bener mengatur mood saya cuma bisa nulis cerita kali ini agar saya bisa menyampaikannya dengan runtut dan nggak terdistraksi dengan kerjaan saya yang akhir-akhir ini lagi bangke-bangkenya.

Ditambah, konser Bang Tulus kali ini banyak dramanya. Mulai dari pembelian tiket sampe menjelang hari H.

Tapi, apapun itu, setiap momen yang saya lalui bersama Abang *cailah* selalu jadi momen yang bikin saya bahagia dan nggak mudah untuk saya lupakan begitu saja.

Seperti yang sudah peringatkan di atas, ini bakal jadi tulisan yang panjang banget, kalo males silakan ditutup dari sekarang, kalo memutuskan untuk lanjut baca, terima kasih banyak! Saya apresiasi itu. Hihi.

So here we go!





***

Jadi, konser Abang Tulus kali ini bukan sekadar gigs-gigs kecil macam pensi anak SMA atau kampus, tapi konser tunggal dan itu diadakan di Solo!

Setelah awal tahun di bulan Februari kemarin Abang bikin konser tunggal bertajuk 'Konser Monokrom TULUS Jakarta', kali ini dia bahkan bikin tur konser di beberapa kota untuk merayakan delapan tahun perjalanan karier musiknya di Indonesia bertajuk 'Tur dan Festival Sewindu TULUS'.

Agak lupa, yang jelas tur konser ini diumumin sekitar pertengahan atau akhir bulan Agustus yang lalu dan ada 5 kota yang akan disambangi Tulus untuk merayakan bersama delapan tahunnya menjadi musisi.

Malang, Yogyakarta, Solo, Makassar, Jakarta, adalah kota-kota yang beruntung yang akan disamperin Abang untuk menggelar konser tunggal. 

Waktu pertama kali saya tahu Kota Solo terpilih untuk perayaan Sewindu ini, jujur aja saya speechless dan bengong, tumben kota kecil ini dipilih? Ada apa gerangan? Setahu saya Yogyakarta dan Jakarta sendiri adalah kota langganan Abang kalo doi bikin acara.

Malang dan Makassar sepertinya juga lebih sering Abang nyanyi di sana dibandingkan di Solo. 

Tapi jujur juga, saya mendadak senang, terharu, dan excited tahu Abang Tulus memilih kota Solo sebagai salah satu kota pilihannya (beserta manajemennya sih pasti). 

Saya makin excited begitu tanggal konser dan penjualan tiket konser dibuka pun sudah diumumin. Dibuka dengan kota Malang tanggal 24 September 2019, lanjut di Jogja 26 September 2019, lalu Solo 18 Oktober 2019, Makassar 25 Oktober 2019, dan berakhir di Jakarta 1 November 2019. Uwow gokil, baru kali ini Abang bikin konser tur keliling beberapa kota gini. Keren! Uwuwuw.

Tur dan Festival Sewindu TULUS - Kolase/Instagram @tursewindutulus

Tanggal pembelian tiket sudah diumumkan, saya udah nggak mikir dua kali lagi dong buat nonton konser ini. Kapan lagi Abang Tulus gelar konser tunggal di Solo, coy? Masa iya saya lewatkan begitu saja? Tentu saja tidak, Fernando!

Sabtu, 7 September 2019, tiket sudah bisa dibeli melalui tiketapasaja.com sekitar pukul 11.59 WIB kalo nggak salah.

Karena saya udah pengalaman kalo beli tiket konser kayak rebutan sembako gratis, saya sudah mempersiapkan diri beli tiket sejak pukul 11.00 WIB. Eh nggak taunya, untuk pembelian tiket kali ini lebih nyantai dan gampang dapetnya dibandingkan waktu saya beli tiket Konser Monokrom TULUS Bandung tahun lalu. Ehe.

Dan yaaaa, saya sudah punya tiketnya Tur Sewindu TULUS Solo padahal konser masih sebulan lagi! Ahehehe.

Tiket akoohh~ Cr: Dok. pribadi

***


Udah punya tiketnya apakah hidup saya tenang? Hehe wah, itu hanya sebatas mimpi kawan-kawan.

Justru, saya yang kebetulan adalah admin fanbase Teman Tulus untuk regional Solo dan apalagi kalo Abang Tulus udah ada event besar gini, saya bersama mimin-mimin fanbase Teman Tulus regional lainnya akan disibukkan dengan promosi-promosi di akun media masing-masing dibantu oleh manajemennya Tulus langsung.

Bisa dicek di HP saya, isi galeri lebih banyak poster dan video promosi konsernya Abang Tulus di semua kota itu dibandingkan foto-foto selfie saya. Hahaha.

Terlebih lagi, kali ini kota domisili saya punya yang punya hajatan, saya dan rekan admin saya satunya, Ismoyo, juga merasa pengin membuat sesuatu yang berbeda di akun media sosial kami. Kami bikin konsep-konsep untuk menarik perhatian netizen agar mau datang meramaikan Tur Sewindu TULUS di Solo ini.

Karena jujur, sebagai penghuni Kota Solo, harga tiket yang dijual terbilang mahal untuk warga sini. Walaupun menurut saya pribadi sih enggak ya, apalagi ini konser tunggal seorang Tulus.

Jadi awal mulanya, tiket dijual jadi dua kelas, Festival A seharga Rp 400 ribu dan Festival B Rp 280 ribu dan tiket Meet and Greet seharga Rp 800 ribu dengan pilihan venue di area outdoor De Tjolomadoe.


Denah dan kelas tiket awal - Dok: @tursewindutulus

Dan keresahan saya terbukti, ketika saya dan Moyo membuat QnA di Instagram kami, isinya keluhan kalo harga tiketnya mahal. Hufth.

Kesel ada tapi saya rasa juga maklum, mungkin nggak banyak orang Solo yang pernah nonton konser tunggalnya Abang dan ngerasa tiket itu mahal.

Karena saya yang udah ngikutin Abang sejak dia rambutnya masih kriwil sampe sekarang yang penampilannya rapi banget pun yakin dia nggak akan ngasih penampilan yang setengah-setengah. Rp 280 ribu (belum dengan pajak sih) udah bisa nonton konser tunggalnya Tulus itu udah istimewa banget.

Setelah sempet bikin QnA di Instagram, kami TT Solo kemudian dihubungi langsung sama manajernya Abang, Tiur Tobing, untuk bikin sesuatu yang seru untuk konsernya Abang ini.

Kak Tiur ngajak TT Solo untuk bikin program tiket promo Beli 3 Gratis 1, bekerja sama dengan pihak promotor yang menangani konsernya Abang ini, Rajawali Indonesia.

Setelah ngobrol, ngobrol, dan briefing, akhirnya kita jalanin promo itu dengan tenggat waktu selama seminggu.

Promonya, kak~ - Dok: @temantulus_solo



Di sini nih, QnA dan promo adalah awal saya dan Moyo stres-stresnya jadi admin sebuah fanbase.

Berawal dari QnA ya, dari sana kami jadi tahu kalo netijen Indonesia itu ajaib-ajaib.

Mereka itu hobi banget menanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang di poster maupun di caption foto feeds. Juga menanyakan sesuatu yang sebenernya bisa di-googling sendiri. Saya akui, netijen Indonesia itu amat sangat darurat budaya membaca informasi sampai selesai.

Atau ketika QnA sudah expired, netijen-netijen ini akan bertanya ke kami lewat DM Instagram.

Dan saya kebagian untuk jawabin pertanyaan-pertanyaan mereka pun kadang harus nahan emosi dan lebih banyak belajar sabar biar bisa memberikan jawaban yang nggak ngeliatin kalo mereka tu ajaib ya Allah pertanyaannya.

Ditambah dengan promo tiket itu, sudah dijelaskan kalo program itu resmi dari manajemennya Tulus dan juga Rajawali Indonesia masih aja pada nanya,

"Min, iNi pRoGrAmnYa bEneRan gA? H3h3"

Ada lagi yang lebih ngeselin adalah netijen-netijen yang bayarnya pada telat tapi neror nanya tiket kapan dikirim udah mirip debt collector nagih utang. Nggak bisa banget sabar gitu. Heran.

Stres? Wah stres banget saudara-saudara. Apalagi saya handle kurang lebih sembilan atau delapan pembeli yang rata-rata kayak gitu semua.

Masa-masa penjualan tiket ini hampir bikin saya gila. Di satu sisi saya punya kerjaan tetap di kantor, di satu sisi saya handle medsosnya TT Solo dan juga pembelian tiket ini.

Jangan dipikir saya repot-repot handle kayak gini sampe bikin stres dapet bayaran, ya.

Fanbase regional Teman Tulus ini semua bersifat sukarela dan ikhlas. Cuma memang kami semua dikoordinasi sama manajemennya Tulus, jadi informasi yang kami bagi di media sosial kami tentu valid karena dari manajemen langsung.

Jadi admin fanbase TT bener-bener sukarela dan ikhlas lahir batin, teman-teman. Karena kami semua emang bucinnya Tulus dan punya komitmen untuk mendukung Abang kesayangan kita satu itu. Ini yang nggak diketahui netijen yang pada hobi komplen ituh.

Dan akhirnya, tenggat waktu promo tiket pun berakhir. Saya dan Moyo berhasil ngumpulin pembeli dalam jumlah yang lumayan banyak.

Pembayaran akhirnya lancar, tiket pun sudah dikirim, netijen pun sudah tenang. Saya dan Moyo pun sudah bisa bernapas lega ketika project promo tiket ini sudah selesai.

***
Hingga akhirnya memasuki minggu-minggu saat rangkaian Tur Sewindu TULUS ini dimulai.

Selasa, 24 September 2019, Tur Sewindu TULUS dimulai di Malang. Puji Tuhan berjalan lancar dan bikin saya serta anak-anak TT Solo lainnya sudah nggak sabar untuk dihampirin Abang.

Ngeliat dari highlight-highlight acara dan komentar-komentar netijen, Tur Sewindu TULUS Malang berjalan meriah dan menyenangkan.

Begitu juga Tur Sewindu TULUS Yogyakarta yang digelar Kamis 26 September 2019. Konser berjalan lancar dan juga para penonton juga banyak yang puas dengan gelaran konser Abang kali ini.

Kami anak-anak Solo tentu semakin nggak sabar dong untuk disamperin Abang. Dan sebelum tiba gilirannya Solo, ada jeda waktu buat Abang untuk istirahat atau nyanyi di acara off air lainnya.

Solo sungguh tidak sabar!

***

Namun, sebelum melanjutkan konser, Abang melalui perusahaannya, TulusCompany Indonesia pun menyempatkan diri untuk giveaway kecil-kecilan untuk perayaan Sewindu ini.

Karena tanggal 28 September 2019  itu ternyata tepat delapan tahun Abang Tulus berkarier di dunia musik. Melalui akun Instagram-nya, pendengar Abang diminta untuk menceritakan momen-momen berkesannya selama menjadi pendengar doi.


Lebih gemes sama yang pegang kado! Hehe - Dok: @tuluscompanyindonesia


Sebenernya bikin giveaway gini udah jadi tradisi sejak perayaan tahun keempat dan ya namanya bucin ya, saya juga sudah ikut giveaway-nya sejak saat itu. Hahaha! Itung-itung turut meramaikan perayaannya sih, menjadi pemenangnya adalah bonus.

Saya absen ikut itu di perayaan tahun ketujuh, karena mimin-mimin fanbase dilarang ikut. Hahaha. Dan untuk tahun kedelapan ini dibebasin lagi siapapun boleh ikut dan saya pun iseng ikutan lagi buat turut meramaikan perayaan bermusiknya Abang.

Tentunya, saya yang sudah ngikutin Abang sejak tahun 2013 cukup senang menulis cerita momen-momen saya bersama dia walaupun sempet nggak cukup di bagian caption Instagram. Hahaha. Cerita singkat saya tentang Abang yang saya ikutin giveaway bisa dibaca di sini nih, mau follow saya juga boleh. Khu khu khu.








Ngomongin #8TahunMusikTULUS, semua momen yang saya lalui bersama abang itu berkesan! Tak terasa, saya sendiri juga sudah 6 tahun mengikuti perjalanan karier abang. Berawal dari bibit bucin ke abang yang tumbuh di akhir tahun 2013 karena ga sengaja pertama kali denger lagunya yg berjudul 'Diorama'. Tahun 2014 pertama kali nonton gigs abang di Jakarta meski nekat berangkat sendirian kayak anak ilang. Kemudian berbisik, "Foto sama miniaturnya dulu, suatu saat sama yang aslinya" di JGTC UI 2014. Lalu mendapatkan tiket Konser Gajah Tulus Jakarta sebagai kado ulang tahun (terbaik yang pernah ada) untuk saya dari seorang teman baik. 2015, Tuhan mewujudkan bisikan di JGTC UI, momen pertama kalinya ketemu dengan abang yang rambutnya masih kriwil sementara saya tremor dan grogi ga karuan. 2016? Saya absen total ga nonton gigs abang di manapun. Tapi Tuhan lipat gandakan di tahun 2017 dan 2018. Bahkan di 2 tahun itu saya punya banyak kesempatan berharga sama abang, mulai dari makin sering nonton gigsnya, ketemu lagi sama dia dan ngobrol lebih lama, mewujudkan mimpi bisa wawancara dia, memberikannya kejutan ulang tahun, bahkan makan siang bersama. Tentu saya juga hadir di Konser Monokrom Bandung 20 November 2018 silam. Tahun ini saya baru nonton gigs abang satu kali, dan saat ini saya sedang menunggu Tur Sewindu Solo. Melihat 2 kota yang sudah dilalui, sungguh saya tidak sabar untuk bernyanyi dan merayakan perjalanan karier abang yang sudah menginjak Sewindu, yap 8 tahun! Selamat Sewindu, Bang @tulusm. Ga ada penyesalan, yg ada, makin ke sini, makin sayang dengan apapun yg abang persembahkan ke penggemarmu. Saya bersyukur juga, seandainya di tahun 2014 lalu saya ga nekat nonton sendirian, mungkin saya ga akan punya banyak cerita dan kenangan baik bersama abang. Terima kasih untuk segala kebaikan dan kehangatan yang abang kasih setiap kali bertemu. Terima kasih untuk karya-karya dari hati yang juga menyentuh hati, bahkan mengubah hidup saya sampai sekarang. Terima kasih, karena abang saya jadi punya banyak teman di berbagai daerah yg juga menyukai karya-karyamu. Terus berkarya agar tidak henti di angka 8 saja. Abang, kita jalan terus, ya. #8TahunMusikTULUS.
A post shared by Natalia Bulan Retno Palupi (@nataliabulan) on



Giveaway dimulai sejak tanggal 28 September 2019 dan pemenang bakal diumumkan tanggal 30 September 2019. 

Eh, nggak tahunya saya menang. Hahahaha. Seneng, tapi memang dari awal saya nggak berharap bisa menang sih, saya bener-bener murni udah seneng banget bisa berpartisipasi. Mana miminnya TulusCompany Indonesia yang kebetulan juga kenal sama saya ngeledek karena saya jadi satu di antara pemenangnya. Ngeledek di DM lagi, dasar kau Teh Min! :))


Heheheheh - Cr: @tuluscompanyindonesia



Dan tepat di saat pengumuman pemenang itu, saya juga dapet tugas dari kantor untuk liputan di Singapura. Hahaha asli! Saya kaget banget dapet penugasan ini. Ditambah liputan ke Singapuranya juga tepat beberapa hari sebelum hari H konser. Gokils nggak tuh.

Otomatis, kesibukan saya makin nambah karena juga harus komunikasi dengan PIC acara liputan di Singapura ini ditambah saya belum punya paspor dan mengharuskan saya untuk membuatnya terlebih dulu.

Bener-bener, saya ngerasa bulan September-Oktober kemarin itu rasanya berlalu sangat cepat banget karena ke-hectic-an yang luar biasa antara pekerjaan tetap dan hobi saya sendiri. Meski kemarin saya sibuk luar biasa, tapi saya sangat senang dan amat sangat menikmatinya sekali. Hihi.

Kepuyengan saya kemarin sempat terobati ketika hadiah dari TulusCompany untuk giveaway itu datang. Lumayan, saya dapet satu gepok postcard bergambar foto-fotonya Abang Tulus saat Konser Monokrom TULUS Jakarta. Satu gepok postcard yang kalo dijual di situstulus.com harganya Rp 500 ribu.

Ahe, ngeliat foto-foto Abang gitu aja saya udah seneng banget dan lumayan, nambah-nambah koleksi merchandise saya juga di kosan.



***

Oke, udah dikasih seneng-senengnya kan ya, kemudian drama dimulai sejak memasuki bulan Oktober. Mehehehe.

Drama pertama adalah paspor saya yang terlambat jadinya, lumayan menguras emosi dan energi saya karena Imigrasi Surakarta nggak bisa tepat waktu sesuai janji yang tertera di formulir. Saya ketar-ketir nggak jadi berangkat ke Singapura, lagian setelah beberapa kali menolak DLN karena dulu belum punya paspor dan belum mampu bikinnya, kali ini saya bener-bener nggak mau batal lagi. Saya mau norak karena ini pengalaman pertama saya ke luar negeri juga. Huhu.

Kamis, 7 Oktober 2019

Setelah masalah paspor, kemudian tiba-tiba tanggal 7 Oktober 2019 dapet pengumuman dari TulusCompany Indonesia kalo Tur Sewindu TULUS yang di Makassar dibatalkan karena masalah keamanan.

Saya dan mimin-mimin lain jelas syok tiba-tiba ada kota yang dibatalkan gitu. Mana pasti udah banyak penonton yang beli tiketnya pula. Dan bener aja, banyak banget hujatan-hujatan dan caci maki di kolom komentar Instagram @tursewindutulus dan juga @tuluscompanyindonesia.

Jelas, hal ini juga bikin saya dan anak-anak TT Solo jadi ketar-ketir. Kami takut kalau Solo juga bakal dibatalin kayak kota Makassar ini.

Tapi untuk saat itu memang Solo masih terlihat aman-aman saja dan kemudian kami juga melihat perubahan cepat yang dilakukan oleh TulusCompany Indonesia dan Rajawali Indonesia. Mereka langsung merevisi jadwal tur dan menghapus Makassar dari daftar kota mereka. Sungguh sedih. :(((

***

Sudah selesai dramanya? Haha belom!

Jumat, 11 Oktober 2019

H-7 konser, Kak Tiur ngajak saya dan Moyo bikin batch 2 promo tiket beli 3 gratis 1. Sungguh, Kak Tiur ini ngajak bercanda emang saat detik-detik akhir menjelang konser.

Yaaa, karena diminta langsung sama manajernya Abang, akhirnya saya dan Moyo pun buka batch 2 promo tiket itu dan kembali menghadapi netijen-netijen maha benar lagi.

Namun, untuk batch 2, saya tidak bisa membantu handle karena sudah perlu persiapan soal liputan di Singapura. Dengan lapang dada dan tabah, Moyo pun menangani batch 2 promo tiket itu sendirian meski sesekali dia tetep sambat karena netijennya lebih galak dan demanding daripada dia. Untuk kali ini, poster pun dibantu dibikinkan dari manajemennya Abang.

Tiket promonya kak~ - Cr: @temantulus_solo


Sementara saya sibuk persiapan liputan, Moyo sibuk urus penjualan tiket yang baru dibuka, tiba-tiba kami dapet DM dari netijen yang nanya,

"Min, apa bener Tur Sewindu TULUS Solo ditunda?"

*DUAAAAAAAAARRRRR*

Jelas, pertanyaan itu bikin saya dan Moyo kaget kemudian panik dan juga bingung. Ini orang dapet informasi dari mana deh? Masa iya ditunda? Dari manajemen pun belum ngabarin apa-apa ke TT Solo.

Langsung deh, informasi itu Moyo konfirmasi ke Kak Tiur. Tapi saat itu Kak Tiur memang belum dapat informasi juga dari Rajawali Indonesia.

Saya dan Moyo pun langsung lemes. Berharap jangan sampe konsernya beneran ditunda. Berharap informasi dari netijen tadi itu salah.

Minggu, 13 Oktober 2019

Hingga H-1 saya berangkat ke Jakarta buat transit sebelum ke Singapura, tepatnya 13 Oktober 2019, saya dan Moyo masih aja dikejutkan dengan informasi konser ditunda.

Kali ini informasi dari netijen yang berbeda dan terlihat valid karena dia melampirkan sceenshoot chat pihak Rajawali Indonesia yang mengabarkan kalo konser ditunda.

Seketika serangan jantung dan keringet dingin, gaes.

Akhirnya yaudah, Moyo coba konfirmasi lagi ke Kak Tiur yang berujung ditelpon bahas soal penundaan ini.

Dan emang ternyata benar ada kemungkinan konser ditunda untuk alasan keamanan menjelang pelantikan Presiden RI. Tapi malam itu Kak Tiur menjelaskan bisa saja konser jalan sesuai dengan jadwal, tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa ditunda karena memang pihak manajemen dan Rajawali Indonesia sedang menunggu izin dari pihak Kepolisian.

Informasi itu pun harus di keep cuma untuk saya dan Moyo karena Kak Tiur juga cuma hanya menginformasikan ke kami berdua dan minta kami untuk menunggu arahan dari manajemen juga seandainya konser beneran ditunda.

Malam itu, saya tetap optimis kalau konser akan tetap digelar sesuai jadwal walau saya akui, saya patah hati begitu tahu ada kemungkinan konser ditunda. Huhu.

Tapi di sisi lain, kami juga dapet kabar baik dari Kak Tiur, kalo tiket di Solo itu benar-benar habis dan masih banyak yang mencarinya. Dan akhirnya membuat promotor dan manajemen membuka kelas tiket tambahan. Sekali lagi, info ini hanya saya dan Moyo yang tahu saat itu. Khu khu khu.

***

Selasa, 15 Oktober 2019

Tanggal 15 Oktober 2019 saat saya masih sedang bekerja di Singapura, akhirnya bener aja, muncul keputusan fix konser ditunda. Informasinya H-3 konser banget ya. Saya yang juga sudah ambil cuti  buat konser itu pun harus menerima semua itu. Konser yang awalnya diadain tanggal 18 Oktober 2019, akhirnya diundur ke tanggal 24 Oktober 2019. Yah, setidaknya saya bersyukur konsernya tetap diselenggarakan, bukan dibatalkan total.

Setelah pengumuman rilis di akun Instagram Rajawali Indonesia dan Tur Sewindu TULUS, Kak Tiur pun juga minta TT Solo untuk mengunggah pengumuman yang sama di Instagram. Malam saya yang tenang di Singapura setelah seharian mengikuti acara berubah jadi horor gais setelah unggah pengumuman itu.

Gimana enggak, DM kami langsung numpuk netijen-netijen yang kaget, sedih, bahkan nggak terima dengan adanya penundaan jadwal ini. Saya yang malam itu harusnya mempelajari materi liputan untuk keesokan harinya pun kedistrak dengan banyaknya DM yang masuk. 

Isi DM-nya pun ngeri-ngeri, asli! Ada yang maki-maki nggak terima gara-gara sudah ambil cuti, sudah beli tiket kereta dan bayar hotel, ada yang nyalah-nyalahin juga, ada yang sedih sesedih-sedihnya banget, bahkan ada yang ngamuk minta kami ganti semua kerugiannya karena konser ditunda.

Sementara Moyo diserang sama netijen yang beli tiket ke dia, mempertanyakan bagaimana kelanjutan tiketnya kalo konser ditunda. Sumpah, mendadak hidup kami berdua jadi nggak tenang diberondong dan diteror netijen kayak gitu. 

Yang paling kocak juga ya itu sih, minta ganti rugi transport dan hotelnya ke TT Solo. 

Saya paham banget banyak orang yang kecewa dan bukan hanya mbaknya ini, tapi ketahuilah, fanbase ini non profit dan bekerja sukarela.

YA KALIK MINTA GANTI RUGI SAMA KITA? YOU KIRA KITA SAPA? NIA RAMADHANI YANG NGUPAS SALAK AJA NGGAK BISA?

HUUUFHHHTTT.

Demi Tuhan, malam saya di Singapura saat itu berubah jadi panas dan nggak tenang banget karena saya sendiri juga sebenernya sedih tapi harus ngadepin netijen-netijen yang merasa dirinya paling menderita dan dirugikan gitu. Alhasil saya nggak bisa tidur sampe pukul 02.00 waktu Singapura padahal harus bangun pagi untuk lanjut liputan. 

Dan momen ini jadi puncak saya dan Moyo stres maksimal. Kami sendiri sampe nggak bisa merasakan kesedihan kami sendiri karena konsernya ditunda melainkan harus mendapatkan tekanan dari para netijen budiman dan tetap tenang untuk bisa memberikan jawaban yang sopan dan bisa diterima dengan baik.

Lagian, ditunda gini juga bukan maunya Tulus, manajemennya, dan juga Rajawali Indonesia kok. Mereka pun juga awalnya mengusahakan sekali untuk konser digelar sesuai jadwal, tapi apa daya, pihak berwenang sudah tidak memberikan izin terus mau gimana?

Dan karena amukan netijen yang luar biasa ngeri, Rajawali Indonesia pun tidak hanya memberikan kesempatan refund tiket konser aja, tapi mereka juga akan mengganti uang transport dan hotel yang dikeluarkan netijen dari luar Solo. Kurang baik apa coba mereka?

Aish! - Cr: @tursewindutulus



Setelah malam yang horor itu terlewati, saya dan Moyo pun mulai menata hati dan mood lagi untuk menyambut Abang di Solo. Karena dari awal bulan Oktober kami TT Solo juga sudah menabung buat memberikan sesuatu buat Abang dan manajemennya sebagai sambutan hangat di kota kecil ini.

Akhirnya kami memutuskan untuk membeli bunga untuk Abang Tulus dan oleh-oleh untuk Kak Tiur beserta timnya.

Setelah berhasil jual lebih dari 20 tiket melalui promo itu, Kak Tiur pun mengajak TT Solo untuk bertemu dan ngobrol sejenak sebelum nonton konsernya Abang. Sebenernya diam-diam saya kagum sama Kak Tiur. Beliau ini adalah manajer barunya Abang Tulus (yang sebelumnya dijabat sama Kak Ririe Cholid), tapi dia mau mengenal fans-fansnya Tulus sampe sedemikian rupa. Nggak hanya itu, Kak Tiur ini baik banget! Setiap kami punya pertanyaan terkait Abang Tulus, pasti dijawab dengan baik. Uw, manajer kesayangan.

Selasa, 22 Oktober 2019

Akhirnya hari Selasa 22 Oktober 2019, kami TT Solo pun janjian buat ketemuan sama Kak Tiur dan beberapa hari sebelumnya, pengumuman tambahan kelas tiket pun juga sudah keluar. Tiket yang awalnya hanya ada kelas Festival A dan Festival B, jadi ada kelas Tribun.

Wohoo! - Cr: @tursewindutulus

Akhirnya kami pun janjian di Grandis Barn Solo sekitar pukul 20.00 WIB. Saya saat itu dateng telat karena masih ada kerjaan di kantor. Saat tiba di lokasi pun sudah rame sama anak-anak TT Solo, Kak Tiur, Teh Openg, dan dua mas-mas dari Rajawali Indonesia yang saya lupa namanya siapa karena  saya panik dateng telat. Ehe.

Waktu dateng pun saya langsung disambut Teh Openg, ini nih teteh-teteh yang ngurusin mimin-mimin soal materi media sosial fanbase. Sebelumnya, saya emang udah pernah ketemu Teh Openg di Konser Monokrom TULUS Bandung, jadilah doi udah nggak asing sama saya.

Kemudian langsung ngobrol rame-rame sama Kak Tiur deh sambil makan malam. Asli, Kak Tiur ini emang baik banget orangnya ditambah rame bin kocak banget. Suasana jadi hangat gara-gara banyolannya dia. Kak Tiur juga jelasin kalo konsernya itu pun yang awalnya mau di outdoor akhirnya bakal digelar di indoor.

Kak Tiur juga kegirangan banget waktu kami kasih satu dus penuh isi oleh-oleh jajanan Solo, setelah itu kita malah dikerjain suruh nyanyiin lagu 'Labirin' Javanese Version, iya dikerjain dan kami nurut. Mana jadi kontennya Kak Tiur dan di-tag ke Abang. Bhaik!

Dan banyak hal lainnya yang dia ceritain deh, sampe ceritain tentang Marni, kocheng orennya Abang yang sempat viral karena nabok muka gantengnya Abang.

Hangat ya? Uwuwuwu!

Uwuwu cayank! - Cr: Dokumen Pribadi

Rabu, 23 Oktober 2019 

Hari ini saya dan Moyo cuma nitip bunga selamat datang buat Abang di hotelnya. Karena saya dan teman-teman TT Solo sepakat untuk nggak minta ketemu Abang di backstage seperti biasanya karena takut dia kelelahan. Mengingat setelah konser Abang harus melayani Meet and Greet.

Jadi agenda kami esok hari adalah benar-benar menikmati konsernya Abang aja. It's enough.

The day! Kamis, 24 Oktober 2019!

Hari H, saya tetap bekerja seperti biasanya di kantor karena saya udah nggak dapet cuti. Untung masih ada teman baik yang mau tukeran shift sama saya. Jadi pukul 15.00 WIB saya sudah bisa keluar kantor dan cus ke De Tjolomadoe yang juga nggak jauh jaraknya dari kantor.

Sekitar pukul 15.15 WIB saya sudah tiba di De Tjolomadoe dan bertemu dengan Moyo serta Hanzel yang sudah tiba duluan di sana. Kemudian saya tuker tiket, ganti seragam kerjaan, dan kami bertiga pun nyari tempat buat ngobrol sebelum memutuskan untuk antre di depan gate. 


Aye! Cr: Dok. Pribadi


Open gate pukul 18.00 WIB, tapi sebelum pukul 17.00 WIB, anak-anak TT Solo yang bisa nonton konser hari itu pun sudah kumpul. Terbaik memang mereka ini dan emang udah paham juga kalo nonton konser dan mau dapet tempat depan, emang harus siap dateng awal buat antre di depan gate. 


Poto-poto dulu sebelum nonton - Cr: Dok. Pribadi

Dan alhamdulillah, Puji Tuhan, waktu gate dibuka pukul 18.00 WIB, saya berserta rombongan sirkus TT Solo ini dapet tempat depan untuk antre masuk ke pintu kelas tiket Festival A.

Karena masih cukup lama untuk masuk ke area konser, saya pun menyempatkan diri untuk ke toilet dan menghambur-hamburkan uang saya untuk membeli merchandise konser ini. Yak, saya beli tumbler, lanyard, dan kaus. Seketika saya miskin, gais.

Boros! WKWK - Cr: Dok. Pribadi


Dan sebelum masuk ke area konser pun saya nitip topi dan notebook Konser Monokrom saya ke Hanzel yang membeli tiket Meet and Greet. Karena saya berpikiran hari itu nggak bakal ketemu Abang, maka saya minta tolong Hanzel buat minta tanda tanganin ke kedua barang saya itu.

Pukul 19.00 WIB pintu area konser pun dibuka, saya bersama anak-anak TT Solo yang dapet bagian depan pun harus tetep lari-larian dulu biar dapet tempat enak di deket panggung. Dan sekali lagi! Alhamdulillah Puji Tuhan kita serombongan dapet posisi yang bener-bener enak dan di depan panggung persis. Dan lebih menyenangkan lagi adalah, nggak ada jarak sama sekali antara panggung dan area penonton. Saya kalo iseng mau narik Tulus, bisa-bisa aja loh itu. Ahehehe.

Malam itu, entah sudah keberapa kalinya saya nonton konsernya Abang, tapi saya tetep deg-degan nunggu penampilannya dia. Nggak ngerti lagi, rasanya bener-bener campur aduk, antara terharu, seneng, kangen sama Abang, dan juga nggak sabar liat doi nyanyi di depan saya.

Dan nggak butuh waktu lama...............


.....................konser pun dimulai!!!


Uuu, Abang cayank! Cr: Dok. Pribadi

Sebetulnya, dari segi aransemen musik dan set list-nya Tur Sewindu TULUS Solo ini mirip banget sama Konser Monokrom TULUS Bandung dan Jakarta. Cuma ada beberapa lagu yang tidak dibawakan di Tur Sewindu TULUS Solo.

*Btw, bisa dibaca cerita saya nonton Konser Monokrom TULUS Bandung di sini. Hidup promo!*

Dari pembukaan yang juga diawali dengan lagu 'Baru' dan dilanjut lagu-lagu berikutnya setelah ia memperkenalkan dirinya di atas panggung.

Ini yang saya suka dari Abang sih, di mana pun dia manggung dan nggak sadar kalo dirinya itu udah terkenal banget, tapi dia selalu nggak pernah lupa buat memperkenalkan dirinya sendiri.

"Halo semua! Teman-teman apa kabar? Perkenalkan, nama saya Tulus!" katanya membuka konser malam itu.

Semua penonton yang merasa terkesan  dan merasa 'ya elo nggak usah kenalan kita juga udah tau siapa elo bang' pun turut menjawab.

"Iyaaaaa!"

Abang Tulus juga sempat minta maaf karena konser sempat ditunda karena masalah perizinan menjelang pelantikan Presiden RI.

Bahkan di Tur Sewindu TULUS Solo, juga ada momen Abang menyanyikan lagunya secara akustik yang unik banget, yaitu koper Abang yang biasa dia pake ke mana-mana dijadiin cajon sama Ari Renaldi, dan ditemani oleh pemain cello dan flute yang saya lupa siapa namanya dan juga gitaris andalannya Abang, Topan Abimanyu.

Waktu bawain lagu secara akustik ini, dia bawain 'Satu Hari di Bulan Juni' yang jarang banget dibawain saat dia gigs kecil di manapun. Saya gemes dengernya. Hihi.

Suasana konsernya pun saya rasa bisa dirasakan di Album 'Langsung Dari Konser Monokrom Jakarta (Live)' yang ada di Spotify. Kalo udah pernah dengerin itu, yah suasana Tur Sewindu TULUS Solo kurang lebih seperti itu.

Suasana waktu Abang nyanyiin beberapa lagunya secara akustis - Cr: Dok. Pribadi

Meski terasa sama seperti Konser Monokrom TULUS Bandung yang pernah saya tonton, tetap ada yang beda di Tur Sewindu TULUS Solo ini. Kalo di Bandung saya secara gamblang bilang nggak puas dengan konsernya, tapi untuk di Solo ini saya benar-benar bahagia, senang, terharu, dan lepas banget waktu menikmati konsernya.

Mungkin karena posisi nonton saya yang jauh lebih enak dibandingkan waktu di Bandung, saya dekat sekali dengan Abang kali ini. Ditambah saya merasa interaksi Abang kali ini lebih hangat dan dekat dengan para penontonnya di Solo, serta kali ini saya nontonnya nggak sendirian! Bareng temen-temen baik yang bikin suasana makin menyenangkan. Uwu.

Delapan tahun berkarier, Abang tampaknya juga mengalami kemajuan dalam bertutur kata dan ngelawak. Dua punch line dia malem itu yang paling saya ingat adalah ketika dia izin minum sebelum lanjut nyanyi.

"Teman-teman, saya sekarang kurusan lhooo! Ya kan kurusan kan? Kurus nih sekarang nggak kayak yang dulu-dulu, lumayanlah. Bagusan kurus gini apa kayak dulu?"

"Saya izin minum dulu ya teman-teman. Kalian haus nggak? Haus air, atau haus kasih sayang?"

WAKWAAAAAW.

Siapa neeeeh yang ngajarin dia segombal dan sereceh iniiiiiii. Saya yang kenal Abang sejak dia masih kaku di atas panggung pun ngakak kuenceng banget dia bisa ngomong kayak gitu.

Uwuwuwu - Cr: Dok Pribadi

Senyumnya itu loh! Cr: Dok Pribadi.


Dan ya, intermezzo sedikit, karena ini adalah konser perayaan delapan tahun Abang berkarier. Saat itu, saya merasa pengin bikin sesuatu yang berbeda di konsernya kali ini. Karena selama saya nonton konser atau gigs-nya Abang, ya standart, cuma nyanyi, motret, dan merekam.

Apa yang saya bikin kali ini? Nih, tengok ke bawah!

WKWKWKW! Cr: Dok. Pribadi

Norak ya??? WKWKW.

Tapi asliii, baru pertama kali saya bikin dan bawa-bawa kayak gini waktu konser sih. Awal-awal sebelum konser mulai pun saya sempet ragu mau beneran angkat kertas-kertas itu, saya takut kalo dianggep norak, alay, atau apa banget gitu. Bahkan awalnya saya nggak mau angkat tulisan 'I Love You Since 2013' sama sekali. Tapi akhirnya saya bodo amat, karena saya mau Abang tahu ada saya di dekatnya. Hahahaha.

Dan kenorakan saya membuahkan hasil ahehehehe. Semua kertas itu saya angkat di sela-sela konser dan nggak setiap saat karena pegel dan takut ganggu penonton yang ada di belakang saya. Semua tulisan yang saya tulis itu pun di-notice dan dibaca Abang doooongg. Dan semua reaksinya itu bener-bener bikin saya makin sayang sama dia. Uwuwuw.

'Selamat Sewindu' itu tulisan pertama yang saya angkat dan Abang juga langsung lihat, dia ngelihat dan natap kertas saya bentar untuk membaca tulisannya, kemudian dia mengangguk dan tersenyum. Saya pun juga ikut tersenyum karenanya. Senang.

Hehe joget! Cr: Dok. Pribadi

'Abang, senyum!' tulisan kedua yang kemudian saya angkat, saya nulis begitu karena satu di antara banyak hal yang saya sukai dari Abang Tulus adalah senyumannya. Dia lihat tulisan saya lagi, bahkan berusaha mendekat karena mungkin tulisannya nggak keliatan. Begitu dia sudah membacanya, dia kemudian ngelebarin senyumannya dong. Astaga, untung saya nggak mimisan seketika.

Tulisan ketiga yang saya angkat 'I Love You Since 2013'.....ini nih, yang awalnya saya ragu banget buat ngangkatnya, malah jadi sesuatu yang memorable banget!

Jujur, saya sempet takut dan malu-malu mau ngangkat tulisan ini, sempet berharap jangan di-notice Abang. Eh, tahunya Abang ngelihat lalu senyum lebar lagi dan kali ini bener-bener jalan mendekat ke arah saya. Kalian tahu apa yang Abang lakukan?

DIA AMBIL KERTAS SAYA ITUUUUUUU DIBAWA KE ATAS PANGGUNG. KYAAAAAAAAA.

Reaksi saya? Udah nggak tahu gimana, kayaknya saya cuma bisa diem ngeliatin Abang ngambil kertas itu, kemudian ditempelin ke dadanya dan dia senyum semringah bin lebar bangeeeeet ke sayaaaaa. Saya speechless, saya starstruck. Kemudian dia balikin kertasnya ke saya yang masih bengong. Untung saya nggak pingsan, saudara-saudaraaaaaaaa.

Sayang, nggak ada yang bisa mengabadikan momen itu, hanya saja, cuma waktu abang senyum lebar aja ngeliat tulisan 'Abang, senyum!' yang tertangkap kamera temen saya.



Tulisan 'Teman Tulus Solo' jadi tulisan yang saya angkat terakhir waktu konser menjelang selesai. Abang lihat dan senyum lagi. Aduh Bang, lemes hati adek malem itu berulang kali eye contact dan disenyumin terus-terusan. Uwu.

Saya seneng dan bahagia banget di konser kali ini. Menikmatinya, nyanyi sekenceng-kencengnya, bahkan sempat menangis terharu waktu Abang nyanyiin 'Monokrom', melepas energi negatif waktu Abang nyanyi 'Langit Abu-Abu', dan berinteraksi secara menyenangkan dengan Abang. Sungguh-sungguh menyenangkan konser kali ini. Saya benar-benar merasa habis terapi yang membuat tubuh dan senyuman saya lebih ringan dari sebelumnya.
Senyum terus ya, Bang! Cr: Dok. Pribadi


Konser yang sudah berjalan 2 jam pun akhirnya selesai, saya bahagia banget ngeliat Abang menyelesaikan tugasnya malam itu. Dan nih yaaa, karena tulisan-tulisan saya yang dia baca di atas panggung, waktu konser bener-bener selesai dan Abang Tulus akan turun panggung, dia sempet nyamperin penonton di area saya, kemudian dia liat saya dan jalan mendekati arah saya. Ini yang saya bikin speechless lagi. Dia mengulurkan tangannya ke saya, mengabaikan tangan-tangan penonton lain yang pengin salaman sama dia agar saya yang bisa salaman sama dia dan bilang,

T: "Kamu ke belakang nggak?" tanya Abang sambil ngeliatin saya yang kemudian malah bengong ditanyain begitu.

NGGAK SIAP ADEK, BANG! HEY!

B: "Hah?!"

Ya maap budheg, karena kaget tiba-tiba ditodong pertanyaan gitu ditambah rame dan saya didorong-dorong dari belakang karena Abang nanyanya sampe nunduk ngedeketin saya dan ngeliat ke mata langsung, mana pas nanya tangan saya masih dipegang. Penonton lainnya pun jadi brutal.

T: "Kamu ke belakang nggak?" abang nanya lagi dengan sabar dan masih ngeliatin. Ya Allah, makin nggak kuat hamba.

Dan saya dengan polos menjawab...

B: "Enggak, bang"

T: "Enggak??"

Setelah itu Abang Tulus pun langsung turun panggung karena keadaan makin nggak kondusif gara-gara pada heboh doi ngajak ngomong fansnya di situ. Saya yang habis dikasih pertanyaan gitu langsung diem doang, nggak tahu mau ngomong apa dan mikir ini maksud pertanyaan Abang itu apa.

Apakah emang karena kebiasaan abis manggung anak-anak TT Solo selalu ke backstage buat ketemu doi kemudian doi bertanya seperti itu? Seketika saya merasa dicariin Abang. Hahaha. Pede bats, tapi ya gitu rasanya.

Kemudian saya jadi kepikiran sama pertanyaannya Abang itu, apalagi dari awal TT Solo emang nggak berniat ketemu Abang. Ditambah waktu konser nyanyi, saya masih merayakan euforianya bersama teman-teman fanbase. Ngobrol dan teriak-teriak bareng karena seneng, ngobrol juga sama TT Jogja yang dateng ke Solo.

Sempet foto-foto juga sama Teh Openg dan bahkan dikasih kertas set list Abang sama air minum sama stage crew-nya Abang. Malam itu, kami semua senang tapi saya tetap kepikiran sama pertanyaannya Abang.

Poto sama Teh Opeeeeng- Cr: Dok. Pribadi

Jadi hiasan di dinding kosan saya sekarang. Heuehu - Cr: Dok. Pribadi


Akhirnya saya pun ngomong sama Moyo dan emang mau lihat sikon aja, kalo bisa ketemu ya ketemu, kalo nggak bisa juga nggak apa-apa. Anak-anak TT Solo lainnya pun juga paham dan nggak menuntut sih. Akhirnya kami memutuskan untuk keluar dari venue dan nyari minum sambil nungguin anak-anak yang Meet and Greet.

Hanzel yang ikut Meet and Greet pun ngewasap saya minta untuk ditungguin dan dibelikan minum dulu. Akhirnya, entah kerasukan apa, saya langsung berpikir cepat dan minta tolong Hanzel buat bilang ke Kak Tiur, bolehkah TT Solo ketemu Abang soalnya tadi ditanyain.

DAN ALHAMDULILLAH PUJI TUHAN BOLEEEEEEH.

Kami yang sudah di luar venue pun langsung lari-larian masuk lagi dan diarahin sama Hikmah salah satu anggota TT Solo yang ikut Meet and Greet ke area para fans ketemu Abang. Kemudian ketemu juga sama salah satu panitia yang kemudian mengarahkan kami ke Abang Tulus.

Karena nggak menyangka bakal ketemu Abang, saya pun bergumam di hadapan temen-temen bilang,

"Aku cuma mau peluk Abang udah. Mau peluk dia, mau peluk dia, mau peluk dia,"

Masuk ke area itu kemudian disambut candaan Kak Tiur yang menggelegar kayak biasa.

"Haloooooo, aaaah kalian lagiiiii, ayo sini sini mendekat," kata Kak Tiur.

Kami pun akhirnya sempat mengantre nunggu giliran orang-orang yang beli tiket Meet and Greet. Para panitia pun juga keliatan semringah gitu ngeliat kami dateng. Sampe ada yang ngebantu pegangin HP kita buat ngerekam dan fotoin kita saat lagi sama Abang.

Saat giliran TT Solo tiba, Abang pun nyambut kita dengan senyum lebarnya, dia bahkan peluk kami satu-satu dan ngucapin terima kasih karena sudah dateng ke konsernya.

"Halo semuaaaa, apa kabar? Terima kasih ya sudah datang. Tadi saya lihat kalian mencar-mencar ya?" kata Abang. Bener-bener ya, Abang ini kayaknya emang apal sama anak-anak TT Solo, sampe dia tahu ada satu anak yang mencar karena ketinggalan barisan kami waktu open gate. 

Terus, karena Abang terlihat lelah dia pun langsung ngajakin kita semua foto-foto. Di sini nih, Kak Tiur sempet mau ngerjain kita, dia bilang ke Abang kalo kita mau nyanyi Labirin Javanese Version.

Tapi nggak jadi karena disanggah sama kami dan Abang juga maunya foto aja, dia terlihat buru-buru karena ya kayaknya emang pengin segera istirahat setelah capek nyanyi dan Meet and Greet sama 50 orang.

Setelah foto-foto, Abang pun pamit, kami TT Solo juga pamit dan berterima kasih karena udah dikasih kesempatan buat ketemu. Tak lupa kami juga ngucapin selamat atas perjalanan kariernya dan menunggu karya-karya dia selanjutnya.

Kita bahagia, meski tak ke mana-mana~ - Cr: Dok. Pribadi

Kemudian, kami rombongan sirkusnya Tulus ini pun keluar dari venue dengan perasaan yang luar biasa seneng banget. Kita keluar sambil ngungkapin perasaan masing-masing karena dari awal kita nggak berharap bisa ketemu Abang. Eh, malah dicariin kan tadi.

Senang! Senang banget karena Abang sebaik itu. Nggak cuma Abangnya sih, segenap tim dan dari pihak Rajawali Indonesia juga baik banget sama kami anak-anak TT Solo.

Pun setidaknya, kekecewaan saya di Konser Monokrom TULUS Bandung terbayar tuntas di Tur Sewindu TULUS Solo yang luar biasa memuaskan dan membahagiakan.

Dan akhirnya, perjalanan panjang dan melelahkan untuk konser Tur Sewindu TULUS Solo selesai juga malam itu. Seketika, saya juga merasa puas dan senang bisa turut membantu sedikit dengan adanya promo tiket itu, senang bisa menjadi bagian kecil dari konser Abang kali ini dan lebih senang lagi karena kami juga menjadi bagian dari perjalanan karier Abang yang dia juga ingat.

Senang, senaaaaaaaangg banget. Malam itu juga, akhirnya saya juga bisa peluk dia. Bahkan Abang duluan yang meluk saya kuenceng banget tapi hangat, sampe saya nggak bisa ngomong apa-apa lagi saat itu. Udah telanjur senang dan terharu juga karena saat itu saya ngerasa disayang banget sama Abang. Huhu.

Berakhir sudah keriaan kami malam itu, tapi untuk mendukung perjalanan Abang, saya dan TT Solo tidak akan pernah berhenti. Kami akan selalu ada di tiap langkah Abang, menunggu karya-karya barunya dan kedatangannya di Solo. Terlebih, di atas panggung dia juga udah bilang sedang bersiap untuk album ke-4. Woohoo! Bener-bener nggak siap.

Teruntuk Abang Tulus kesayangan kami semua, selamat Sewindu, selamat sudah mencapai tahun ke delapan dalam berkarya. Semoga bisa merayakan lagi di umur-umur lebih panjang nantinya. Terima kasih sudah mau mengenal Bulan dan TT Solo sedemikian rupa, terima kasih sudah mengizinkan kami ada di perjalanan musikmu. Terima kasih dan tetaplah menjadi Abang yang seperti ini.

Terima kasih banyaaaaak!

Aku sayang kamu, Bang. :)

***
Waw, ini menjadi tulisan terpanjang saya selama nge-blog nih. Terima kasih teruntuk kalian yang membaca sampai di paragraf ini. Sungguh kalian kuat membaca fangirl alay ini sampai di sini, semoga berkat melimpah sampai di hidup kalian, ya.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Kolom komentar terbuka untuk kalian yang pengin ngehujat sampe ngeghibahin saya! :)

Bonus foto saya dipeluk manjyah Abang - Cr: Rajawali Indonesia.


Thank you for reading! God bless you all!

Komentar

  1. Mengenai komentar harga tiket yang mahal sih, sebetulnya itu cuma komentar dari anti-fans aja, hahahaha. Kalo memang sudah/suka nonton konser langsung, apalagi barisan paling depan, beuh udah pasti paham berapa range harga tiketnya rata-rata.

    BalasHapus
  2. Ya Allah beruntungnya Tulus punya base fans yang luar biasa sayang ke dia yaaa hehe. Soalnya orgnya juga gak banyak drama dan karyanya oke2, tipe pesohor yang saya suka juga mbak. Huwwaaa senengnya bisa dicayang2 ma Mas Tulus. Gak sia2 yaaa beli tiket sebulan sebelumnya hehe

    BalasHapus
  3. Kayanya blognya mbul = blognya Tulus.
    Hhiiihii...aku suka Bul.
    Kamutu totalitas banget kalo suka sama Tulus. Dan aku gak seberani kamu untuk menuliskan penyanyi kesukaan, karena aku sukanya masih gonta-ganti.

    Aku baca sampai habis loo, Bul...saking serunya.
    Aku kan bucin juga...tapi belum bisa se-totalitas kamu, cantik...

    Sukses terus, Tulus!

    BalasHapus
  4. Asli fotonya cakep banget kak! Bulan Desember atau November nanti tulus di sini jadi pengin nonton juga ngerasain atmosfirnya hehe dan emang belinya kudu jauh2 bhari biar murahan dikit. Ini konser elegan ya, beruntung sekali Tulus punya fans yang sekece2 ini

    BalasHapus
  5. Pokoknya kalo udah bucin mah rela drama dan rela rempong demi idola yaa Bul hhi. Sebagai sesama bucin ku mendukung itu wkwk.. aaaw dipeluk manjyah sama abang tulus aku baper lihat fotonyaaa. Gemaaaash

    BalasHapus
  6. Whuaaa bahagia banget ditodong langsung sama abang Tulus dspat bonus pelukan juga, baca cerita Bulan ini kebayang dagdigdugnya ikut nyiapin konser Tulus dan menghadapi netijen yang mahabbenar

    BalasHapus
  7. sebagai fans garis keras, kak Bulan sudah tidak diragukan lagi dan sangat mumpuni. Pasti banyak sukanya dari pada dukanya ya kak> apapun dijabanin demi ketemu sang idola. sungguh haqiqi sekali

    BalasHapus
  8. Ternyata ada fans nya juga iya, harga tiketnya lumayan juga kak. Tpi untuk fans mah langsung di sikat..

    BalasHapus
  9. Aku paling suka lagu tulus yang judulnya Pamit.
    Itu sangat menyentuh hati aku.
    Coba deh tur solonya ke bekasi. Langsung nonton deh aku

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer