ROAR+ Cancer Seminar (The Day)


Beberapa minggu yang lalu, gue udah ngepost tentang ROAR+ Cancer Seminar di sini, dan kali ini gue pengen ngepost laporan tentang acaranya tersebut yang udah berlangsung tanggal 26 Oktober 2013 kemaren, semoga gue ga lupa sama detail acaranya. Secara, memori otak gue itu kayak memori otaknya ikan dori yang gampang banget lupa sama apa aja kejadian yang udah gue alami. Jadi, gue bakal ceritain garis besar acaranya aja di sini, biar peserta yang udah pada dateng ga ngerasa rugi udah ikutan kalo acaranya itu ternyata dikupas sedetail-detailnya di sini. Hehehe *alibi bertebaran* *yasudahlah*


Jumat, 25 Oktober 2013. H-1 ROAR+ Cancer Seminar. 
H-1 Seminar, kita semua mempersiapkan semua yang perlu dipersiapkan kayak tempat seminar, sound, kabel-kabel, job desk masing-masing panitia, dan segala macemnya. Malem itu, semua panitia (member dan  volunteer ROAR+ Project) mempersiapkan semuanya di tempat seminar yang bertempat di Balaikota Semarang. Sejujurnya, yang lebih banyak kerja itu tentunya para member AIESECnya, dan volunteersnya? lumayan gabut pas persiapan saat itu, kita bantu seadanya dan semampu mungkin dan ya itu...tetep...yang paling pusing ya member AIESECnya. Hehehe. *maapkan kami* *sembah para OC dan membernya*. Dan dari kegabutan itu menghasilkan....

Wehehe.
Itu yang belakang panitia ya, jangan dikira aneh-aneh..
Akhirnya, segala macem yang udah dibutuhin buat seminar besok pun udah selesai, semua panitia udah kebagian job desknya masing-masing, dan gue kebagian yang menyambut *cieliah bahasanya* peserta dateng dan ngasih seminar kit sama snack. Dan kita baru bener-bener selesai persiapan pukul.23.00, malem itu. Lumayan capek karena kita juga banyak ngalay dan ketawa-ketawa barengnya, padahal besok pagi udah harus sampe tempat seminar pukul 05.30. Mehehehe. Yaudah, malem itu kita semua pulang dan langsung istirahat biar besoknya ga dateng telat. 

Sabtu, 26 Oktober 2013. The Day! 
Pagi itu dengan segala usaha gue berhasil bangun pagi pukul 04.30, walaupun masih dalam keadaan teler karena malemnya gue baru sampe rumah pukul 23.45 dan masih maenan twitter sampe pukul 01.00 *mringis*. D'oh ngantuknya ga kira-kira, doa pagi pun masih sempet ketiduran juga pas itu, abis doa pagi pun langsung deh gue lanjut mandi. Sengaja pagi itu gue ga mandi pake air anget, tujuannya sih biar cepet melek dan seger dan alesannya gue juga males bikin air anget di pagi buta itu. Jadi hardcore ajalah pagi-pagi kayak gitu mandi pake air yang dingin banget dan emang worth it banget buat gue yang saat itu emang lagi teler-telernya. Mehehe. 
Abis mandi langsung deh gue dandan cantik, pake seragamnya ROAR+ Project yang kece abis dan mempersiapkan barang-barang yang sekiranya perlu dibawa buat di seminar ini, langsung cus berangkat deh ke Balaikota Semarang. Gue nyetir motor gue pelan-pelan sambil menikmati kota Semarang di pagi hari, dan akhirnya sampe di Balaikota pun pas pukul 05.30, waktu gue sampe belom ada tanda-tanda kedatangan dari panitia laennya. Tempat seminar yang nantinya dipake masih sepi banget, dan akhirnya gue memilih buat nunggu panitia-panitia laennya di luar. Nunggu sampe pukul 06.00 udah ada panitia laennya dateng dan akhirnya kita masuk ke tempat seminarnya, eh ternyata di dalem daritadi itu udah ada beberapa panitia yang udah dateng duluan. Dih, ngapain coba tadi gue ceng'o sendirian di luar kalo di dalem udah ada beberapa panitia laennya. Geeezz --". 
Singkat cerita, semua panitianya udah kumpul. Sebelom semuanya mulai kerja di job desknya masing-masing, kita memulai pagi dan acara itu dengan berdoa bersama, abis berdoa bersama pun kita sempet briefing lagi untuk saling mengingatkan tugasnya masing-masing di seminar ini, dan mengingatkan segala macem laennya supaya acara ini berjalan dengan lancar. Karena masih ada waktu sebelom open gate, kita panitia pun sempet bercanda-canda bareng, terus foto-foto bareng *tetep ya*. 

Kece kaaann, ini belom semua panitianya lhoo :p
Sebenernya masih banyak foto-foto narsis laennya yang kita buat pagi itu, tapi biarlah itu menjadi rahasia para agent ROAR+ Project dan gue takutnya kalo gue kebanyakan nampilin foto-foto narsis, nanti para pembaca jadi ga napsu ngelanjutin baca postingan ini karena takut kalah kece sama wajah-wajah para panitia seminar ini :p. Abis foto-foto asik langsung deh semuanya fokus sama job desknya masing-masing, dan gue pun juga udah stand by di depan pintu buat nyambut para peserta yang dateng. 

Selamat datang..
Dan ga kerasa, waktu udah menunjukkan pukul 08.00, waktunya untuk open gate dan beberapa peserta pun udah ada yang dateng. Gue melaksanakan tugas gue sebaik mungkin menyambut peserta-peserta yang dateng. Peserta yang dateng lumayan banyak dan itu bikin kita para panitia sumringah bin semangat buat kerja maksimal di seminar kita pagi hari itu. Singkat cerita, udah pukul 09.00 dan udah waktunya close gate. Semua panitia pun langsung masuk ke dalem gedung dan seminar ini pun segera dimulai. Nih penampakan dari peserta-peserta yang dateng, Puji Tuhan lumayan banyak pesertanya :))

Praise the Lord :))

Sebelom masuk ke acara intinya, ada sambutan dari President AIESEC yang cantik jelita, Kak Anindya Kusuma Putri :)) 

Canteeekk khaan :D
Abis dari sambutan dari President AIESEC, ada juga sambutan dari OCP atau lebih tepatnya Ketua Panitia ROAR+ Cancer Seminar, Jeffry Septianus Mambang *nama belakangnya agak ambigu, ya?*

Kece ya?. Iya. 
Nah abis semua 'pejabatnya' AIESEC sambutan, langsung deh masuk ke acara intinya yang mengupas tuntas  tentang penyakit kanker. Oh ya, acara ini tentunya ada MC-nya dong, dan MC-nya pun ga kalah gokil sama panitia-panitia ROAR+, yaitu Kak Dewa dan Kak Puput yang di mana Kak Puput ini adalah salah satu volunteernya ROAR+ juga dan emang jago banget kalo disuruh ngoceh. Mehehehe. Buat MC, sayang banget gue cuma nemuin fotonya kak Puput doang, gue ga nemuin fotonya Kak Dewa. Ehehehe. Maafkan gue eaaa :p
Imut-imut kan MC-nyaa :))

Sesi I 


Sesi yang pertama ini dibawakan oleh Dr. Dra. Hastaning Sakti, M.Kes, ibu-ibu gaul dengan dandanan yang ngehits abis ini membawa sesi pertama dengan seru. Beliau membawa materinya dengan asyik dan mudah diterima sama kalangan anak muda. Beliau menjelaskan segala hal tentang kanker, dari penyebab-penyebab sampe pencegahannya, dan juga menjelaskan kalo psikologis manusia itu juga bisa mempengaruhi sel kanker yang ada di tubuh itu tumbuh dan menjadi penyakit yang berbahaya. Beliau juga mengajarkan peserta-peserta yang dateng itu gimana cara menyembuhkan diri sendiri dari sakit dengan kekuatan psikologis. Waktu itu beliau mencontohkan, misalnya kita lagi sakit kepala atau perut padahal kegiatan kita yang penting masih banyak, coba duduk diem untuk sejenak, rasakan rasa sakitnya terus sentuh dengan pelan, kalo sakit kepala ya yang dipegang kepalanya ya bukan dengkulnya :p. Setelah disentuh, sugesti tu penyakit dengan kata-kata yang lembut nan halus, contoh >> "Hei, kepala...tugasku masih banyak, pekerjaanku masih numpuk, dan harus dikerjakan sekarang juga, tolong dong bersahabat sedikit ya...sembuh..sembuh..sembuh" nah kata-kata kayak gitu yang bisa membuat penyakit itu 'sadar' kalo dia 'mengganggu' kita dan pasti sembuh kok, Bu Hasta ini sering banget melakukan sugesti kayak gitu dan hasilnya memang selalu sembuh dan ga perlu minum obat-obatan. Kalo ga percaya bisa dicoba sendiri kok, guys. Tapi ga semua penyakit ya bisa menggunakan metode kayak gini, paling penyakit-penyakit yang ringan aja, terutama ya kayak sakit kepala yang sering kita alami ini. Dan 45 menit udah berjalan, Bu Hasta pun menyelesaikan materinya, menyelesaikan tanya jawab dari peserta juga dan harus segera pergi lagi karena beliau sudah ada janji di tempat laen, sesi pertama berakhir dengan sukses. Puji Tuhan. :D

Sesi II 



Nah, untuk sesi kedua ini dibawakan oleh Cahyaning Puji Astuti, AMKeb, leadernya CISC (Cancer Information and Support) Suluh Hati Semarang. Dan materi yang beliau bawakan ini tentang membantu orang laen untuk berjuang melawan kanker. Dan ternyata beliau ini juga survivor kanker, dan gue lupa beliau pernah mengidap kanker apaan. Di sini beliau sharing banyak tentang perjuangannya melawan penyakit kanker, selain itu beliau juga sharing tentang makanan dan minuman yang bisa memicu sel kanker untuk tumbuh dan menjadi penyakit yang mengerikan dan ini cukup bikin gue takut, karena di slidenya Bu Naning ini menampilkan makanan-makanan kesukaan gue -__-". Selain itu, beliau juga sharing tentang penyakit-penyakit kanker yang sering diidap oleh masyarakat Indonesia, dan saat itu juga beliau menampilkan video tentang seorang pemudi bernama Cecilia yang mengidap penyakit kanker lidah, lumayan miris nonton videonya, kalo penasaran nih linknya >> Cecilia, Pengidap Kanker Lidah, dan selaen Cecilia juga ada video tentang orang yang mengidap penyakit kanker paru-paru yang ga kalah mirisnya pas ditonton, dan penyebab utama dari penyakit kanker paru-paru ini adalah ROKOK!, jadi ga salah deh kalo gue ini super duper hatersnya rokok yang ga ada guna dan manfaatnya buat kita, tuh buktinya barang laknat itu adalah penyebab utama penyakit kanker paru-paru. Dan sedihnya, ga cuma menyerang perokok aktif doang, tapi perokok pasif pun bisa kena sakit ini gara-gara menghirup asep rokok tersebut. Jadi, biarpun (katanya) rokok ini enak dikonsumsi, tapi ga menghasilkan sesuatu yang positif mending dijauhin aja, hidup sehat itu lebih enak daripada hidup penyakitan kok, apalagi sakitnya gara-gara kebodohan sendiri. Duh...duh...gimana, masih mau ngerokok? :)).
Singkat cerita, akhirnya sesi kedua ini selesai dengan sukses dan banyak banget peserta yang tanya jawab ke Bu Naning. Puji Tuhan :D 

Nah, sebelom berlanjut ke sesi yang ketiga, kita semua pun beristirahat sejenak untuk makan siang dan sholat. Dan saat makan siang ini, kami panitia mempersembahkan hiburan untuk para peserta, yaitu grup perkusi dari Fakultas Psikologi Universitas Katholik Soegija Pranata Semarang, namanya Psikoplak dan penampilan mereka keren abis! :) 

Performance Psikoplak :))
Semua makan siang ditemenin performancenya Psikoplak, mereka membawa tiga lagu dan (lagi-lagi) gue lupa lagu apa aja yang mereka bawakan. Yang pasti performance mereka itu asyik banget, unik, dan enak didenger. Selagi para peserta masih makan siang dan sholat, panitia pun juga pada makan siang, ada juga yang sibuk ngurusin sertifikat seminar yang nantinya harus dibagikan untuk para peserta 

Behind the scene pembuatan & pencetakkan sertifikat seminar :)
Lumayan stress mereka yang bertanggung jawab nyetak sertifikat. Hahaha. Karena lumayan banyak sertifikat yang harus dicetak dan ga boleh salah ketik satu huruf pun buat nama-nama peserta yang hadir. Tapi berkat kegigihan mereka, Puji Tuhan sertifikat udah jadi semua tepat waktu. Kewl! :)). 

Sesi III


Setelah makan siang, sesi pun mulai dilanjutkan lagi, sekarang masuk sesi ketiga dengan narasumber Dr. Santosa, Sp.PD,KHOM,FINASIM, dokter spesialis kanker. Di sini beliau mengupas penyakit kanker lebih dalam lagi dan sesuai dengan bahasa kedokteran, untuk sesi yang ini jujur aja gue lagi ga ada di tempat. Gue lagi ada di luar ruangan karena gue kedinginan duduk berlama-lama di dalem ruangan yang suhu ACnya rendah ga kira-kira. Gue emang lemah sama udara dingin, makanya gue memilih keluar ruangan buat ngangetin badan gue. Hehehe. 
Yang pasti, di sesi dengan narasumber dokter spesialis kanker ini, membahas semua detail-detailnya tentang kanker di dunia kedokteran, dan Puji Tuhan lagi sesi ini berjalan dengan lancar dan ada banyak pertanyaan juga dari para peserta. Hehehe. 

Sesi IV 

Eh, itu ada Kak Dewa MC partnernya Kak Puput :p

Daaan, ini dia sesi yang terakhir. Di sesi keempat ini, AIESEC menghadirkan seorang survivor kanker. Survivor kanker itu adalah, orang yang berhasil sembuh total dari penyakit kanker yang pernah mengidapnya dan sekarang bisa hidup sehat seperti masyarakat kebanyakan. Survivor kanker ini bernama Johan, dan lagi-lagi di sesi ini gue masih dalam proses menghangatkan tubuh gue di luar ruangan, jadi gue ga begitu tau apa yang udah Mas Johan bagikan saat itu *maafkan maafkan*. Yang gue tau dari temen-temen panitia laennya, Mas Johan ini adalah survivor dari kanker testis *kalo ga salah denger :/* sama kayak kanker yang diidap Jerry Lolowang, atlet basket NBL Indonesia yang pernah gue bahas di postingan gue yang ini >> Be Strong, Jerry!. Dan Mas Johan ini juga sempet ngasih quotes buat kita semua "Kalau kamu sakit, jangan terus patah semangat. Tapi harus tetap semangat!". Semangatnya Mas Johan ini memang pantes ditiru kok, buktinya dia sekarang udah sembuh total dan bisa hidup sehat kayak kebanyakan orang. :)

Dan dengan selesainya Mas Johan berbagi, itu tandanya ROAR+ Seminar Cancer hari itu sudah selesai. Yeah, semua acara berjalan dengan lancar, sesuai rencana, dan tepat waktu. Setelah semua narasumber selesai membawakan materinya masing-masing, mereka pun berfoto bersama President AIESEC dan OCP ROAR+ Project sebagai penutup dan ucapan terima kasih dari panitia. Dan setelah itu peserta pun boleh meninggalkan tempat untuk pulang! :)


Wuhuu! Puji Tuhan banget seminar kita berjalan dengan sukses walaupun masih ada beberapa kekurangan yang mesti kita perbaiki bareng-bareng, tapi setidaknya acara besar ROAR+ Project yang pertama ini berjalan dengan baik, praise the Lord :)). Setelah semuanya selesai, semua panitia pun melakukan evaluasi buat acara kita yang satu ini, semuanya tersenyum puas dan lega udah menyelesaikan seminar hari itu, dan diharapkan kekompakkan dan kesuksesan ini terus kita bawa untuk acara-acara berikutnya. Gue pun ikutan seneng walaupun kontribusi gue masih sedikit banget, tapi setidaknya kesuksesan kita kali ini adalah kesuksesan kita bersama, bukan kesuksesan setiap individu :)). 

Terima kasih untuk semua peserta yang sudah dateng, terima kasih untuk panitia ROAR+ Cancer Seminar yang gokil-alay-konyol ini, semoga kita bisa bikin acara gede yang lebih keren dan lebih sukses lagi daripada yang ini. Terima kasih buat para volunteer buat kebersamaan dan kekompakkannya, jaga terus kebersamaan kita sampe kapanpun. Special thanks buat para OC-OC dan member AIESEC yang kerjanya amat sangat luar biasa, maafkan para volunteer yang belom bisa bekerja dengan baik dan bisanya malah menyusahkan kalian. Dan maaf banget kalo gue kurang detail ngepost acara kita ini, dan maaf juga karena #Latepost banget buat acara kita kali ini, maklum schedule manggung gue padet minggu-minggu ini :p *ahayy*
Ga ada yang bisa gue ucapin lagi selain terima kasih dan maaf buat kalian ROAR+ Project! kalian luar biasaaa, semangat buat project kita selanjutnya! :)) :* ({})

Gue cukupkan postingan gue kali ini, terima kasih sudah membacanya, semoga bisa menjadi berkat untuk siapapun itu yang membacanya. 

Thankyou and Godblessya all! 





This post dedicated for : ROAR+ Project 2013! :*


Pictures by : @AIESECUNDIP &  Volunteer's Facebook.



Komentar

Postingan Populer