Be Strong, Jerry!

Get Well Soon Jerry Lolowang!

Beberapa minggu yang lalu, gue dikagetkan dengan adanya berita tentang Jerry Lolowang yang menderita penyakit kanker di Twitter. Eh, iya, belom tau siapa Jerry Lolowang? jadi, Jerry Lolowang itu adalah salah satu pemain basket NBL Indonesia (National Basketball League) yang dulunya bermain di tim Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga (yang sekarang berubah nama jadi Satya Wacana Metro LBC Bandung, baca >> Satya Wacana Pindah Bandung) dan pada akhirnya harus pensiun dini karena harus lebih fokus ke penyembuhan penyakit kanker yang dideritanya sekarang ini. Ko Jerry ini menderita kanker testis, biar lebih jelasnya baca link berita-berita yang gue ambil dari kompas.com ini aja, gue enggak tega kalo harus ngejelasin juga :(( 
>> Jerry Lolowang Berjuang Melawan Kanker Testis , Jerry Lolowang Tidak Kaget Ketika Dinyatakan Menderita Kanker , atau bisa googling aja karena beritanya udah cukup banyak menyebar di media sosial. Jujur yah, gue amat sangat kaget begitu tahu tentang berita ini. Yah ga nyangka aja, kalo atlet yang notabene hidupnya pasti sehat, masih aja bisa kena kanker, dan terus gue pernah ketemu sekali sama Ko Jerry, gue masih inget banget tanggalnya, yaitu tanggal 5 November 2011, di acara coaching clinic yang diadakan oleh event basket pelajar tahunan yang namanya ASOV Cup, di GOR Sahabat Semarang. Ko Jerry mungkin lupa gue peserta coaching clinic yang mana karena waktu itu emang pesertanya lumayan banyak dan kita semua ga sempat perkenalan satu persatu. Di coaching clinic itu Ko Jerry lah yang memimpin latian kita saat itu dan gue lihat Ko Jerry itu masih dalam kondisi yang amat sangat sehat walafiat selayaknya atlet-atlet basket pada umumnya. Dan Ko Jerry itu amat sangat ramah, humble,baik, disaat dia memimpin kita coaching clinic dan gue inget juga kalo Ko Jerry itu sempet ngasi kata-kata motivasi tentang menjadi pemain basket yang tangguh buat para peserta coaching clinic. Entah kenapa, walaupun gue baru sekali ketemu Ko Jerry, gue ngerasa kalo Ko Jerry ini bener-bener orang yang amat sangat baik, dan gue paling suka waktu coaching clinic selesai, gue yang ada di pinggir lapangan ngeliat Ko Jerry dengan wajah yang sumringah bin bahagia itu main basket bareng anak-anak kecil yang siang itu ada sesi latian klub, dan itu berhasil bikin gue ikutan senyum ngeliat Ko Jerry main sama anak-anak kecil yang lucu :)). Dan FYI aja, Ko Jerry itu adalah Duta Kanker Anak Surakarta lho, bisa deh dicek video yang udah dibuat Ko Jerry buat anak-anak penderita kanker di Indonesia khususnya di Surakarta >> Duta Kanker Anak Surakarta. Keren yah :'))

Gue sedih, iya gue ikutan sedih begitu tau kalo Ko Jerry ini menderita kanker dan enggak tahu kenapa, gue ngerasa harus ikutan peduli sama Ko Jerry walaupun yang saat ini gue bisa lakukan hanyalah mendoakan Ko Jerry disetiap doa gue. Iya, gue belom bisa ngasi apa-apa buat kesembuhan Ko Jerry, entah itu uang atau hal lainnya karena keterbatasan gue juga, yah selain doa yang bisa gue lakukan adalah share tentang apa yang dialami Ko Jerry ini sama semua orang yang gue kenal atau share di sosial media dan berharap ada yang membaca dan hatinya tergerak buat bantuin Ko Jerry. Gue harap itu bisa membantu walaupun ini hanya tindakan yang bener-bener sederhana banget. :))
Tapi, dari apa yang dialami sama Ko Jerry ini gue dapet banyak banget pelajaran berharga yang bisa gue ambil dan dijadikan sesuatu yang bisa disyukuri. Dari sakitnya Ko Jerry ini banyak banget hal-hal positif yang bisa gue ambil meskipun dalam keadaan yang terburuk sekalipun. Iya, pertama, karena yang gue lihat ketika Ko Jerry ini sakit, begitu banyaaaaakkk banget dukungan yang mengalir buat Ko Jerry, entah itu dari fans-fansnya, temen-temennya sesama pemain basket, idola sepanjang masa gue Denny Sumargo dengan We Care and Share nya, artis-artis ibukota, sesama pecinta Juventus ( Ko Jerry fans die hardnya Juventus :p :) ), bahkan orang-orang yang ga mengenal Ko Jerry pun turut ikut membantu dan bergerak untuk mensupport Ko Jerry. Gue bener-bener kagum, dan ini membuat gue semakin percaya dengan hukum tabur tuai. Mungkin, selama Ko Jerry belom sakit, Ko Jerry itu adalah orang yang baik banget sama siapapun, orang yang menyenangkan buat orang lain, yah jadi istilahnya Ko Jerry ini udah menabur banyak kebaikan dan pada akhirnya juga, Ko Jerry juga menuai kebaikan juga dari orang-orang di sekitarnya. Gue jadi membayangkan betapa baiknya Ko Jerry ini sama orang lain sampe-sampe sekarang ini dia mendapatkan banyak banget dukungan dari siapapun. Orang-orang yang peduli ini banyak banget melakukan berbagai macam cara untuk bisa membantu Ko Jerry, entah itu melakukan charity, melakukan lelang jersey basket, jersey sepakbola, melakukan pertandingan amal, lalu NBL Indonesia yang juga menyerahkan semua uang hasil penjualan tiket Final Pre-season NBL Indonesia beberapa minggu yang lalu untuk membantu pengobatan Ko Jerry, ada juga yang ngamen bareng. Banyak banget deh acara-acara penggalangan dana buat Ko Jerry ini dan sempet bikin gue terharu juga sebegitu pedulinya mereka sama Ko Jerry ini. 

Yang kedua, dari apa yang dialami Ko Jerry ini, gue disadarkan lagi, bahwa sebenarnya zaman sekarang ini di mana maraknya kriminalitas, korupsi, dan segala kecurangan yang ada di Indonesia, ternyata masih banyak banget orang yang mempedulikan orang lain, masih banyak banget orang yang punya hati untuk mau membantu orang lain, masih banyak banget orang-orang baik yang hidup di Indonesia ini. Karena selama ini gue lebih sering melihat orang-orang yang egois bin serakah bin individualis banget, begitu melihat banyaknya dukungan buat Ko Jerry, pikiran jelek gue tentang manusia Indonesia berubah. :)) 

Ketiga, ini yang gue dapet dari Ko Jerry nya sendiri. Gue kagum sama semangatnya Ko Jerry buat melawan penyakitnya. Dia memang suka share kondisinya di Twitter dan Facebooknya, semua tentang penyakitnya dia ceritakan se-terbuka mungkin. Dan dari cerita-ceritanya itu, ga pernah satu kalipun gue membaca ceritanya, kalo Ko Jerry ini ga ada semangat sama sekali, malah semangatnya melebihi orang sehat. Dia bener-bener berjuang sekeras mungkin untuk melawan penyakitnya tanpa mengeluh, malah lebih banyak bersyukurnya. Gue ga ngeliat satu pun kalimat yang menunjukkan dia sedih atau terpuruk, malah masih bisa bercanda dan membuat orang lain tertawa, Ko Jerry ini santai banget menghadapi penyakitnya, dia ga takut apalagi gentar sama sekali terhadap penyakitnya. Ko Jerry malah masih bisa menginspirasi banyak orang, memberi motivasi buat orang-orang yang mungkin sama-sama menderita sakit kanker untuk terus berjuang jadi survivor. Jujur, gue jadi kagum banget sama pribadinya Ko Jerry yang bener-bener optimis dan penuh rasa syukur. Apalagi Ko Jerry ini bener-bener percaya dan berserah semuanya pada Tuhan, Ko Jerry ga marah atau kecewa sama Tuhan karena adanya penyakit kanker testis ini di tubuhnya, dia memandang semua permasalahannya dengan positif. Ini kalimat yang Ko Jerry buat waktu dia masih bisa online di media sosial. 

"Cancer can beat my body. 
But not my spirit and my soul. 
I just can die. Everybody die. But I can't give up"
- Jerry Lolowang-

Gue baca ini di Facebook dan Twitternya. Sebenarnya masih banyak banget kalimat-kalimat yang dibuat Ko Jerry, tapi kalimat inilah yang bener-bener bikin gue jadi  kagum, dan respect banget sama Ko Jerry. Gue jadi ikutan terinpirasi sama Ko Jerry, gue kagum dengan gimana caranya dia mengahadapi permasalahan hidup yang ada, gue kagum gimana dia masih bisa bersyukur di kondisi dia yang mungkin bener-bener down, gue kagum gimana dia memandang masalah dengan sisi positif dan sebaik mungkin, gue kagum gimana dia bisa sekuat dan setegar ini menghadapi penyakitnya, gue kagum gimana dia masih bisa tersenyum dan membuat orang tertawa sekalipun dia masih dalam kesakitannya. Dan hidupnya bener-bener berguna buat semua orang di sekitarnya, sekalipun Ko Jerry dalam kondisi sakit. Ko Jerry itu luar biasa :')).

Iya, gue jadi kaguuuuuuummm banget sama Ko Jerry, dan inspirator gue jadi nambah nih sekarang. Padahal awalnya one and only inspirator gue itu Bang Denny Sumargo, tapi sekarang nambah Ko Jerry juga jadi inspirator di hidup gue. Menurut gue, dua orang ini sama-sama istimewanya dengan kisah perjalanan hidup mereka yang berbeda tapi punya banyak pembelajaran buat orang lain. Gue juga seneng bisa belajar banyak dari Bang Denny Sumargo dan Ko Jerry Lolowang, dan berharap suatu saat hidup gue juga bisa berguna juga buat orang laen sama kayak 2 inspirator gue ini. :))
Gue juga ga lupa untuk terus mendoakan Ko Jerry supaya terus ditolong, dijamah Tuhan, diangkatkan sakit penyakitnya, diberi kekuatan dan dicukupkan segala keperluannya. Cepet sembuh Ko Jerry Lolowang, cepet balik ke lapangan basket lagi. Gue yakin banyak orang juga yang terus menanti kesembuhanmu, menantikan Ko Jerry menjadi survivor cancer. Tetep semangat dan berjuang Ko Jerry, Tuhan selalu bersertamu di mana dan kapanpun Ko Jerry berada. Doaku juga selalu besertamu :)).

Gue harap, gue juga bisa se-semangat Ko Jerry dalam melawan penyakit kanker, karena saat ini posisi gue juga menjadi volunteer di sebuah organisasi (AIESEC) yang memiliki project yang fokus kepada pencegahan penyakit kanker dan HIV/AIDS di Indonesia khususnya di kota Semarang. Gue harap, gue bisa membagi cerita survive-struggle nya Ko Jerry ini untuk menginspirasi, memberi semangat, memberi kekuatan kepada semua orang yang entah sudah menderita penyakit kanker ataupun yang belom menderita dan ingin mencegah penyakit ini masuk ke dalam tubuh. 
Dan untuk siapapun yang membaca postingan gue kali ini, semoga hatinya tergerak untuk bisa membantu Ko Jerry, atau minimal bisa saling share aja tentang keadaannya Ko Jerry ini dan turut mendoakannya. Kalo masih ada yang penasaran tentang Ko Jerry, silahkan dibuka Twitternya >> @jerrylolowang atau Facebooknya >> Jerry Lolowang, silahkan cari info sebanyak-banyaknya dan siapa tahu bisa turut saling membantu juga. Kalo pun mau membantu juga bisa menghubungi We Care and Share. We Care and Share ini adalah komunitas yang dibentuk oleh fansnya Bang Denny Sumargo yang memang fokus kepada kepedulian terhadap penyakit kanker dan sejenisnya, penanggung jawab komunitas ini juga Bang Denny Sumargo sendiri kok, jadi ga perlu diragukan lagi itu tipuan apa enggak karena gue juga tergabung di komunitas ini :D. Infonya bisa dibuka di Twitternya>>We Care and Share di sana tercantum nomor rekening yang bisa kita gunakan untuk donasi. Dan donasi untuk Ko Jerry ini masih dibuka sampe tanggal 2 November 2013 nanti. Atau kalo mau ikutan pelelangan jersey basket/ sepakbola juga bisa di We Care and Share. :))

Okay deh, gue cukupkan postingan gue kali ini, semoga postingan gue ini bisa menjadi berkat bagi siapapun yang membacanya. Semoga juga bisa saling membantu dan menolong. Minimal dengan mendoakan Ko Jerry Lolowang ini supaya cepet diberikan kesembuhan sama Tuhan dan menjadi survivor cancer. Amin. :)) 

BE STRONG, JERRY! GET WELL VERY VERY VERY SOON. GODBLESSYOU! :))

Buat Ko Jerry :))


Pictures by : Google, NBL Indonesia.
Sources     : kompas.com, We Care and Share, Twitter, NBL Indonesia. 

Komentar

Postingan Populer