Konser Monokrom TULUS Bandung 2018

Cr - Loket.com

Setelah beberapa hari yang lalu nulis cerita soal nonton konser Kodaline yang bertajuk 'Politics of Living Tour 2019', kali ini saya mau menceritakan tentang pengalaman nonton konser tunggalnya Tulus ikhlas dan apa adanya

Konsernya udah digelar tahun lalu, tapi baru sekarang saya mau menulisnya di blog. Kenapa?

Ya suka-suka saya lah. *lah ngegas*

Ahehe, nggak deng, ini emang cerita udah saya simpen agak lama banget sih, karena mager mau nulisnya dan kemarin-kemarin lagi kehilangan semangat aja buat nge-blog. Nyahahaha.

Karena ini cerita udah agak lama, jadi mungkin ada beberapa detail yang mungkin saya lupa. Ya maklumlah ini konser digelar tanggal 20 November 2018 yang lalu dan saya adalah Sagittarius. FYI, Sagittarius itu zodiak maha pelupa asal ga lupa daratan, jadi mohon dimaklumi.

So, darimana ya enaknya saya mulai bercerita, mari tanyakan pada Dora! *suka-suka penulis. apalo*

***

Mungkin, buat yang pernah baca blog atau follow Instagram saya, udah pada tahu kalo saya ini fans hard line alias garis kerasnya Tulus. Banyak unggahan saya di blog dan Instagram isinya tentang Tulus semua sampe bikin temen-temen saya muak dan dibilang 'Tulus teroooooosssss'.

Atau untuk temen-temen yang sudah kenal saya secara personal paham betul gimana alaynya saya kalo lagi bahas Tulus atau sarapnya saya kalo lagi fangirling abang lewat layar kaca komputer dan gilanya niat serta usaha saya cuma demi bisa nonton gigs-gigs-nya abang.

Tulus is ma loph. Saya bucinnya Tulus. Ahay.

Foto lama sih, cuma mau pamer aja - Dok Pribadi

Sebagai fans garis keras, tentu saya udah pernah nonton konser tunggalnya dong. Konser tunggalnya yang saya tonton itu digelar pada tahun 2014 bertajuk Konser Gajah TULUS.

Dan untuk konser saat itu diadakan di tiga kota, Bandung, Yogyakarta dan Jakarta. Dan saya berkesempatan nonton yang digelar di Jakarta.

Ceritanya juga saya tulis di blog ini kok, silakan kalo mau mampir dulu, itung-itung pemanasan baca tulisan fans hard line-nya Tulus di awal-awal mulai mengaguminya >>> Konser Gajah TULUS Jakarta

Setelah penantian 4 tahun lamanya, akhirnya Tulus menggelar konser tunggal lagi saudara-saudara. Sebagai penggemarnya tentu saya excited banget dong sama konser ini. Karena beberapa kali ketemu dan sempet wawancara doi di satu momen liputan saya, dia selalu jawabnya 'ada sih niatan konser tunggal, belum tahu kapan, ditunggu aja, ya'. Sa ae nih Malih bikin orang penasaran ye khaaann.

Apalagi, biasanya konser tunggal itu biasanya buat memperkenalkan albumnya ya kan, nah ini album ketiga Tulus yang bertajuk Monokrom itu rilis tahun 2016, tapi sampe tahun 2018 mau selesai itu kemarin belum ada tanda-tanda buat ada konser tunggal.

Dan kayaknya doi emang mau bikin kejutan sih buat para penggemarnya, beda dari Konser Gajah TULUS yang udah diumumin tiga bulan sebelum konser digelar, Konser Monokrom TULUS diumumin ke media sosial satu bulan sebelum konser dong.

Waw, mind fuck. Nggak ada angin, nggak ada ujan, nggak keliatan persiapannya, tiba-tiba announce bakal ada konser tunggal buat album Monokromnya ini.

Dan untuk konser pertama Monokrom ini digelar di kota Bandung. Diumumin pertengahan bulan Oktober dan tiket mulai dijual akhir Oktober dengan sistem Presale. Kemudian saya mulai panik karena belum nabung buat konser tunggalnya si abang gemas ini.

Adalah sebuah keharusan bagi saya untuk nonton konser tunggalnya abang kali ini sebagai perayaan udah menunggu momen ini selama empat tahun dan ya sebagai fansnya dong yang jelas.

Karena di Konser Gajah TULUS saya nontonnya secara gratis karena jadi kado ulang tahun saya saat usia menginjak 21 tahun, sekarang untuk menghargai diri sendiri, saya membeli dengan hasil jerih payah saya sendiri. Kalaupun mau liputan, sepertinya bisa-bisa aja sih saya memanfaatkan id card  pers saya.

Tapi karena kali ini saya mau menikmati konser sebagai penonton dan bukan bekerja, maka saya harus membeli tiketnya dong, ya. Dulu saya banci kuis dan giveaway, tapi Puji Tuhan, semenjak udah kerja, udah bisa lah beli tiket konser pake pundi-pundi sendiri.

***

Yang membuat saya seneng banget sama Konser Monokrom TULUS Bandung ini adalah harga tiketnya yang sangat terjangkau sekali. Meski dibagi 3 presale, harganya tetep murah banget, mulai dari yang termurah Rp 100 ribu sampai yang termahal cuma Rp 1 juta. Pusing ga lu.

Iya, saya beneran pusing pas presale tiket mulai dibuka. Saya inget banget presale 1 itu dibuka tanggal 29 Oktober 2018, karena hari itu bertepatan juga sama farewell temen kantor saya yang resign. Jadi, lagi asyik farewell-an, saya minta waktu sejenak dong buat nungguin presale 1 dibuka dan beli tiket. Emang nggak tahu diri saya ini, ya.

Tapi kebahagiaan itu hanya sesaat, saat presale 1 dibuka tepat pukul 17.00 WIB dan saya sudah standby siap-siap sambil berkali-kali refresh laman Loket.com sejak pukul 16.00 WIB apa yang terjadi, kisanak?

SAYA NGGAK KEBAGIAN TIKET. JENG JENG!

Saya telat buka laman Loket.com? Enggak! Orang saya persis banget bukanya pukul 17.00 WIB, gaes.

Ditambah temen saya juga ikut bantuin beliin saya tiket dan mengalami hal yang sama.

Tepat saya buka Loket.com pukul 17.00 WIB, status pembelian semua tiket udah 'Full Booked'.

Woy, ini beli tiket konser apa rebutan barang flash sale di Tokopedia dah, kilat amat habisnya loh. Seriously, itu cuma itungan detik dan saya aja kayaknya belum mengedipkan mata ngeliat laman Loket.com tahu-tahu udah abis aja itu tiket-tiket dari semua kelas.

Wah, gila sih ini fansnya Tulus sekarang, brutal dan membabi buta semua. Banyak banget ternyata yang mau nonton konser tunggalnya doi.

Beda banget waktu saya beli tiket Konser Gajah TULUS Jakarta waktu itu. Saat itu tiket penjualan dibuka satu bulan juga sebelum konser digelar, tapi jauh lebih selo dan santai. Inget banget, saya juga beli tiket di hari pertama penjualan dibuka tanggal 10 November 2014, asli waktu itu santai banget sih, waktu urus administrasi di rajakarcis.com dan tinggal pembayaran, dikasih jeda waktu yang lumayan lama. Wong, inget banget waktu itu saya masih sempat bisa nyelesain transkrip video di tempat magang saya. Mungkin kalo saya nyempetin yoga atau bercocok tanam dulu, saya masih bisa melakukan pembayaran.

Wow, ini hitungan detik, men. Detiiiiikkkkkk.

Seketika saya langsung lemes, shock, sedih, dan panik karena nggak dapet tiket. Abis itu saya kayak orang linglung. Wkwk. Emang kedengerannya goblo' banget sih ya, tapi serius, saya beneran kayak nggak bisa mikirin hal lain selain soal tiket konser ini dan terus-terusan panik berulang kali nge-refresh laman Loket.com berharap ada keajaiban. Temen saya aja sampe keliatan bingung dan terheran-heran liat kelakuan saya sore itu.

Karena yang saya pikirin cuma tiket dan nggak ada yang lain, saya jadi mengabaikan temen saya ini, dia ngomong apa saya cuma 'hah heh hah heh', dia ngajak saya lanjut farewell sama temen-temen kantor yang lain terserah elu dah, dia mau ngapain, bodo amaaaatt. Fokus saya saat itu cuma satu. TIKET KONSER MONOKROM TULUS BANDUNG!!1!1!!

Yasudah, saat itu saya mencoba ikhlas nggak dapetin tiketnya di presale 1. Masih ada presale 2 dan 3, mari kita bertempur lagi.

Singkat cerita, di presale 2 saya nggak kebagian tiket lagi karena sama aja kayak presale 1, itungan detik udah ludes macam flash sale mobil Mini Cooper harga 12 ribu. Di presale 3 saya sempet hopeless dan kayak yang 'yaudahlah kalo nggak bisa nonton, nunggu konsernya entah kapan bakal ada lagi'. Sad.

Nyender abang dulu biar kuat - Dok Pribadi

Dan ya, Puji Tuhan saya dapet sisa-sisa tiket di presale 3 dan udah bodo amat mau dapet kelas apa yang jelas pokoknya saya harus dapet tiket konser ini. Saat itu presale 3 dibuka pukul 18.00 WIB dan masih aja loh cepet-cepetan berburu sama pembeli lainnya.

Kayak yang saya bilang sebelumnya, kalo beli tiket Konser Monokrom TULUS ini enggak sesantai beli tiket Konser Gajah TULUS. Buat beli tiket konser yang kali ini saya cuma dikasih waktu 15 menit buat pembayarannya, kalo lewat dari itu dianggap hangus.

15 menit, mana bisa disambi bercocok tanam ya kan. Mana waktu beli tiket presale 3 ini saya sedang bareng sama temen yang nemenin berburu presale 1 lagi. Apes keknya temen saya punya temen yang hidupnya berkutat sama tiket konser doang. Ehe.

Yaudah, karena lagi bareng sama temen dan nggak ada ATM terdekat juga, saya terpaksa melakukan pembayaran pake kartu kredit. Hadeh. Tapi setelah itu saya bodo amat deng karena akhirnya dapet juga ini tiket konser betzebah setelah bertempur di 3 presale.

HAH!

MAMA, ANAKMU AKHIRNYA BAKAL BISA NONTON KONSER TUNGGALNYA TULUS!

Senin, 19 November 2019

Berangkatlah saya dari Solo menuju Bandung naik kereta api.

Oh, kalo mau nanya saya nonton sama siapa, untuk kali ini saya nonton sendirian karena beberapa temen saya yang juga tergabung di fanbase Teman Tulus pada memutuskan untuk tidak nonton. Bahkan, partner nonton saya di Solo juga memutuskan enggak berangkat, padahal biasanya kalo urusan Abang Tulus, saya selalu ke mana-mana berdua sama dia, udah kayak ibu sama anak deh pokoknya.

Saya adalah orang yang nggak pernah masalah dan bodo amat kalo memang harus nonton konser sendirian. Ya yang bikin saya bahagia itu nonton konsernya, masa iya mau bahagia harus nungguin orang?

Prinsip ini berlaku deng di seluruh aspek kehidupan saya. Saya adalah orang yang nggak masalah melakukan apa-apa sendirian. Dari makan, nonton konser, nonton di bioskop, bahkan jalan-jalan.

EALAH, NGOMONG AJA KALO KAU INI JOMBLO, BUL.

Santay, saudara-saudara. Ehe.

Oke, jadi saya berangkat pukul 13.05 WIB dan akan tiba di Bandung sekitar pukul 23.25 WIB, jadi yaudah di dalem kereta saya menikmati perjalanan aja. Karena ini baru pertama kalinya saya naik kereta di siang bolong dan duduk di sebelah jendela, ternyata panas banget ya, cyin. Saya berasa sunbathing gitu di dalem kereta.

Pukul 23.25 WIB

Setelah perjalanan yang panjang, akhirnya kereta saya tiba di Stasiun Kiaracondong, Bandung. Setibanya di stasiun, saya nggak langsung cabut. Tapi tidur sejenak di ruang tunggu karena saya booking penginapan buat tanggal 20 November 2018, sementara malem itu ganti hari aja belum kan.

Jadi ya udah, karena di kereta juga nggak bisa tidur, saya memejamkan mata sejenak di ruang tunggu sampe hari berganti. Jam segitu di Bandung dingin banget udaranya jadi lumayan enak juga buat istirahat bentar dan tidur, sambil meluk tas ransel saya, abis mau peluk cowok, eh ternyata pacar orang. Wakwaaaaawww.

Akhirnya saya memutuskan cabut dari Stasiun Kiaracondong sekitar pukul 00.20 WIB dan menuju ke penginapan. Saat itu di Bandung saya menginap di penginapan untuk backpacker gitu, namanya Buton Backpacker Lodge Bandung. Jadilah saat itu saya menikmati udara dini hari Bandung untuk menuju penginapan dianterin akang Go-Jek. Romantis kan.

Setibanya di penginapan, saya langsung check in. Yap, selain harganya yang murah banget, ini alasan kenapa saya memilih Buton Backpacker Lodge Bandung untuk menginap, karena mereka bisa check in 24 jam tanpa nunggu pukul 14.00 WIB kayak hotel atau penginapan pada umumnya.

Tempatnya bener-bener enak banget sih buat nginep dan homie banget kayak rumah sendiri, tempat tidurnya kapsul kayak penginapan-penginapan backpacker yang lagi hits juga dan yang paling penting, ada sarapan yang bisa diambil sepuasmu dan atau dimasak sendiri karena di sana ada dapurnya. Oh satu lagi yang paling penting, karena kamar mandinya bersama, tapi bersihnya minta ampun dan nyaman banget dipake meski harus bareng-bareng sama orang lain.

Menginap disini permalamnya cuma sekitar Rp 130 ribu kalo nggak salah. Kapan-kapan deh saya tulis review Buton Lodge Bandung di sini.

Setelah check in, masuk kamar yang isinya ada 6 kasur kapsul saya langsung beberes dan bersih-bersih dengan pelan-pelan biar nggak ganggu pengunjung lainnya yang udah tidur dan kemudian langsung istirahat dengan amazed karena ini pengalaman pertama saya menginap di penginapan khusus backpacker dengan model kamar tidur kapsul begini. Norak all the way!

The DaySelasa, 20 November 2018

Saya baru bisa tidur sekitar pukul 03.00 WIB, tapi sekitar pukul 08.00 WIB saya udah bangun. Begitu bangun saya masih ngulet-ngulet cantik gitu di kasur, mager mau ngapa-ngapain dan cuaca Bandung emang selalu enak sih buat males-malesan gitu.

Nggak lama kemudian saya keluar kamar dan sarapan di ruang makan. Makanannya cukup banyak dan saya sempet bingung mau makan apa. Akhirnya saya memutuskan makan semuanya aja. Saya anaknya emang nggak mau rugi.

Abis makan, keliling-keliling penginapan dulu karena tempatnya asyik banget aslik! Abis itu saya golar-goler di kasur.

Karena penukaran tiket sudah dibuka sejak pukul 10.00 WIB, saya pun sempat berpikir buat mau nukerin tiket dulu siang itu. Tapi karena hasrat golar-goler saya kuat, saya baru bangun buat mandi sekitar pukul 11.00 WIB dan keluar penginapan pukul 12.00 WIB buat menuju ke Sasana Budaya Ganesha, tempat konser digelar untuk menukarkan tiket saya dan seperti biasa, ditemenin akang Go-Jek saya mah.

Tapi ini nih yang tiba-tiba membuat hari tenang saya berubah jadi panik, karena setibanya di Sasana Budaya Ganesha dan udah mau bayar si akang Go-Jek, ternyata dompet saya ketinggalan di penginapan dong. Saya lupa masukin lagi setelah paginya itu saya melunasi transaksi saya di penginapan. Seketika saya panik dong, mana jam sudah menunjukkan pukul sekitar 12.30 WIB, which is saya belum makan siang dan belum juga nyiap-nyiapin segala keperluan buat nonton konser.

Semesta maha baik, saat itu saya dapet driver Go-Jek yang memahami kebodohan saya siang itu. Beliau mau nganterin saya balik ke penginapan dan nantinya balik lagi ke Sasana Budaya Ganesha Bandung lagi tapi secara offline.

Yaudah deh, langsung aja saya dan si akang cus bolak-balik Sasana Budaya Ganesha - penginapan - Sasana Budaya Ganesha. Dan kebaikan si akang Go-Jek nggak berhenti sampe di situ saudara-saudara.

Waktu sampe di Sasana Budaya Ganesha lagi si akangnya nanya,

"Cuma mau tuker tiket aja kan neng? Konsernya belum mulai kan? Mau sekalian pulang ke penginapan lagi nggak?"

*Seketika jantung saya berdetak lebih kencang* *apakah ini yang dinamakan jodoh?* *oh ternyata saya deg-degan karena belum makan* *bodo amat, Bul*

Tiketnya unyu - Dok Pribadi

Tentu saja saya langsung terharu dengan kebaikan si akang padahal udah saya repotin sedemikian rupa mana sistemnya offline lagi. Yaudah, karena akangnya baik banget jadi ya tentu saja saya menerima lamarannya tawarannya dong.

"Yaudah, saya tunggu di sini ya, neng. Di bawah pohon ini" kata si akang. Uw, kapan lagi saya ditungguin cowok di bawah pohon gitu, kan. Secepat mungkin saya tukarkan tiket saya biar si akang nggak lama nunggunya dan Puji Tuhan, antreannya saat itu belum panjang-panjang amat, jadi saya nggak bikin si akang menunggu terlalu lama kayak saya nungguin jodoh.

Karena kebodohan ketinggalan dompet, saya nyampe di penginapan lagi sekitar pukul 14.30 WIB, sementara open gate acara pukul 17.00 WIB dan handphone saya udah lowbatt. Well done, Bul!

Lihat senyumannya abang dulu biar kalem - Dok Pribadi

Sampe penginapan saya langsung gedabrukan nyiapin segala sesuatu buat konser. Tapi saya sempetin makan siang dulu juga biar nggak mati karena nggak ada yang ngingetin.

Abis makan siang, saya langsung matiin handphone biar charging-nya cepet dan mandi lagi. Abis mandi langsung beberes dan ngecek-ngecek barang lagi sebentar lalu order Go-Jek lagi buat berangkat ke Sasana Budaya Ganesha Bandung. Waw, sungguh hectic saya hari itu bak artis metropolitan yang kebanyakan schedule.

Sampai di Sasana Budaya Ganesha Bandung sekitar pukul 16.00 WIB dan antrean di depan gate udah panjang kayak janji-janji mantan. Yaudah deh, karena saya berusaha selo dan menikmati segala hype konser, saya mulai ikut antre meski open gate masih satu jam lagi.

Tapi akhirnya gate dibuka beberapa menit sebelum pukul 17.00 WIB karena saat itu cuaca mendung dan tanda-tanda mau ujan deres gitu. Untuk mengantisipasi para penonton nggak kehujanan, gate dibuka lebih awal dan langsung orang-orang ini kayak pada abis bubaran pabrik, langsung aja heboh masuk ke dalem area venue. Dan puji Tuhannya, saya udah masuk area venue tepat sebelum hujan deres turun. Kasian yang di belakang saya pada kehujanan, mana antreannya masih panjang banget sih itu.

Di area venue, saya nggak bisa jalan-jalan dulu karena orang-orang udah pada heboh lari ke sana kemari buat nyari pintu masuk masing-masing kelas tiket. Saya yang sendirian, celingukan kayak anak ilang cuma buat nyari antrean pintu masuk Festival B di mana. Setelah ketemu, udah panjang lagi aja dong antreannya. Padahal pintu masuk ke venue panggung baru dibuka pukul 19.00 WIB.

Yaudah, masuklah saya ke dalam antrean Festival B dan duduk ngegelesot aja di lantai karena yakalik bakal berdiri dua jam gitu kan. Pintu masuk ke venue emang pukul 19.00 WIB, tapi abang baru bakal bener-bener perform itu pukul 20.00 WIB. Kebanyakan nunggu kan, berasa Raisa deh.

APALAH ARTI AKU MENUNGGU BILA KAMU, TAK CINTA LAGI....

Ok, maap, beda konteks, ya.

***

Sembari menunggu waktu pintu masuk dibuka, saya ngobrol dengan temen-temen seper-fanbase-an saya di WhatsApp. Sok-sok live report gitu gimana suasana konser dan tetek bengeknya.

Jadi saya juga berasa ditemenin mereka gitu kayak biasanya pas nge-gigs bareng-bareng. Sebenernya mau jalan-jalan dan pengin ambil jatah kopi gratis yang jadi satu paket sama pembelian tiket gitu, tapi karena saya sendirian, nanti siapa dong yang ngejagain hati antrean saya?

Menyapa kawan-kawan yang tidak bisa hadir

Tapi tampaknya semesta paham kalo saya lone wolf saat itu, jadi keliatan kasian kan, eh mbak-mbak yang ada di depan antrean saya ngajak kenalan dong dan kebetulan doi juga sama-sama nonton konser sendirian. Puji Tuhan, ternyata nggak cuma saya aja yang jomblo di muka bumi ini.

Tapi, berhubung saya Sagittarius, tentu saja sekarang saya sudah lupa nama mbaknya itu siapa. Tapi paling nggak saat itu saya ada teman ngobrolnya lah dan yang paling penting bisa saling bantu, waktu doi mau ke toilet dan beli minuman, dia minta tolong saya buat jagain antreannya. Begitu juga sebaliknya saya waktu perut mulai udah laper dan pengin beli makanan, giliran saya yang minta tolong dia buat jaga antrean saya.

Ah, semesta memang baik, ya!

Pukul 19.00 WIB

Akhirnya masuk deh venue panggung. Sebelum masuk antrean udah menggila macam antrean sembako, begitu masuk langsung pada berhamburan nyari tempat enak buat nonton.

Karena antrean saya udah panjang, di dalem venue saya nggak kebagian tempat depan deket panggung dan dapetnya di tengah-tengah penonton gitu.

Dan sejujurnya ini yang bikin saya rada kecewa sih. Karena, Festival B posisinya menurut saya nggak enak banget, jauh dari panggung dan kemiringannya bener-bener bikin bingung mau gimana berdirinya. Terlebih lagi, di depan Festival B itu ada tiang panjang melintang yang nutupin kita, mana nutupinnya tepat persis di tengah panggung yang pasti jelas si abang bakal lebih sering nyanyi di situ.

Yep, saya agak kecewa dengan venue-nya. Kalo di Festival A mah enak banget, udah di tengah bisa deket panggung lagi. Dan ternyata yang ngeluh Festival B posisinya nggak enak nggak cuma saya, beberapa penonton yang ada di sekitar saya juga punya pendapat yang sama kayak saya.

Mood saya jadi nggak bagus cuma gara-gara venue yang nggak enak begini. Ditambah ini konser baru dimulai satu jam lagi, tapi para penonton budiman udah pada kekeuh tetep berdiri aja. Mbok ya, duduk-duduk dulu, gelar tikar dulu sambil menyeduh teh gitu loh. Nggak capek apa berdiri mulu satu jam. Heuh.

Beda sama Konser Gajah TULUS, jam-jam masuk ke venue panggung dan mulainya konser sama persis kayak Konser Monokrom TULUS, tapi rakyat yang nonton Konser Gajah waktu itu duduk dulu di lantai sambil nungguin konser dimulai. Bahkan kalo kalian baca postingan saya tentang Konser Gajah itu, saya sempet tidur dengan posisi duduk dulu di venue panggung sebelum konser bener-bener dimulai. Had333ee33hh.

Pukul 20.00 WIB

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu pun muncul, konser dimulai!

Dan ternyata keluhan saya menjadi kenyataan. Bisa dibilang penonton di area saya bener-bener nggak bisa liat abang secara jelas di atas panggung, YA KARENA KETUTUPAN TIANG ITU.

Ditambah lagi, si abang nyanyinya juga jarang banget jalan-jalan ke area Festival B. Dia lebih sering nyanyinya di tengah, di depan area Festival A.

Yaudah, saya berusaha legowo sih malem itu dan mencoba menikmati sajian konsernya si abang. Saya juga lumayan bete, karena konser itu nggak boleh bawa masuk kamera profesional, jadi saya mau nggak mau usaha keras banget kalo mau memotret abang pake handphone saya.

TUH LIHAT TIANGNYA? - Dok Pribadi

Ternyata rasa-rasa kurang sreg sama konser itu masih berlanjut teman-teman. Abang membuka konser ini dengan lagu 'Baru' dan karena saya udah keseringan nonton gigs-gigs kecil abang, saya mulai nebak, urutan lagu yang bakal dinyanyiin kayaknya bakal sama persis kayak di gigs-gigs yang pernah saya tonton nih.

Dan bener aja, cuma ketambahan beberapa lagu di album pertamanya dan beda aransemennya. Tapi, entah kenapa juga, saya yang mood-nya udah berantakan ditambah capek seharian, saya ngerasa aransemen-aransemennya kok biasa aja ya dan nggak megah sebagaimana mestinya buat konser tunggal gitu.

Bang kok jauh bwaaaangg - Dok Pribadi

His smile never fails me - Dok Pribadi

Dadah-dadah kayak Miss Universe ae - Dok Pribadi

Nggak hanya itu, Konser Monokrom TULUS ini bintang tamunya nggak banyak, cuma Petra Sihombing, Waldjinah, dan Reno, pianis yang berkebutuhan khusus. Petra aja cuma tampil sekali buat genjrengin abang lagu Labirin.

Saya jadi ngebandingin lagi nih dengan Konser Gajah TULUS. Kayaknya Konser Gajah nggak kayak gini deh mulai dari venue sampe performance-nya. Bahkan di Konser Gajah TULUS ada gimmick encore segala, lah ini yaudah lempeng ae gitu konsernya.

Di Konser Gajah TULUS waktu itu datengin bintang tamu banyak banget kayak Raisa, RAN, Bonita, Endah n Rhesa, dan sapa lagi saya lupa.

Jadi jujur saja, malam itu saya kayak nggak nonton konser tunggal, tapi ya kayak gigs-gigs abang pada umumnya.

Penampilan yang menurut saya paling menolong dan menghibur saya itu waktu Abang Tulus duet sama Waldjinah. Itu asli saya terharu dan nangis sih. Soalnya eyang Waldjinah yang udah sepuh, suaranya udah berubah dan nggak selembut yang dulu, tapi beliau tetep berusaha buat nyanyi sama abang.

Eyang Waldjinah dan Abang yang tidak terlihat karena berlutut - Dok Pribadi

Penampilan terbaik di Konser Monokrom TULUS Bandung menurut saya - Dok Pribadi

Saya nangis waktu mereka berdua duet nyanyiin 'Semusim', duh chemistry keduanya jempol banget sih. Apalagi abang nyanyinya sambil berlutut di sebelah Eyang Waldjinah yang duduk pake kursi roda. Abis itu mereka duet nyanyiin 'Bengawan Solo', aduh aduh kecintaan banget itu penampilan mereka berdua.

Saya lupa urutan lagunya apa aja yang dinyanyiin malem itu tapi terlepas dari kekecewaan saya, saya tetep berusaha menikmati konsernya, lagian udah jauh-jauh dari Solo ke Bandung juga kan. Saya tetep nyanyi sekenceng-kencengnya malam itu terutama di lagu 'Cahaya', 'Langit Abu-abu', 'Pamit', dan 'Bumerang'. Yha, curhat terselubung itu mah.

Konser ditutup dengan lagu 'Manusia Kuat' seperti pada gigs biasanya yang juga selalu ditutup dengan lagu ini. Cuma bedanya ini abang diiringi sama choir gitu tapi saya lupa namanya apa. Confetti diledakkan di udara, dan selesai sudah konser malam itu.

Kemudian saya keluar dari venue dengan perasaan yang biasa aja, nggak sebahagia biasanya saya abis nonton abang. Mungkin efek saya terlalu lelah juga kali ya jadi hype-nya ketutupan sama rasa capek.

Setelah konser selesai sekitar pukul 23.00 WIB, saya nggak langsung pulang ke penginapan, tapi saya ketemu dulu dengan para Teman Tulus karena janjian juga mau ambil merchandise titipan temen-temen yang nggak bisa dateng. Di situ saya ketemu pengurus fanbase pusat Teman Tulus, Deta dan Isal.

Di sini bagian lumayan senengnya nih. Deta yang ngeliat saya dateng sendirian tanpa rombongan kayak biasanya tiba-tiba ngajak saya buat ketemu abang di backstage. Pasalnya, dia, Isal dan beberapa Teman Tulus yang lain udah ketemu sama abang duluan di backstage sebelum saya.

Maka sebagai apresiasi saya yang jauh-jauh dari Solo dateng ke Bandung, saya diajak ketemuan sama abang deh.

Tapi sayang, malem itu saya nggak bisa banyak ngobrol sama abang karena doi udah siap-siap mau cabut juga. Tapi dia meluangkan waktu buat menyapa, menandatangani poster, dan foto bareng saya.

"Gimana konsernya? Bagus nggak?" tanya abang waktu saya ada di depannya persis sambil senyam-senyum semringah bikin hati adek meleleh.

"Bagus, bang. Selamat ya konsernya lancar," jawab saya singkat karena capek dan selanjutnya nggak pengin bohong. HAHAHA.

"Wah, terima kasih ya sudah jauh-jauh datang ke sini. Semoga suka sama konsernya," tambahnya.

Hati saya saat itu langsung hangat dan berbunga-bunga setelah denger apa yang diucapin abang itu. Gimana saya nggak makin cinta coba sama dia? Uuuuwww.

Muke kucel luar biyasaaaa - Dok Pribadi

Abis itu si abang pamit pulang dan saya sebelum pulang ke penginapan, ikut rame-rame makan bareng sama para Teman Tulus yang nonton di McDonald's sampe pukul 01.00 WIB lebih. Saya sampe penginapan sekitar pukul 02.00 WIB dan baru tidur sekitar pukul 03.00 WIB lagi.

So, dibilang puas dengan Konser Monokrom TULUS Bandung ini jujur aja nggak, tapi nggak berarti konser ini jelek ya. Cuma mungkin ekspektasi saya aja yang ketinggian dan menemukan beberapa hal yang udah saya sebutkan di atas yang bikin saya bete dan mood jadi berantakan.

Bahkan saking nggak mood-nya saya, saya sama sekali nggak update satu pun aksi abang di atas panggung saat itu di Instagram Story saya. Padahal biasanya saya suka nyampah kalo lagi nonton abang. Saya cuma update tiket konser, salam buat temen-temen yang nggak bisa nonton, foto bareng sama abang ini dan merchandise belanjaan saya dan temen-temen. Bener-bener nggak update abang lagi nyanyi di atas panggung. Myehehehe.

Konser Gajah TULUS Jakarta lebih memuaskan menurut saya. Dan jeda 3 bulan setelah Konser Monokrom TULUS Bandung, ternyata digelar juga dong di Jakarta. Untuk yang di Jakarta saya nggak nonton karena tabungan mau dipake buat konsernya John Mayer. Tapi ternyata tiket John Mayer muahal, pas mau nyari tiket Konser Monokrom lagi udah kehabisan. Hiks.

Dan saya merasa Konser Monokrom TULUS Jakarta lebih meriah dan pecah dibandingkan yang di Bandung karena harga dan promotor yang menanganinya beda, serta persiapan tampaknya lebih matang untuk yang di Jakarta.

Meski begitu, saya tetep seneng sih akhirnya bisa nonton konser tunggalnya si abang lagi, semoga saya masih diberi umur panjang untuk bisa terus mengikuti dan mendukung perjalanan karier si abang.

Tinggal nunggu kejutan berikutnya lagi, apakah Konser Monokrom TULUS ini bakal digelar di Yogyakarta juga sama seperti Konser Gajah TULUS?

We will see, ya!

Wow, udah panjang aja ini tulisan ya, terima kasih sudah membaca sampai selesai, ya. Kolom komentar terbuka untuk kamu-kamu semua. Emuah!

IYA, BELANJA, GAIS.

Thank you for reading and Godblessya all!