Konser Kodaline: Politics of Living Tour 2019 Jakarta

Cr Highend Magazine


Well, hello! 
Sudah lama sekali saya tidak bercerita tentang pekerjaan atau hal-hal yang saya sukai di sini. 

Yah, saya menyadari kalo tulisan di tahun 2018 itu sedikit banget dan semuanya tentang curhatan saya yang sedang pilu membiru gara-gara patah hati ini. 

Setelah dipikirkan dan direnungkan, rasanya sayang sekali ada banyak cerita baik yang belum saya bagikan di sini, yang ada malah terus membagikan cerita-cerita sedih saya selama tahun 2018.

Patah hati memang menyebalkan, ya. 

Baik, maka dari itu saat ini saya merasa perlu mengembalikan blog saya untuk diisi kembali dengan cerita-cerita saya seperti dulu. 

Sembuh dari patah hati sih belum, tapi setidaknya saya mengembalikan blog saya dengan tulisan-tulisan kesukaan saya menjadi salah satu cara saya untuk menyembuhkan diri sendiri. 

Dan setelah dua tahun bekerja di media online nasional yang tiap hari kerjaannya juga menulis, saya semakin menyadari bahwa kecintaan dan passion saya ada di dunia hiburan. 

Tapi, bukan dunia hiburan kayak gosip artis ecek-ecek kayak Vicky Prasetyo yang gerebek istrinya selingkuh gitu ya. 

Saya menyadari bahwa passion saya ada di menulis film dan musik. 

Karena setahun belakangan ini, saya mulai berhenti menulis politik dan peristiwa, tapi lebih ke film dan musik dan wow, ternyata saya sangat menikmati menulis dua hal ini. 

Maka dari itu, rasanya saya ingin memfokuskan blog ini menjadi ke dalam dua topik ini, film dan musik. 

Karena ada banyak cerita konser-konser yang belum saya ceritakan di sini juga, dan sayang juga kalo nggak diabadikan melalui tulisan ya kan.

Yah, kadang-kadang curhat masih bolehlah *yah bolehlah, blog, blog saya juga* dan juga menambahi traveling, karena saya juga suka berkelana meski udah nggak sesering dulu zaman masih sekolah dan kuliah. 

So, di postingan ini saya mulai akan mengembalikan kodrat blog saya dan juga mengubah kata 'gue' menjadi 'saya' atau 'aku' biar kerasa lebih personal dan intim lagi. *caelah intim*.

Yaudah, panjang amat dah intronya, yak. Huehehe. 

Untuk sekarang ini, saya mau nyeritain tentang konser Internasional pertama yang saya hadiri. Woohoo!

***

Jadiii, beberapa waktu yang lalu saya punya kesempatan untuk nonton konser salah satu band favorit saya.

Yah, lebih tepatnya disebut liputan sih, tapi kalo udah liputan konser gini, saya ngerasanya nggak lagi kerja, tapi ya kayak nonton aja, karena saya emang menikmati banget sih kalo liputan musik begini. 

Jadi, biar kantor saya ada di Solo, saya tetap bela-belain diri buat berangkat ke Jakarta buat liputan gini. 

Saya emang gini orangnya, kalo udah punya niat atau kalo udah suka sama sesuatu pasti dikejar sampe dapet, sampe saya seneng. 

Lagian, liputan begini biar buat nambah-nambah pengalaman yang bisa saya tulis di CV.

Ahehehehe. 

Jadi, konser digelar tanggal 1 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta Selatan. Tapi saya baru dikabarin kalo ada Press Conference konser digelar tanggal 28 Februari 2019. 

Saya sempat panik karena waktu itu sudah beli tiket ke Jakarta tapi berangkat tanggal 1 Maret 2019 dini hari. 

Kesalahan sih memang waktu itu, dapet e-mail undangan Press Conference tanggal 26 Februari 2019, tapi baru saya buka tanggal 27 Februari 2019. Mamam. 

Dengan kenekatan dan keimpulsifan saya yang saat itu buka e-mail di kantor, saya langsung cari tiket kereta lagi yang nggak tahu gimana caranya saya bisa sampe di Jakarta tanggal 28 Februari 2019 dan sebelum Press Conference dimulai.

Pihak promotornya ya pasti nggak mau tahu sih ya, karena mereka pahamnya saya ini reporter Tribunnews yang di Jakarta. 

Nggak tahu aja mereka kalo Tribun cabangnya ada banyak di mana-mana nggak di Jakarta doang. Hahaha. 

Kerjaan sempat buyar karena panik, akhirnya puji Tuhan saya dapet tiket kereta yang jamnya sesuai dan pas banget waktu tibanya di Jakarta, dan baiknya Tuhan itu, tiket yang sesuai itu tinggal satu biji doang. Tiket-tiket sisanya, berangkat siang atau sore bahkan malem semua.

Tanpa mikir panjang lebar, saya langsung beli tiket itu dan langsung melanjutkan kerjaan saya yang sempat berantakan gara-gara panik nggak jelas. 

Yap, jadinya saya berangkat tanggal 28 Februari 2019 pukul 01.10 WIB dini hari. Di mana saat itu  tanggal 27 Februari 2019 saya ngantornya shift siang dan baru pulang pukul 22.00 WIB dan belum packing sama sekali. Sungguh sebuah kepanikan yang luar biasa, nggak nyangka aja abis kerja itu saya langsung berangkat ke Jakarta. 

Setelah kerjaan beres, saya langsung pulang ke kosan dan packing baju seadanya tanpa mikir, mau pake baju apa yaaa di Jakarta besooook? Haasshh, wes ora mikir kuwi meneh, gaes!

Secepat kilat saya packing segala baju dan kebutuhan untuk ke Jakarta, memeriksanya lagi, kali-kali aja ada yang lupa, apalagi saya packing dalam kondisi terburu-buru nggak kayak biasanya bisa santai-santai ngeceknya. 

Dan untungnya, beberapa hari sebelum keberangkatan yang mendadak ini, saya sudah pinjam kamera milik atasan saya untuk liputan dan barang sudah saya bawa. Kalo enggak kan berabe harus minjem-minjem dulu padahal waktu berangkat juga sudah mepet. 

Packing kelar sekitar pukul 23.00 WIB dan saya merebahkan diri sebentar sambil mengingat-ingat lagi barang apalagi yang perlu saya bawa, dan saya baru keluar kosan menuju Stasiun Solo Jebres sekitar pukul 00.00 WIB. 

Singkat cerita, kereta saya datang dan tanpa perlu waktu lama lagi setelah saya beres-beres barang di dalam kereta, saya langsung tidur karena kereta nyampe di Stasiun Pasar Senen sekitar pukul 10.00 WIB. 

***
Kamis, 28 Februari 2019

Saya sampe di kosan kakak perempuan saya di daerah Karet, Jakarta Selatan sekitar pukul 11.00 WIB, waktu itu badan udah ngerasa capek banget sih walaupun bisa tidur lumayan enak di kereta. 

Yap, selama liputan saya nebeng tidur di kosan kakak perempuan saya. Karena Press Conference dimulai pukul 13.00 WIB bertempat di Kopi Kalyan, Bintaro, Jakarta Selatan, saya rasa masih punya waktu untuk beristirahat sejenak dan yang paling penting adalah, mandi!

Saya istirahat sebentar, bikin kamar kakak saya tambah berantakan sebentar *emang saya adek tidak tahu diri. wq*, dan kemudian sekitar pukul 11.30 WIB saya mandi. 

Karena paham saat itu saya sedang di Jakarta, waktu persiapan nggak bisa sesantai kalo saya lagi di Semarang atau di Solo yang jalanannya jarang macet. Persiapan saya pun juga terbilang kilat saat itu dan selesai sekitar pukul 12.00 WIB dan langsung order Go-Jek buat ke Kopi Kalyan. 

Puji Tuhan, alhamdulillah, saya tepat waktu nyampe di Kopi Kalyan. Malah, waktu saya sampe, baru segelintir wartawan dan media lainnya yang baru dateng. 

Daaaan bener aja dong yaaa, acaranya molor, di undangan disebutnya sih pukul 14.00 WIB udah mulai, tapi baru dimulai pukul 15.00 WIB, agak keringet dingin juga sih karena sejak tiba di Jakarta sampe di Kopi Kalyan, saya belum makan apa-apa.

Press Conference Konser Kodaline Politics of Living Tour 2019, Kopi Kalyan, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019) - Dok Pribadi


Ya untung, di lokasi Press Conference disediain kopi susu dingin sama kue cemilan kecil gitu, tapi nggak kenyang. Ya gimana dong, nggak ada yang ngingetin makan sih. :(

Setelah menunggu, menunggu, menunggu jodoh, akhirnya acara dimulai juga.

Press Conference dimulai dengan penjelasan-penjalasan dari pihak promotor dan juga para pendukung acaranya.


Fakta unik dari konser Kodaline dan band itu sendiri yang diceritakan oleh pihak promotor adalah, untuk konser di Jakarta, band asal Irlandia ini meminjam gitar akustik milik Rian d'Masiv.

Menurut para promotor, ini riders dari Kodaline yang paling sulit untuk dicari dan dituruti. Pasalnya, Steve cuma mau pake gitar akustik yang mereknya Martin dan di Indonesia yang punya cuma Rian d'Masiv ini.

Maka dari itu, pihak promotor pun 'pinjem' gitarnya Rian d'Masiv buat konser kali ini dengan bayaran si Rian d'Masiv boleh ketemu dan foto bareng sama Kodaline. Receh banget permintaan Rian ini, sungguh rendah hati, ya.

Fun fact selanjutnya, ternyata personel Kodaline ini 'bandel-bandel'. Wq.

Bandelnya itu, setelah manggung mereka itu hobi banget keluyuran sendirian buat jalan-jalan tanpa ada keamanan yang jagain mereka.

Dan ini kejadian waktu mereka manggung di Bandung buat LaLaLa Fest tahun 2016. Kelar manggung mereka nggak bilang ke pihak promotor tahu-tahu cabut ke Bali, gaes.

Dikata ini negara dia sendiri apa ya, main cabut aja tanpa izin ke promotor dan juga nggak inget belum urusin imigrasi mereka kalo pengin extend di Indonesia.

Maka dari itu, untuk konser kali ini promotor pun sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik buat Kodaline meski mereka mengaku band ini nggak minta yang neko-neko dan ribet kayak artis-artis lainnya.

Press Conference Konser Kodaline Politics of Living Tour 2019, Kopi Kalyan, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019) - Dok Pribadi


Setelah sesi dari para promotor dan pendukung acaranya selesai, para wartawan dikasih waktu 15 menit untuk istrahat sebelum akhirnya Kodaline datang ke Press Conference itu.

Wohoo! Kodaline-nya bakal dateng, cuuuuyy! Asli saya udah deg-degan waktu itu dan keringet makin dingin aja deh. Ya ini antara perut laper dicampur nervous juga sih bakal ketemu Kodaline secara langsung untuk pertama kalinya.

Norak? Oh iya pasti dong. Ya mon maap yak, anak desa ketemu sama idola yang biasanya cuma bisa denger lagunya menemani saat bekerja doang, akhirnya bisa ketemu aslinya itu gimana seeeeh rasanya?

Nggak butuh waktu lama, si pembawa acara langsung manggil Kodaline dooong, jantung rasanya udah mau meledak sih asli waktu mbaknya manggil itu dan jeng-jeeeeeng, empat personel udah pada dateng dan jalan ke Press Conference.

*Ingin teriak histeris tapi saya harus tetap kalem dan cool, bagaimana ini saudara-saudara!*

Saya gemeteran waktu Steve, Mark, Vinny dan Jason berjalan di samping saya. Dan seperti manusia Indonesia pada umumnya, saya mengabadikan mereka dong paket komplit video dan foto. Ada yang buat kerjaan dan ada yang buat disimpen pribadi. Ahey.


KYAAAAAAAA~ - Dok. pribadi


Kehadiran Kodaline di Press Conference nggak lama, tapi dari situ saya bisa lihat kalo emang mereka ini adalah band yang personelnya kocak-kocak dan selo abis, terutama si vokalisnya, Steve Garrigan.

Mereka cerita apa yang mereka suka tentang Indonesia, mulai dari destinasi wisata sampe makanan-makanannya.

Cerita juga persiapan konser mereka di Jakarta dan berharap banget bisa menghibur para penggemarnya di negara ber-flower ini. Dan saat itu mereka juga menjanjikan ada kejutan yang sudah dipersiapkan di atas panggung.

Wach, apatuucch? Apakah Steve dan kawan-kawan akan debus di atas panggung? Waw, sungguh mind-blowing.

Setelah waktu ngobrol Kodaline dengan wartawan habis. Saya langsung ngacir keluar dari Kopi Kalyan dan pulang ke kosan kakak karena badan saya malah jadi meriang saudara-saudara. Dasar lemah, emang anak desa nggak bisa kena angin ibukota dikit nih.

Entah efek belum makan seharian atau kegirangan karena bisa ketemu Kodaline secara langsung tiba-tiba saya langsung drop dan penginnya istirahat aja gitu, pengin ketemu kasur dan ngerebahin badan.

Hey, tapi saya baru ingat kalo saya belum nulis berita tentang Press Conference ini. Kemudian saya ingin glesotan di bawah Monas aja...

Sesampainya di kosan, saya langsung mandi lagi, rebahan sebentar dan menunaikan ibadah menulis berita yang belum selesai.

Malam itu saya berhasil nulis dua berita tentang Press Conference-nya dan kemudian keluar buat makan malem bareng dua kakak saya. Yes, saya punya dua kakak yang semuanya tinggal di Jakarta, sementara adek bungsunya yang maniez ini tinggal di Solo. Jadi kesejahteraan dan keamanan saya di Jakarta bisa dibilang aman karena ada dua kakak saya di sana.

Mehehehe.

***
The Day! 1 Maret 2019

Sebelumnya, saya juga mau cerita kalo sebenernya konser Kodaline ini adalah pelipur lara saya yang nggak bisa nonton Konser Monokrom TULUS Jakarta dan Asia Tour-nya Ed Sheeran sama John Mayer.

Yaa, saya udah nonton Konser Monokrom yang di Bandung sih, tapi tetep aja, rasanya pasti beda sama yang di Jakarta, dan bener aja dong, waktu liat IG Story bertebaran soal Konser Monokrom di Jakarta, ambience dan stage act-nya beda sama yang di Bandung.

Awalnya, tabungan saya mau dipake buat beli tiket konsernya John Mayer, karena tiket Ed Sheeran dibuka waktu saya nda punya duit, eh ternyata tiketnya John Mayer maharani say, alias mahal. Hahaha. Sobat misqueen sok-sokan mau nonton konser Internasional ya begini.

Tiket yang saya prediksi paling murah ada harga Rp 800 ribuan kayak Ed Sheeran ternyata tidak berlaku di John Mayer. Boro-boro ratusan ribu, tiket konser John Mayer paling murce itu Rp 1,5 juta.

Mengetahui fakta itu, kemudian saya berkubang dalam air mata saya sendiri sambil nyanyi Kecewa-nya Bunga Citra Lestari. Nyesel saya sok-sokan jadi anak gemar musik begini, gengs.

"Kuingin maaawraaaaahh~ melampiaskan~ tapi kuhanyalah sendiri diwsiniiiiiwww~" 

Yaudah, Kodaline bakal konser di Indonesia pun semacam angin segar untuk saya, begitu tahu harga tiketnya terjangkau, saya sempat ada niat buat mengajukan media partner sama promotor konser Kodaline dan juga John Mayer. Yah, coba-coba berhadiah lah ya walaupun yang Ed Sheeran saya nggak dapet jawaban sampe sekarang. Hiks.

John Mayer enggak nembus, tapi Kodaline nembus. Puji Tuhan! Aye!

Ya jadilah saya akhirnya bisa liputan konser Kodaline seketika saya merasa bangga sama diri sendiri bisa handle ini semua sendiri dengan izin dari atasan-atasan saya. Muehehe.

***
Wohoo! - Dok Pribadi


Saya tiba di Istora Senayan sekitar pukul 16.00 WIB. Di sana saya janjian sama temen saya yang juga nonton konser Kodaline ini. Lumayan, saya nggak sendiri-sendiri banget nungguin konser dimulailah.

Sementara, kakak perempuan saya juga nonton sih, tapi dia memilih dateng mepet. Emang doi anaknya selo ala-ala Indie people gitulah, nggak terlalu mikirin dapet tempat depan apa enggak, yang penting dateng nonton dan menikmati konsernya.

Sebelum open gate, saya temen ini jalan-jalan dulu keliling venue dan juga beli official merchandise Kodaline di sana, kebetulan ada temen kantor juga yang nitip, jadilah menyempatkan diri buat beli.

Yeay! official merchandise-nya Kodaline

Pukul 18.00 WIB, saya pisah sama teman saya ini karena dia udah harus masuk ke dalem venue konsernya. Sementara saya masih harus menunggu satu jam lagi dan para wartawan harus kumpul di Media Centre yang sudah disediakan promotor.

Pukul 19.00 WIB, para wartawan sudah kumpul dan kita semua di-brief buat ketentuan meliput di dalem venue. Para awak media ini dibagi menjadi dua, yang reporter boleh masuk terlebih dahulu sementara fotografer dan videografer masuknya pas Kodaline udah di atas panggung.

Kebetulan karena saya bawa kamera profesional, malam itu berani-beraninya saya mengklaim diri saya ini fotografer. Nyahahaha.

Ya gimana, biar dapet gambar yang apik dan ciamik loh, karena fotografer dan videografer dikasih kesempatan buat mengabadikan momen di media pit yang ada di depan panggung persis selama 3 lagu dinyanyikan. Kapan lagi saya bisa begitu, karena selama ini selalu dapet media pit yang jauh dari panggung atau deket sama FOH doang. 

Pukul 20.00 WIB saya baru masuk ke media pit dan awalnya udah ketar-ketir takut ketinggalan pembukaannya. Ya gini-gini, saya liputan kan juga pengin merasakan atmosfer konser dari awal sampe akhir, sahabat.

Untung masuk ke media pit, Kodaline belum tampil. Ada sekitar 15 menit saya nyari posisi wenak di media pit buat motret baru Kodaline-nya masuk dan membuka konser malam itu dengan lagu 'Follow Your Fire'. 

Suasana makin panas dan riuh dong yaaa, apalagi para penggemar juga udah mulai girang Kodaline mulai nyanyi. Kemudian saya mulai jepret-jepret deh sebelum waktunya mengabadikan momen di media pit abis. 

Yah, namanya juga bukan fotografer ya, jadi hasil fotonya suka-suka saya aja. Nih beberapa jepretan saya di media pit tanpa diedit. Ehe. 

Steve! - Dok Pribadi

Vinny! - Dok Pribadi


Mark! - Dok Pribadi

Jason! - Pribadi

Setelah waktu memotret di media pit habis, saya langsung nyari tempat enak buat menikmati konser malam itu sambil tetep mengabadikan momen-momennya. 

Saya ngeluyur ke sana-ke mari, karena wartawan kan bebyaaasss beeeb, mau jalan-jalan dan duduk di area mana aja di dalam venue itu. Asal nggak ganggu penonton lainnya aja. Asal saya nggak bikin atraksi sendiri juga sih. 

Akhirnya pilihan saya jatuh di area Tribun 2 Section F, di sana area buat penonton dengan tempat duduk dan udah penuh, tapi saya mah bodo amat, duduk gelesotan aja di tangga gitu dan untung tempat yang saya duduki itu lumayan strategis buat memotret sambil menikmati konsernya. Ah, nikmat mana lagi yang harus saya dustai, sobatquwh? 

Saya excited banget menikmati aksi panggungnya Kodaline ini, semua lagu saya nyanyiin kenceng-kenceng, bodo amat dah sama sekeliling saya. Karena, malam itu saya bahagia banget, akhirnya setelah sekian lama cuma bisa ngidam-ngidam, setelah sekian lama nontonnya cuma Tulus doang, saya bisa juga nonton konser Internasional. Pengalaman pertama yang amat sangat menyenangkan.

Makin excited waktu Kodaline nyanyiin lagunya yang berjudul 'Head Held High'. Duh, ini lagu lagi sering saya dengerin di kantor karena bisa nyemangatin saya. Sekarang saya denger langsung dinyanyiin sama Steve dan kawan-kawan. 

"Ever had a feeling that you can't go on
Trying to be strong but getting weaker
Carrying the weight of every single day
Have you lost your way, feeling defeated

Sat staring, counting spiral patterns on the wall
You wonder if your luck is ever gonna turn around at all

You need a little light to guide the way
Waiting on the sun to shine again
You got to keep your head held high
You got to keep your head held high
You need a little hope to carry on"

Semangat saya semakin membuncah waktu Kodaline lanjut menyanyikan 'Shed a Tear', sama kayak 'Head Held High', lagu ini juga lagi sering saya dengerin di kantor buat penyemangat diri sendiri yang sedang dirundung pilu membiru ini. 

Dengerin lagu ini dinyanyiin langsung, rasanya kayak di puk-puk langsung sama Steve deh.

"It's harder to see through the eyes of a stranger
It's easy to love when the world doesn't hate ya
When you tryna send out but nobody hears a word
It's easy to swim when the tide's not against ya

I know that you've been here before
(Never letting go)
And giving up is letting go
(Never fight alone)
But you don't have to fight alone"


Dan kemudian, bahagia sampe tangis saya pecah itu waktu Kodaline bawain lagu berjudul 'The One' 

Beuh, tangis saya bener-bener nggak bisa ditahan lagi waktu Steve nyanyiin bagian refrain-nya. Saya nggak tahu kenapa saya tiba-tiba nangis gitu. 

Entah karena lirik lagunya atau memang malam itu saya bahagia banget bisa dapet pengalaman luar biasa kayak gini untuk pertama kalinya. 

"‘Cause you make my heart feel like it’s summer
When the rain is pouring down
You make my whole world feel so right when it’s wrong
That’s why I know you are the one
That’s how I know you are the one"

Duh, hati saya langsung nyes kayak dikompres Bye Bye Fever pas dengerin bagian yang ini. 

Kodaline with their magic spell - Dok Pribadi
Love the atmosfer that they brought - Dok Pribadi

Apakah tangis saya berhenti sampai di situ saudara-saudara? Tentu saja tidak, Alejandro. 

Tangis saya semakin menjadi-jadi waktu Kodaline mulai bawain 'Love Will Set You Free'. Bisa dikatakan ini lirik lagunya saya banget *caelah*, pokoknya nggak tahu kenapa, lagu ini adalah favorit saya milik Kodaline selain yang berjudul 'Talk'.

Untung malam itu Kodaline nggak bawain 'Talk', kalo dibawain, kayaknya saya bakal guling-guling di media pit saking tak kuasanya hati ini merasakan perasaan yang ada di lirik-lirik lagunya Kodaline. 

Dengan lantang sambil mbrebes mili saya menyanyikan bagian refrain-nya ini. 

"If you’re ever feeling lonely
If you’re ever feeling down
You should know you’re not the only one ‘cause I feel it with you now
When the world is on your shoulders and you’re falling to your knees
Oh please
You know love will set you free" 


Saya lupa susunan lagunya yang dibawain apa aja malem itu, kalo nggak salah setelah 'Love Will Set You Free' ini Kodaline pamit undur diri. Apalagi confetti juga sudah ditembakin ke udara tanda konser sudah usai.

Buset deh, ini perasaan saya aja apa gimana, kok konsernya selesainya cepet banget kayak hubungan saya *eh gimana*.

Tentu saja, saya dan para penonton tidak terima konser berlalu secepat kilat dan begitu saja. Dan saya sempet curiga, karena dua lagu andalan mereka yang berjudul 'All I Want' sama 'High Hopes' belum dibawain.

Mana afdol sih, musisi nggak bawain lagu andalannya pas konser begini, yha khaaaaan?

Langsung aja, para penonton dan tentunya saya teriak-teriak kayak lagi demo turunin harga BBM di Senayan.

"We want more! We want more! We want more! Etdaaaaaah!" *yang terakhir itu improvisasi dari saya*.

Lampu panggung yang awalnya udah dimatiin, tiba-tiba dinyalain lagi! Aye! Kodaline bikin kejutan nih, uwow saya terkejut.

Ternyata mereka bikin encore sahabat-sahabat. Alias gimmick pura-pura konser selesai tapi sebenernya mereka masih punya penampilan kejutan buat para penggemarnya.

Gimmick kayak gini pertama kali saya lihat di Konser Gajah TULUS Jakarta 2014 silam.

Steve dan kawan-kawan muncul lagi sambil cengengesan kayak bocah bandel yang ketahuan bolos sekolah  tapi nggak ngerasa bersalah.

Dan malam itu mereka bilang ada kejutan yang akan mereka persembahkan *yang sebenernya saya udah tahu sejak Press Conference tapi saya pura-pura ikutan kaget aja biar kemakan gimmick*.

Malam itu Kodaline kolaborasi sama Abdul Indonesian Idol! Wohoo!

Tahu kan, Abdul Indonesian Idol yang makin bikin lagu 'All I Want' punya Kodaline ini makin populer di Indonesia.

And yes, malam itu untuk pertama kalinya mereka duet bawain 'All I Want' sejak Abdul bikin lagu ini viral di babak eliminasi Indonesian Idol.

Saya? Biar kemakan gimmick, tapi kayaknya di sana saya paling kenceng nyanyiin refrainnya 'All I Want' pake perasaan juga.

"BUT IF YOU LOVED MEEEEEEEEE. WHY'D YOU LEEEEEAVEEEE MEEEEEEE

TAKE MY BODEEEEH, TAKE MY BODEEEEEEHH~~~

ALL I WANT IS, ALL I NEED IS

TO FIND SOMEBODY, I'LL FIND SOMEBODY LIKE YOUUUUUWWWW~" 

Yha....itu semacam nyanyi sambil curhat sih tepatnya ya. Woy, kapan lagi saya bisa curhat tapi orang-orang nggak pada tahu?

Rasanya pengin saya nyanyiin lagu ini di kuping orang yang kemarin baru aja ninggalin saya tentunya dengan volume yang full. 

Sok-sokan Pamit dari penonton. Lau kata Tulus? - Dok Pribadi

Eh, ada Abdul!- Dok Pribadi


Asli, aksi panggung mereka makin bikin pecah suasana sih. Makanya saya jadi lepas kontrol gitu kan nyanyi plus curhatnya, dibikin enak sama mereka sih. He.

Setelah kolaborasi sama Abdul selesai dan mereka saling berpelukan di atas panggung, Kodaline melanjutkan penampilannya dan kali ini bener-bener lagu terakhir untuk konsernya malam itu.

Lagu apa saudara-saudara?

Yak betoooooolll~ High Hopeeeeeeessss!!

"BUT I'VE GOT HIGH HOPEEESSS, IT TAKES ME BACK TO WHEN WE STARTED

HIGH HOPES, WHEN YOU LET IT GO, GO OUT AND START AGAIN

HIGH HOPES, OOH WHEN IT ALL COMES TO AN END

BUT THE WORLD KEEPS SPINNING AROOUUUUNNNDDDD~"


Suasana syahdu waktu High Hopes dibawain - Dok Pribadi


Yah, mereka beneran pamit dong - Dok Pribadi

Aduh, suasana yang udah galau maksimal gara-gara 'All I Want' semakin pilu waktu Kodaline bawain 'High Hopes' sebagai penutup.

Tahu sendirilah kalo udah pernah dengerin lagu ini, liriknya itu cocok buat orang-orang depresi karena patah hati sama kayak saya ini. Baik-baik mau bunuh diri deh dengerin lagu ini.

Karena jadi lagu penutup, 'High Hopes' malam itu dinyanyikan agak panjang terutama bagian refrain dan instrumennya di akhir lagu.

Semakin miris hati adek bang dengerin lagu ini dipanjangin apalagi ditambah Steve dan kawan-kawan beneran pamit dari atas panggung dan mengucapkan terima kasih untuk crowd luar biasa yang diciptakan penonton Indonesia.

"Thank you Indonesia! You are such a beautiful people! Good bye but we will back soon!" teriak Steve di atas panggung menutup konsernya.

Ah, abang Steve jadi nggak enak dipuji cantik begini. Sa ae dah bule Irlandia satu itu.

***

Dan....berakhirlah konser Kodaline malam itu, menyisakan rasa bahagia saya yang membuncah luar biasa. 

Waktu konser selesai dan orang-orang mulai keluar dari venue, saya masih terduduk di tempat saya memotret sambil ngeliat ke arah panggung.

Saya merasa masih nggak nyangka bisa hadir di salah satu konser musisi favorit saya selain Tulus. Saya bengong sejenak, mencerna semua nikmat Tuhan yang saya terima malam itu dan mensyukurinya. 

Saya amat sangat bersyukur, karena boleh ngerasain atmosfer konser yang berbeda dari konser-konser lokal yang biasa datangi. Saya masih speechless dan nggak bisa ngomong apa-apa saking senang dan bahagianya saya malam itu.

Jiwa saya baru balik ke badan waktu ada mbak-mbak yang nyolek saya buat minta tolong difotoin.

"Mbak minta tolong fotoin kita boleh?" tanyanya yang membuat saya sadar dari lamunan dan kebengongan saya yang nikmat. 

"Ashiyaaaaaaapp" 

Nggak deng, saya nggak jawab gitu, saya bukan A-Team kok teman-teman, jangan khawatir.

Setelah saya fotoin mereka, giliran saya yang minta tolong difotoin. Ya saya sendirian kan waktu itu, kalo ada pasangan ya saya nggak jomblo dong. *kuarepmu*.

Akhirnya saya difotoin karena sayang juga ya kalo kebahagiaan ini nggak diabadikan. 

Kurang semringah apa coba itu muka? - Dok Pribadi

Bahagia, itu sudah pasti. Akhirnya saya punya satu tanggal yang tidak saya lupakan lagi, 1 Maret 2019 untuk konser Kodaline: Politics of Living Tour 2019.

Terima kasih abang-abang Kodaline yang sudah mampir ke negara yang punya penduduk berjumlah sebanyak kurang lebih 264 juta ini.

Kalian berhasil membuat seorang anak desa mewujudkan mimpinya dan teramat sangat bahagia!

Gigs Internasional pertama saya yang nggak bakal terlupakan ini dan yang paling penting, ini juga gigs pertama saya di tahun 2019.

Karena postingan ini sudah terlalu panjang, nantikan cerita-cerita saya tentang konser-konser lainnya di blog ini.

Kolom komentar terbuka untuk kalian yang mau ngobrol sampe ngejulidin saya, ya!

Terima kasih Kodaline! - Dok Pribadi


Thank you for reading, guys! 
Godblessya all!

Komentar

  1. Wadaw wadaw konser kodaline disana sangat meriah ya mba, apalagi mba dapat hak akses sebagai media bisa dapet spot yang sangat bagus dan puas menikmati konser tersebut

    BalasHapus
  2. kalau cemilannya ga ngenyangin minta tambha nasi goreng aja mbak heheheeeeeee.......kalau aku pasti dah pesan tuh mbak, ga tahan lapar

    BalasHapus
  3. Suka sama tulisannya Mbak Bulan. Mengalir, ky cerita harian yg diceritain seorang teman pd temannya. Yah, patah hati mmg mmbuat bbrp hal mnjadi berantakan. Tp moving on itu harus. Alhamdulillah, Mbak Bulan sdh sdar dg passion film dan musiknya skrg. Kebayang bgt kelabakannya nyari tket dan brgkat tiba2 itu. Tp kondisi hati yg smngt bikin smuanya tdk masalah.

    BalasHapus
  4. wohoooo dapat banyak bonus kalau jadi orang media, hohooo
    Semoga lekas-lekas Kodaline main lagi ke Indonesia, ada penginapan gratis di rumahku

    BalasHapus
  5. Bekerja di bagian yang diminati memang lebih bikin bahagia ya mbak bulan. Aaaah, biasanya aku baca ulasan tentang abang Tulus disini tapi kali ini Kodaline, siapa kodaline? Aku baru tahu dari postingan mbak bulan

    BalasHapus
  6. Setuju dong patah hati itu gak boleh lama-lama kak hhi. Ihh mantap bisa nonton konser gede kayak gini

    Enychan

    BalasHapus
  7. Wooooohh panjang tulisannya. Tapi aku sukaaaaa. Kangen sama tulisan2 yang cerita runtut kyk gini, berasa baca curhatan org padahl ini aslinya kan liputan :D
    Terus terang saya kudet gk tau Kodaline hehe, ini langsung brb searching di YT kyk apa lagu2nya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, maka gue juga akan menanggapinya dengan baik. Terima kasih sudah membaca postingan gue dan blogwalking di sini. Terima kasih juga sudah berkomentar. Have a great day, guys! Godblessya!

Postingan Populer